25 Tempat Wisata di Bogor yang Wajib Dikunjungi

Curug Bengkok Leuwi Hejo
Share ke teman kamu

Ada beberapa alasan mengapa Bogor kerap dijadikan destinasi wisata andalan oleh warga ibu kota. Pertama, kota ini terletak tidak begitu jauh dari Jakarta. Wisatawan yang ingin melakukan penjelajahan hanya perlu menempuh waktu perjalanan 1-2 jam dari Jakarta.

Selanjutnya, Bogor juga memiliki banyak tempat wisata alam yang menarik. Kota yang memiliki Istana Kepresidenan ini menawarkan aneka wisata alam mulai dari curug, kebun teh, kebun raya hingga theme park yang mengesankan. Info lengkap terkait rekomendasi tempat wisata di Bogor yang wajib dikunjungi, simak daftarnya di bawah ini.

1. Curug Cibaliung

Curug Cibaliung

Curug Cibaliung

Julukan sebagai kota curug atau air terjun agaknya tidak terlalu berlebihan untuk Bogor. Di Bogor Anda akan menemukan banyak curug yang masih alami dan salah satu di antaranya adalah Curug Cibaliung.

Curug ini tidak terlalu tinggi dengan bagian kiri dan kanannya adalah batuan andesit yang keras. Aliran air yang terjun ke bawah membentuk sungai jernih dengan air bening agak kebiruan. Wisatawan yang datang ke tempat wisata di Bogor ini biasanya akan menggunakan sungai di bawah curug untuk berenang atau bersantai di atas ban.

Untuk bisa sampai ke Curug Cibaliung, Anda diharuskan untuk sedikit menjelajah. Pasalnya, lokasi dari tempat wisata di Bogor ini sedikit tersembunyi. Anda bisa datang ke Desa Karang Tengah, Kabupaten Bogor dengan menguti jalan tol Jagorawi ke arah Jungle Land. Setelah tiba di lokasi, Anda akan dikenai tarif masuk Rp10.000 per orang dan Rp5.000 per motor.

2. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Wisatawan yang ingin menikmati segarnya alam Bogor tanpa perlu pergi jauh-jauh dari pusat kota bisa datang ke Kebun Raya Bogor. Dengan luas wilayah mencapai 87 hektare, tempat wisata di Bogor yang satu ini mengoleksi setidaknya 15.000 tanaman asli Indonesia dan dunia yang ditanam untuk kepentingan penelitian.

Selain tanaman yang tumbuh di seluruh penjuru kebun, kebun yang berada di belakang Istana Bogor ini juga memiliki Griya Anggrek. Ratusan spesies anggrek dari Indonesia dan hibrid ditampilkan di sini. Lebih lanjut, Kebun Raya Bogor juga memiliki cukup banyak koleksi bunga eksotis dari Sumatra seperti Raflesia Arnoldi yang merupakan tumbuhan parasit dengan bunga yang sangat besar.

Kebun Raya Bogor buka setiap hari mulai pukul 07.30-17.00 dengan harga tiket masuk untuk wisatawan domestik Rp15.000 dan wisatawan mancanegara Rp25.000.

3. Rumah Pohon dan Jembatan Gantung Curug Ciherang Jonggol

Rumah Pohon dan Jembatan Gantung Curug Ciherang Jonggol

Rumah Pohon dan Jembatan Gantung Curug Ciherang Jonggol

Curug Ciherang tidak hanya menampilkan keindahan air terjun yang jernih serta aliran sungai yang menarik di bawahnya. Di tempat wisata di Bogor ini, Anda akan menemukan rumah pohon dan jembatan kayu gantung yang cocok untuk tempat foto-foto.

Untuk bisa sampai ke kawasan curug ini, wisatawan bisa bergerak ke arah Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor yang jaraknya sekitar 40 kilometer dari Jakarta. Begitu sampai di lokasi curug, wisatawan bisa memilih apakah langsung menuju rumah pohon yang latar belakang alamnya memikat atau turun ke arah sungai jernih dengan aliran cukup deras.

Curug Ciherang buka setiap hari mulai pukul 07.00-18.00 dengan tarif masuk Rp15.000 per orang.

4. Little Venice Kota Bunga

Little Venice Kota Bunga

Little Venice Kota Bunga

Terletak di Villa Bunga Puncak, tempat wisata di Bogor dengan tema Kota Venice ini menawarkan serunya wisata ala Eropa yang memikat. Wisatawan yang datang ke sini bisa menikmati gondola untuk berkeliling ke kanal kecil yang mengelilingi kota, menikmati suasana Venice yang tenang, hingga bermain banana boat dan wahana menarik lainnya.

Kawasan Little Venice cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati wisata romantis tanpa perlu datang jauh-jauh ke Italia. Selain itu, lokasi ini juga cocok untuk pencinta fotografi atau siapa saja yang aktif di Instagram untuk memajang foto-foto indah.

Little Venice yang terletak di Puncak ini buka mulai pukul 08.00-16.00 setiap hari kecuali hari Selasa dan Rabu. Untuk tiket masuknya, wisatawan harus membayar Rp30.000 untuk anak-anak dan Rp40.000 untuk dewasa pada akhir pekan. Pada hari biaya, tarif yang dikenakan hanya Rp20.000 untuk anak-anak dan Rp25.000 untuk dewasa.

5. Curug Bidadari

Curug Bidadari

Curug Bidadari

Awalnya Curug Bidadari tidak memiliki akses yang mudah, bahkan wisatawan harus berjalan memutar sejauh 2 kilometer untuk tiba di lokasi. Namun, kesulitan akses ini bisa dihilangkan oleh pengelola setelah mereka membuka jalan melalui batuan besar yang dibelah tengahnya. Saat ini Curug Bidadari bida dinikmati langsung dari tempat wisatawan memarkir kendaraannya.

Curug Bidadari memiliki ketinggian sekitar 75 meter. Dari kejauhan, tempat wisata di Bogor ini terlihat menakjubkan dengan butiran air yang terbang terbawa angin. Selain air terjun yang memikat, wisatawan yang datang ke sini juga bisa menikmati berbagai wahana dan fasilitas seperti misalnya sepeda air, flying fox, dan terapi ikan yang bisa dinikmati sambil duduk santai.

Untuk bisa datang ke Curug Bidadari, wisatawan bisa datang ke Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor. Tarif masuknya Rp25.000 dan buka mulai pukul 07.00-17.00.

6. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu

Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu

Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu

Akses menuju Penangkaran Rusa Giri Jaya termasuk sulit karena medannya cukup terjal dan licin. Wisatawan yang datang ke tempat wisata di Bogor yang satu ini disarankan menggunakan mobil daripada motor. Selai itu, kawasan ini juga cukup dingin sehingga menggunakan mobil akan membuat wisatawan merasa lebih aman dan nyaman.

Setelah sampai di penangkaran rusa yang terletak di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp2.500 saja. Setelah itu wisatawan bisa langsung masuk dan menyeberang jambatan kayu sepanjang 30 meter.

Di tempat wisata di Bogor yang satu ini wisatawan bisa memberi makan rusa secara langsung atau kalau ingin tinggal lebih lama di kawasan ini, wisatawan juga bisa berkemah. Tarif untuk berkemah di tempat wisata di Bogor ini hanya Rp3.000 saja per orang.

7. Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas

Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas

Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas

Bunga sakura memang kerap tumbuh di negeri 4 musim seperti misalnya Jepang dan bermekaran pada awal musim semi sekitar bulan April. Namun, bunga yang berwarna merah jambu ini ternyata juga bisa tumbuh di Indonesia atau tepatnya di Kebun Raya Cibodas yang notabene hanya memiliki 2 musim saja.

Untuk bisa menikmati bunga sakura yang bermekaran, wisatawan disarankan untuk datang pada bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus. Pada dua waktu ini, bunga sakura akan bermekaran sehingga taman ini akan sangat cocok untuk tempat piknik atau hanami (melihat bunga) dengan membawa bekal dan makan di bawah guguran bunga.

Kebun Raya Cibodas tempat Taman Sakura berada buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00. Tarif masuknya sekitar Rp10.000 per orang.

8. Gunung Pancar

Gunung Pancar

Gunung Pancar

Gunung Pancar adalah tempat wisata di Bogor yang menawarkan serunya penjelajahan alam dan juga kamping. Di tempat wisata ini wisatawan bisa menikmati ratusan pohon pinus yang tinggi dan menjulang serta fasilitas outbound yang terbilang lengkap dan beroperasi setiap hari untuk memanjakan wisatawan.

Selain digunakan untuk tempat berkemah, keindahan alam di sekitar Gunung Pancar sangatlah populer dan disukai pencinta fotografi. Setiap hari tempat wisata di Bogor ini selalu dijadikan lokasi pengambilan gambar entah itu untuk media sosial atau untuk pre-wedding dengan latar belakang pepohonan dan semak hijau.

Wisatawan yang ingin datang ke sini bisa segera meluncur ke Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Tempat wisata ini buka setiap hari dengan harga tiket masuk Rp5.000 pada hari biasa dan Rp7.500 saat akhir pekan.

9. Curug Cigamea

Curug Cigamea

Curug Cigamea

Curug Cigamea berada di Desa Gunung Sari, Pamijahan, di dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kabupaten Bogor. Untuk bisa sampai ke tempat wisata di Bogor ini, wisatawan disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau kalau ingin backpacker-an bisa menggunakan angkutan umum dengan nomor 3 dari Bubulak. Selanjutnya, setelah sampai di lokasi, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 700 meter.

Curug yang memiliki suara cukup gemuruh ini terdengar dari kejauhan ketika wisatawan berjalan ke arahnya. Di sekeliling curug ini sebenarnya masih ada lima curug kecil meski Curug Cigamea adalah yang terbaik dengan terjunan air yang cukup deras dan cipratan air yang membuat sekitar curug menjadi terasa segar.

Harga tiket masuk ke area curug adalah Rp7.500 per orang setiap harinya. Selain tiket masuk ke area air terjun, wisatawan yang ingin menikmati keindahan air terjun ini juga harus membayar biaya masuk Taman Nasional sebesar Rp5.000. Oh ya, selain air terjun, kawasan ini juga ada fasilitas outbound seperti misalnya permainan flying fox lho.

10. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari adalah taman bermain yang cocok untuk anak-anak dan remaja. Di tempat wisata di Bogor ini, wisatawan bisa menikmati aneka wahana yang disediakan seperti misalnya petualangan air, wahana edukasi, dan tempat bermain lainnya. Wisatawan yang datang ke tempat wisata ini bisa mencoba 5 wahana dengan bebas setelah membayar tiket masuk yang harganya hanya Rp25.000 saja. Tiket ini juga bisa digunakan untuk mendapatkan potongan 10% saat membeli makanan Sunda di Express Resto.

Untuk tiba di restoran tersebut, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Alamatnya berada di Jl. Raya Puncak KM. 77, Cilember, Bogor. Taman Wisata Matahari sendiri buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 pada hari biasa dan pukul 08:00 sampai dengan pukul 17.00 saat akhir pekan atau hari libur.

11. Rafting Sungai Cisadane

Rafting Sungai Cisadane

Rafting Sungai Cisadane

Bogor tidak hanya dipenuhi dengan air terjun indah yang hampir semuanya masih tersembunyi dan aksesnya cukup menantang. Wisatawan yang ingin tantangan lebih besar bisa mencoba untuk melakukan rafting di Sungai Cisadane. Jeram-jeram dan kelokan dari sungai akan menguras adrenalin hingga habis tidak tersisa.

Selain kelokan dan jeram yang bisa membuat siapa saja terbalik dari perahu, keindahan dari pemandangan yang ada di sekitar sungai cukup memikat. Wisatawan bisa menikmati pemandangan sawah, pegunungan, hingga kalau beruntung bisa bertemu beberapa satwa liar yang sedang bermain di pinggir sungai.

Untuk menikmati serunya rafting di Sungai Cisadane, wisatawan bisa datang ke Jl. Muarajaya, Desa Ciadeg, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Tarif satu sesi rafting adalah sekitar Rp150.000-250.000 per orang tergantung dari jarak tempuh yang diinginkan. Selain rafting, tempat wisata di Bogor ini juga memiliki fasilitas outbound dan paintball.

12. Kampung Budaya Sindang Barang

Kampung Budaya Sindang Barang

Kampung Budaya Sindang Barang

Kampung Budaya Sindang Barang adalah salah satu kampung tertua yang ada di Bogor. Terletak di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, wisatawan bisa menikmati banyak sekali situs budaya yang jumlahnya ada 93 titik dan juga berbagai kesenian tradisional yang jumlahnya ada 8.



Selain melestarikan budaya Sunda kuno, desa kuno ini juga melakukan kerja sama dengan Universitas Indonesia untuk meneliti peninggalan dari Kerajaan Pajajaran. Situs-situs kuno yang ada di sini dipelajari dan juga dilindungi agar tetap terjaga dan diketahui ceritanya sampai generasi-generasi selanjutnya.

Tempat wisata di Bogor ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-17.00. Jika datang ke sini, wisatawan bisa berkeliling untuk menikmati suasana desa yang asri dan juga belajar beberapa kesenian tradisional.

13. Curug Bengkok Leuwi Hejo

Curug Bengkok Leuwi Hejo

Curug Bengkok Leuwi Hejo

Sedikit berbeda dengan curug yang pada umumnya yang tinggi dengan aliran deras, Curug Bengkok Leuwi Hejo tidak terlalu tinggi. Meski demikian, keindahan alam yang ada di sekitarnya dan kolam alami yang berada di bawahnya cocok untuk relaksasi. Wisatawan bisa berenang di kolam dengan kedalaman 2,5 meter ini atau sekadar bermain air di pinggirannya.

Untuk bisa sampai ke tempat wisata di Bogor ini, wisatawan bisa menggunakan kendaraan umum atau pribadi ke Kampung Wangun Cileungsi, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang. Dari Jakarta, ambil rute ke Sentul City atau Citerureup menuju Babakan Madang.

Akses ke air terjun ini cukup susah karena medannya cukup terjal. Saat musim hujan jalanan akan licin sehingga wisatawan disarankan untuk lebih hati-hati. Curug Bengkok Leuwi Hejo buka setiap hari dengan tiket masuk seharga Rp5.000.

14. Taman Safari

Taman Safari

Taman Safari

Ingin menjelajah hutan yang penuh dengan hewan liar? Cobalah datang ke Taman Safari Indonesia yang terletak di Jl. Raya Puncak, Cisarua, Bogor. Anda bisa menikmati berbagai program unggulan yang disediakan oleh pengelola seperti misalnya Safari Siang dan Safari Malam.

Untuk dapat menikmati tempat wisata di Bogor ini, pengunjung diwajibkan menggunakan kendaraan pribadi. Dengan menggunakan kendaraan ini, mereka bisa berkeliling ke seluruh penjuru hutan sesuai dengan alur yang disediakan. Saat menjelajah, wisatawan dilarang membuka jendela atau memberi makan hewan yang ada di sini karena cukup berisiko tergigit atau makanan yang diberikan tidak steril sehingga bisa membahayakan keselamatan hewan.

Tiket masuk ke Taman Safari bervariasi dan bergantung dengan jenis paket yang diambil. Namun, untuk tiket standar harganya Rp140.000 untuk anak-anak, dan Rp150.000 untuk orang dewasa. Taman Safari buka pada pukul 08.00-17.30 saat akhir pekan dan hari libur atau 08.30-17.00 saat hari biasa.

15. JungleLand Adventure Theme Park

JungleLand Adventure Theme Park

JungleLand Adventure Theme Park

JungleLand Adventure Theme Park yang terletak di kawasan Sentul Nirwana, Kaki Gunung Pancar, Bogor memiliki setidaknya 30 wahana. Dengan fasilitas yang cukup lengkap ini, wisatawan yang datang ke tempat wisata di Bogor ini bisa mencoba semua wahana hingga puas mulai dari pagi hingga malam.

JungleLand Adventure Theme Park buka setiap hari pada pukul 10.00-22.00. Tiket masuknya Rp125.000 saat hari biasa dan Rp175.000 saat akhir pekan. Selain bisa menikmati wahana hingga puas, wisatawan yang datang ke tempat wisata di Bogor yang cocok untuk keluarga ini juga bisa menikmati pusat ilmu pengetahuan dan teknologi terbesar dan terlengkap yang ada di Indonesia.

16. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Bogor juga memiliki tempat yang cocok untuk lokasi relaksasi dan menikmati hangatnya air alami yang keluar dari kaki gunung. Wisatawan yang ingin menikmati nyamannya hot spring atau sumber air panas yang alami dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh bisa langsung datang berkunjung ke Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng yang terletak di Jalan Cogreg, Desa Bojong Indah, Kecamatan Parung, Bogor.

Akses jalan ke pemandian air panas ini tidak terlalu sulit. Namun, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi saja agar mudah saat kembali pulang. Oh ya, karena pemandian ini tutup pada pukul 17.00, disarankan untuk datang lebih pagi untuk bisa menikmati keindahan alam di seberang kolam sembari berendam.

Tempat wisata di Bogor ini dibangun pada lahan yang memiliki luas sekitar 8 hektare. Anda bisa datang mulai pukul 07.00 untuk menikmati sensasi relaksasi dan ketenangan alamnya dengan tarif masuk sebesar Rp8.000 untuk anak-anak dan Rp12.000 untuk dewasa.

17. Agrowisata Warso Farm

Agrowisata Warso Farm

Agrowisata Warso Farm

Anda yang menyukai durian dan ingin memetiknya langsung dari pohon bisa langsung datang ke Agrowisata Warso Farm. Di tempat wisata di Bogor ini ada sekitar 900 pohon durian dengan berbagai jenis dan varietas yang memenuhi lahan seluas 8,5 hektare. Di tempat wisata ini, wisatawan bisa berkeliling untuk menikmati suasana yang tenang sembari memetik durian yang sudah matang.

Saat terbaik untuk mengunjungi tempat wisata di Bogor ini adalah ketika musim durian tiba. Wisatawan bisa memetik buah dan makan buah sampai puas dengan biaya tertentu. Selain itu, durian juga bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh.

Agrowisata yang terletak di Desa Cihideung, Kecamatan Cipelang, Kabupaten Bogor ini buka setiap hari mulai pukul 07.00-17.00. Tidak ada biaya masuk ke agrowisata ini meski untuk makan atau menikmati durian ada biaya tambahan.

18. Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari adalah sebuah tempat wisata di Bogor yang di dalamnya terdapat agrowisata, wahana bermain, tempat rekreasi keluarga, dan pelestarian buah tropis terbesar di dunia. Wisatawan bisa melihat aneka pohon buah dari berbagai daerah di dunia yang tumbuh di area tropis dan menikmati hasilnya kalau sedang beruntung atau sedang panen.

Untuk bisa sampai ke Taman Wisata Mekarsari, wisatawan bisa menuju ke Jl. Raya Jonggol – Cileungsi KM. 3, Mekarsari, Cileungsi, Bogor. Akses ke area ini cukup mudah sehingga bisa dikunjungi kapan saja khususnya saat musim panas atau saat musim buah panen.

Taman wisata ini buka setiap hari pada pukul 09.00-16.30 saat hari biasa dan pukul 08.00-17.00 saat akhir pekan. Tarif masuk ke taman yang sangat luas ini adalah Rp25.000 dan akan ada biaya tambahan kalau ingin mengambil paket lain seperti petik buah atau menikmati wahana yang disediakan.

19. Fly Indonesia Paragliding

Fly Indonesia Paragliding

Fly Indonesia Paragliding

Selain bisa menikmati rafting di Sungai Cisadane, wisatawan yang ingin menguras adrenalinnya dengan aktivitas ekstrem bisa mencoba paragliding. Di Bogor, layanan ini disediakan oleh Fly Indonesia Paragliding yang berlokasi di Jl. Raya Puncak KM. 87, Bukit Paralayang, Puncak, Bogor.

Tarif masuk ke lokasi ini Rp13.000 saja. Dari ketinggian ini, wisatawan bisa melihat keindahan danau dan juga persawahan yang ada di ujung jauh. Lebih lanjut, kalau wisatawan ingin mencoba paragliding akan dikenai tarif khusus sesuai dengan layanan yang diinginkan pada pukul 07.00-17.00 atau saat angin sedang mendukung.

20. Museum Zoologi

Museum Zoologi

Museum Zoologi

Museum Zoologi terletak di lokasi yang sama dengan Kebun Raya Bogor dan Istana Bogor. Wisatawan yang ingin menikmati berbagai koleksi awetan hewan dari berbagai tempat di dunia bisa datang ke tempat wisata di Bogor ini setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00.

Harga tiket masuk untuk menikmati aneka awetan hewan dan kerangka tiruan dinosaurus serta paus biru yang ada di sini adalah Rp15.000 saja. Dengan tiket ini, wisatawan bisa menjelajah dan mempelajari berbagai jenis hewan yang dikelompokkan berdasar asal dan juga lokasi kehidupannya.

Saat terbaik untuk mengunjungi museum ini adalah saat hari biasa. Saat akhir pekan, museum ini akan dipenuhi dengan banyak wisatawan sehingga penjelajahan untuk menikmati koleksi hewan tidak bisa berjalan dengan lancar.

21. Goa Agung Garunggang

Goa Agung Garunggang

Goa Agung Garunggang

Salah satu goa terbaik yang ada di Bogor dan masih jarang didatangi oleh banyak orang adalah Goa Agung Garunggung. Goa ini berada di Desa Cigobang, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Untuk bisa sampai ke tempat wisata di Bogor ini, wisatawan bisa mengambil jalur menuju Curug Leuwi Hejo dengan jalan yang cukup sempit. Untuk bisa sampai di lokasi, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 30-45 menit.

Begitu tiba di lokasi, wisatawan bisa menikmati keindahan goa yang penuh dengan stalaktit yang memikat. Untuk bisa sampai ke dalam goa, wisatawan harus menuruni tangga dan melewati batuan karst yang terbelah oleh air sehingga membentuk ukiran alam seperti layaknya ngarai Grand Canyon di Amerika.

22. Curug Ciburial

Curug Ciburial

Curug Ciburial

Curug Ciburial masih berada di kawasan Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang atau sejalan dengan Curug Leuwi Hejo. Di kawasan ini, pemandangan masih sangat alami, hijau, dan belum terlalu dijamah oleh manusia. Untuk tiba di tempat wisata di Bogor ini, wisatawan harus berjalan kaki selama beberapa saat sebelum akhirnya tiba di bawah air terjun yang cukup tinggi ini.

Tiket masuk ke kawasan wisata ini hanya Rp10.000 saja. Saat terbaik untuk menikmati curug adalah awal musim panas saat udara belum terlalu lembap dan jalanan ke arah curug mudah diakses. Selain itu, wisatawan yang suka fotografi juga bisa dengan mudah mendapatkan objek untuk dibidik saat musim panas.

23. Danau Quarry

Danau Quarry

Danau Quarry

Danau Quarry sebenarnya adalah bekas pertambangan pada masa lalu. Cerukan yang dibuat oleh pekerja lama-kelamaan terisi air hujan dan akhirnya membentuk danau buatan dengan air berwarna hijau penuh dengan ganggang. Danau ini biasanya ramai dikunjungi wisatawan saat akhir pekan atau saat liburan tiba.

Cara terbaik untuk menikmati danau yang terletak di Desa Nuggaherang, Tegallega, Cigudeg ini adalah dari balik perbukitan di sekelilingnya. Dari sini, pemandangan tempat wisata di Bogor ini sangatlah indah, khususnya untuk latar belakang foto. Wisatawan bisa mengambil gambar dengan background danau hijau lengkap dengan semak yang ada di sekitarnya.

Selanjutnya wisatawan juga bisa menyewa perahu karet untuk mengelilingi danau atau menyewa kano untuk melakukan penjelajahan. Oh ya, tarif masuk ke kawasan ini adalah Rp20.000 dan biaya sewa peralatan bervariasi bergantung pada jenisnya.

24. Bukit Alesano

Bukit Alesano

Bukit Alesano

Salah satu tempat kemah terbaik yang ada di Bogor dan selalu diincar wisatawan adalah Bukit Alesano. Dari ketinggian ratusan meter, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan Kota Bogor yang indah dan penuh lampu saat malam hari dan pemandangan memikat yang Instagramable pada siang hari.

Bukit Alesano terletak di Cipelang, Cijeruk, Bogor. Akses ke tempat wisata di Bogor ini cukup mudah jika menggunakan sepeda motor atau mobil. Tarif masuk ke bukit ini hanya Rp10.000 saja per hari. Setelah membayar tiket, wisatawan bebas melakukan eksplorasi termasuk mendirikan tenda dan bermalam.

25. Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong adalah sebuah tempat wisata kuliner di Bogor yang dibuat dengan konsep menarik. Wisatawan akan disuguhi serunya belanja menggunakan sampan lalu makan aneka makanan tradisional Sunda yang masih autentik. Lebih lanjut, tempat wisata ini juga menyediakan oleh-oleh dan jembatan gantung yang cocok untuk tempat berfoto.

Biaya masuk ke Pasar Ah Poong yang terletak di Jl. Ir. H. Juanda, Cipambuan, Babakan Madang, Bogor adalah gratis. Wisatawan bebas keluar masuk mulai dari pukul 09.00-22.00 setiap harinya. Saat terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah di luar akhir pekan karena wisatawan bisa melakukan penjelajahan dengan bebas dan mengambil banyak foto tanpa antre terlebih dahulu.









Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *