15 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

Candi Borobudur - Magelang
Share ke teman kamu

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang dianugerahi dengan begitu banyak keistimewaan. Selain kaya akan budaya dan adat istiadat, provinsi yang berbatasan langsung dengan Jawa Barat, Jawa Timur, serta Daerah Istimewa Yogyakarta ini juga punya bentang alam yang menawan.

Ada begitu banyak tempat wisata menarik di Jawa Tengah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama ketika musim liburan dan akhir pekan. Nah, buat Anda yang sedang merencanakan piknik dalam waktu dekat, tempat wisata di Jawa Tengah berikut mungkin bisa menjadi rekomendasi yang cocok.

1. Candi Borobudur – Magelang

Candi Borobudur - Magelang

Candi Borobudur – Magelang

Ikon wisata paling terkenal di Jawa Tengah adalah Candi Borobudur yang terletak di Magelang, tepatnya 40 km arah barat laut Yogyakarta. Tempat wisata di Jawa Tengah ini merupakan peninggalan agama Buddha masa lampau.

Selain merupakan candi Buddha terbesar di dunia yang sarat akan nilai sejarah, Borobudur juga didapuk sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Di kompleks Candi Borobudur sendiri terdapat 1.460 relief dan 504 stupa yang hingga sekarang masih terjaga keasliannya.

Untuk bisa menikmati jejak sejarah yang sungguh menawan ini, pengunjung hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp15.000 (wisatawan domestik) dan USD20 untuk wisatawan mancanegara. Murah, kan?

2. Candi Prambanan – Klaten

Candi Prambanan - Klaten

Candi Prambanan – Klaten

Masih tentang objek wisata sejarah. Kali ini ada Candi Prambanan yang terletak di Klaten, tepatnya di wilayah perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Anda tentu tidak asing kan dengan legenda Roro Jonggrang yang meminta Bandung Bondowoso membangun 1.000 candi dalam satu malam? Ya, Prambanan-lah jawabannya.

Ketika berkunjung ke tempat wisata di Jawa Tengah ini, Anda tidak hanya akan disuguhi dengan jejak sejarah yang eksotis, tapi juga hijaunya pepohonan yang tumbuh di sekitar area candi. Pun karena terletak di perbatasan, candi ini dikelola secara kerja sama antara DIY dan Jawa Tengah.

Candi Prambanan yang merupakan komplek candi Hindu terbesar di Indonesia pernah mengalami beberapa kali pemugaran, terutama pasca gempa Jogja pada 2006 silam. Meski begitu, kesan asli candi yang bersejarah tetap tidak hilang dari bangunan ini.

3. Puri Maerokoco – Semarang

Puri Maerokoco - Semarang

Puri Maerokoco – Semarang

Jika Anda ingin mengenal kebudayaan Jawa Tengah secara menyeluruh, berkunjunglah ke Puri Maerokoco di Semarang. Di Taman Mini Indonesia Indah-nya Jawa Tengah ini Anda bisa menyaksikan berbagai jenis kebudayaan khas Jateng seperti pakaian khas, rumah adat, sampai permainan tradisional.

Tempat wisata di Jawa Tengah ini sangat cocok dijadikan destinasi liburan akhir pekan bersama keluarga, terutama untuk si kecil, karena ada banyak wahana menarik yang bisa dicoba, mulai dari perahu, kereta, sepeda air, dan wahana lain yang tak kalah menarik.

4. Kota Lama – Semarang

Kota Lama - Semarang

Kota Lama – Semarang

Masih di Semarang, salah satu objek wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan ketika berada di Kota Lumpia ini adalah Kota Lama. Kota Lama sendiri merupakan sebuah kawasan yang oleh pemerintah kolonial dulu dijadikan sebagai pusat perniagaan.

Di sini, Anda bisa menjumpai bangunan-bangunan peninggalan Belanda, seperti Gereja Blenduk, Stasiun Kereta Api Tawang, Jembatan Mberok, PT Pelni, Pabrik Rokok Praoe Lajar, Polder Air Tawang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sedikit informasi, Kota Lama Semarang juga dijuluki sebagai The Little Netherland (Belanda Kecil), sebab konsep dan tata kelola tempat di sini sangat mirip dengan salah satu sudut kota di Belanda.

Yang menarik, Anda bisa singgah ke berbagai tempat makan yang masih sangat berbau Eropa, baik dari bangunannya maupun menu yang ditawarkan, salah satunya adalah Toko Oen yang merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Semarang yang paling terkenal. Menu favorit pengunjung di restoran ini adalah es krim. Kalau berada di Kota Lama, jangan lupa mampir ke tempat makan yang satu ini, ya.

5. Lawang Sewu – Semarang

Lawang Sewu - Semarang

Lawang Sewu – Semarang

Selain Kota Lama, Anda juga bisa menyaksikan bangunan peninggalan zaman kolonial di Lawang Sewu, Semarang. Meskipun namanya Lawang Sewu, bukan berarti bangunan ini memiliki 1.000 pintu. Hanya saja bangunan ini memang memiliki jumlah pintu yang sangat banyak.

Pada zaman dulu, Lawang Sewu dipakai sebagai kantor pusat perkeretaapian di wilayah Semarang. Tidak heran kalau berkunjung ke sini, Anda akan melihat banyak miniatur kereta yang dipajang di meja yang dilindungi kaca-kaca.

Aura mistis seketika akan menyergap Lawang Sewu pada malam hari. Kalau Anda suka menguji nyali, cobalah datang dan jelajahi bangunan kuno ini ketika matahari sudah terbenam, dijamin bulu kuduk Anda akan merinding. Keindahan dan keklasikan arsitektur bangunannya juga membuat tempat wisata di Jawa Tengah ini sering dijadikan latar fotografi, syuting film, dan semacamnya.

Oh ya, di depan Lawang Sewu juga terdapat Tugu Muda yang dibangun untuk mengenang pertempuran 5 hari di Semarang. Tugu Muda juga akan lebih seru kalau dikunjungi pada malam hari. Di sekitarnya ada bangku-bangku kecil yang disediakan untuk pengunjung.

6. Masjid Agung Jawa Tengah – Semarang

Masjid Agung Jawa Tengah - Semarang

Masjid Agung Jawa Tengah – Semarang

Berkeliling Semarang rasanya tak lengkap kalau tidak mengunjungi salah satu bangunan paling ikonik di kota ini. Ya, apa lagi kalau bukan Masjid Agung Jawa Tengah? Masjid yang dibangun sejak tahun 2001 dan selesai pada tahun 2006 ini mengadaptasi arsitektur Islam, Romawi, dan Jawa, lho.

Di sini, Anda bisa menaiki tower masjid dan melihat indahnya Kota Semarang dari ketinggian. Harga tiket masuknya pun cukup murah, yakni hanya sekitar Rp7.000. Yang paling menarik di sini adalah payung raksasa berjumlah 6 buah seperti yang terdapat di Masjid Nabawi di Tanah Suci.

Masjid Agung Jawa Tengah tentu merupakan pilihan yang menarik bagi Anda yang senang berkunjung ke tempat-tempat bernuansa religi. Atau mungkin Anda ingin menikah di sini? Bisa. Ada aula khusus yang luas dan memang disewakan untuk pengunjung yang ingin memakainya untuk beragam acara, salah satunya pernikahan.

7. Grojogan Sewu Tawangmangu – Karanganyar

Grojogan Sewu Tawangmangu - Karanganyar

Grojogan Sewu Tawangmangu – Karanganyar

Dari Semarang kita beranjak ke arah timur, tepatnya di Karanganyar. Di kabupaten ini ada sebuah objek wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap tahunnya, yaitu Grojogan Sewu Tawangmangu.

Tempat wisata di Jawa Tengah ini paling pas dikunjungi saat musim penghujan. Selain udaranya lebih sejuk, debit air yang banyak juga membuat air terjun terlihat makin megah. Banyak juga fasilitas yang disediakan pihak pengelola untuk para pengunjung.

Tidak hanya itu, di tempat wisata Jawa Tengah ini mata Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan pepohonan yang masih sangat asri dan hijau. Bonus poinnya adalah kera-kera yang berkeliaran di lokasi wisata. Jadi, hati-hati dengan barang bawaan Anda ketika berkunjung ke mari ya, sebab lengah sedikit bisa raib semuanya.

8. Kampung Batik Laweyan – Solo

Kampung Batik Laweyan - Solo

Kampung Batik Laweyan – Solo

Dari Karanganyar mari bergeser sedikit ke Surakarta, atau yang lebih akrab disebut Solo. Ada banyak objek wisata menarik yang tak boleh dilewatkan ketika berada di sini, salah satunya adalah Kampung Batik Laweyan.



Konon, kampung ini sudah ada sejak Kerajaan Pajang memerintah di Jawa Tengah, yakni sekitar abad 16. Selain bisa berbelanja batik Solo asli, di sini Anda juga akan disuguhi keindahan arsitektur bangunan khas Eropa yang kokoh dan megah, terlihat pada rumah-rumah yang dulunya milik para saudagar batik.

Menurut penuturan sejarah, warga kampung ini mulai membatik sejak zaman dulu lewat pitutur Kiai Ageng Henis (kakek Panembahan Senopati). Sampai sekarang, warga Kampung Laweyan masih setia dengan hobi dan pekerjaan membatik.

9. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat – Solo

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat - Solo

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat – Solo

Sama seperti di Yogyakarta, di Surakarta atau Solo juga terdapat sebuah keraton yang merupakan peninggalan raja Islam zaman dulu, namanya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Keraton ini dibangun oleh Paku Buwana II pada tahun 1744 silam dan sekarang dikelola oleh Pemerintah Kota Solo menjadi objek wisata sejarah yang ramai dikunjungi wisatawan. Di tempat wisata di Jawa Tengah ini, Anda akan menjumpai barang-barang peninggalan keraton serta fragmen berbagai candi yang terdapat di Jawa Tengah.

Ada satu bagian di keraton tersebut yang sangat kental dengan nilai sejarah sekaligus mistis, yaitu Panggung Sanggabuwana. Konon, di tempat inilah Susuhan melakukan semedi dan bertemu dengan penguasa pantai selatan yang melegenda, Nyi Roro Kidul.

Selain dipakai sebagai objek wisata, Keraton Surakarta juga selalu menjadi lokasi aneka gelaran budaya, seperti Suranan, Sekaten, dan peringatan hari besar Islam lainnya. Jika ingin menyaksikan kemeriahan upacara budaya di tempat ini, datanglah pada hari-hari besar Islam, seperti misalnya saat menjelang bulan Ramadan.

10. Umbul Ponggok – Klaten

Umbul Ponggok - Klaten

Umbul Ponggok – Klaten

Salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang sedang banyak diburu wisatawan adalah Umbul Ponggok yang berada di Klaten. Bagi yang belum tahu, Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam renang raksasa yang dikonsep mirip lautan, lengkap dengan ikan, batu karang, dan segala pernik-perniknya.

Tidak hanya bisa bermain air, Anda pun bisa menyelam sembari berpose di dalam air. Saking indahnya tempat wisata di Jawa Tengah ini sampai banyak calon pengantin yang menjadikannya lokasi untuk foto prewedding lho.

Objek wisata di Jawa Tengah ini sangat populer beberapa tahun belakangan dan pengunjungnya didominasi oleh kalangan anak muda. Kalau Anda ingin berfoto di sini, tak perlu repot membawa segala macam properti, sebab pihak pengelola sudah menyiapkan semuanya untuk Anda, mulai dari sepeda motor, laptop, sampai tenda.

11. Pantai Karang Bolong – Kebumen

Pantai Karang Bolong - Kebumen

Pantai Karang Bolong – Kebumen

Selain terkenal dengan ombaknya yang besar, pantai laut selatan juga populer dengan garis pantainya yang indah. Nah, salah satunya bisa Anda buktikan di Pantai Karang Bolong, Kebumen.

Pantai ini terkenal bahkan sampai ke mancanegara karena keindahan bukit-bukit karangnya. Selain itu, pengunjung juga bisa berwisata dengan nyaman karena di sini banyak terdapat pohon kelapa yang menambah kesan segar.

Membicarakan Pantai Karang Bolong tentu kurang jika tak membahas rumah-rumah burung walet yang terdapat di dalam gua, yakni Gua Pasir, Karangduwur, dan Karang Bolong. Dalam setahun, para petani walet biasanya melakukan proses panen sebanyak 4 kali.

Uniknya, mereka akan melakukan upacara khusus untuk meminta keselamatan sebelum melakukan panen air liur walet ini. Tidak heran, sebab medannya memang cukup berbahaya.

12. Gua Petruk – Kebumen

Gua Petruk - Kebumen

Gua Petruk – Kebumen

Selain Pantai Karang Bolong, tempat wisata lain yang sangat terkenal di Kebumen adalah Gua Petruk. Gua yang terdapat di atas bukit kapur setinggi 75 meter ini berada di Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Letaknya tidak terlalu jauh dari Pantai Ayah yang cantik itu.

Menurut informasi yang diberikan pengelola, Gua Petruk memiliki panjang kurang lebih 2.000 meter, tapi hanya bisa dijelajahi sampai batas maksimal 350 meter saja.

Di gua ini, pengunjung akan disuguhi dengan ornamen asli pahatan alam berupa stalaktit dan stalagmit yang tersebar di sepanjang badan gua. Dari stalaktit tersebut, berjatuhan tetesan air kapur. Di gua ini juga terdapat sebuah sendang (kolam pemandian) dan air terjun.

Dan tahukah Anda, menurut Dr. Koo, seorang ahli gua, Gua Petruk Kebumen adalah gua terindah di Indonesia! Wow. Rasanya pasti rugi ya jika berkunjung ke Kebumen, tapi tak mampir ke sini?

13. Dataran Tinggi Dieng – Wonosobo

Dataran Tinggi Dieng - Wonosobo

Dataran Tinggi Dieng – Wonosobo

Tempat wisata di Jawa Tengah selanjutnya yang sangat terkenal dan tidak boleh dilewatkan adalah Dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateau yang terletak di Kabupaten Wonosobo.

Dieng Plateau merupakan sebuah daerah sejuk yang berada di ketinggian 2.000 mdpl, persisnya 30 km dari pusat Kota Wonosobo. Di tempat wisata di Jawa Tengah ini, ada sebuah kawah gunung berapi yang masih aktif. Selain udaranya sejuk dan pemandangannya sangat asri, pengunjung juga bisa melihat sebuah candi Hindu yang terletak di sekitar lokasi.

Tempat wisata di Jawa Tengah ini sangat cocok untuk Anda yang suka mendaki dan bermalam di gunung sambil menikmati alam. Setiap hari, ada banyak pecinta alam yang mendaki dan mendirikan tenda di atas.

Tiga objek wisata atau landmark paling memikat yang bisa Anda saksikan di Dataran Tinggi Dieng antara lain Bukit Sikunir, Telaga Warna, dan Sumur Jalatunda yang masing-masing mempunyai legenda yang sangat menarik.

14. Taman Nasional Karimun Jawa – Jepara

Taman Nasional Karimun Jawa - Jepara

Taman Nasional Karimun Jawa – Jepara

Siapa yang tidak pernah mendengar keeksotisan surga bawah laut Karimun Jawa? Tempat wisata di Jawa Tengah bagian utara ini bahkan berhasil menarik perhatian wisatawan mancanegara!

Taman Nasional Karimun Jawa sendiri sebetulnya merupakan sebuah cagar alam laut yang dilindungi Dinas Pariwisata setempat. Tidak hanya memiliki garis pantai yang indah, tempat wisata ini juga punya kekayaan laut yang begitu luar biasa, mulai dari ikan, terumbu karang, dan yang lainnya.

Terletak sekitar 83 km arah barat laut Jepara, di sini Anda bisa melakukan beragam aktivitas yang seru dan menyenangkan, seperti misalnya menyelam, berenang, memancing, snorkeling, atau sekadar bermain pasir di pantai. Tidak hanya itu, Anda juga akan dibuat betah dengan keramahan penduduk setempat.

Anda tentu tak ingin melewatkan objek wisata yang disebut-sebut memiliki spot diving terindah di Indonesia ini, bukan?

15. Kawasan Wisata Baturaden – Banyumas

Kawasan Wisata Baturaden - Banyumas

Kawasan Wisata Baturaden – Banyumas

Tempat wisata di Jawa Tengah lain yang sangat terkenal dan tidak boleh dilewatkan adalah Kawasan Wisata Baturaden yang terdapat di Banyumas, tepatnya di lereng bagian selatan Gunung Slamet. Selain dapat merasakan hawa yang sejuk, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Kota Purwokerto, Pulau Nusakambangan, dan pantai-pantai indah yang terdapat di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Baturaden sendiri sangat terkenal berkat pemandian air panasnya (hot spring) yang bernama Pancuran Pitu dengan aroma belerang yang masih sangat kuat. Di sini juga terdapat hutan hijau Wana Wisata yang sangat cocok dijadikan area piknik dan berkemah dengan keluarga maupun teman-teman.

Bonus poin jika Anda berkunjung ke sini adalah keberadaan objek wisata Taman Kaloka Widya Mandala yang jaraknya hanya sekitar 2 km dari Baturaden. Selain merupakan rumah bagi satwa-satwa khas Indonesia, di kebun binatang ini juga terdapat sebah museum yang menyimpan kerangka satwa yang dilestarikan.









Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *