15 Tempat Wisata di Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi

Bukit Panembongan - Kuningan
Share ke teman kamu

Wilayah Jawa Barat memang terkenal dengan keindahan alamnya yang jarang dimiliki wilayah lain di Indonesia. Banyak tempat wisata di Jawa Barat menjadi incaran wisatawan karena viral di dunia maya dan eksotis.

Jawa Barat juga memiliki udara yang sejuk karena banyak dikelilingi oleh pegunungan, membuat kawasan ini memiliki tempat wisata indah yang elok dan menawan. Di wilayah ini tidak hanya terdapat wisata alam, namun juga terdapat daya tarik wisata budaya, kuliner, pantai serta tempat hiburan maupun tempat makan berkonsep unik.

Inilah barangkali yang membuat wisatawan tidak pernah bosan untuk menjelajah berbagai tempat wisata menarik di wilayah Jawa Barat. Namun banyaknya tempat wisata di Jawa Barat justru membuat para turis bingung menentukan prioritas tempat wisata mana yang akan dikunjungi.

Nah, dalam sajian artikel ini, kami telah membuat daftar rekomendasi 15 tempat wisata di Jawa Barat untuk memudahkan Anda menentukan pilihan.

1. Kawah Putih – Bandung

Kawah Putih - Bandung

Kawah Putih – Bandung

Kawah Putih yang sudah banyak dikenal orang akan keindahannya ini terletak di puncak gunung Patuha, Ciwidey, Bandung Selatan sehingga menawarkan udara sejuk dengan suhu 8 – 22 derajat.

Dalam perjalanan menuju tempat wisata di Jawa Barat ini, Anda juga bisa menikmati perkebunan teh tua dengan suasana yang lain bila dibandingkan dengan perkebunan teh pada umumnya seperti yang ada di kawasan Lembang dan Puncak.

Bersiaplah untuk terpukau dengan keindahan Kawah Putih yang begitu elok dan romantis. Hal ini disebabkan karena suasana unik di atas danau kawah yang dipenuhi kabut tebal serta warna air danau yang terlihat berwarna putih atau coklat susu. Bila cuaca sedang panas, warna air danau terkadang berubah menjadi warna biru kehijauan yang menawan.

2. Stone Garden – Padalarang

Stone Garden - Padalarang

Stone Garden – Padalarang

Stone Garden yang berlokasi di Gunung Masigit, Cipatat sangatlah eksotis dan cocok sebagai tempat mengambil foto pre-wedding sehingga mulai viral saat masuk ke media sosial Facebook. Sebelumya tidak banyak orang tahu keindahan yang tersembunyi dari atas bukit Stone Garden. Padang bertabur bebatuan ini begitu menakjubkan terutama di kala pagi hari atau di senja hari saat matahari tenggelam.

Setelah sedikit menjelajah bebatuan alamiah bekas danau zaman purba ini, Anda bisa menikmati pemandangan fenomenal dari atas bukit. Selain hamparan pemandangan luas yang tersaji, sebuah taman batu di dataran tinggi di atas bukit ini akan membuat Anda bak sedang berwisata ke luar negeri.

Anda bisa menyaksikan bebatuan yang tegak dengan formasi yang artistik dari atas padang rumput di bukit yang Anda daki. Banyak pengunjung mengabadikan momen ini dengan latar pemandangan langit lepas dan hijaunya tanah pertanian serta bukit-bukit menjulang yang terhampar di depan mata.

3. Green Canyon – Pangandaran

Green Canyon - Pangandaran

Green Canyon – Pangandaran

Green Canyon yang berlokasi di Desa Kertayasa, Pangandaran ini merupakan tempat wisata alam yang menyimpan beribu pesona, menyajikan keindahan dalam bentuk batu-batu stalaktik yang begitu menawan.

Pengunjung bisa menikmati tebing tinggi dengan Sungai Cijulang yang mengalir di bawahnya serta menjelajahi gua di sekitar sungai sambil berburu spot foto. Anda juga bisa ikut mencoba body rafting menyusuri sungai di bawahnya sepanjang 3 km, melewati pepohonan hijau di kanan kirinya.

Body rafting merupakan olahraga air yang cukup menegangkan. Anda akan menyusuri sungai dalam jangka waktu sekitar 3-4 jam dengan kondisi yang berbeda-beda tiap saat, mulai dari arus air tenang hingga yang ekstrim.

4. Curug Cikaso – Sukabumi

Curug Cikaso - Sukabumi

Curug Cikaso – Sukabumi

Curug Cikaso yang terletak di Desa Ciniti, Sukabumi Selatan ini memang belum begitu viral, namun keindahan air terjunnya tidak diragukan lagi. Tempat wisata di Jawa Barat ini terdiri dari tiga air terjun yang berdampingan dan kolam di bawahnya memiliki warna air biru kehijauan yang eksotis.

Ketinggian air terjun yang mencapai 80 meter serta lebar tebing 100 meter ini menyuguhkan pemandangan limpahan air yang elok dan menawan serta dikelilingi dengan hijaunya pepohonan. Air yang tercurah kemudian menciptakan kabut air yang eksotis dan sejuk menyegarkan.

Gemuruh suara curahan air terjun akan menghasilkan musik alam yang indah, sementara titik-titik air tampak jatuh menempel di dedaunan menghasilkan suasana yang segar. Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri kalau di Sukabumi saja Anda sudah bisa menyaksikan pemandangan spektakuler seperti ini.

5. Alam Panenjoan – Purwakarta

Alam Panenjoan - Purwakarta

Alam Panenjoan – Purwakarta

Bila Bandung memiliki Tebing Kraton, Purwakarta memiliki Alam Panenjoan yang terletak di Desa Sindang Panon dan sudah mulai viral di dunia internet. Lokasinya berjarak sekitar 17 km dari Kota Purwakarta. Panenjoan berarti tempat memandang, dari tempat wisata di Jawa Barat ini, wisatawan bisa menyaksikan keindahan perkebunan teh yang menawan.

Di tempat wisata di Jawa Barat yang satu ini, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan alam melalui balkon khusus yang disediakan. Spot khusus ini terbuat dari bahan kayu yang bisa menampung sampai dengan 40 orang sekaligus.

Wisatawan juga bisa menikmati keindahan sunset atau matahari tenggelam yang sangat mempesona. Banyak pengunjung menyempatkan diri untuk mengabadikan keindahan alam di spot foto favorit di Panenjoan ini.

6. Bukit Panembongan – Kuningan

Bukit Panembongan - Kuningan

Bukit Panembongan – Kuningan

Bila Purwakarta memiliki Alam Panenjoan, Kuningan pun tidak mau kalah. Di tempat wisata di Jawa Barat yang terletak di Desa Tembong, Garawangi ini Anda bisa menyaksikan keindahan hamparan hutan pinus yang terawat dan dekat dengan sumber air dari sudut pandang yang lain.

Layaknya di The Lodge Maribaya yang berlokasi di Lembang, di tempat wisata di Jawa Barat ini juga terdapat dua gardu pandang yang terbuat dari bambu yang mana merupakan tempat pengunjung bisa menikmati suguhan panorama yang ciamik dan berhawa segar. Dari bukit yang berlokasi 8 km dari pusat Kota Kuningan ini, Anda juga direkomendasikan ber-selfie ria dengan latar belakang pemandangan hijau yang menawan.

Selain tersedia area kemah dan lokasi pre-wedding, pengunjung juga bisa menjajal aktivitas flying fox yang seru dan bisa memacu adrenalin. Sayangnya, lokasi tempat wisata ini masih cukup sulit dicapai, sehingga lebih baik Anda menggunakan motor daripada mobil.

7. Kampung Karuhun – Sumedang

Kampung Karuhun - Sumedang

Kampung Karuhun – Sumedang

Kampung Karuhun merupakan tempat wisata terpadu dengan konsep eco park yang memadukan keindahan alam dan fasilitas wisata. Oleh karenanya, tempat wisata di Jawa Barat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berlibur di daerah Sumedang. Anda bisa menyaksikan area persawahan dan hutan tropis yang menghijau di tempat wisata yang berlokasi di Citengah, Sumedang Selatan ini.

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati jernihnya air sungai dan udara sejuk, serta berjalan-jalan di antara perkebunan teh yang terletak di ketinggian. Bagi yang hobi selfie, terdapat banyak spot foto menarik, salah satunya adalah gembok cinta.

Wisatawan bisa merasakan nuansa alam yang begitu kental sambil menyeruput teh dan hidangan ringan seperti singkong rebus, ubi, pisang, dan kacang di Sky Tea House. Sedangkan yang menyukai hiburan bisa menikmati naik ATV, futsal lumpur, wisata petualangan, kemah ekslusif, dan waterboom.

8. D’Jungle Private Camp – Puncak, Bogor

D’Jungle Private Camp - Puncak, Bogor

D’Jungle Private Camp – Puncak, Bogor

Anda mau refreshing dengan berkemah di lingkungan yang masih kental nuansa alamnya, tanpa perlu repot-repot membawa perlengkapan berkemah? D’Jungle Private Camp yang berlokasi di Puncak, Bogor ini adalah pilihan yang cocok karena menawarkan pengalaman liburan dengan suasana alam yang segar.



Pengunjung bisa berkemah secara eksklusif lengkap dengan fasilitas penunjangnya di alam terbuka. Jadi jangan membayangkan Anda akan repot bila berkemah di sini. Di lokasi yang dekat dengan hutan lindung dan jauh dari pemukiman penduduk ini telah disiapkan tenda lengkap beserta fasilitas makanan dan minuman.

Tempat wisata yang bisa dikunjungi juga cukup bervariasi, seperti misalnya kolam pemancingan, kebun, kolam main air, api unggun, dan treking. Di tempat wisata di Jawa Barat ini juga terdapat rumah bambu VIP khusus untuk rombongan. Jadi jika Anda ingin berkemah, Anda tinggal menyiapkan kendaraan dan membawa perlengkapan pribadi seperlunya, praktis bukan?

9. Pantai Ujung Genteng – Sukabumi

Pantai Ujung Genteng - Sukabumi

Pantai Ujung Genteng – Sukabumi

Kawasan Jawa Barat ternyata tidak hanya memiliki keindahan alam dan wisata hiburan saja, namun juga memiliki deretan pantai yang indah dan berpasir putih. Salah satu dari pantai tersebut yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Ujung Genteng di Sukabumi yang memiliki 6 pantai cantik berair jernih.

Selain memiliki pantai cantik yang berpasir putih, pemandangan menarik lain yang ditawarkan tempat wisata di Jawa Barat ini adalah pemandangan sunset. Momen sunset di pantai ini telah menjadi sebuah hidden paradise tersendiri yang bisa Anda temukan hanya di kawasan ini.

Bagi pengunjung yang memiliki hobi berselancar, bisa juga berselancar di pantai yang terkenal memiliki ombak besar ini. Di pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan tak kalah indah bila dibandingkan dengan pantai di Bali ini juga terdapat tempat penangkaran penyu hijau. Anda bahkan bisa menyaksikan secara langsung saat hewan ini bertelur!

10. Kampung Naga – Tasikmalaya

Kampung Naga - Tasikmalaya

Kampung Naga – Tasikmalaya

Kampung Naga yang terkenal di kawasan Jawa Barat ini menyajikan budaya kearifan lokal yang unik. Tata letak dan arsitektur rumah yang terletak di Desa Neglasari ini masih terjaga keasliannya secara alami dari dulu hingga kini.

Penduduk di Kampung Naga menolak intervensi dari luar dan masih menjaga adat istiadat warisan leluhur mereka. Oleh karenanya, Kampung Naga juga disebut Kampung unik, yang bila dilihat dari kejauhan, kita bisa menyaksikan deretan atap rumah penduduk berbahan ijuk dikelilingi persawahan hijau.

Untuk dapat sampai ke kampung di Tasikmalaya ini, Anda harus bersiap melewati 439 anak tangga yang cukup melelahkan terutama untuk mereka yang jarang berolahraga. Namun, walau melelahkan, Anda tidak akan menyesal menyaksikan desa cantik yang subur ini. Di desa ini persaudaraan sangat kental sehingga pintu rumah pun jarang dikunci. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat budaya Sunda masa lalu di kampung adat ini.

Untuk dapat masuk ke lokasi wisata ini, Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Dengan izin dari sesepuh dan penduduk setempat, Anda bahkan bisa menginap di sini secara gratis. Namun, jangan kaget bila di desa ini Anda tidak mendapati listrik.

11. Telaga Remis – Kuningan

Telaga Remis - Kuningan

Telaga Remis – Kuningan

Telaga Remis yang terletak di kaki Gunung Ciremai, sekitar 37 km dari Kota Kuningan ini, cukup populer sebagai wisata danau alami yang eksotis. Tempat wisata di Jawa Barat ini akan lebih dekat jika ditempuh dari Kota Cirebon, yaitu hanya sekitar satu jam perjalanan. Sepeda motor akan menjadi sarana transportasi yang tepat untuk mencapainya.

Jalan berkelok namun mulus dan teduh tentu tidak akan melelahkan, karena setelah itu Anda bisa menyaksikan keindahan danau berhawa sejuk dan dikelilingi oleh pepohonan pinus yang rimbun. Selain bersantai, Anda juga bisa mencoba naik perahu bebek mengitari danau dengan airnya yang kehijauan.

Anda juga bisa menyaksikan banyak orang memancing di danau ini serta berwisata kuliner menikmati sajian makanan di restoran khas Sunda bernuansa air di sepanjang jalan menuju telaga. Tidak jauh dari lokasi wisata ini, terdapat juga komplek Telaga Nilam. Di tempat ini terdapat banyak cottage yang disewakan serta pemandian alam.

12. Gunung Pancar – Puncak, Bogor

Gunung Pancar - Puncak, Bogor

Gunung Pancar – Puncak, Bogor

Gunung Pancar yang terletak di Citeureup, Bogor ini mulai populer di kalangan wisatawan sebagai wisata kekinian terutama bagi anak muda yang tinggal di Bogor dan sekitarnya. Anda bisa menjumpai keindahan hutan pinus, pemandian alam, dan wisata alam sambil berolahraga di sini.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat wisata di Jawa Barat ini adalah bermain sepeda, hiking, berkemah, naik kuda, lintas alam, tenis, serta mandi air panas. Konferensi dan seminar juga sering diselenggarakan di sini oleh berbagai perusahaan. Namun yang membuat tempat wisata di Jawa Barat ini populer adalah hutan pinusnya yang sangat keren untuk berfoto.

Jadi, Anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri bila ingin menikmati keindahan alam hutan pinus dengan suasana romantis, teduh, dan nyaman bagai di film Twilight. Setelah puas berpiknik di hutan pinus, Anda bisa relaksasi dengan berendam air panas.

13. Kawah Putih Talaga Bodas – Garut

Kawah Putih Talaga Bodas - Garut

Kawah Putih Talaga Bodas – Garut

Kawah putih ternyata tidak hanya ada di Bandung, Garut pun memiliki Talaga Bodas dengan kawahnya yang berwarna putih dan hijau toska sehingga sangat memikat. Lokasinya berada di Kecamatan Pangatikan dan Wanaraja.

Talaga Bodas menyuguhkan pemandangan alam yang indah, udara segar, serta perbukitan hijau yang mempesona. Pengunjung bisa berendam air panas di bak air panas yang tersedia. Air panas di Talaga Bodas ini memiliki kadar belerang tinggi sehingga dipercaya dapat menyembuhkan segala penyakit.

Tempat wisata di Jawa Barat ini sangatlah cocok sebagai tempat berwisata bersama keluarga. Aktivitas yang bisa dilakukan selain mandi air panas adalah hiking, treking, berkemah, dan fotografi. Anda bisa menikmati kawah putih ini dari berbagai sudut sesuai keinginan Anda.

Setiap sudut akan memberikan pemandangan yang luar biasa. Pemandangan kawah putih yang elok dikelilingi gunung dengan pepohonan yang rimbun sangatlah sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa menyusuri kawah dan mengambil foto pemandangan indahnya.

14. Taman Air Mancur Sri Baduga – Purwakarta

Taman Air Mancur Sri Baduga - Purwakarta

Taman Air Mancur Sri Baduga – Purwakarta

Pasti Anda baru pertama kali mendengar bahwa ada pertunjukan taman air mancur di Purwakarta. Taman Air Mancur Sri Baduga yang konon dianggap terbesar di Asia Tenggara ini, berlokasi di kawasan Situ Buleud.

Pengunjung bisa menyaksikan air mancur yang bergerak sesuai alunan musik, layaknya pertunjukan yang sering dilakukan di Dubai. Air mancur ini memiliki 100 buah pipa air yang bisa memancarkan air setinggi 10 meter.

Bisa dibayangkan keindahan dari taman air ini, dengan air mancur berwarna-warni sebanyak 100 pipa air yang mengelilingi taman air seluas 2 hektar. Sayangnya, untuk bisa menikmati pertunjukan air mancur spektakuler ini, Anda harus datang pada malam Minggu saja, satu-satunya waktu diadakan pertunjukan air mancur menari.

Pada hari-hari biasa, air mancur ini tetap menyembur, namun tidak ada efek tambahan seperti saat pertunjukan malam Minggu. Tentu saja banyak pengunjung menjadikan tempat wisata di Jawa Barat ini sebagai spot yang menarik untuk berfoto terutama saat malam hari.

15. Taman Bunga NusantaraCianjur

Taman Bunga Nusantara - Cianjur

Taman Bunga Nusantara – Cianjur

Terakhir, kita akan menengok wisata taman bunga yang berudara sejuk karena berada di daerah pegunungan. Taman Bunga Nusantara yang digagas oleh Ibu Suhardani Bustanil Arifin ini sangatlah cocok untuk Anda yang ingin mengajak anak bermain di taman yang indah dan luas.

Harga tiket masuk tempat wisata di Jawa Barat ini relatif terjangkau, hanya Rp30.000 per orang. Dengan Rp30.000, Anda sudah bisa mengajak si kecil bermain di berbagai jenis taman dan atraksi, seperti misalnya taman air, taman dino, taman mawar, taman rahasia / labirin, taman Bali, taman Perancis, taman mediterania, taman Jepang, taman palem, dan rumah kaca.









Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *