11 Tempat Wisata di Bogor yang Wajib Dikunjungi

Danau Situ Gede
Share ke teman kamu

Bogor adalah sebuah kota yang berlokasi sangat dekat dengan Jakarta. Dengan jarak hanya sekitar 50 KM dari Jakarta, Bogor sering kali menjadi pilihan wisata akhir pekan penduduk Jakarta dan sekitarnya. Apa saja tempat wisata di Bogor yang wajib dikunjungi? Berikut ulasannya.

1. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor adalah sebuah kebun botani dengan luas lebih dari 85 hektar dan mempunyai koleksi tumbuhan sebanyak lebih dari 15,000 tumbuhan. Kebun Raya Bogor adalah tempat wisata di Bogor yang paling cocok untuk berpiknik, sehingga tidak aneh apabila pada akhir pekan Kebun Raya Bogor penuh dengan pengunjung. Harga tiket masuk Kebun Raya Bogor adalah 14,000 Rupiah per orang.

2. The Jungle Water Park

The Jungle Water Park

The Jungle Water Park

The Jungle Water Park berlokasi di tengah sebuah perumahan bernama Bogor Nirwana Residence. The Jungle Water Park merupakan sebuah wahana wisata air yang lengkap dan menyenangkan, terutama bila anda adalah keluarga yang mempunyai anak kecil. Selain wahana permainan air, The Jungle Water Park juga mempunyai fasilitas sinema 4D, taman burung, dan akuarium raksasa. Harga tiket The Jungle Water Park adalah 80,000 Rupiah per orang.

3. Danau Situ Gede

Danau Situ Gede

Danau Situ Gede

Danau Situ Gede adalah sebuah danau dengan luas sekitar 6 hektar dan dikelilingi oleh hutan. Danau Situ Gede adalah tempat rekreasi sehari-hari bagi warga Bogor yang gemar memancing, menaiki perahu ke tengah danau, dan jalan-jalan di hutan yang rimbun. Selain itu, di hutan Danau Situ Gede juga banyak terdapat rusa sehingga anda dapat bermain dengan mereka.

4. Marcopolo Water Adventure

Marcopolo Water Adventure

Marcopolo Water Adventure

Marcopolo Water Adventure berlokasi di perumahan Bukit Cimanggu City, tepatnya di Jalan KH. Soleh Iskandar No.1, Bogor. Marcopolo Water Adventure adalah sebuah taman wisata permainan air dengan fasilitas permainan water boom, kolam air panas, kolam renang anak, kolam renang bayi, kolam renang dewasa, kolam arus, dan lain-lain. Selain itu anda juga dapat bermain flying fox, sepeda air, balon air, memancing, dan lain-lain di lokasi ini. Harga tiket masuk Marcopolo Water Adventure adalah 55,000 Rupiah.

5. Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari adalah salah satu tempat wisata di Bogor yang paling terkenal, bahkan sudah menjadi salah satu ikon kota Bogor. Taman Wisata Mekarsari adalah pilihan tepat bagi warga Jakarta dan sekitarnya untuk melepas kejenuhan kerja sehari-hari. Sempat ditutup selama beberapa bulan untuk keperluan renovasi, kini Taman Wisata Mekarsari yang telah dibuka kembali untuk umum menawarkan wisata taman buah di lahan seluas 264 hektar dengan berbagai macam fasilitas rekreasi yang menyenangkan untuk anda dan keluarga. Di Taman Wisata Mekarsari juga terdapat wahana water kingdom, sebuah wahana wisata air terbesar di Asia.

6. Taman Safari Cisarua

Taman Safari Cisarua

Taman Safari Cisarua

Taman Safari Cisarua adalah salah satu tempat wisata di Bogor yang paling ramai di kunjungi pada akhir pekan. Taman Safari Cisarua yang berada di kawasan wisata Puncak menawarkan pengalaman melihat dan berinteraksi dengan berbagai jenis hewan yang hidup di habitat aslinya. Selain menawarkan pengalaman berinteraksi dengan hewan di siang hari, Taman Safari Cisarua juga mempunyai program safari malam sehingga anda dapat melihat kegiatan hewan di malam hari. Apabila anda ingin berkunjung ke Taman Safari Cisarua pada akhir pekan, perlu diingat bahwa pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional kawasan puncak memberlakukan sistem satu arah, biasanya satu arah naik pada jam 9 pagi sampai dengan jam 11.30 siang, dan satu arah turun pada jam 3 sore sampai dengan jam 6 sore. Harga tiket masuk Taman Safari Cisarua adalah 140,000 Rupiah per orang.

7. Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang berlokasi sekitar 5 KM dari Bogor, tepatnya di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari. Kampung Budaya Sindangbarang merupakan kampung tertua di Bogor yang dipercaya sudah ada sejak jaman Kerajaan Sunda pada abad ke 7. Di Kampung Budaya Sindangbarang anda dapat menikmati peninggalan kerajaan Pajajaran, menikmati dan mempelajari kesenian Sunda, menikmati suasana desa yang tenang, dan lain-lain.

8. Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Air Panas Tirta Sanita Ciseeng adalah salah satu tempat wisata di Bogor favorit warga Bogor dan sekitarnya. Kegiatan yang bisa dilakukan di Tirta Sanita Ciseeng Bogor adalah berendam air panas belerang yang berguna tidak hanya untuk melepas lelah, namun juga baik untuk kesehatan. Selain tempat berendam air panas, Tirta Sanita Ciseeng juga mempunyai fasiltias permainan yang dapat dimainkan anak-anak dan orang dewasa. Harga tiket masuk Air Panas Tirta Sanita Ciseeng adalah 10,000 Rupiah per orang, hati-hati terkadang ada beberapa orang yang mencoba menjual tiket tidak resmi dengan harga 50,000 Rupiah atau lebih.

9. Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi Bogor

Sesuai dengan namanya, Museum Zoologi Bogor adalah sebuah museum di Bogor yang mempunyai koleksi berupa hewan. Koleksi hewan ini bukan berarti Museum Zoologi Bogor seperti Taman Safari Cisarua, melainkan berupa koleksi hewan yang diawetkan dan juga fosil hewan. Museum Zoologi Bogor yang terletak di dalam Kebun Raya Bogor adalah tempat wisata edukasi yang bagus karena memiliki puluhan ribu koleksi yang berbeda.

10. Warso Farm

Warso Farm

Warso Farm

Warso Farm atau sering disebut Kebun Durian dan Buah Naga Warso adalah sebuah tempat wisata di Bogor yang berlokasi di Desa Cihideung, sekitar 10 KM dari pusat kota Bogor. Warso Farm sangat mudah ditemukan karena di pintu gerbang depanyna terdapat replika buah durian dan buah naga yang sangat besar. Berada di atas sebuah lahan berukuran sekitar 8 hektar, Warso Farm adalah tempat wisata perkebunan yang wajib dikunjungi di Bogor.

11. Air Panas Ciparay

Air Panas Ciparay

Air Panas Ciparay

Terletak di desa Ciparay, Air Panas Ciparay adalah tempat berendam air panas yang masih alami. Pada saat datang memasuki area Air Panas Ciparay, anda harus menuruni sektiar 400 anak tangga, namun tidak perlu kuatir karena pemandangan dalam perjalanan tersebut sangat indah sehingga tidak akan terasa melelahkan. Harga tiket masuk Air Panas Ciparay adalah 4,000 Rupiah per orang.

11 Tempat Wisata di Bogor yang Wajib Dikunjungi
4.88 (97.66%) 137 votes










Mau liburan gratis?

Masukan email Anda:

Share ke teman kamu

13 thoughts on “11 Tempat Wisata di Bogor yang Wajib Dikunjungi

      • istana bogor boleh dimasuki pada moment tertentu, jadi harus rajin2 dan awas melihat pengumuman, kalau nggak salah masuknya juga harus pakai rombongan, nggak bisa sendiri-sendiri…

  1. Dari semua tempat diatas, yang paling sering saya LEWATI adalah the jungle waterpark, cuman lewat aja, ga pernah masuk 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *