10 Tempat Wisata di Purwokerto yang Wajib Dikunjungi

Curug Cipendok
Share ke teman kamu

Selain terkenal dengan kulinernya yang menggugah selera, Purwokerto juga menyajikan aneka tempat wisata yang menawarkan keindahan bak surga dunia. Salah satunya adalah Small Word. Small Word menawarkan tempat wisata alam dan sejarah yang dikemas dengan unik dan kreatif. Di Small Word, Anda bisa melihat miniatur bangunan keajaiban dunia yang dikemas dengan sangat cantik.

Meski tempat wisata di Purwokerto ini baru diresmikan pada bulan September 2016 lalu, tetapi sudah cukup digandrungi oleh wisatawan terutama kawula muda. Bagaimana tidak? Banyak spot cantik yang cocok untuk memenuhi dinding Instagram. Di sana Anda juga bisa melihat bunga-bunga aneka warna yang dapat menyejukkan mata.

Selain Small Word, ada pula 10 tempat wisata di Purwokerto lain yang wajib Anda kunjungi. Apa sajakah itu? Berikut informasinya.

1. Baturraden

Baturraden

Baturraden

Baturraden termasuk objek wisata favorit yang wajib Anda kunjungi. Letaknya tepat di lereng Gunung Slamet, Desa Karangmangu, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. Anda bisa menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi, berhati-hatilah saat melaju. Pasalnya, medan pegunungan yang naik-turun cukup menguji kemampuan Anda dalam berkendara. Sesampainya di sana, Anda bisa menikmati penorama pegunungan yang asri, lengkap dengan pepohonan yang rindang. Anda pun bisa merasakan kesejukan hawa pegunungan.

Objek wisata Baturraden termasuk objek wisata yang cukup komplet. Di tempat wisata di Purwokerto ini terdapat beberapa wahana wisata yang dapat dinikmati bersama keluarga, seperti misalnya kolam renang, kolam luncur, sepeda air, terapi ikan, hingga pemandian air panas. Di kawasan wisata ini juga ada kebun binatang mini yang bisa dikunjungi bersama keluarga.

Selain itu, terdapat museum tempat menyimpan kerangka satwa Indonesia dan teater Baturraden yang dikemas secara unik. Ya, teater Baturraden merupakan sebuah pesawat yang sudah disulap menjadi sebuah teater. Teater ini memutar film berdurasi 10-15 menit, yang mengulas tentang kekayaan pariwisata, budaya, dan kekayaan alam Banyumas.

Harga tiket masuk Baturraden adalah seharga Rp14.000, sudah termasuk tiket masuk, berenang, pemandian air panas, dan permainan sepeda air. Jika ingin mengunjungi kebun binatang mini, Anda tinggal menambah Rp8.000,00 saja. Murah, bukan?

2. Baturraden Adventure Forest (BAF)

Baturraden Adventure Forest

Baturraden Adventure Forest

Objek wisata ini berada dalam kompleks wisata alam Baturraden. Baturraden Adventure Forest atau yang biasa disebut BAF menawarkan pengalaman bertualang di alam terbuka. Terdapat beberapa program wisata yang mereka tawarkan, seperti misalnya mountain adventure, water adventure, tree adventure, dan eco adventure.

Dari masing-masing program, terbagi lagi menjadi dua pilihan paket wisata. Paket wisata satu hari dan paket wisata setengah hari, dengan tarif masing-masing Rp230.000 dan Rp150.000. Tarif ini sudah termasuk desain dan kelengkapan program, akomodasi, makan, camilan, tenaga medis, dan asuransi.

Oh ya, pengelola juga telah menyiapkan tenda yang bisa disewa oleh pengunjung.

3. Pancuran Pitu Baturraden dan Goa Sarabadak

Goa Sarabadak

Goa Sarabadak

Pancuran Pitu Baturraden juga berhasil menjadi salah satu tempat wisata di Purwokerto yang wajib dikunjungi. Lokasinya masih terletak dalam kompleks wisata Baturraden. Anda bisa menempuhnya dengan berjalan kaki sejauh 2,5 km. Kalau malas, Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi dengan melewati Bumi Perkemahan Baturraden.

Pancuran Pitu Baturraden menyajikan pemandangan alam yang elok. Selain itu, ada pula sumber air panas yang terpancar dari tujuh pancuran. Konon, kandungan belerang dari sumber air panas ini bisa menghilangkan segala penyakit kulit, seperti gatal-gatal ataupun jerawat. Tertarik untuk mencoba?

Oh ya, tidak jauh dari situ (sekitar 50 meter), ada pula objek wisata Goa Sarabadak yang menyajikan wisata goa lengkap dengan tebing keemasan yang unik. Anda bisa menyaksikan air panas yang bersumber dari Pancuran Pitu Baturraden, mengalir di sepanjang tebing dengan kepulan uap panas. Endapan belerang dari air itulah yang membuat tebing berwarna kekuningan.

4. Pendakian Gunung Slamet

Gunung Slamet

Gunung Slamet

Gunung Slamet tentu sudah tidak asing lagi di telinga para pencinta wisata alam. Dengan ketinggian 3.428 mdpl, Gunung Slamet ditetapkan sebagai gunung tertinggi se-Jawa Tengah (dan kedua tertinggi di pulau Jawa setelah Gunung Semeru).

Untuk menaklukan gunung ini, terdapat tiga jalur yang dapat dilalui. Jalur selatan melalui Baturraden, jalur barat melalui Kaliwadas, dan jalur timur melalui Bambangan. Dari ketiga jalur tersebut, jalur terakhir inilah (Bambangan) yang memiliki rute paling dekat. Selain memiliki jarak yang lebih dekat, pemandangan pada jalur ini juga yang paling indah. Anda bisa melihat kawanan kera yang “menemani” Anda selama mendaki.

Hal yang paling menakjubkan dari puncak Gunung Slamet ialah pemandangan awan yang terbentang luas sepanjang mata memandang. Anda pun dapat menikmati “negeri di atas awan” saat berada di tempat wisata di Purwokerto ini.

Ada sedikit tips untuk mendaki Gunung Slamet. Mendakilah ketika musim panas tiba, karena musim hujan akan membuat jalur pendakian terasa lebih licin. Selain itu, siapkan stamina fisik dan mental yang baik, karena pendakian ini akan banyak menguras fisik dan mental.



5. Curug Gomblang

Curug Gomblang

Curug Gomblang

Ini merupakan salah satu air terjun ‘curug’ yang sedang hits di Purwokerto. Meski curug ini tidak terlalu tinggi, pemandangan yang dimiliki sangat menakjubkan. Terlebih terdapat beberapa spot berfoto yang telah disediakan oleh pengelola. Melalui spot berfoto tersebut, pengunjung dapat mengambil gambar dengan latar Curug Gomblang.

Tempat wisata ini berada dalam jarak 17 km dari Kota Purwokerto dengan waktu tempuh sekitar 42 menit saja. Anda bisa memasuki kawasan tempat wisata di Purwokerto ini dengan dana yang cukup hemat, hanya Rp5.000 saja.

6. Curug Cipendok

Curug Cipendok

Curug Cipendok

Suka bermain air sambil melihat satwa langka? Mungkin Anda bisa mencoba ke tempat wisata di Purwokerto yang satu ini. Ya, di Curug Cipendok Anda bisa mendengar alunan suara dari burung elang jawa yang berputar-putar mengelilingi curug. Namun, tolong tahan niat Anda untuk berburu atau mengoleksi hewan tersebut, karena elang jawa termasuk satwa langka yang dilindungi. Biarkan mereka hidup damai di habitatnya, ya!

Selain bisa melihat elang jawa, Anda juga bisa menemukan spesies endemik khas Purwokerto, yaitu monyet berwarna abu-abu. Itu juga kalau Anda beruntung, karena jumlahnya yang kian menipis.

Hal lain yang menarik dari Curug Cipendok ialah hutan yang asri dengan udara yang sejuk khas pegunungan, karena objek wisata ini memang berada dalam kompleks wisata Baturraden. Air yang ada di telaga ini pun masih sangat jernih, sehingga Anda bisa berenang dan bermain hingga puas. Untuk keamanan, hindari berenang di dekat air terjun karena memiliki arus yang sangat deras.

7. Bukit Tranggulasih

Bukit Tranggulasih

Bukit Tranggulasih

Ini juga merupakan objek wisata yang cukup populer di Purwokerto, terlebih sejak tahun 2015 lalu. Menurut pengakuan beberapa wisatawan, Bukit Tranggulasih merupakan tempat terbaik untuk menikmati sunrise (matahari terbit) dan sunset (matahari terbenam).

Di Bukit Tranggulasih terdapat lima sisi dengan pemandangan yang berbeda-beda.Di bagian utara, ada deretan lereng Pegunungan Slamet yang begitu indah. Di bagian timur, Anda bisa menyaksikan matahari terbit dengan sangat leluasa (dan tentunya sangat indah). Di timur laut, terdapat Bukit Cendana yang menjadi lokasi perkemahan yang cukup terkenal. Di bagian barat, Anda bisa melihat matahari terbenam yang begitu romantis. Terakhir, di bagian selatan, Anda bisa melihat pemandangan laut yang terbentang indah, lengkap dengan lanskap Kota Purwokerto yang dapat Anda pandangi dari atas bukit.

Hal lain yang menarik dari tempat wisata di Purwokerto ini ialah Anda bisa berkemah bersama teman-teman sembari membuat api unggun. Anda bisa juga menggunakan momen ini untuk “menembak” gebetan yang sudah lama diidam-idamkan.

8. Bukit Watu Meja

Bukit Watu Meja

Bukit Watu Meja

Tempat wisata ini berada di Kecamatan Kebasean, Purwokerto. Untuk menikmati keindahan panorama bukit, Anda harus mendaki bukit selama kurang lebih 20 menit. Jadi, pastikan kondisi fisik Anda cukup mendukung, ya!

Pada awal pendakian, jalan menuju bukit ini dikelilingi oleh pohon bambu yang begitu rindang. Namun setelah cukup tinggi, pemandangan akan berganti menjadi hutan pinus yang asri seperti di Bogor, lengkap dengan sinar matahari yang mengintip dari balik dedaunan.

Setelah sampai di atas, Anda akan disambut pemandangan Sungai Serayu yang begitu indah. Jika dilihat dari atas ketinggian, sungai ini akan terlihat berlika-liku. Tentu saja, ini akan menjadi latar yang indah untuk menghiasi dinding Instagram Anda. Setelah lelah berfoto, Anda bisa menikmati embusan angin yang mengalun begitu lembut dan menenangkan.

Di atas bukit juga tersedia pondokan yang menjual aneka makanan tradisional khas Purwokerto, seperti misalnya pecel dan mendoan. Anda bisa “mengisi bensin” terlebih dahulu sebelum berjuang menuruni bukit.

9. Telaga Sunyi

Telaga Sunyi

Telaga Sunyi

Yups, sesuai namanya, tempat wisata di Purwokerto ini memang masih sunyi karena jauh dari hiruk pikuk kota dan hunian penduduk. Wisatawan pun belum banyak yang berdatangan karena memang belum banyak yang mengetahuinya. Padahal, di balik namanya yang tampak “kesepian”, ia memiliki pemandangan yang begitu memesona.

Air di tempat wisata ini sangat jernih karena berasal dari mata air alami Gunung Slamet. Berlokasi di tengah-tengah hutan, kesejukan udara dan suasana tenang pun bisa Anda peroleh saat berada di kawasan Telaga Sunyi.

Anda bisa berenang, menyelam, dan mengobservasi bebatuan indah yang ada di dasar telaga. Jangan lupa untuk berburu foto di bawah air, sebagaimana yang biasa dilakukan pengunjung lainnya.

Adapun fasilitas di sini cukup memadai, seperti misalnya kamar mandi dan tempat berganti pakaian yang telah disiapkan oleh pengelola. Bujet yang diperlukan juga tidak terlalu mahal, hanya Rp13.000 untuk tiket masuk dan Rp3.000 untuk parkir kendaraan. Untuk mencapai tempat wisata ini, Anda bisa menempuh perjalanan selama kurang lebih 15-20 menit dari Kota Purwokerto.

Mungkin sedikit saran yang bisa kami sampaikan ialah, tempat wisata di Purwokerto ini lebih cocok untuk Anda yang bisa berenang karena kedalaman telaga mencapai 3 km.

10. Museum Bank Rakyat Indonesia

Museum Bank Rakyat Indonesia

Museum Bank Rakyat Indonesia

Setelah puas menjelajahi keindahan alam Purwkerto, tidak ada salahnya Anda menelusuri tempat wisata bersejarah yang ada di Purwokerto. Salah satu objek wisata sejarah yang paling populer ialah Museum Bank Rakyat Indonesa.

Seperti yang kita ketahui, Bank BRI merupakan bank nasional tertua di Indonesia. Maka tidak heran jika dibuatkan sebuah museum. Museum ini berisi sejarah tentang Bank Plat Merah ini. Selain itu, Anda juga bisa melihat koleksi uang-uang kuno yang mereka miliki, mulai dari uang kertas hingga uang koin. Di sini pun Anda bisa melihat peralatan/mesin perbankan yang dahulu digunakan untuk mengoperasikan sebuah bank.

Jika tertarik, Anda bisa datang ke tempat wisata di Purwokerto ini di Jalan Sudirman No.57, Purwokerto.









Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *