15 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Pantai Padang Padang
Share ke teman kamu

Terletak di sebelah timur Pulau Jawa, Bali adalah primadona pariwisata Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia. Selain terkenal dengan keindahan alamnya, terutama pantainya, Bali juga terkenal dengan kesenian dan budayanya yang unik dan menarik.

Bali sebagai tempat tujuan wisata yang lengkap dan terpadu memiliki banyak sekali tempat wisata menarik, apa saja tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi?

1. Pantai Kuta

Pantai Kuta

Pantai Kuta

Pantai Kuta adalah tempat wisata di Bali yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang dekat dengan bandara, pantainya yang indah, biaya yang murah, dan ombaknya yang cocok untuk peselancar pemula. Pantai Kuta juga terkenal dengan panorama matahari tenggelamnya yang sangat indah. Fakta unik dari Pantai Kuta adalah sebelum Pantai Kuta menjadi sebuah tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi seperti sekarang ini, Pantai Kuta merupakan sebuah pelabuhan besar, pusat perdagangan di Bali. Dengan pasir putih dan laut birunya, dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang sangat lengkap, Pantai Kuta adalah primadona wisata Bali.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Pantai di Bali yang Wajib Dikunjungi

2. Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot adalah salah satu tempat wisata di Bali yang terkenal dengan keindahannya, terutama pada saat matahari terbenam. Pura Tanah Lot yang terdiri dari 2 buah pura merupakan pura tempat memuja dewa laut. Keunikan dari Pura Tanah Lot adalah pura ini berada di atas sebuah batu karang besar di pinggir laut. Pada saat air laut pasang, anda tidak dapat mendekat ke Pura Tanah Lot karena di sekitar batu karang penyangga Pura Tanah Lot akan digenangi air laut. Pada saat air surut anda dapat melihat beberapa ular laut jinak yang menurut penduduk setempat merupakan penjaga Pura Tanah Lot. Selain itu, di lokasi ini anda juga dapat memegang ular suci yang jinak dan tidak berbahaya.

3. Pantai Padang Padang

Pantai Padang Padang

Pantai Padang Padang

Pantai Padang Padang mungkin kurang begitu terkenal bila dibandingkan dengan Pantai Kuta, namun Pantai Padang Padang adalah pantai yang sangat indah dan unik. Pada saat saya pertama datang ke Pantai Padang Padang juga saya mengira bahwa pantai ini adalah pantai yang tidak menarik karena kurang terkenal, namun ternyata saya salah. Pantai Padang Padang adalah pantai kecil yang tersembunyi dibalik sebuah tebing di kawasan Pecatu, dekat Uluwatu. Untuk dapat mencapai Pantai Padang Padang, anda harus melewati sebuah tangga yang membelah tebing. Pantai Padang Padang tidak besar dan luas, namun sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Sebagian besar pengunjung Pantai Padang Padang adalah wisatawan asing karena Pantai Padang Padang kurang terkenal dikalangan wisatawan dalam negeri.

4. Danau Beratan Bedugul

Danau Beratan Bedugul

Danau Beratan Bedugul

Danau Beratan Bedugul adalah sebuah danau yang berlokasi di daerah pegunungan dengan suasana alam yang asri. Keunikan dari Danau Beratan Bedugul adalah keberadaan pura yang bernama Pura Ulun Danu. Pura Ulun Danu terletak di pinggir Danau Beratan Bedugul dan merupakan salah satu daya tarik utama Danau Beratan Bedugul. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati permainan air dan menyewa perahu di Danau Beratan Bedugul.

5. Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana atau biasa disingkat GWK adalah sebuah taman wisata budaya yang berlokasi di Bali Selatan. Garuda Wisnu Kencana adalah sebuah patung yang sangat besar karya I Nyoman Nuarta. Saat ini, patung Garuda Wisnu Kencana belum sepenuhnya selesai dibuat, hanya sebagian saja yang telah selesai, namun walau begitu anda tetap dapat menikmati kemegahan Garuda Wisnu Kencana. Selain patung, anda juga dapat melihat keindahan bukit kapur yang di potong menjadi balok-balok kapur besar. Balok-balok kapur ini nantinya akan penuh dengan pahatan. Selain itu di kawasan Garuda Wisnu Kencana juga terdapat teater seni, anda dapat menikmati berbagai jenis tari dan kesenian Bali di teater ini setiap harinya.

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Khas Bali yang Paling Terkenal

6. Pantai Lovina

Pantai Lovina

Pantai Lovina

Pantai Lovina mungkin tidak terlalu sering terdengar di kalangan wisatawan. Pantai Lovina adalah salah satu tempat wisata di Bali yang paling saya sukai karena di Pantai Lovina kita dapat melihat lumba-lumba berenang dan meloncat di habitat aslinya. Terletak di Bali Utara dekat dengan Kota Singaraja, anda akan pergi ke tengah laut dan melihat lumba-lumba dengan menggunakan perahu nelayan. Lumba-lumba Pantai Lovina bermain di tepi pantai pada pagi hari, oleh karena itu biasanya wisatawan berangkat dari pinggir pantai mulai dari jam 6 pagi.

7. Pura Besakih

Pura Besakih

Pura Besakih

Pura Besakih adalah sebuah pura yang berlokasi di kaki Gunung Agung, dan merupakan pura terbesar di Bali. Di Pura Besakih sering diadakan acara keagamaan Hindu karena Pura Besakih dipercaya sebagai tempat suci dan merupakan induk dari seluruh pura yang ada di Bali. Pura Besakih dibangun dengan konsep keseimbangan Tuhan, manusia, dan alam atau sering disebut dengan sebutan Tri Hita Karana. Untuk dapat memasuki area Pura Besakih, anda harus menggunakan sarung yang dapat dipinjam di sekitar lokasi Pura Besakih.

8. Pura Uluwatu

Pura Uluwatu

Pura Uluwatu

Pura Uluwatu adalah salah satu tempat wisata di Bali yang berada di atas sebuah tebing yang menjorok ke laut. Pura Uluwatu tidak hanya menawarkan suasana religius khas Bali, namun juga menawarkan keindahan panoramanya, terutama keindahan matahari tenggelamnya yang sudah sangat terkenal. Di Pura Uluwatu anda akan berjumpa dengan sejumlah kera yang dipercaya berfungsi menjaga kesucian Pura Uluwatu. Untuk memasuki area Pura Uluwatu, anda harus menggunakan sarung dan selendang yang merupakan simbol hormat kepada kesucian Pura Uluwatu.

9. Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran adalah salah satu tempat wisata di Bali yang paling terkenal. Pada saat anda datang ke Pantai Jimbaran, yang pertama kali akan anda lihat adalah deretan meja dan kursi makan di atas pasir putih yang indah. Pantai Jimbaran terkenal dengan kuliner pinggir pantainya, terutama hidangan lautnya. Pantai Jimbaran untuk anda yang ingin berwisata ke pantai sekaligus menikmati wisata kuliner khas Bali. Tidak perlu kuatir menyantap makanan di Pantai Jimbaran karena ombak di Pantai Jimbaran sangatlah tenang, tidak membahayakan anda yang sedang makan di pinggir pantai.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Kuliner di Bali yang Wajib Dikunjungi

10. Monkey Forest

Sangeh

Sangeh

Monkey Forest adalah tempat wisata di Bali yang akan membawa anda menyatu dengan alam. Terletak di Ubud, Bali, Monkey Forest adalah sebuah hutan yang dihuni oleh banyak kera liar. Kera-kera ini dianggap keramat oleh penduduk setempat sehingga tidak boleh diganggu dan dibiarkan hidup di hutan. Kera di Monkey Forest sangat menyukai makanan, mereka akan berusaha mendapatkan makanan yang anda bawa, walaupun makanan tersebut ada di dalam tas anda. Di tempat ini anda akan menyaksikan kehidupan ratusan kera yang unik dan menarik.

11. Tanjung Benoa

Tanjung Benoa

Tanjung Benoa

Tanjung Benoa yang berbatasan dengan Nusa Dua, Bali adalah pusat dari kegiatan olahraga dan permainan air di Bali. Karakteristik Pantai Tanjung Benoa sangatlah tenang, sehingga sangat cocok untuk berbagai jenis permainan air yang seru. Jenis permainan air yang dapat anda mainkan di sini yaitu snorkel, sea walker, banana boat, parasailing, wakeboard, waterski, jetski, scuba diving, donut boat, flying fish, dan lain-lain. Selain itu anda juga dapat pergi melihat penyu raksasa di pulau penyu dengan menaiki perahu dari Tanjung Benoa.

12. Danau Batur Kintamani

Danau Batur Kintamani

Danau Batur Kintamani

Danau Batur Kintamani merupakan salah satu pesona alam yang dimiliki Bali. Terletak di gunung tertinggi ke 2 di Bali, Danau Batur Kintamani mempunyai hawa yang sejuk dan pemandangan yang sangat mempesona. Danau Batur Kintamani adalah danau terbesar di Bali yang banyak dikunjungi wisatawan karena menawarkan pemandangan yang tiada duanya di Bali.

13. Tari Kecak Uluwatu

Tari Kecak Uluwatu

Tari Kecak Uluwatu

Tari Kecak adalah tari khas Bali yang paling terkenal dan paling menarik untuk dilihat. Dari banyak tempat yang mempertontonkan tarik kecak, menurut saya yang paling menarik adalah Tari Kecak Uluwatu yang berada di Pura Uluwatu. Tari Kecak Uluwatu mempertunjukan tari kecak khas Bali dengan latar belakang matahari tenggelam di Uluwatu yang sangat indah. Tari Kecak Uluwatu sangat populer dan ramai oleh karena itu apabila anda ingin menonton pertunjukan Tari Kecak Uluwatu, saya sarankan untuk pesan dari jauh hari.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi

14. Arung Jeram Sungai Telaga Waja

Arung Jeram Sungai Telaga Waja

Arung Jeram Sungai Telaga Waja

Arung Jeram Sungai Telaga Waja sangatlah cocok bagi anda yang suka kegiatan yang seru dan menantang. Sungai Telaga Waja memiliki air yang jernih dan bersih dan jeram yang menantang. Di akhir pengarungan anda akan meloncati sebuah pintu air, sangat seru. Setelah selesai menikmati Arung Jeram Sungai Telaga Waja, anda akan mendapatkan bonus berupa trekking naik gunung, oleh karena itu siapkan diri anda dan beristirahatlah yang cukup karena Arung Jeram Sungai Telaga Waja akan menguras tenaga anda.

15. Arung Jeram Sungai Ayung

Arung Jeram Sungai Ayung

Arung Jeram Sungai Ayung

Arung Jeram Sungai Ayung mempunyai karakteristik yang berbeda dengan Arung Jeram Sungai Telaga Waja. Apabila Arung Jeram Sungai Telaga Waja menawarkan tantangan, maka Arung Jeram Sungai Ayung menawarkan keindahan. Panorama sepanjang Sungai Ayung sangatlah indah, ditambah dengan pahatan di tebing sungai, dan hijaunya pepohonan di sekitar sungai melengkapi keindahan Arung Jeram Sungai Ayung.

15 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi
4.64 (92.83%) 237 votes








Mau liburan gratis?

Masukan email Anda:

Share ke teman kamu

58 thoughts on “15 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

  1. Ternyata tempat-tempat wisata di dalam negeri tidak kalah dari yang ada di Eropa, tugas kita semua mendatangkan turis mancanegara agar mendatangkan banyak devisa

    • Tugas utama kita yang sebenarnya adalah menjaga tempat wisata yang ada supaya tidak rusak. Dengan begitu tempat wisata yang ada di Indonesia akan tetap ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai negara.

  2. Betul-betul, mari kita jaga keindahan & kelestarian tempat2 wisata di negeri ini.
    tapi omong-omong di Bali tempat wisata selain list di atas masih baaaanyak lagi lho !

    • Tempat wisata di Bali memang banyak sekali, namun di post ini hanya dipilih yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi sehingga wisatawan dapat dengan mudah menentukan tempat tujuan mereka di Bali 🙂

  3. Bali memang sudah sangat terkenal tidak hanya di dalam negeri, tapi juga wisatawan mancanegara. Pengen bingits ke Bali….
    Thank’s for sharing.

  4. Luar biasa sekali keindahan alam wisata yang ada di Indonesia tercinta ini, mari kita jaga kelestarian alamnya agar tetap bisa di nikmati oleh anak cucu kita kelak.

    • Sayangnya para pejabat di daerah yang tidak mengerti akan nilai keindahan alam, semuanya diblok dijaikan hotel. Bali memerlukan pemimpin yang visioner.

  5. Tempat Wisata Bali sangat Luar Biasa Yang ada Di Indonesia ini, Bali is the best….mantap
    i love you full

  6. Sekarang ini banyak sekali obyek wisata buatan untuk rekreasi seperti Circus Waterpark di Tuban, Trick Art Gallery Seminyak dan Indonesia Miniature di Gianyar. Cocok untuk tambahan hiburan jika liburan di Bali

  7. Wah indah sekali pemandanganya pasti disana lebih enak daripada jauh jauh keluar negeri jalan jalan nggak asikkk lebih enak di jimbaran

  8. makasih infonya.. 25 Des ’14 s/d 1 Jan ’15 ini kali yg kedua kita sekeluarga touring bermobil ke Bali, semua list obyek wisata diatas (kecuali arung jeram) langsung jadi agenda untuk kita datangi.

  9. Sungguh disayangkan tempat tinggalku berbeda pulau, jadi lebih kepikiran mengumpulkan uang yang lebih hanya untuk tiket pesawat.
    -_-

  10. Bali memang sangat indah…. nda nyesel ke bali…tempatnya sangat bagus, orangnya ramah-ramah…malah pengen ke bali lagi hehehehe

  11. Nice post !!!
    Terima kasih sudah berbagi informasi tentang objek wisata di Bali, semuanya indah dan menarik,, mari sekalian nyebrang ke Lombok, Lombok juga tidak kalah indah dan menarik :))

  12. Unt saudaraku masyarakat Bali, berbanggalah memiliki tempat yg menarik dan tak pernah membosankan. Tempat yg banyak menginspirasi bagi banyak orang. Saya akan bangga jika , bali adalah Bali masa lalu yg terjaga adat budaya tradisi leluhurnya. Saya bangga dengan masy yg tetap membangun rumah tradisional khas bali. Pertahankan dan jangan rusak dng bangunan modern. Saya bangga dengan Bali. Bali, Tradisi tiada mati.

  13. Bangga jadi orang Bali dan tentunya sangat bangga jadi orang indonesia, negara yang kaya akan panorama alam yang indah.

  14. info dong kami tgl 26 – 30 ke bali sampe dibali mungkin jam 2 siang enaknya kemana dulu terus kalo hotel yang paling strategis dan murah meriah dimana?atau ada paket tour yang bisa cover untuk tgl 26 kita sampe siang jam 2 pulang tgl 20 jam 10 pagi

  15. informasi tambahan sangeh mongkey forest: sebenarnya itu ada di dua daerah yg berbeda, desa sangeh kab. badung dan desa padang tegal ubud kab. gianyar. keduanya ada mongkey forest, hutan dengan kera ekor panjang yg dilindungi dan keduanya juga ada pura didalamnnya, hanya meluruskan, saya dari ubud, semoga bermanfaat

  16. tapi kok yg ada di buku ku gk ada semua yg ada pantai sanur, pantai anyer,pantai karang bolong,pantai carita

  17. Karangasem sebagai objek wisata spiritual merupakan peninggalan sejarah zaman dulu kala yang tetap ramai dikunjungi seperti besakih sampai pura dukuh sakti dan pengubengan, lempuyang dengan panoramanya dan pasukan keranya, ujung dan tirta gangga, candi dasa, tanah aron, pantai amed yang jernih dan juga pasar agung sebudi, sibetan dan nangka bhuana giri, dan masih banyak yang lainnya.

  18. Pantai di Bali memang indah-indah, nnoart sudah pergi ke sebagian besar pantai di Bali dan memang indah-indah. Ini daftar pantai di Bali yang keren-keren:
    1. Pantai Kuta
    2. Pantai Sanur
    3. Pantai Pandawa
    4. Pantai Green Bowl
    5. Pantai Melasti
    6. Pantai Jimbaran
    7.Pantai Padang Padang
    8. Pantai Suluban (Blue Point)
    9. Pantai Geger Nusa Dua
    10. Pantai Double-Six Seminyak
    12. Pantai Legian
    13. Pantai Matahari Terbit
    14. Pantai Segara Ayu
    15. Pantai Sindhu
    16. Pantai Balangan
    17. Pantai Bingin
    18. Pantai Tegal Wangi
    19. Pantai Jerman
    20. Pantai Lovina

    Selain pantai, objek wisata religinya juga keren-keren seperti:
    1. Tanah Lot
    2. Pura Luhur Uluwatu
    3. Pura Taman Ayun
    4. Pura Ulun Danu Beratan
    5. Pura Lempuyang Luhur

    Masih ada lagi yang lainnya yang tidak kalah menarik, seperti:
    1. Garuda Wisnu Kencana
    2. Ubud Monkey Forest
    3. Sangeh Monkey Forest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *