15 Tempat Wisata di Garut yang Wajib Dikunjungi

Curug Orok
Share ke teman kamu

Garut adalah sebuah kabupaten di Jawa Barat yang berada di antara Bandung dan Tasikmalaya. Selain terkenal dengan dodolnya, kabupaten yang dikelilingi oleh lima gunung ini juga menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari gunung, pantai, curug, sungai, hingga wisata air panas, semuanya tersedia. Mau tahu apa saja tempat wisata di Garut yang terkenal dan menjadi favorit para wisatawan? Berikut rekomendasinya.

1. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan merupakan gunung api yang cukup terkenal sebagai wisata pegunungan di Jawa Barat. Gunung ini berlokasi di Kecamatan Cisurupan, Garut Selatan. Jika berangkat dari pusat Kota Garut, Anda bisa menempuhnya dalam waktu sekitar 3 jam perjalanan menggunakan mobil pribadi. Sementara jika menggunakan angkutan umum, Anda bisa turun di Alun-Alun Cisurupan dan melanjutkan perjalanan menggunakan ojek atau colt buntung hingga ke area publik Taman Wisata Alam Papandayan.

Berada di ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut, tempat wisata di Garut ini menawarkan beberapa spot menarik yang bisa Anda jelajahi, mulai dari Kawah Papandayan, Hutan Mati Papandayan, Tegal Panjang, Tegal Alun, serta Camping Ground Pondok Saladah. Sementara jika ingin mendaki, jalur pendakian gunung ini juga cukup landai dan bersahabat bagi pendaki yang masih pemula atau bahkan anak-anak.

2. Gunung Cikuray

Gunung Cikuray

Gunung Cikuray

Gunung Cikuray merupakan gunung paling tinggi yang ada di Garut. Dengan ketinggian mencapai 2.818 meter di atas permukaan laut, tempat wisata alam di Garut yang satu ini menyuguhkan keindahan yang sudah sangat terkenal di kalangan para pendaki gunung atau pecinta alam. Dari atas puncak Gunung Cikuray, Anda akan disuguhi pemandangan Kota Garut, Gunung Papandayan, Kawah Kamojang, Gunung Slamet, Gunung Ciremai, hingga garis pantai selatan di kejauhan.

Jika cuaca sedang cerah, Anda pun dapat melihat hamparan awan putih yang menggumpal bak samudra. Karenanya, tak heran jika banyak pendaki yang menyebut puncak Gunung Cikuray sebagai negeri di atas awan.

Nah, bagi Anda yang ingin melakukan pendakian di Gunung Cikuray, ada tiga jalur utama yang bisa Anda pilih, yaitu jalur pendakian via Pemancar Cilawu, jalur pendakian cia Boyongbog, serta jalur pendakian via Cikajang. Namun, sebagai informasi, trek pendakian di gunung ini lebih terjal jika dibandingkan dengan Gunung Papandayan.

3. Gunung Guntur

Gunung Guntur

Gunung Guntur

Selain Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray, tempat wisata pegunungan lainnya yang juga tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Garut adalah Gunung Guntur. Gunung api yang masih aktif ini memiliki ketinggian 2.249 meter di atas permukaan laut. Meskipun tidak lebih tinggi daripada Gunung Papandayan, namun trek pendakian di Gunung Guntur lebih sulit karena tanjakannya lumayan tajam dan melewati jalur berpasir, mirip jalur pendakian di Gunung Semeru.

Tak kalah dengan Puncak Papandayan atau Cikuray, pemandangan yang disuguhkan dari atas puncak tempat wisata di Garut yang satu ini juga sangat indah. Anda bisa melihat Gunung Cikuray, objek wisata Situ Bagendit, hingga Pemandian Air Panas Cipanas Garut.

4. Arung Jeram Sungai Cimanuk

Arung Jeram Sungai Cimanuk

Arung Jeram Sungai Cimanuk

Sungai Cimanuk adalah tempat wisata di Garut yang cocok dikunjungi para pecinta arung jeram atau rafting. Dengan aliran sungai dan jeram-jeramnya yang deras, adrenalin Anda pasti akan terpacu saat melakukan rafting di sungai ini. Saat mengarungi sungai, Anda pun akan disuguhkan dengan panorama alam yang sangat indah dan asri, tak kalah dari arung jeram di Sukabumi. Berarung jeram di Sungai Cimanuk pastinya akan dapat menjadi aktivitas wisata yang mengasyikkan dan menghilangkan beban pikiran Anda dari rutinitas sehari-hari.

Nah, untuk rute arung jeramnya sendiri, Anda bisa memilih 1 dari 2 rute yang ada, yaitu rute Kampung Padarek Kecamatan Boyongbong – Lapang Faris Kecamatan Tarogong Kidul – Janger atau rute Patrol Kecamatan Banyuresmi – Leuwigoong – Sasak Beusi Cibatu. Harga paket raftingnya pun cukup beragam, salah satunya yang paling murah adalah Rp350.000 per orang dengan minimal peserta sebanyak 25 orang. Tarif tersebut sudah termasuk peralatan arung jeram, transportasi menuju lokasi awal, pendampingan oleh instruktur profesional, tim penyelamat berpengalaman, safety equipment, asuransi, P3K, serta satu kali makan siang dan snack. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

5. Curug Sanghyang Taraje

Curug Sanghyang Taraje

Curug Sanghyang Taraje

Curug Sanghyang Taraje berlokasi di Kampung Kombongan, Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Garut. Dengan tinggi aliran air sekitar 90 meter, tempat wisata di Garut ini menawarkan pemandangan air terjun yang sangat indah dengan dua jalur air terjun yang cukup deras. Karenanya, tak heran jika para wisatawan sering menyebutnya sebagai curug kembar.

Di sekitar kawasan air terjun, Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat hijau dan asri. Menurut legenda yang beredar di masyarakat setempat, Curug Sanghyang Taraje ini merupakan tempat yang digunakan Sangkuriang untuk mencapai langit dan mengambil bintang untuk diberikan kepada Dayang Sumbi.

6. Curug Orok

Curug Orok

Curug Orok

Selain Curug Sanghyang Taraje, Garut juga memiliki curug lain yang tak kalah indah, yakni Curug Orok. Orok berarti anak dalam bahasa Garut. Dinamakan demikian karena menurut cerita yang beredar di masyarakat Garut, konon pernah ada seorang ibu yang membuang orok atau bayi dari atas curug tersebut.

Namun, terlepas dari mitos yang ada, tempat wisata di Garut yang berlokasi di Desa Cikandang ini menawarkan pemandangan alam yang sangat memukau dan sayang untuk dilewatkan. Di sekitar air terjun utamanya yang tinggi dan deras, terdapat curug kecil yang mengalir dari sela-sela tebing yang tertutup perdu. Saat berkunjung ke tempat wisata ini, Anda bisa menghabiskan waktu dengan bermain air ataupun menikmati udara pegunungan yang segar sambil menyesap kopi hangat. Menyenangkan, bukan?

7. Kawah Talaga Bodas

Kawah Talaga Bodas

Kawah Talaga Bodas

Kawah Talaga Bodas merupakan sebuah danau kawah yang berlokasi di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Garut. Pemandangan di tempat wisata di Garut ini hampir mirip dengan Kawah Putih yang ada di Ciwidey, Bandung, hanya saja relatif masih asli dan belum terlalu padat oleh wisatawan.

Jarak dari pusat Kota Garut menuju ke Kawah Talaga Bodas kurang lebih sekitar 20,6 kilometer. Jika menggunakan motor atau mobil, kira-kira Anda akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 40 menit saja. Dalam perjalanan menuju ke Kawah Telaga Bodas, Anda akan disuguhi dengan panorama perbukitan yang begitu menawan dan memanjakan mata. Sepanjang mata memandang, Anda akan melihat tanah berbukit yang ditanami dengan beraneka macam sayuran seperti tomat, kol, dan lain sebagainya.

Sesampainya di kawasan objek wisata Talaga Bodas, Anda bisa melakukan sejumlah aktivitas seru seperti trekking, hiking, camping, atau menikmati pemandian air panas. Jika berkunjung pada pagi hari, Anda akan disuguhi dengan pemandangan telaga yang diselimuti kabut.

8. Kawah Kamojang

Kawah Kamojang

Kawah Kamojang

Kawah Kamojang merupakan salah satu kawah gunung berapi yang masih aktif di Garut. Kawah ini berlokasi di Kecamatan Samarang, Garut, dan berada di ketinggian 1.730 meter di atas permukaan laut.



Untuk menuju ke tempat wisata di Garut yang satu ini, Anda bisa mengikuti rute yang menuju Kecamatan Samarang dan berbelok ke kanan di pertigaan yang menuju Kamojang – Kampung Sampireun. Dalam perjalanan, Anda juga bisa mampir ke tempat wisata lain yang juga tak kalah menarik yaitu Kebun Mawar Situpaha dan Kampung Sampireun karena lokasinya sejalur dengan jalan yang menuju Kawah Kamojang.

Sesampainya di area wisata Kawah Kamojang, Anda akan disuguhi beberapa kawah yang cukup unik. Jika kawah pada umumnya adalah bekas letusan gunung berapi, kawah yang ada di tempat wisata di Garut ini berupa bekas pengeboran uap bumi atau lubang-lubang yang mengeluarkan uap panas alami dari dalam perut bumi.

Beberapa kawah tersebut di antaranya adalah Kawah Kereta Api, Kawah Hujan, Kawah Manuk, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk masuk ke objek wisata Kawah Kamojang, Anda akan dikenakan tiket masuk seharga Rp7.000 saat hari biasa dan Rp9.500 saat hari libur.

9. Pantai Karang Paranje

Pantai Karang Paranje

Pantai Karang Paranje

Selain memiliki pilihan tempat wisata pegunungan yang begitu beragam, Garut juga memiliki deretan pantai cantik dengan pemandangan yang menawan. Di Kecamatan Cibalong, satu pantai yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Garut adalah Pantai Karang Paranje.

Karena belum tersentuh berbagai pembangunan dan masih jarang dikunjungi wisatawan, pantai ini memiliki lingkungan yang asri, bersih, serta suasana yang damai dan tenang. Di sepanjang pantai, terdapat gugusan-gugusan karang yang semakin menambah keelokannya.

Menariknya lagi, tempat wisata di Garut ini juga memiliki suguhan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Jadi akan lebih seru jika Anda datang ke Pantai Karang Paranje pada sore hari menjelang senja.

10. Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang

Pantai berikutnya yang juga wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Garut adalah Pantai Sayang Heulang. Lokasi pantai ini berada di wilayah Pameungpeuk, sekitar 87 kilometer dari pusat Kota Garut. Untuk menuju ke sana, Anda akan membutuhkan waktu sekitar 3,5 jam perjalanan menggunakan mobil.

Di Pantai Sayang Heulang, Anda akan disuguhi dengan panorama pantai yang tak kalah cantik dari Pantai Karang Paranje. Hamparan pasir pantainya yang bersih dan batu-batu karang yang tersebar di sepanjang pantai pasti akan membuat Anda betah berlama-lama menikmati keindahannya.

Di sekitar pantai, terdapat banyak pepohonan rindang yang bisa Anda gunakan untuk berteduh sambil menyaksikan deburan ombak dan menikmati angin yang pantai yang sejuk. Bagi Anda yang suka berselancar, tempat wisata di Garut yang satu ini juga memiliki ombak yang cukup tinggi dan cocok untuk melakukan olahraga air tersebut.

11. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya

Pantai berikutnya yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke Garut adalah Pantai Rancabuaya. Pantai yang berlokasi di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Garut, ini merupakan pantai berbatu karang yang memiliki ombak cukup besar. Karenanya, bagi Anda yang membawa anak-anak berlibur ke tempat wisata di Garut ini, Anda sebaiknya lebih berhati-hati dalam mengawasi mereka bermain.

Yang menarik dari pantai ini, selain memiliki banyak batu karang besar di bibir pantai, juga terdapat tebing batu tinggi dan curug yang aliran airnya langsung mengalir ke laut, mirip dengan Pantai Jogan di Jogja atau Pantai Bayu Tibo di Pacitan, Jawa Timur. Untuk masuk ke kawasan pantainya, Anda akan dikenakan tiket masuk seharga Rp6.000 per orang. Cukup murah, bukan?

12. Pantai Cijeruk Indah

Pantai Cijeruk Indah

Pantai Cijeruk Indah

Pantai Cijeruk Indah berlokasi di Desa Sagara, Kecamatan Pameungpeuk, Garut. Jika berangkat dari pusat Kota Garut, Anda bisa mengambil jalan menuju Kecamatan Pameungpeuk. Setelah masuk di Desa Segara, nantinya Anda akan menjumpai gapura besar di pinggir jalan yang menandakan pintu masuk ke Pantai Cijeruk Indah.

Berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Garut, pantai yang satu ini masih terbilang baru dan masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan. Jadi, berbagai keindahan yang disuguhkan akan nampak terlihat di tempat wisata di Garut yang satu ini.

Air lautnya sangat jernih dan berwarna biru. Sementara, pasir pantainya yang berwarna putih kecoklatan seakan membuat keindahan yang ditampilkan semakin sempurna. Selain itu, suasana di Pantai Cijeruk Indah ini juga masih cukup tenang dan damai, cocok bagi Anda yang ingin menenangkan pikiran dan menjauh dari kebisingan kota.

13. Pantai Santolo

Pantai Santolo

Pantai Santolo

Pantai Santolo adalah sebuah pantai berpasir putih yang memiliki garis pantai cukup panjang. Lokasi pantai ini berada di Kecamatan Cikelet, tepatnya sekitar 88 kilometer dari pusat Kota Garut. Jika ingin berkunjung ke Pantai Santolo, Anda tidak perlu khawatir karena jalan untuk menuju ke tempat wisata di Garut ini sudah cukup bagus, hanya saja masih ada beberapa jalan yang bergelombang.

Sebagai salah satu tempat wisata pantai di Garut yang sudah cukup terkenal, pantai ini cukup ramai dikunjungi para wisatawan dari luar kota saat akhir pekan atau musim liburan. Karenanya, jika ingin menikmati suasana pantai yang lebih tenang, Anda sebaiknya datang ke Pantai Santolo pada pagi hari. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat kawanan burung yang terbang ke sana ke mari mencari makan di sekitar pantai.

Hal menarik lainnya yang akan Anda temukan di pantai ini adalah adanya pulau kecil yang tak jauh dari pantai. Untuk menuju ke sana, Anda hanya perlu menyeberangi muara sungai menggunakan jasa perahu dengan biaya Rp2.000 sekali jalan. Di pulau tersebut, Anda bisa menemukan pantai yang tak kalah cantik dengan Pantai Santolo serta bangunan pintu air yang dibangun pada masa kolonialisme Belanda. Puas berkeliling pulau dan bermain-main di Pantai Santolo, Anda pun bisa menikmati makanan laut di warung-warung yang berjajar di sekitar pantai.

14. Situ Cangkuang & Candi Cangkuang

Situ Cangkuang

Situ Cangkuang

Situ Cangkuang merupakan sebuah tempat wisata alam di Garut yang menyuguhkan danau kecil dengan pemandangan yang indah. Sesuai dengan namanya, tempat wisata di Garut ini berlokasi di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut. Sementara, nama Cangkuang sendiri berasal dari nama sebuah pohon yang tumbuh di sekitar makam Embah Dalem Arif Muhammad.

Selain bisa menikmati pemandangan danau yang cantik, di tempat wisata ini Anda juga bisa berkunjung ke sebuah candi Hindu peninggalan Kerajaan Sunda Galuh. Untuk mencapainya, Anda bisa menyeberang danau menggunakan rakit dengan biaya Rp2.000 per orang. Cukup murah, bukan?

15. Pemandian Air Panas Cipanas

Pemandian Air Panas Cipanas

Pemandian Air Panas Cipanas

Pemandian Air Panas Cipanas merupakan salah satu tempat wisata di Garut yang cukup terkenal. Objek wisata ini berlokasi di Jalan Raya Cipanas, Pananjung, Tarogong Kaler, tepatnya sekitar 6 kilometer dari pusat Kota Garut dan 50 kilometer dari Kota Bandung.

Di tempat wisata ini, Anda bisa menikmati air panas yang bersumber langsung dari Gunung Guntur. Namun jangan membayangkan sumber air panasnya berupa kolam atau danau yang masih alami ya, karena Pemandian Air Panas Cipanas ini telah dikelola dengan baik dan memiliki fasilitas lengkap.

Di sini, Anda bisa menenangkan pikiran sambil berendam di air panas, berenang, hingga bermain water boom dan berbagai wahana lain yang disediakan. Jika mencari tempat bermalam, Anda juga tidak perlu khawatir karena terdapat banyak penginapan atau hotel di sekitar area wisata.









Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *