Bishop Rock – Pulau Terkecil di Dunia

Bishop Rock pulau terkecil di dunia
Share ke teman kamu

Penasaran seperti apa pulau terkecil di dunia? Menurut Guinness World Records, pulau terkecil di dunia adalah Bishop Rock yang berlokasi di Kepulauan Scilly, sekitar 48 KM dari Inggris. Dengan panjang 46 meter dan lebar 16 meter, pulau ini sangatlah kecil dan bukan sebuah pulau yang dapat dijadikan tempat tinggal sehari-hari.

Bishop Rock

Bishop Rock

Apabila anda membayangkan pulau dengan pasir putih di tengah samudera adalah wujud dari pulau terkecil di dunia, anda salah. Bishop Rock adalah sebuah pulau yang berupa tonjolan karang di tengah laut dekat Kepulauan Scilly. Bishop Rock tidak memiliki pantai, pasir putih, atau pohon kelapa karena seluruh permukaan pulau ini adalah batu karang. Batu karang tersebut mempunyai kedalaman sekitar 45 meter.

Walau kecil dan terpencil, pulau terkecil di dunia ini terkenal dengan keunikannya. Apa keunikan dari Bishop Rock? Keunikan dari pulau ini adalah adanya sebuah mercusuar berlantai 10 yang berdiri kokoh di atas batu karang yang dihempas ombak setiap saat.

Kenapa di pulau sekecil itu bisa dibangun sebuah mercusuar besar? Jawabannya adalah karena dulunya di sektiar lokasi ini banyak sekali terjadi kecelakaan kapal laut menabrak pulau karang tersebut pada malam hari. Ombak dan arus di sekitar Bishop Rock juga tergolong besar dan kuat, sehingga kapal yang lewat sangat rentan menabrak pulau batu karang tersebut. Kecelakaan terbesar yang pernah terjadi di sini yaitu tenggelamnya kapal armada Inggris yang mengangkut sekitar 2,000 pasukan karena menabrak Bishop Rock. Penumpang kapal tersebut tidak ada yang selamat. Setelah kejadian tersebut, pemerintah Inggris langsung memutuskan untuk membangun sebuah mercusuar di atas pulau terkecil di dunia tersebut.

mercusuar Bishop Rock

mercusuar Bishop Rock

Membangun sebuah mercusuar di tengah lautan berombak bukanlah pekerjaan mudah, pembangunan mercusuar berbahan dasar batu granit ini sempat dihentikan karena angin yang kencang, ombak yang besar, dan arus yang kuat. Pembangunan tahap pertama pada tahun 1847 gagal karena mercusuar yang berbahan besi runtuh dimakan ombak yang ganas bahkan sebelum pembangunan selesai. Bangunan mercusuar yang baru terbuat dari batu granit dan selesai dibangun pada tahun 1858. Sejak itu, tidak ada lagi kecelakaan menabrak Bishop Rock karena cahaya dari mercusuar ini dapat menembus jarak sekitar 45 KM dan dijaga oleh beberapa orang penjaga.



Setiap lantai di mercusuar berlantai 10 ini mempunyai fungsi yang berbeda:

  • Lantai 1: Tangki air bersih untuk penjaga
  • Lantai 2: Pintu masuk
  • Lantai 3: Ruang penyimpanan
  • Lantai 4: Ruang tangki minyak bahan bakar mercusuar
  • Lantai 5: Ruang tangki minyak bahan bakar mercusuar
  • Lantai 6: Ruang tengah untuk penjaga
  • Lantai 7: Ruang tidur untuk penjaga
  • Lantai 8: Ruang penyimpanan
  • Lantai 9: Ruang servis
  • Lantai 10: Lampu mercusuar
Bishop Rock pulau terkecil di dunia

Bishop Rock pulau terkecil di dunia

Saat ini pulau terkecil di dunia ini tidak ada penghuninya karena pada tahun 1992 penjaga mercusuar Bishop Rock pensiun dari pekerjaannya. Pekerjaan di mercusuar tersebut digantikan oleh mesin yang secara otomatis dapat mengatur mercusuar. Namun, setiap beberapa waktu akan ada petugas yang datang ke Bishop Rock dengan menggunakan helikopter untuk melakukan pengecekan mercusuar.

Walaupun tidak berpenghuni, saat ini pulau terkecil di dunia ini sudah menjadi salah satu tempat wisata yang sering didatangi wisatawan. Jasa tur Bishop Rock yang ada di Kepulauan Scilly harganya adalah 16 Poundsterling, atau sekitar 250,000 Rupiah. Kapal yang digunakan untuk tur tidak akan merapat ke Bishop Rock karena arusnya yang kuat cukup berbahaya, namun tidak perlu kuatir karena anda akan diberi kesempatan berfoto bersama pulau terkecil di dunia.









Share ke teman kamu

4 thoughts on “Bishop Rock – Pulau Terkecil di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *