25 Tempat Wisata Kuliner di Bogor yang Wajib Dicoba

Cyrano Cafe
Share ke teman kamu

Jelajah kuliner pasti menjadi agenda yang wajib dilakukan ketika Anda singgah ke Bogor. Aneka kudapan hingga main course di Kota Hujan memang selalu siap memanjakan lidah Anda. Mungkin diperlukan waktu lebih dari satu hari untuk menikmati semua kuliner favorit Bogor.

Selain karena pilihannya yang sangat banyak, kuliner Bogor juga populer karena olahannya yang bervariasi. Beberapa tempat kuliner Bogor pun bisa menjadi spot foto yang Instagramable. Agar Anda tidak kehabisan waktu atau bingung, inilah 25 rekomendasi tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dicoba.

1. Laksa Kampung Cincau

Laksa Kampung Cincau

Laksa Kampung Cincau

Sajian bihun putih bercampur telur rebus dan tahu kuning, merupakan menu legendaris yang membawa Laksa Kampung Cincau memanjakan lidah pecinta kuliner, sejak tahun 1950-an.

Laksa, yang dahulu dikenal dengan nama Laksa Mang Ocim ini, merupakan makanan perpaduan Tionghoa dan Melayu. Biasanya laksa menggunakan kuah santan yang diberi kaldu ayam. Laksa Kampung Cincau tidak menggunakan kaldu sama sekali. Begitu pula dengan suwiran daging ayam yang tidak akan Anda temukan seperti laksa pada umumnya.

Keistimewaan Laksa Kampung Cincau terletak pada bihun yang digunakan, karena ukurannya jauh lebih tipis dari mi. Kenikmatannya diperkaya perpaduan santan kuning, taoge, serundeng kelapa, dan daun kemangi.

Laksa Kampung Cincau dapat Anda temukan di Kawasan Suryakencana. Tepatnya di Jalan Ranggagading, Kampung Cincau, Bogor Tengah. Datanglah antara pukul 7.00-11.00 WIB agar tidak kehabisan satu porsi laksa seharga Rp10.000-20.000 ini.

2. Toge Goreng Mang Gebro

Toge Goreng Mang Gebro

Toge Goreng Mang Gebro

Toge Goreng Mang Gebro merupakan hidangan kombinasi lontong, taoge, tahu goreng yang dipotong kecil, mi kuning, lalu disiram dengan saus taoco, oncom, dan ditaburi kerupuk.

Kombinasi isiannya sesuai dengan makna istilah “Gebro” yang artinya melimpah atau bisa pula diartikan porsi besar. Meskipun berukuran besar dan sangat mengenyangkan, Toge Goreng Mang Gebro dapat disantap hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp10-15 ribu.

Lokasi Toge Goreng Mang Gebro dapat Anda temukan di Jalan Pengadilan, Pasar Anyar, Bogor Tengah.

3. Kedai Kita

Kedai Kita

Kedai Kita

Tempat kuliner Bogor yang satu ini merupakan salah satu sentra kuliner Bogor yang tidak pernah sepi pengunjung. Menu andalan di Kedai Kita adalah Pizza Tungku, Mi Sapi Lada Hitam, dan Mi Pangsit Goreng.

Selain memiliki banyak varian mi, hidangan pizza di sini juga sangat kaya topping. Anda bisa mencoba pizza margarita (keju), spicy beef, sayuran, marinara, hingga pizza quatro yang menggabungkan empat topping sekaligus. Sesuaikan saja dengan selera Anda dalam jangkauan harga antara Rp20.000 sampai Rp80.000 per porsi.

Untuk berkunjung ke Kedai Kita, Anda bisa melangkah ke Jalan Pangrango No. 21, Bogor Tengah, mulai jam 8 pagi hingga jam 11 malam. Jika Anda suka dengan makanan Kedai Kita, Anda juga bisa menikmatinya di Kedai Kita cabang Jakarta.

4. Klappertaart Huize

Klappertaart Huize

Klappertaart Huize

Menikmati warisan kolonial di Bogor ternyata tidak harus pergi ke museum. Klappertaart Huize menjadi alternatif mengenal sejarah Belanda melalui kelezatan kulinernya. Anda bisa mencicipi gurihnya kudapan klappertaart, macaroni schotel, dan indische pastei.

Semua sajian yang ada di Klappertaart Huize merupakan hidangan fresh yang diracik oleh para koki berpengalaman. Hal ini berhubungan erat dengan sejarah pendirian dan perkembangan Klappertaart Huize. Pada masa awal berdirinya, sekitar tahun 2007, sang penggagas memanfaatkan tempat berjualan di dekat sekolah pariwisata. Penjualannya yang langsung mendatangi konsumen, membuat Klappertaart semakin familiar di kalangan pelajar dan tenaga pengajar sekolah pariwisata tersebut.

Klappertaart di sini ditawarkan dalam pilihan rasa susu, kelapa, pandan, green tea, stroberi, dan oreo. Sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga dan anak-anak. Jadi, bergegaslah menuju ke Jalan Pangrango No. 25, Bogor Tengah, untuk memilih sajian dengan harga mulai dari Rp15.000,00-Rp125.000.

5. Lasagna Gulung

Lasagna Gulung

Lasagna Gulung

Sesuai namanya, masakan khas Italia ini disajikan dengan cara digulung dan diisi berbagai topping pilihan. Di antaranya ada beef, chicken, tuna, dan kerang. Lembaran pasta, krim dan sausnya yang melebur sungguh sayang dilewatkan.

Satu porsi lasagna gulung rasa ayam, misalnya, sudah berisi perpaduan keju, daging, sayuran dan telur rebus. Bahan-bahan itu dicampur dengan berbagai bumbu dan digulung sepanjang 30 sentimeter. Tidak lupa, bagian luar kulit yang dilapisi saus tomat dengan taburan oregano, semakin menambah kenikmatan kuliner Bogor ini. Untuk ukuran sepanjang 30 sentimeter, keistimewaan Lasagna Gulung dengan kulit yang tebal dan tekstur yang pas, dapat Anda santap bersama 3-4 orang lainnya.

Olahan unik yang mengenyangkan itu dapat Anda nikmati dengan harga Rp70.000-88.000. Lasagna Gulung berlokasi di Jalan Salak No. 24, Bogor Tengah, dan dapat dikunjungi sejak pukul 7.00-22.00 WIB.

6. Cyrano Cafe

Cyrano Cafe

Cyrano Cafe

Apabila Anda ingin menikmati pengalaman kuliner Bogor yang berkesan, Anda bisa mencicipi suasana di Cyrano Cafe. Menawarkan tema kucing dengan spot khusus untuk mengabadikan momen kuliner, Cyrano Cafe memiliki dua pilihan lantai untuk bersantap.

Cyrano Cafe beralamat di Jalan Surya Kencana No. 126, Bogor Tengah. Anda bisa datang mulai jam 11 siang untuk menikmati pilihan kuliner lokal dan mancanegara. Harga rata-rata tiap hidangan berkisar antara Rp85.000-120.000.

7. Sop Duren Lodaya

Sop Duren Lodaya

Sop Duren Lodaya

Durian, yang dikenal juga dengan julukan The King of Fruit, merupakan makanan yang dibenci sekaligus dicintai. Aroma menyengatnya sering kali dihindari dan dijauhi, namun keunikan cita rasanya juga sangat banyak diminati. Selain bisa dimakan secara langsung, The King of Fruit juga bisa diolah menjadi dessert yang sangat menggiurkan.

Salah satu dessert andalan di Bogor adalah segala macam olahan durian. Tidak akan ada penyesalan ketika Anda memutuskan singgah di Sop Duren Lodaya. Inilah salah satu penyaji dessert terbaik yang wajib Anda coba di Bogor.

Pesanlah Sop Durian Kacang Ijo lengkap dengan potongan roti untuk membuktikan kualitas dan keunikan olahannya. Sop durian disajikan dalam mangkuk berkaki tinggi, dengan isian buah durian, santan, parutan keju, serta es batu. Anda juga bisa memilih topping yang menggoda, seperti buah-buahan, biskuit, brownies, ketan, kacang ijo, atau roti.

Sejak berdiri pada pertengahan tahun 2013, kuliner Bogor yang satu ini selalu menggunakan buah durian asli, tanpa perasa tambahan. Di tempat wisata kuliner ini, Sop Durian tersedia dalam pilihan Porsi Pas dan Porsi Mabok.

Dengan harga antara Rp35.000-70.000, antrean pesanan Sop Duren Lodaya dapat Anda temukan di Jalan Bangbarung Raya, Bogor Utara, antara pukul 10.00-22.00 WIB.

8. Kue Putu Rindu

Kue Putu Rindu

Kue Putu Rindu

Kuliner inovatif lain yang ada di Bogor adalah Kue Putu Rindu. Kudapan berbahan dasar tepung beras dan gula merah ini dikreasikan dengan menawan. Anda pun bisa memilih salah satu varian rasa seperti cokelat, stroberi, durian, dan green tea. Harganya sangat terjangkau, yakni sekitar Rp10.000-18.000 untuk satu porsi. Kue Putu Rindu beralamat di Jalan Bangbarung Raya, Bogor Utara. Datanglah antara jam 5 sore sampai jam 9 malam untuk menutup jelajah kuliner Bogor Anda.

9. Bapatong

Bapatong

Bapatong

Keberadaan Bapatong semakin memperkaya pilihan kuliner Bogor. Kuliner dengan kuah yang sangat menggugah selera ini sedikit berbeda dengan varian bakso lainnya. Bapatong disajikan dengan potongan dadu ketupat dan juga potongan dadu daging iga sapi di dalamnya.

Anda wajib mencoba olahan bakso, ketupat, dan gentong yang terdapat iga sapi di dalamnya. Siraman kaldu sapi yang dilengkapi mi kuning, pangsit, dan irisan cabai rawit, akan semakin memanjakan lidah Anda.

Karena perpaduan bahan yang dapat menghangatkan tubuh, kuliner Bogor yang satu ini sangat cocok untuk menjadi teman santap malam Anda di Kota Hujan. Lokasi Bapatong berada di Jalan Pangrango No. 1, Bogor Tengah, dan bisa Anda singgahi sampai dengan jam 9 malam. Siapkanlah uang sejumlah Rp17.000-25.000 untuk menikmati satu porsi kehangatannya.

10. Dapur Nene Gode

Dapur Nene Gode

Dapur Nene Gode

Ketika mencari kuliner Bogor yang menyajikan masakan rumahan, Anda tentu harus menuju ke Dapur Nene Gode. Pilihan hidangan seperti buntil, sate telur puyuh, tumis bunga pepaya, nasi tutug bakar, sambal goreng kentang, karedok, perkedel, semur terong, serta ayam rendang, menjadi jawaban yang pas untuk memenuhi hasrat kuliner Anda.

Beragam menu masakan rumahan di Dapur Nene Gode juga sangat ramah di kantong mahasiswa. Khusus hidangan tersebut di atas, biaya yang harus disiapkan tidak akan lebih dari Rp20.000. Sementara pilihan menu lain yang juga cocok dinikmati segmen pekerja kelas menengah adalah beragam olahan ikan, seperti palumara dan tongkol dengan harga kurang dari Rp120.000 per porsi.

Dapur Nene Gode buka setiap hari mulai pukul 10.00-22.00 WIB. Lokasinya berada di Jalan Malabar No. 9, Bogor Tengah.

11. Sop Buah Pak Ewok

Sop Buah Pak Ewok

Sop Buah Pak Ewok

Sejak pertama kali dibuka tahun 2005, Sop Buah Pak Ewok sudah menjadi pilihan terbaik dalam rencana jelajah para pecinta kuliner Bogor. Tempatnya yang sederhana sangat cocok dinikmati bersama keluarga. Apalagi dekorasi interiornya juga terkesan tradisional dan menawarkan pengalaman yang hangat.

Sop Buah Pak Ewok ditawarkan dalam harga yang terjangkau, yakni sekitar Rp15.000-19.000. Termasuk murah karena Anda sudah bisa menikmati sop berisi stroberi, jambu, sawo, nangka, melon, apel, dan berbagai pilihan lainnya.

Jika ingin berkunjung ke tempat wisata kuliner di Bogor ini, langkahkanlah kaki Anda ke kawasan Taman Kencana. Tepatnya di Jalan Bukit Tunggul No. 5, Bogor Tengah. Sop Buah Pak Ewok hanya libur pada hari Jumat. Di hari lain, Anda bisa datang antara pukul 10.00-21.00 WIB.

12. Pia Apple Pie

Pia Apple Pie

Pia Apple Pie

Pie tentu saja bukan makanan khas Indonesia. Akan tetapi, ketika Anda bertanya tentang hidangan pie terfavorit di Bogor, pasti Anda akan diarahkan ke Pia Apple Pie. Begitu favoritnya, tempat kuliner Bogor ini seolah menjadi ikon tersendiri bagi kekayaan kuliner di Bogor.

Pia Apple Pie menawarkan pie dalam pilihan rasa cokelat, stroberi, blueberry, keju, dan, tentu saja, rasa apel. Pie dihidangkan dalam berbagai ukuran yang dapat Anda nikmati dengan harga Rp10.000-139.000.

Selain bisa menikmati pilihan rasa pie, Anda pun dapat memesan beberapa main course yang penyajiannya berbahan dasar apel. Nikmatilah apple salad, apple fried rice, serta spaghetti apple sauce yang harganya berkisar antara Rp25.000-43.000 per porsi.

Sempatkan juga untuk menikmati Love Apple Pie yang bagian permukaannya dibentuk bergaris-garis dengan tekstur yang renyah dan gurih. Pia Apple Pie berlokasi di Jalan Pangrango No. 10, Bogor Tengah, dan dapat dikunjungi antara pukul 7.00-22.00 WIB. Pia Apple Pie juga merupakan salah satu oleh-oleh khas Bogor yang paling terkenal.

13. Ti-is Ice Cream Pajajaran

Ti-is Ice Cream Pajajaran

Ti-is Ice Cream Pajajaran

Rasa manis es krim yang dihidangkan Ti-is Ice Cream seolah semakin lengkap dengan pelayanannya yang sangat memanjakan pengunjung. Kalau Anda datang untuk merayakan peringatan atau momen-momen spesial, menu ice cream tower akan disajikan layaknya kue ulang tahun, lengkap dengan hiasan bendera bertuliskan nama Anda maupun orang-orang terkasih.

Sebagai ahlinya dessert, Ti-is Ice Cream juga tampil istimewa dengan berbagai pilihan rasa dan topping. Setelah memilih salah satu dari rasa mangga, vanila, red velvet, tiramisu, green tea, atau nutella, Anda bisa memilih varian rasa yang dinamakan dressed cone.

Selanjutnya, tentukanlah pilihan topping untuk memperkaya rasa. Di sini ada pilihan choco chips, sliced almond, astor, strawberry lucky, serta chocolate lucky. Es krim juga bisa disajikan di atas piring dengan dua pilihan rasa, yakni blossom spring dan nutty nutella and friends.

Berbagai pilihan menu tersebut ditawarkan dalam harga yang sangat terjangkau, sekitar Rp13.000-25.000. Ti-is Ice Cream dapat Anda kunjungi setiap hari Senin-Jumat (13.00-20.00 WIB) dan Sabtu-Minggu (13.00-21.00 WIB) di Jalan Pajajaran No. 21, Bogor Tengah.

14. Toastea Cafe

Toastea Cafe

Toastea Cafe

Pemilihan nama Toastea didasari kecintaan sang pemilik terhadap aktivitas hangout sambil memanjakan lidah. Toastea merupakan akronim dari toast (tempat roti bakar) dan tea (sajian teh susu seperti chat time).

Meskipun masih termasuk tempat kuliner Bogor baru, namun Toastea Cafe telah mampu meraih hati segmen anak muda Bogor dan sekitarnya. Di sinilah hangout terasa menyenangkan dengan pilihan kuliner lezat seperti melted cheez beef, ovaltine chezze peebles, fish and chips, chiken chop and fries, dan chicken wings and fries.

Pilihan minuman di Toastea Cafe juga sangat kekinian, sesuai selera segmen muda tersebut. Ada menu minuman hangat dan dingin, seperti classic milk tea, taro milk tea, hazelnut milk tea, serta tea tareek. Berbagai hidangan ini ditawarkan dalam kisaran harga Rp15.000-38.000.

Apabila Anda tidak sabar ingin menikmati keakraban hangout sambil memanjakan lidah, segeralah melangkah ke Jalan Cirahayu No. 14, Bogor Tengah. Toastea Café buka setiap hari, mulai jam 12 siang sampai jam 9 malam.

15. Oma Pot

Oma Pot

Oma Pot

Di tengah sejuknya angin Bogor, tersimpan satu suasana penuh kehangatan yang siap menyambut Anda di Oma Pot. Tampilan tempat kuliner Bogor ini memang hanya rumah biasa. Akan tetapi, keramahan pemilik rumahlah yang menjadikannya bermakna lebih dari sekadar rumah atau tempat makan.

Keistimewaan tidak berhenti di situ. Sesuai namanya, berbagai makanan yang ada di Oma Pot memang disajikan dalam wadah berbentuk pot. Menu andalan Oma Pot di antaranya ice cream pot, kwetiau pot, mi pot, orange float, dan es teh manis Oma.

Di dalam ice cream pot, terdapat sereal coklat yang terasa sangat gurih. Tersedia pula pilihan rasa lain seperti vanila dan stroberi. Menu lain yang wajib Anda coba adalah Pop Ice Mie. Idenya diambil dari kesenangan orang mengonsumsi pop mie. Namun Oma mengolah bahannya secara handmade dan pilihan topping yang tersedia juga cukup banyak. Untuk membuktikannya Anda bisa langsung menuju Perumahan Bogor Baru, Jalan Danau Kelimutu Blok C III No. 45-46, Bogor Barat.

16. Leuit Ageung

Leuit Ageung

Leuit Ageung

Leuit Ageung (de’Leuit) merupakan restoran keluarga yang memadukan konsep rumah makan Sunda dengan hidangan-hidangan chinese food. Kesan mewah dan modern akan langsung tertangkap ketika Anda memasuki bangunan bertingkat dua ini.

Berada di atas lahan yang luas, de’Leuit adalah tempat kuliner Bogor yang cocok untuk acara keluarga maupun reuni bersama para sahabat. Anda bisa memilih kuliner khas Indonesia dan Asia. Sebagai rekomendasi, pesanlah nasi jambal yang disajikan dengan bakwan jagung manis goreng, tahu goreng, sambal oncom serta lalapan dan sambal.

Untuk pilihan menu Asia, Anda bisa memilih beragam olahan kerang, udang, kepiting, sup, serta cumi. Pada pilihan sayuran, Anda akan disuguhkan beberapa olahan unik seperti baby kailan dan baby buncis.

Selain itu, de’Leuit juga memiliki pilihan minuman yang cukup menarik. Ada tiga minuman tradisional yang wajib Anda coba, yakni bir kocok, es pala dan es mangga. Perpaduan jahe, gula merah dan kayu manis dalam bir kocok akan memberikan sensasi dingin yang menyegarkan di mulut, sekaligus memberikan efek yang menghangatkan badan.

Setiap porsi hidangan di de’Leuit dapat Anda nikmati dengan harga Rp35.000-105.000. Segeralah melangkah ke Jalan K.H. R. Abdullah Bin Nuh No. 36, Bogor Barat, pada jam 10 pagi sampai jam 10 malam.

17. Warkop Villa Kuda

Warkop Villa Kuda

Warkop Villa Kuda

Warkop Villa Kuda merupakan alternatif terbaik untuk menikmati suasana kuliner Bogor yang akrab dengan harga yang terjangkau. Penamaan Villa Kuda memang sengaja dipakai untuk mewakili tema country house yang dhadirkan dalam bangunannya.

Tempat wisata kuliner di Bogor yang satu ini dapat menjadi pilihan yang sangat cocok bagi kegiatan-kegiatan komunitas serta gathering perusahaan, karena fasilitas live music-nya. Jumlah tamu atau pesertanya bisa disesuaikan menurut pembagian area indoor, semi outdoor, dan saung.

Beberapa menu andalan yang bisa menambah akrab suasana berkumpul di Warkop Villa Kuda, di antaranya nasi goreng villa kuda, kwetiau siram sapi, roti canai, whisky vilkud (minuman nonalkohol), sanas (minuman campuran sawi dan nanas), cincau iced tea, dan tentu saja aneka pilihan kopi.

Kisaran harga tiap porsi makanan di Warkop Villa Kuda adalah sekitar Rp21.000-38.000. Anda bisa menikmatinya di Raya Veteran II No. 30, Bogor Selatan. Pada hari Minggu-Kamis, kuliner Bogor ini buka dari jam 10 pagi sampai 10 malam. Sedangkan di hari Jumat dan Sabtu mulai menerima pelanggan pada jam 11 siang hingga jam 11 malam.

18. Gudang Koleksi Antique & Food Showroom

Gudang Koleksi Antique & Food Showroom

Gudang Koleksi Antique & Food Showroom

Gudang Koleksi Antique & Food Showroom merupakan pilihan terbaik ketika Anda menginginkan suasana unik untuk menemani waktu bersantap. Restoran yang bernuansa industrial vintage ini seolah mengajak pengunjung untuk mengenang kembali Indonesia tempo dulu melalui tampilan interior dan koleksi barang-barang antiknya.

Menu makanan di tempat wisata kuliner Bogor ini terdiri dari 70 persen makanan tradisional Indonesia dan 30 persen kuliner western. Salah satu menu khas Indonesia yang menjadi andalan adalah sup buntut. Anda juga bisa mencoba racikan steak dan pasta yang mewakili menu western terfavorit di sini.

Berlokasi di Jalan Pahlawan No. 53, Bogor Selatan, Gudang Koleksi Antique & Food Showroom buka mulai dari jam 10.00-21.30 WIB saat weekday. Ketika akhir pekan, tempat kuliner Bogor ini akan tutup lebih larut, yakni pukul 22.30 WIB.

19. Momo Milk

Momo Milk

Momo Milk

Tema peternakan yang ditampilkan Momo Milk sangat sayang Anda lewatkan ketika menjelajah kuliner di Bogor. Sejak di pintu masuk, nuansa kehidupan peternakan langsung terpancar dari hiasan interiornya. Gambar-gambar lucu yang ada di tempat kuliner Bogor ini pasti akan disukai anak-anak, orang dewasa pun akan terpuaskan dengan panorama taman yang hijau.

Pengelola sangatlah detail dalam meletakkan berbagai perkakas peternakan di sekitar taman. Pengunjung benar-benar diajak merasakan suasana menggembala sapi. Meskipun mungkin akan agak panas karena ruangan dirancang semi outdoor, di sinilah saat terbaik Anda memesan sejumlah minuman dingin yang siap menyegarkan tenggorokan.

Pesanlah susu yang tersedia dalam beragam pilihan rasa buah-buahan, nutella, green tea, dan hershey’s. Nikmati juga sajian yoghurt serta aneka kudapan dan main course yang sangat menggugah selera. Untuk satu hidangan berisi ketiga menu tersebut, Anda hanya perlu membayar kurang dari Rp65.000.

Sejumlah minuman dingin yang menyegarkan tenggorokan juga disajikan dalam gelas dan botol berukuran besar. Jadi, tunggu apa lagi? Temukanlah Momo Milk di Jalan Kantor Pos No. 6, Bogor Timur.

20. Surabi Duren Sukasari

Surabi Duren Sukasari

Surabi Duren Sukasari

Surabi Duren Sukasari dikenal karena proses pembuatannya yang masih tradisional. Adonan surabi dimasak menggunakan cetakan khusus dari tanah liat yang juga memanfaatkan kayu bakar. Aroma khas dari tungku pembakaran kayu menampilkan cita rasa yang menggiurkan.

Karena kuliner Bogor yang satu ini tergolong street food, harganya pun sangat terjangkau dan ramah di kantong Anda, namun jangan ragukan rasanya. Menu andalan di tempat wisata kuliner ini adalah surabi dengan vla durian, sangat bisa bersaing dengan kudapan sejenis yang harganya lebih mahal.

Selain berbalut saus durian, Anda juga bisa memilih taburan lain seperti cokelat, keju, pisang, dan nangka. Apabila lidah ingin dimanjakan dengan rasa yang lebih asin, pilihlah topping oncom, ayam, sosis, atau telur. Harganya berkisar antara Rp7.500-10.000 per porsi. Surabi Duren Sukasari berlokasi di Jalan Sukasari No. 1, Bogor Timur.

21. Asinan Sedap Gedung Dalam

Asinan Sedap Gedung Dalam

Asinan Sedap Gedung Dalam

Asinan Sedap Gedung Dalam merupakan kuliner Bogor ikonik yang melegenda dan bersejarah. Di tempat inilah sejarah eksistensi etnis Tionghoa di Bogor bisa dijejaki.

Gedung Dalam sudah berdiri sejak tahun 1875 dan digunakan untuk menampung orang-orang bermarga Tan. Orang-orang Tionghoa yang berdaya ekonomi rendah juga mendapatkan tempat khusus di Gedung Dalam. Sementara, penggunaan gedung sebagai sentra jajan asinan telah dimulai dari tahun 1970.

Anda bisa menikmati dua jenis asinan di Gedung Dalam, yakni asinan buah dan asinan sayur. Keduanya memiliki rasa yang pedas dan asam, tetapi tidak menyengat. Larutan yang dipakai untuk merendam buah tidak menusuk hidung, karena pencampuran larutan dengan bahan buah atau sayur baru dilakukan ketika pengunjung datang dan memesannya.

Asinan buah berisi nanas, bangkuang, pepaya serta ubi. Kadang juga dilengkapi salak dan apel pada musim tertentu. Untuk asinan sayur, bahan-bahan andalan Asinan Sedap Gedung Dalam terdiri dari kombinasi kol, timun, taoge dan wortel.

Harga asinan yang ditawarkan tidak lebih dari Rp25.000 untuk satu porsi. Jika ingin mencoba kuliner Bogor ini, silakan langkahkan kaki Anda ke Jalan Siliwangi No. 27, Bogor Timur. Asinan Sedap Gedung Dalam buka setiap hari mulai pukul 9.00-21.00 WIB.

22. Soto Bogor Pak Salam

Soto Bogor Pak Salam

Soto Bogor Pak Salam

Soto merupakan salah satu main course favorit orang Indonesia. Demikian pula halnya dalam jelajah kuliner di Bogor. Soto Pak Salam merupakan pilihan favorit yang tidak boleh Anda lewatkan.

Ciri khas Soto Bogor Pak Salam terletak pada kuahnya yang berwarna kuning. Warna ini timbul dari pemakaian kunyit serta rempah-rempah lain yang memperkaya rasanya. Anda bisa memilih varian isi soto, seperti daging sapi, otak, kikil, babat, paru, usus, serta lidah.

Tentukanlah olahan isi soto untuk direbus atau digoreng. Beberapa detik kemudian, semangkuk soto kuning yang gurih sudah siap menggoyang lidah Anda. Jadi, bergegaslah menuju Jalan Siliwangi No. 298, Bogor Timur.

Soto Bogor Pak Salam buka setiap hari Sabtu sampai Kamis. Sebenarnya sajian sotonya sudah bisa dinikmati sejak jam 4 sore. Namun jangan heran kalau Anda harus menembus antrean yang mengular meskipun datang lebih awal.

Laris manisnya kuliner ini tidak lepas dari harga satu porsi soto yang kurang dari Rp12.000. Pastikan Anda tidak datang di atas jam 7 malam, kalau tidak ingin kehabisan.

23. Bakso Kikil Pak Jaka

Bakso Kikil Pak Jaka

Bakso Kikil Pak Jaka

Pada umumnya penggila kuliner lokal tidak akan rewel memilih olahan bakso. Dalam olahan apa saja, bakso memang selalu terasa enak. Kehadiran Bakso Kikil Pak Jaka melengkapi variasi olahan bakso yang ada di Indonesia. Kuliner Bogor ini dipercaya jauh lebih aman bagi penderita kolesterol.

Bakso Kikil Pak Jaka sudah mulai melayani pecinta bakso di Bogor sejak tahun 1993. Saat ini usaha bakso diteruskan oleh generasi kedua Pak Jaka. Banyak pelanggan yang rela antre sejak jam 10 pagi, meskipun tempat ini baru mulai berjualan jam 1 siang.

Di hari biasa Bakso Kikil Pak Jaka akan tutup jam 8 malam. Sementara pada saat weekend, tutupnya akan lebih cepat yaitu sekitar jam 4-5 sore. Buruan mereka tentu saja satu porsi bakso berisi kikil, bihun, seledri dan bawang goreng. Kikilnya terasa lembut dan mudah untuk dikunyah. Daging baksonya juga empuk dan tidak berbau.

Bakso Kikil Pak Jaka hanya menggunakan daging dari bagian paha belakang sapi. Bagian kikilnya diambil dari betis sapi, karena bebas dari lemak. Pemilihan daging dan kikil yang terpisah dari lemak menghasilkan tekstur dan rasa yang lebih sempurna. Selanjutnya daging diproses melalui empat kali tahapan, termasuk menggunakan presto.

Untuk menikmati satu porsi bakso kikil yang sangat gurih dan enak ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sejumlah Rp22.000. Bakso Kikil Pak Jaka dapat ditemukan di Jalan Surya Kencana No. 287, Bogor Timur.

24. Mangalomang

Mangalomang

Mangalomang

Lemang adalah kudapan tradisional khas Padang berbahan dasar ketan yang dibakar dengan daun pisang dan dilapisi oleh batang bambu yang dipadatkan. Kuliner ini merupakan salah satu makanan favorit yang mudah dijumpai di kawasan Indonesia timur.

Buang jauh-jauh bayangan Anda tentang konsep makanan tradisional yang ketinggalan zaman. Di Mangalomang, lemang disajikan dengan sangat inovatif. Anda bisa memilih aneka saus seperti ovomaltine, nuttela, keju mozarella, mangga, rumput laut, hingga dada ayam dengan bumbu pedas. Inilah respons kreatif dari pengelola untuk mempopulerkan kuliner lokal.

Singkatnya, Mangalomang berhasil menghadirkan lemang yang berkelas. Pilihan olahan lemang terasa semakin nikmat disantap karena suasana kafe yang sangat nyaman. Dominasi warna putih pada interior Mangalomang akan memberikan kesan tersendiri ketika Anda berkunjung ke Jalan Achmad Adnawijaya (Jalan Pandu Raya) No. 54-56, Bogor Utara.

Mangalomang buka mulai pukul 13.00-22.00 WIB saat weekday, dan pukul 11.00-22.00 WIB saat weekend. Biaya yang harus Anda siapkan untuk menikmati waktu dan suasana bersantap lemang di Mangalomang, hanya sekitar Rp21.000-36.000.

25. Lemongrass Resto

Lemongrass Resto

Lemongrass Resto

Lemongrass Resto mengusung konsep bernuansa alam yang modern. Di tempat kuliner Bogor ini Anda bisa menikmati sejuknya udara Bogor sambil menikmati berbagai menu pilihan seperti dimsum, pasta, serta roti tissue. Nama terakhir adalah hidangan favorit yang wajib Anda cicipi.

Roti tissue memiliki aneka pilihan rasa, mulai dari nutella, cokelat, original, dan keju. Sebaiknya Anda datang pada saat siang atau sore hari bila tidak ingin kehabisan hidangan roti tissue ini. Akan tetapi, sebagai alternatif, menu lain yang layak Anda coba di Lemongrass adalah ikan dori saus pedas dan kwetiau Penang.

Harga yang ditawarkan Lemongrass berkisar antara Rp11.000-25.000 per porsi. Datanglah mulai dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam, ke Jalan Raya Pajajaran No. 21, Bogor Utara.

25 Tempat Wisata Kuliner di Bogor yang Wajib Dicoba
5 (100%) 2 votes








Mau liburan gratis?

Masukan email Anda:

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *