Pantai Senggigi, Bukti Keindahan Alam Di Tanah Lombok

Berselancar jadi kegiatan favorit di Pantai Senggigi
Share ke teman kamu

Lombok adalah pulau yang terkenal memiliki banyak pantai berpasir putih yang masih alami dengan panorama yang indah. Tak jarang Lombok sering dijadikan sebagai destinasi wisata favorit para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Hamparan pasir putih bertemu air jernih kebiruan jadi pemandangan yang cantik di Pantai Senggigi

Hamparan pasir putih bertemu air jernih kebiruan jadi pemandangan yang cantik di Pantai Senggigi

Bahkan kadang para wisatawan menyempatkan menyeberang ke pulau ini saat berkunjung ke Bali. Hitung-hitung sekali liburan, dua pulau terselami. Salah satu pantai yang terkenal di Lombok adalah Pantai Senggigi. Meskipun tidak sebesar Pantai Kuta, tetepi banyak wisatawan mengatakan bahwa atmosfer pantai ini hampir sama dengan Pantai Kuta.

Lokasi

Secara administratif, Pantai Senggigi berada di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Akses

Untuk menuju pantai ini Anda harus lebih dulu tiba di Kota Mataram. Sesampainya di Bandara Selaparang Mataram, Anda bisa menyewa mobil untuk melakukan perjalanan ke Pantai Senggigi. Perjalanan yang akan Anda tempuh dari Bandara Selaparang Mataram sekitar 30 sampai 50 menit.

Siapa yang bisa menampik pesona Pantai Senggigi

Siapa yang bisa menampik pesona Pantai Senggigi

Jika Anda tidak memiliki persiapan untuk menyewa mobil, dari Bandara Selaparang Mataram Anda bisa menggunakan transportasi umum. Di bandara telah tersedia bus Damri dengan tujuan ke Senggigi. Anda hanya perlu membayar 30.000 Rupiah untuk sampai ke Pantai Senggigi. Lama perjalanan yang ditempuh dengan bus Damri sekitar satu jam.

Sedangkan bagi Anda yang bertolak dari Bali, hanya perlu naik kapal feri dari Pelabuhan Karangasem dengan lama waktu menyeberang sekitar 30 menit. Selain dari Pelabuhan karangasem, Anda juga bisa berangkat dengan feri dari pelabuhan Padang Bay menuju pelabuhan Lembar di Lombok.

Jika berangkat dari Mataram, Anda dapat menggunakan angkutan umum jurusan Ampenan – Senggigi dengan biaya 2.000 Rupiah per orang. Sesampainya di Senggigi, Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 5 menit untuk mencapai pantai Senggigi.

Kondisi Pantai Senggigi

Senggigi adalah lokasi yang terkenal di Lombok, sehingga di dekat Pantai Senggigi terdapat banyak resort, hotel, restoran, toko suvenir, pusat hiburan, dan berbagai toko yang menyediakan kebutuhan para wisatawan. Lengkapnya akomodasi dan fasilitas di sekitar Pantai Senggigi membuat pantai ini banyak dikunjungi wisatawan, sekaligus dijadikan sebagai lokasi transit untuk ke Trio Gili yang populer di Lombok.

Pura Batu Bolong di Pantai Senggigi

Pura Batu Bolong di Pantai Senggigi

Di sekitar pantai, terdapat dua tempat wisata menarik lain yaitu Batu Bolong dan Batu Layar. Batu Bolong adalah sebuah pura yang di bangun di atas karang. Karang tersebut terletak di tepi pantai. Menurut legenda yang  diceritakan oleh masyarakat sekitar, zaman dahulu pura ini digunakan sebagai tempat pengorbanan para perawan. Perawan ini diserahkan sebagai makanan ikan hiu yang ada di laut. Kabar lain mengatakan jika pura ini juga biasa digunakan sebagai lokasi para wanita patah hati menerjunkan diri ke laut.

Batu Layar terletak tidak jauh dari Batu Bolong. Batu Layar merupakan sebuah lokasi di mana terdapat makam seorang ulama. Batu Layar dianggap sebagai tempat suci bagi para penganut Wetu Telu. Makam ulama ini banyak dikunjungi oleh masyarakat pada saat “Lebaran Topat”. Sekitar 1 minggu setelah Lebaran Idul Fitri.

Kegiatan

Air laut di Pantai Senggigi sangat jernih, sehingga Anda bisa melihat biota laut yang sedang berenang dengan leluasa. Ombak di sini juga tidak terlalu besar, sehingga Anda bisa bebas berenang dan bermain di laut lepas bersama teman, keluarga atau pasangan Anda. Jangan lupa gunakan sunblock agar kulit Anda tidak terbakar karena matahari sangat terik.

Berselancar jadi kegiatan favorit di Pantai Senggigi

Berselancar jadi kegiatan favorit di Pantai Senggigi

Berbeda dengan masyarakat Indonesia yang takut kulitnya menjadi gelap, para turis yang berdatangan ke pantai ini justru sangat menggemari kegiatan berjemur. Mereka bisa berjemur sambil menikmati gulungan ombak dengan background Gunung Agung yang terletak di Bali.

Terumbu karang dan biota laut di sini sangat beragam dan indah. Jika Anda ingin melihat mereka lebih dekat, silakan mencoba kegiatan snorkeling. Di Pantai Senggigi ini memang banyak wisatawan berkunjung untuk menikmati snorkeling. Peralatan snorkeling dapat Anda sewa di lokasi yang tidak jauh dari pintu masuk pantai.

Menghabiskan waktu berdua dengan kekasih di bibir Pantai Senggigi saat senja mulai turun adalah hal romantis yang patut Anda coba. Anda bisa bercengkrama ria sambil menyantap jagung bakar dan es kelapa muda yang dijajakan di warung-warung pinggir pantai. Karena senja di sini sangat memukau, jangan lupa untuk membawa kamera Anda.

Lapar setelah berkeliling pantai? Anda bisa mencoba aneka hidangan khas lombok, Ayam Taliwang yang dapat Anda temukan di restoran yang terdapat di sepanjang Pantai Senggigi. Selain Ayam taliwang, Anda juga bisa menikmati menu makanan Asia hingga Eropa dengan harga mulai 30.000 Rupiah sampai 300.000 Rupiah.

Waktu terbaik jika Anda yang ingin melakukan perjalanan ke pantai ini adalah saat bulan purnama. Saat bulan purnama banyak wisatawan berkumpul di pantai ini untuk berjemur, menghangatkan tubuh mereka. Banyak yang percaya bahwa pasir di waktu itu dapat menyembuhkan penyakit pegal linu hingga kelumpuhan.

Satu lagi yang tak kalah penting, saat Anda mengunjungi pantai ini, jangan membuang sampah sembarangan. Jika tidak ingin repot dengan sampah, sebagai persiapan bawalah kantong plastik sendiri khusus untuk membuang sampah. Mari menjaga keindahan pantai ini agar tetap alami.









Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *