10 Tempat Wisata di Kuningan yang Wajib Dikunjungi

Wisata Bukit Panembongan
Share ke teman kamu

Kuningan merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Lokasinya tepat berada pada jalur lintas regional yang menghubungkan Cirebon dengan daerah Priangan Timur. Selain itu, akses jalan di kabupaten ini juga digunakan sebagai jalur alternatif yang menghubungkan Provinsi Jawa Tengah dengan Bandung dari arah selatan.

Meskipun hanya memiliki luas daerah sebesar 1.200 kilometer persegi, Kabupaten Kuningan memiliki beragam destinasi wisata yang menarik. Tak heran jika wilayah ini selalu ramai oleh wisatawan, terlebih ketika masa liburan tiba. Tempat-tempat wisata di Kabupaten Kuningan didominasi oleh wisata alam dan budaya, seperti misalnya wisata air terjun, gunung-gunung, dan beberapa cagar budaya.

Jika Anda berencana mengisi waktu liburan dengan berkunjung ke Kabupaten Kuningan, berikut 10 rekomendasi tempat wisata di Kuningan yang bisa Anda kunjungi:

1. Desa Wisata Sitonjul

Desa Wisata Sitonjul

Desa Wisata Sitonjul

Desa Wisata Sitonjul menyuguhkan suasana khas pedesaan yang tenang dan asri. Jika Anda ingin merelaksasikan pikiran dari kepenatan dan hiruk pikuk kota, Anda bisa berkunjung ke tempat wisata di Kuningan yang satu ini. Lahan persawahan yang hijau akan dengan mudah menyegarkan kembali mata Anda. Selain itu, Anda juga akan disuguhi dengan budaya Sunda yang khas dan terkenal akan keramahannya.

Desa Sitonjul merupakan gabungan dari dua nama desa yang mengapitnya, yaitu Desa Simenyan Tonjong dan Desa Munjul. Desa ini berada di Kelompok Pedesaan Sangkanurip, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, tepatnya sejauh 13 kilomter dari Kota Kuningan dan 24 kilometer dari Kota Cirebon. Jika ingin menikmati keasrian desa ini, Anda bisa menghubungi pengelola hotel yang ada di sekitar desa.

2. Curug Putri

Curug Putri

Curug Putri

Kabupaten Kuningan memiliki sejumlah wisata curug yang tak kalah indahnya dengan wisata curug di wilayah lain. Salah satu curug yang tidak kalah indah adalah Curug Putri. Tempat wisata di Kuningan ini cocok untuk wisata keluarga karena aksesnya yang mudah dan pemandangan alamnya yang menakjubkan. Di sepanjang jalan, Anda akan ditemani dengan bukit-bukit serta hamparan hijau kebun buah dan sayur.

Curug Putri berlokasi di dalam Taman Nasional Gunung Ciremai. Tepatnya di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Curug ini tidak terlalu tinggi, kurang lebih tingginya hanya 20 meter. Terdapat tangga-tangga batu dan jalan setapak untuk memudahkan pengunjung menikmati segar dan dinginnya air curug. Curug Putri buka mulai pukul 07:00 pagi hingga 05:00 sore dengan tiket masuk seharga Rp5.000 saja.

3. Wisata Bukit Panembongan

Wisata Bukit Panembongan

Wisata Bukit Panembongan

Bagi Anda yang menyukai wisata bukit, tempat wisata di Kuningan yang satu ini wajib Anda sambangi. Bukit Wisata Panembongan yang berlokasi di Desa Tembong, Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan ini menawarkan panorama alam Kabupaten Kuningan yang bisa Anda nikmati dari ketinggian. Meskipun baru dibuka secara resmi pada tahun 2016, Bukit Panembongan telah berhasil menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat dan wisatawan lokal.

Tidak hanya bisa memanjakan mata dengan indahnya alam, Anda juga bisa menjajal berbagai fasilitas lain yang ada di tempat wisata di Kuningan ini. Fasilitas yang ada antara lain lahan untuk berkemah, permainan flying fox, dan spot-spot menarik untuk melangsungkan foto prewedding. Wisata Bukit Panembongan buka setiap hari hingga pukul 05:00 sore, dengan harga tiket masuk seharga Rp5.000 saja.

4. Situ Cicerem

Situ Cicerem

Situ Cicerem

Di Kabupaten Kuningan, ada sebuah telaga dengan warna air kebiruan yang jernih, sering disebut sebagai kembarannya Labuan Cermin di Kalimantan Timur. Saking jernihnya, Anda bisa melihat bagian dasar telaga yang hanya sedalam lima meter saja. Nama telaga ini adalah Situ Cicerem. Di dalam telaga tersebut, hidup ratusan ikan mas yang terus berkembang biak.

Di telaga yang berlokasi di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan ini, Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dengan bermain bersama ikan-ikan. Suasana khas pedesaan yang asri akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat wisata di Kuningan ini. Terlebih dengan adanya pohon-pohon yang tumbuh di sekeliling Situ Cicerem, membuat kawasan telaga ini menjadi sejuk dan semakin mempesona.

Harga tiket masuk ke Situ Cicerem sangatlah murah. Cukup dengan membayar tiket masuk seharga Rp2.500 saja, Anda sudah bisa menikmati semua keindahan yang ditawarkan.

5. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai

Gunung Ciremai

Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat yang selalu menjadi incaran para pendaki untuk ditaklukkan. Gunung setinggi 3.078 mdpl ini adalah salah satu gunung api tipe A yang masih aktif hingga saat ini. Salah satu kawah bekas letusan di gunung ini berada pada ketinggian 2.900 mdpl dan dinamakan Gua Walet.

Ada empat jalur yang bisa dipilih untuk menaklukkan Gunung Ciremai. Dari Kabupaten Kuningan, Anda bisa memilih Desa Linggarjati, Desa Palutungan, atau Desa Linggasana. Sementara itu, dari Kabupaten Majalengka, Anda bisa melakukan pendakian melalui jalur dari Desa Apuy. Tentunya setiap gunung dan jalur memiliki tingkat kesulitannya masing-masing sehingga banyak pendaki yang mencoba mendakinya lebih dari satu kali dengan melalui jalur yang berbeda.

Selalu jaga kesehatan dan lakukan olahraga rutin sebelum Anda melakukan pendakian. Jika Anda adalah seorang pendaki amatir, jangan mendaki gunung ini sendirian. Ikutlah dalam rombongan pendaki yang berpengalaman.



6. The Mountain Recreation Park Kuningan

The Mountain Recreation Park Kuningan

The Mountain Recreation Park Kuningan

The Mountain Recreation Park adalah wanawisata air yang tepat untuk destinasi liburan Anda dan keluarga. Di tempat wisata di Kuningan ini, ada lima jenis kolam renang yang bisa Anda nikmati, semuanya lengkap dengan permainan-permainan yang seru. Tidak hanya itu saja, destinasi wisata ini juga dilengkapi dengan bermacam wahana bermain lainnya, seperti misalnya kereta api mini, kora-kora, komidi putar, dan masih banyak lagi.

Destinasi wisata air tersebut berlokasi di Kompleks Perumahan Pesona Alam Kuningan, Jalan Raya Cirendang, Gunungkeling, Cigugur, Kabupaten Kuningan. Untuk Anda yang ingin merasakan bermain air dan wahana seru di sini, bisa berkunjung setiap hari mulai pukul 08:00 pagi hingga 05:00 sore. Harga tiket masuknya sebesar Rp25.000 pada hari Senin hingga Jumat, dan Rp30.000 untuk akhir pekan dan hari libur.

7. Situs Purbakala Cipari

Situs Purbakala Cipari

Situs Purbakala Cipari

Tidak hanya wisata alam dan air saja, Kabupaten Kuningan juga kaya akan wisata budaya dan sejarah. Salah satunya yang bisa Anda kunjungi adalah Situs Purbakala Cipari. Tempat wisata di Kuningan ini menawarkan cerita masa lalu, tepatnya pada masa Megalitikum. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya kuburan batu pada tahun 1972 silam.

Penelitian lanjutan yang dilakukan oleh seorang arkeolog dalam negeri, Teguh Asmar, menghasilkan temuan barang peninggalan seperti perunggu, gerabah, perkakas dapur, hingga bekas pondasi bangunan. Beberapa peninggalan besar seperti peti kubur dan dolmen juga dipamerkan di alam terbuka. Sementara, benda-benda kecil seperti kendi, kapak batu, dan gelang, disimpan di dalam sebuah museum yang letaknya tak jauh dari situs ini.

Situs Purbakala Cipari berlokasi di Desa Cipari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, tepatnya di kaki Gunung Ciremai. Letaknya yang ada pada ketinggian 700 mdpl menjadikan situs ini diselimuti oleh udara sejuk dan dingin khas pegunungan. Situs Purbakala Cipari buka setiap hari Senin sampai Jumat mulai pukul 08:00 pagi hingga 04:00 sore. Sementara pada hari Sabtu, situs ini hanya buka hingga pukul 02.00 siang.

8. Open Space Gallery Kuningan

Open Space Gallery Kuningan

Open Space Gallery Kuningan

Di Kabupaten Kuningan, ada satu tempat terbuka yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk berekreasi atau berolahraga. Selain itu, berbagai acara seni dan budaya juga kerap digelar di sini. Tempat tersebut adalah Open Space Gallery Kuningan. Tak habis sampai di situ saja, tempat wisata di Kuningan ini juga memiliki ruang pameran terbuka yang memamerkan berbagai benda seni.

Di salah satu sisi taman yang sejuk oleh naungan pohon-pohon yang rindang, terdapat sebuah kolam dengan ukuran cukup besar. Di tepi kolam, Anda bisa mendapati orang duduk berjajar dengan kaki dimasukkan ke dalam kolam. Mereka sedang melakukan terapi pijat. Ya, selain sarana olahraga dan ruang pameran, Open Space Gallery Kuningan juga dilengkapi dengan fasilitas kolam terapi pijat gratis.

Destinasi wisata ini berlokasi di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan. Anda bebas berkunjung ke tempat wisata di Kuningan ini kapan saja, mulai dari pagi hingga sore hari. Untuk bisa masuk dan menjajal berbagai fasilitas di sini, Anda pun tidak akan dipungut biaya alias gratis.

9. Gedung Perundingan Linggarjati

Gedung Perundingan Linggarjati

Gedung Perundingan Linggarjati

Siapa yang tidak tahu tentang bangunan cagar budaya ini? Nama Gedung Perundingan Linggarjati atau yang kini dikenal dengan Museum Linggarjati, selalu muncul dalam buku pelajaran sejarah. Pasalnya, gedung ini adalah tempat berlangsungnya perundingan antara Indonesia dengan Belanda pada tahun 1946.

Sebelum menjadi gedung perundingan, bangunan ini dahulu hanyalah sebuah rumah kecil milik masyarakat pribumi. Bangunan ini mengalami beberapa kali renovasi, menjadi hotel dengan tiga kali pergantian kepemilikan, hingga menjadi tempat perundingan. Tak berhenti sampai di situ, Gedung Linggarjati juga pernah dijadikan markas tentara Belanda saat Agresi Militer Belanda II dan Sekolah Dasar sebelum menjadi museum.

Museum Linggarjati didesain menyerupai kondisi aslinya ketika masih digunakan sebagai tempat perundingan. Furnitur dan interiornya pun ditata semirip mungkin dengan aslinya. Museum ini berlokasi di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, tak jauh dari Open Space Gallery Kuningan. Museum ini buka mulai dari pukul 07:00 pagi hingga 03:00 sore pada hari kerja, dan pukul 08:00 pagi hingga 05:00 sore pada akhir pekan.

10. Taman Wisata Alam Linggarjati

Taman Wisata Alam Linggarjati

Taman Wisata Alam Linggarjati

Rekomendasi tempat wisata di Kuningan yang terakhir adalah Taman Wisata Alam Linggarjati. Taman ini masih berada di satu kawasan yang sama dengan Museum Linggarjati dan Open Space Gallery Kuningan. Tepatnya di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan.

Tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang menawan dengan udara khas pegunungan yang segar dan sejuk. Bagi para pendaki, taman wisata ini merupakan titik awal dimulainya pendakian menuju Gunung Ciremai. Taman yang merupakan area hutan seluas 11,51 hektare ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas bermain.

Untuk Anda yang suka memancing, di taman ini tersedia kolam pemancingan. Anda yang ingin berenang pun bisa memanfaatkan kolam renang di sini. Fasilitas outbond juga tersedia untuk Anda yang menyukai berbagai kegiatan yang memicu adrenalin. Taman-taman terbuka dan sejuk bisa Anda gunakan untuk bersantai. Bahkan, tersedia pula penginapan dengan harga yang sangat terjangkau.

Harga tiket masuk ke Taman Wisata Alam Linggarjati adalah Rp10.000 untuk dewasa dan Rp9.000 untuk anak. Jika Anda ingin memanfaatkan fasilitas lainnya seperti kolam renang atau perahu kayuh, Anda akan dikenakan biaya tambahan. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena semua biayanya sangat terjangkau dan tidak membuat kantong bolong.









Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *