15 Tempat Wisata di Sentul yang Wajib Dikunjungi

Leuwi Hejo
Share ke teman kamu

Sentul City merupakan kota mandiri berwawasan eco green di Kabupaten Bogor. Kawasan ini dikelilingi lima gunung dengan kondisi tanah berbukit. Karena itu, tak mengherankan jika ada banyak tempat wisata di Sentul yang menyuguhkan panorama indah.

Nah, jika Anda sedang mencari destinasi liburan dekat Jakarta, berikut ini adalah rekomendasi 15 tempat wisata di Sentul yang wajib dikunjungi. Yuk, simak ulasannya!

1. Jungleland Sentul

Jungleland

Jungleland

Anda mengajak anak-anak saat liburan ke Sentul? Jungleland adalah destinasi wisata ramah anak yang bisa dikunjungi. Objek wisata tematik ini sudah menggunakan standar internasional. Dengan demikian, tak perlu khawatir soal kualitas dan keselamatan di wahana permainan yang ada di kawasan tempat wisata di Sentul yang satu ini.

Jungleland menawarkan empat wahana utama, yaitu Mysteria, Carnivalia, Tropicalia, dan Explora. Beberapa nama jenis permainan yang ada di zona Mysteria, antara lain Magic Bike, Mega Drops, dan Fire Pots. Kalau di Carnivalia, tersedia games yang menguji adrenalin dan keberanian Anda. Contohnya, Air Race dan Flight Academy.

Untuk anak-anak, bisa mencicipi aneka permainan di zona Tropicalia. Mulai dari Harvest Time, North Pole, Mini Bumper Car, Water Plump, hingga Ship Adventure. Sementara itu, wahana Explora akan memberikan edukasi seputar dunia binatang. Di tempat wisata di Sentul ini, buah hati Anda bisa belajar sambil bermain.

2. Taman Budaya Sentul City

Taman Budaya Sentul City

Taman Budaya Sentul City

Dikelilingi empat gunung, Taman Budaya Sentul City adalah tempat wisata edukasi yang menawarkan lanskap menarik. Menyelipkan konsep budaya, bangunan di kawasan ini mengusung tema tradisional Sunda. Mulai dari lobi utama hingga gazebo di sekitarnya.

Tempat wisata di Sentul yang berdiri di atas lahan seluas 6 hektare ini menawarkan berbagai wahana dan fasilitas. Untuk memudahkan pengunjung, disediakan empat pilihan paket wisata. Pertama adalah Recreation Program yang terdiri dari fun games, kids high ropes, adult high ropes, paintball, camping, trekking, perang panah, dan gathering.

Pilihan kedua ada paket Education Program. Zona ini bisa digunakan untuk anak-anak. Adapun permainan dan fasilitas yang disuguhkan, yaitu kids army, army camp, wisata budaya, serta cook and serve. Berikutnya adalah paket Development Program yang menawarkan team building dan time breaks.

Untuk keperluan bisnis, tersedia paket Meeting Program. Pengunjung bisa memilih berdasarkan durasi waktu yang ditawarkan. Ada half day meeting, one day, dan full day. Selain zona-zona tersebut, ada juga fasilitas Kopi Oey – warung legendaris yang menjual aneka minuman kopi klasik hingga modern. Tidak ketinggalan, Gallery Batik, Tea House, dan Food Court siap menemani liburan Anda.

3. Taman Wisata Alam Fantasia Sentul

Taman Wisata Alam Fantasia

Taman Wisata Alam Fantasia

Taman Wisata Alam Fantasia terletak di Jalan Siliwangi, tepatnya berdampingan dengan Taman Budaya Sentul. Dengan menawarkan harga tiket yang ramah kantong, tempat wisata di Sentul ini menyediakan aneka permainan. Ada bom-bom car, trampolin, papan seluncur, ayunan, dan battery car.

Desain tempat wisata di Sentul ini memang tidak semegah Taman Budaya Sentul. Namun, cukup menyenangkan untuk menghabiskan liburan akhir pekan. Selain mengajak anak-anak bermain, Anda pun bisa piknik di taman yang hijau dan asri. Lalu, kapan tempat wisata ini beroperasi? Biasanya, Taman Fantasia dibuka setiap hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional. Anda bisa berkunjung mulai pukul 09.00-17.00 WIB.

4. Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Anda butuh tempat wisata dengan suasana tenang, sejuk, serta asri? Taman Wisata Alam Gunung Pancar adalah salah satu destinasi yang memenuhi kriteria tersebut dengan sempurna. Kawasan ini menyuguhkan panorama hutan pinus dan nuansa damai khas pegunungan.

Selain itu, tempat wisata di Sentul ini juga menawarkan wahana lain yang tidak kalah menarik. Pertama, ada zona camping di tengah hutan pinus. Anda dapat menginap di area ini dengan mendirikan tenda. Kalau enggan membawa perlengkapan sendiri, zona glamping bisa menjadi solusi. Di zona glamping sudah disediakan tenda lengkap dengan tempat tidur, dapur, serta kamar mandi. Namun, Anda harus menyiapkan bujet lebih banyak untuk menikmati akomodasi di wahana ini.

Selain kedua wahana tersebut, ada pula zona Fun Games dan Corporate Team Building. Kegiatannya dilakukan selama satu hari penuh dengan berbagai permainan. Anda bisa mengikuti aktivitas ini bersama teman-teman, tim, komunitas, atau karyawan perusahaan. Khusus untuk anak-anak sekolah, disediakan paket School Program. Mengusung tema kerja sama, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap alam, mereka harus melakukan beberapa aktivitas mulai dari trekking, character building games, hingga pentas seni.

5. Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong

Sepintas, Pasar Ah Poong akan mengingatkan pada Pasar Apung Sungai Kuin Banjarmasin. Sama-sama mengusung desain pasar terapung, tetapi konsep transaksinya berbeda.

Apa sih bedanya? Bedanya, pasar di Banjarmasin digunakan sebagai tempat jual beli kebutuhan sehari-hari. Sedangkan, Pasar Ah Poong adalah sebuah objek wisata kuliner. Lebih dari 80 jenis kuliner dihidangkan di tempat wisata kuliner ini. Ada kafe yang berada di daratan, ada juga beberapa yang terletak di atas Sungai Cikeas.

Kuliner yang ditawarkan tempat ini berupa es tradisional, makanan khas nusantara, serta beberapa jamuan modern. Tak hanya santapan lezat, tempat wisata ini juga menyediakan wahana perahu nelayan, sepeda air model bebek, dan bola di atas air.

Penasaran dengan keunikan tempat wisata di Sentul ini? Anda bisa datang setiap hari pada pukul 10.00-22.00. Istimewanya, ketika hari minggu atau libur nasional, kawasan tersebut beroperasi sejak jam tujuh pagi.

6. Kampung Wisata Sekolah Sentulfresh Education Farm

Sentulfresh Education Farm

Sentulfresh Education Farm

Di tengah gempuran teknologi modern, Kampung Wisata Sekolah Sentulfresh Education Farm hadir untuk mendekatkan pengunjung pada alam bebas. Tempat wisata di Sentul ini menawarkan wisata edukasi peternakan dan pertanian. Pun menyediakan fasilitas rekreasi bagi keluarga.

Paket wisata di Sentulfresh Education Farm terdiri dari empat kategori, yaitu Happy Kids, Super Kids, edukasi keluarga, dan wisata tambahan. Kegiatan yang ditawarkan setiap paket hampir sama. Semisal, memerah susu sapi, memberi makan burung, serta observasi. Bedanya, fasilitas paket Super Kids lebih lengkap karena ada tambahan goodie bag dan gratis untuk guru.

Sementara itu, paket wisata edukasi keluarga bisa digunakan untuk rombongan keluarga. Tarifnya Rp200.000 per keluarga yang terdiri dari 4 orang. Keunggulan paket ini yaitu mendapatkan free tour guide, es yoghurt, dan gratis biaya memerah susu sapi.

7. Kampoeng Koneng di Sentul Selatan

Kampoeng Koneng

Kampoeng Koneng

Kalau penasaran dengan pedesaan ala Jepang, tak perlu pergi jauh-jauh ke negara itu. Cukup datang ke Kampoeng Koneng Sentul Selatan, atmosfer negeri sakura akan langsung terlihat di depan mata. Rahmayani Uthe Nasution adalah sosok di balik tempat wisata di Sentul tersebut karena berhasil menjadikan Kampoeng Koneng sebagai pusat wisata kuliner.

Di atas lahan 2.300 meter persegi itu, berdiri gazebo-gazebo bambu beratap daun kelapa. Antar gubuk tersebut dihubungkan dengan jalan setapak. Tak hanya itu, di depan gazebo juga terbentang taman yang indah. Ada pula kolam kecil di pinggiran pendopo bambu sebagai tempat bersantai.

Meski kawasan ini bertema Jepang, menu yang disajikan justru berasal dari Indonesia. Santapan di sini berupa masakan alam pedesaan di Indonesia. Menu makanannya sendiri cukup lengkap, terdiri dari menu pembuka, utama, penutup, dan minuman.



8. Kampung Agrowisata Sentul

Kampung Agrowisata Sentul

Kampung Agrowisata Sentul

Kampung Agrowisata Sentul merupakan kawasan wisata edukasi yang mengangkat tema “go green”. Tempat wisata di Sentul ini sangat cocok untuk kegiatan anak-anak PAUD hingga sekolah menengah. Konsepnya mengajarkan kepada mereka agar lebih dekat dengan alam.

Lingkungan Kampung Agrowisata Sentul terdiri dari area sawah, kolam ikan, perkandangan sapi, Sungai Cikeas, serta perkebunan palawija. Semua itu dipadukan menjadi sarana wisata edukasi bagi anak-anak dan keluarga.

Ada tiga paket utama yang disediakan di Kampung Agrowisata Sentul. Pertama, Paket Petualang Cilik untuk anak-anak TK. Kegiatan khusus di paket ini adalah Detektif Pohon. Nantinya, tiap peserta harus mencari nama-nama pohon.

Selain itu, tersedia Paket Petualang Pintar dan Petualang Cerdas yang ditujukan untuk anak-anak SD. Kegiatan di paket ini lebih menantang ketimbang Petualang Cilik. Pasalnya, terdapat fasilitas fun games, mengenal morfologi tumbuhan dan hewan, serta teknologi biogas.

9. Air Terjun Bidadari Sentul

Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari

Berlokasi di Desa Bojong Koneng, Air Terjun Bidadari merupakan tempat terbaik untuk menikmati kesegaran mata air dari alam. Meski letaknya tersembunyi, kawasan ini bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan roda empat. Anda dapat mengunjungi curug tersebut setiap hari, mulai pukul 08.00 WIB.

Salah satu daya tarik Air Terjun Bidadari adalah kolam renang khusus anak-anak yang terletak di bawahnya. Kedalaman kolam buatan tersebut hanya sekitar 30 cm. Sementara itu, kolam untuk dewasa dibangun dengan kedalaman 1,5 meter.

Air terjun merupakan keindahan utama di kawasan ini. Tinggi curug tersebut sekitar 50 meter dengan debit air cukup deras. Kalau ingin melihatnya dari jarak dekat, bisa menaiki tangga yang disediakan. Setelah melewati sebuah jembatan, Anda akan tiba di bebatuan besar tepat di hadapan air terjun.

10. Eco Art Park Sentul City

Eco Art Park Sentul City

Eco Art Park Sentul City

Eco Art Park Sentul berdiri di atas lahan sekitar 3.500 meter persegi. Lokasinya berada di tepi Sungai Cikeas. Meski kawasan ini tergolong sederhana, nilai edukasi yang diselipkan cukup banyak. Mengangkat tema green property, taman tersebut memperkenalkan dan memberikan pengetahuan seputar energi.

Itulah sebabnya, pengelola Eco Art Park menggandeng Komunitas Migas Indonesia (KMI) dan Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI). Salah satu mahakarya teknologi yang dipamerkan adalah parabola aneka warna. Uniknya, saat berbicara dari satu parabola, suara Anda bisa terdengar di parabola lain.

Selain ikon teknologi, di Eco Art Park juga terdapat Sculpture Garden. Tempat ini menyuguhkan beberapa patung menarik, antara lain Optimus Prime, pesumo, dan penyayang hewan.

11. Curug Kencana

Curug Kencana

Curug Kencana

Sekitar 50 menit dari Sentul City, Anda akan menemukan kawasan dengan lanskap Gunung Pancar nan indah. Tak jauh dari situ, ada air terjun yang memiliki kolam alami berair hijau tosca. Kolam tersebut berbentuk undakan dari bebatuan. Karena kedalamannya mencapai 3 meter, hati-hati saat terjun ke tempat ini. Jika tidak bisa berenang, lebih aman menggunakan pelampung.

Lalu, di manakah bisa menjumpai kolam seindah itu? Tepat sekali, hanya di Curug Kencana lah kolam tersebut bisa Anda temukan. Medan menuju kawasan ini cukup berat. Namun, saat tiba di tempat wisata di Sentul ini, perasaan lelah akibat perjalanan bisa hilang dalam sekejap.

Bagi yang suka tantangan, bisa mencoba lompatan dari jembatan bambu ke kolam. Tinggi jembatan itu sekitar 6 meter dengan medan bebatuan besar di sekitarnya. Nah, tak jauh dari jembatan, tersedia camping area. Anda dapat menginap di sini bersama teman-teman atau pasangan.

12. Curug Hordeng

Curug Hordeng

Curug Hordeng

Letak Curug Hordeng berdekatan dengan Curug Kencana. Namun, untuk menemukan lokasinya, Anda harus melintasi beberapa desa dan curug. Salah satunya melewati Curug Kencana di Desa Central Karang.

Kendaraan umum hanya bisa mengantarkan Anda hingga tempat parkir. Selebihnya, pengunjung harus melewati jalur trekking. Jalan setapak di tempat wisata di Sentul ini dikelilingi panorama menakjubkan. Dari mulai sungai, bebatuan, gunung, hingga perbukitan. Selain itu, Anda juga akan menyusuri hutan kopi nan eksotis.

Nantinya, ada papan petunjuk yang mengarahkan Anda ke Curug Hordeng. Tiba di sana, panorama air terjun tampak menyegarkan. Apalagi, di bawahnya terdapat kolam kecil dengan kedalaman sekitar 1,5 -2 meter.

Air terjun di tempat wisata di Sentul ini mengalir di antara celah bebatuan. Debit airnya mengalir lebar menyerupai tirai. Dari atas, warna air tampak jernih. Namun, tiba di bawah, berubah menjadi hijau tosca.

13. Garuda Farm Sentul

Garuda Farm

Garuda Farm

Garuda Farm Sentul merupakan kawasan wisata tematik yang memadukan rekreasi alam, permainan, camping, serta edukasi. Lokasinya berada di Jalan Raya Bojong Koneng, Bojong Koneng, Bogor, hanya sekitar 45 menit dari Sentul City.

Target utama pengunjung di Garuda Farm, yaitu pelajar TK, SD, SMP, SMA, hingga kalangan mahasiswa. Namun, tidak sedikit yang datang bersama keluarga atau pasangannya ke kawasan wisata ini.

Garuda Farm mengandalkan wisata pertanian dan peternakan sebagai daya tarik utamanya. Untuk memudahkan pengunjung, Garuda Farm mengelompokkan kunjungan berdasarkan paket. Contohnya, Paket Utama, Camping Edukasi, pelatihan pertanian dan peternakan, serta wisata alam. Ada pula Paket Ceremonial, seperti peringatan hari ulang tahun, wedding party, gathering, dan reuni.

14. Epic Outbound

Epic Outbound

Epic Outbound

Anda butuh tempat liburan bersama teman-teman di komunitas atau perusahaan? Berkunjung ke Epic Outbound adalah pilihan yang tepat. Kawasan ini tidak hanya menawarkan panorama indah, tetapi juga permainan yang menantang adrenalin.

Untuk menuju ke Epic Outbound, Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat. Dari pusat Sentul City, jaraknya sekitar 15 km. Berarti, butuh waktu kurang lebih 30 menit untuk sampai ke lokasi.

Epic Outbound menyediakan tiga paket wisata, yaitu Outbound, Meeting, dan Glamping. Untuk Paket Outbound, terdapat empat fasilitas: paint ball games, archery, rafting, dan glamping. Durasi waktu yang diberikan dalam paket ini adalah 4-8 jam.

Khusus Paket Meeting, harganya dimulai dari Rp175.000 dengan fasilitas meeting room, coffee break 1 kali, serta makan siang. Jika ingin lebih lengkap, Anda bisa memilih Full Board Meeting Package senilai Rp750.000.

Paket terakhir adalah glamping. Kalau menggunakan paket ini, Anda tak perlu repot mencari akomodasi. Pasalnya, pihak Epic Outbound sudah menyiapkan tenda beserta tempat tidur, dapur, dan kamar mandi.

15. Leuwi Hejo

Leuwi Hejo

Leuwi Hejo

Leuwi Hejo adalah surga kecil di kawasan Sentul yang diselimuti udara sejuk dan segar. Panorama di sekitarnya juga masih hijau, bebas pencemaran, serta tampak menawan. Tidak ketinggalan, aneka flora tumbuh subur di sekeliling curug tersebut.

Walaupun jalan menuju tempat wisata ini bisa dibilang cukup sulit, pemandangan selama perjalanannya sangat indah. Anda bisa menyaksikan derasnya sungai dan bebatuan alami dari dekat. Pun jembatan bambu yang membentang di atas aliran sungai. Jembatan inilah yang menghubungkan curug dengan jalan setapak.

Keindahannya tak sampai di situ saja. Tiba di curug, Anda akan disuguhi lanskap air jernih yang berubah menjadi hijau saat jatuh ke kolam. Jika punya keberanian dan cukup keahlian, cobalah terjun dari bebatuan. Rasakan sensasi kesegaran ketika tubuh Anda menyatu dengan perairan.

Tertarik mengunjungi tempat wisata di Sentul ini? Pertama, pastikan kondisi badan Anda sedang sehat dan fit. Kedua, siapkan mental untuk trekking melintasi hutan dan perbukitan. Terakhir, siapkan bujet untuk parkir dan masuk ke area air terjun.









Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *