10 Tempat Wisata di Hawaii yang Wajib Dikunjungi

Waimea Canyon
Share ke teman kamu

Hawaii adalah salah satu destinasi wisata favorit traveler dari seluruh dunia ketika datang ke Amerika Serikat. Pulau paling utara di Kepulauan Polynesia ini memang dikenal karena pesona alamnya. Tidak hanya wisatawan saja yang datang ke sini, tetapi juga para ahli dan peneliti dari berbagai bidang ilmu pengetahuan seperti misalnya ahli kelautan, biologi, geologi, dan vulkanologi.

Para peneliti datang ke Hawaii karena ada ribuan gunung api di beberapa pulau besar Hawaii yang panjangnya sekitar 1.500 mil, kemudian ada banyak pantai dengan panjang garis pantai sekitar 750 mil dan tentunya banyak flora dan fauna.

Lalu apa yang bisa dilakukan para wisatawan ketika datang ke Hawaii? Ada banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari datang ke berbagai taman nasional hingga mencicipi makanan lokal. Wisatawan juga bisa bekeliling pulau menggunakan mobil, kapal pesiar, atau bahkan kereta api. Ingin tahu ada tempat wisata apa saja di Hawaii? Berikut ulasan 10 tempat wisata di Hawaii yang wajib dikunjungi.

1. Hawaii Volcanoes National Park

Hawaii Volcanoes National Park

Hawaii Volcanoes National Park

Taman Nasional Gunung Berapi Hawaii berlokasi di Pulau Hawaii. Taman nasional yang memiliki luas sekitar 333.086 ha dengan tujuh ekosistem di dalamnya ini menawarkan beragam pemandangan lava hitam dan udara segar dari kawasan hutan hujannya.

Jika berkunjung ke tempat wisata di Hawaii ini, ada dua jalan yang bisa membawa Anda ke tempat-tempat wisata yang paling penting di kawasan ini, seperti misalnya Gunung Kilauea dan Mauna Loa yang merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif di dunia, kemudian ada juga ventilasi uap yang menyemburkan uap belerang dari perut bumi, dan Thurston Lava Tube yang merupakan terowongan dari sungai lava yang mengeras, serta situs kuno Puu Loa Petroglyphs yang berisi ukiran di 23.000 batu.

2. Haleakala National Park

Haleakala National Park

Haleakala National Park

Taman Nasional Haleakala berlokasi di Pulau Maui. Taman nasional yang memiliki luas sekitar 13.462 ha ini memang terbilang menarik untuk dikunjungi karena keberadaan Hosmer’s Grove yang merupakan hutan unik karena berisi pepohonan yang hanya ada di wilayah tertentu di dunia seperti misalnya Himalaya, Jepang, Australia, dan Amerika Utara.

Selain itu, ada juga Oheʻo Gulch atau Seven Sacred Pools yang merupakan tempat wisata air terjun Waimoku dan kolam renang dengan air jernih yang segar. Air terjun Waimoku terbilang unik karena jatuh dari ketinggian 120 meter ke lereng gunung. Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa belajar kebudayaan Hawaii dengan berkunjung ke Distrik Kīpahulu.

3. Waimea Canyon

Waimea Canyon

Waimea Canyon

Grand Canyon of the Pacific atau Lembah Waimea berlokasi di Pulau Kauai. Dengan panjang sekitar 16 km dan kedalaman 900 m, lembah ini adalah lembah terbesar di kawasan ini. Untuk bisa melihat pemandangan lembah dengan campuran warna merah, hijau, coklat, dan orange, wisatawan bisa berkendara, tapi jika ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda bisa mencoba hiking melalui jalur Kukui.

Jalur Kukui akan membawa Anda melewati pepohonan di Perkemahan Wiliwili yang letaknya bersebelahan dengan Sungai Waimea dan hutan hujan Puu Ka Pele yang dikelilingi dengan java plum, monkeypod, dan pohon-pohon asli Wiliwili. Jika ingin datang dan berkemah di Perkemahan Wiliwili, pastikan cuaca dalam keadaan baik agar jarak pandang tidak terganggu dan tidak terkena banjir dari Sungai Waimea yang meluap.

4. Pantai di Oahu

Pantai di Oahu

Pantai di Oahu

Pulau Oahu merupakan pulau terbesar ketiga di Kepulauan Hawaii yang dikenal sebagai tempat berkumpulnya semua orang di Hawaii. Jadi, tidak mengherankan kalau di tempat wisata di Hawaii yang satu ini ada banyak peselancar dari seluruh dunia datang untuk menguji adrenalin dan menaklukan ombak yang besar dan tinggi.

Biasanya antara bulan November hingga Desember peselancar professional akan datang ke kompetisi Vans Triple Crown of Surfing yang biasanya diadakan di Haleiwa’s Alii Beach Park, Sunset Beach, dan Banzai Pipeline. Kalau tidak suka berselancar, Anda bisa datang ke Cagar Alam Teluk Hanauma yang ada di sebelah tenggara pantai Oahu. Di tempat wisata di Hawaii ini, Anda bisa snorkeling dengan penyu laut hijau dan ikan karang warna-warni di dalam kawah vulkanik.

5. Pantai di Molokai

Pantai di Molokai

Pantai di Molokai

Pulau Molokai merupakan pulau terbesar kelima di Kepulauan Hawaii dan telah dikenal sebagai tempat yang ramah. Tempat wisata di Hawaii yang satu ini terkenal indah, unik, sekaligus menyeramkan.

Wisatawan bisa mencoba berwisata dengan cara yang berbeda sekaligus menantang untuk berkeliling Molokai. Caranya adalah dengan menunggang keledai dari sebelah utara Molokai yang terkenal dengan tebingnya yang curam, dan perjalanan akan berakhir di Taman Nasional Bersejarah Kalaupapa.

Taman Nasional ini merupakan semenanjung yang indah dengan sejarah yang kompleks. Dulu, dari tahun 1866 hingga 1969, lebih dari 8000 penderita penyakit Lepra atau Hansen dipaksa untuk meninggalkan keluarganya dan tinggal di pengasingan. Selain itu, ada juga situs bersejarah untuk mengenang para penderita Lepra, yaitu St. Philomena Church dan makam Pastor Damian yang merawat penderita Lepra yang pada akhirnya meninggal karena penyakit tersebut.

6. Iolani Palace

Iolani Palace

Iolani Palace

Datanglah ke Iolani Palace di Pulau Oahu untuk melihat kediaman Raja Kalakaua yang tidak biasa. Bangunan yang selesai dibangun pada tahun 1882 ini bergaya American Florentine yang terdiri dari empat lantai dan memiliki 102 kamar. Wisatawan wajib berkunjung ke tempat wisata di Hawaii ini ini karena terlihat modern, kosmopolitan, dan tentunya sangat mengejutan.

Jangan lewatkan tur istana untuk mengetahui sejarah kebangkitan dan jatuhnya monarki serta penjelasan rinci tentang setiap ruangan yang ada di istana seperti misalnya ruangan singgasana raja yang digunakan untuk menjamu diplomat dan penulis. Kemudian ada juga ruang galeri di bawah tanah yang menampilkan foto-foto bersejarah dan perhiasan kerajaan dengan desain rumit.

7. Napali Coast State Park

Napali Coast State Park

Napali Coast State Park

Berada di Pulau Kauai, Napali Coast State Park mempunyai luas sekitar 2499 ha. Tempat wisata di Hawaii ini bisa dibilang sangat populer bagi traveler sebab panoramanya benar-benar indah mulai dari lembah hijau, air terjun, pantai hingga gua-gua laut yang tersembunyi. Tempat wisata di Hawaii yang satu ini memang telah menjadi surga bagi pecinta alam yang gemar hiking dan camping karena ada tebing dan lembah hijau yang berdampingan dengan birunya Samudra Pasifik.

Wisatawan yang melalui jalur Kalalau Trail akan melewati lima lembah dan berakhir di Pantai Kalalau yang berpasir coklat keemasan. Selain itu ada juga jalur pendakian dari Ha’ena State Park menuju ke Pantai Hanakapi’ai. Hal yang harus diperhatikan wisatawan, jika ingin camping harus meminta ijin terlebih dahulu dan jika tidak suka hiking ada opsi untuk menyewa perahu atau helikopter.

8. Helena’s Hawaiian Food

Helena’s Hawaiian Food

Helena’s Hawaiian Food

Tidak lengkap jika berwisata ke Hawaii tidak mencoba makanan lokal. Wisatawan bisa datang ke Helena’s Hawaiian Food di Kalihi, sebelah barat Honolulu di Pulau Oahu. Tempat yang dibuka sejak 1946 ini memang bukan restoran dengan konsep fine dining, tetapi sudah mendapatkan James Beard Award.

Meski sudah tidak ditangani langsung oleh sang pemilik karena sudah meninggal, pengunjung yang datang ke sini tetap sangat banyak demi menikmati makanan asli Hawaii. Beberapa menu yang sering dipesan antara lain: luau squid, kalua pig, fried butterfish collars, dan yang menu makanan paling favorit adalah pipi kaula short ribs yang rasanya mirip seperti perpaduan dendeng dengan steak.

9. Pantai Waikiki

Pantai Waikiki

Pantai Waikiki

Pantai Waikiki yang ada di Pulau Oahu ini memang sangat populer dan tidak pernah sepi dari wisatawan dengan berbagai jenis kegiatan wisata, mulai dari berjemur, berburu sunset dan sunrise, hingga bermain selancar. Pantai dengan latar belakang pemandangan gunung Diamond Head ini memang bisa dibilang bukan pantai biasa. Selain menjadi tempat bermain selancar yang populer, sejak tahun 2001 tempat wisata di Hawaii ini juga sering memutar film melalui layar selebar 10 meter dan wisatawan bisa menikmatinya secara gratis. Acara nonton film di pantai ini disebut sebagai Sunset on the Beach.

10. Hana Road

Hana Road

Hana Road

Hana Road merupakan sebuah jalan di Pulau Maui yang terletak di antara bukit dengan tanaman hijau dan Samudara Pasifik. Jalanan ini memiliki 59 jembatan dan 620 belokan. Di sini Anda bisa berkendara dengan mobil atap terbuka karena udaranya sejuk dan jalannya beraspal.

Selama berada di Hana Road, Anda bisa mampir ke beberapa tempat wisata menarik seperti Puaa Kaa State Wayside Park untuk berenang, kemudian ke Waianapanapa State Park untuk berjalan-jalan di pantai dengan pasir coklat kehitaman. Lalu ke Kahanu Garden untuk menyaksikan salah satu kuil terbesar di Hawaii, yaitu Piilanihale hingga datang ke Haleakala National Park.

Nah, itulah daftar rekomendasi tempat wisata di Hawaii untuk Anda kunjungi versi AnekaTempatWisata.com. Tempat wisata mana yang paling menarik bagi Anda? Share yuk!

10 Tempat Wisata di Hawaii yang Wajib Dikunjungi
4.33 (86.67%) 3 votes








Mau liburan gratis?

Masukan email Anda:

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *