15 Tempat Wisata di Tangerang yang Wajib Dikunjungi

Pulau Cangkir Kronjo
Share ke teman kamu

Pernahkah Anda berkunjung ke Tangerang? Ketika mendengar nama daerah ini, apa yang terlintas di benak Anda? Sebagai salah satu wilayah penyangga ibu kota Jakarta, jumlah penduduk Tangerang cukup padat. Kondisi ini berbanding lurus dengan perkembangan daerah Tangerang yang cukup pesat.

Namun, wilayah ini bukan hanya identik dengan kepadatan penduduknya. Tangerang juga tak lupa mengembangkan sisi pariwisata untuk menarik minat para pengunjung. Kini, ada banyak tempat wisata di Tangerang yang berhasil memikat perhatian dan wajib dikunjungi. Berikut 15 di antaranya:

1. Scientia Square Park

Scientia Square Park

Scientia Square Park

Terletak di Jl. Scientia Boulevard Gading Serpong, Tangerang, destinasi wisata Scientia Square Park sangatlah mudah dijangkau. Dengan konsep taman terbuka, tempat wisata di Tangerang ini menawarkan banyak spot maupun aktivitas menarik. Beberapa di antaranya adalah memberi makan ikan koi, jogging, wall climbing, yoga, inline skate, dan berbagai aktivitas outdoor lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa mengajak si kecil untuk berinteraksi langsung dengan kupu-kupu berwarna-warni yang banyak ditemukan di area The Metamorphosis of Butterfly. Sembari menemani anak bermain dan mengeksplorasi lingkungan sekitar, Anda bisa bersantai sejenak di Universe Amphitheater. Di sini, tersedia tempat duduk berupa lantai kayu yang artistik dan bantal-bantal besar berwarna hijau.

Tempat wisata di Tangerang ini sangat tepat jika Anda berencana mengajak anggota keluarga untuk piknik di lapangan terbuka sambil menikmati kebersamaan. Scientia Square Park terbuka untuk umum, mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB setiap hari.

2. Museum Benteng Heritage

Museum Benteng Heritage

Museum Benteng Heritage

Bagi Anda yang menyukai objek wisata sejarah, jangan lupa berkunjung ke Museum Benteng Heritage di Tangerang. Museum ini merupakan sebuah gedung yang dibangun pada abad ke-17 dengan sentuhan arsitektur tradisional Tionghoa. Museum yang berlokasi di Jl. Cilame No. 20, Pasar Lama ini merupakan salah satu bangunan yang paling tua di Kota Tangerang.

Ada banyak hal menarik yang bisa disaksikan di tempat wisata di Tangerang ini, khususnya sejarah etnik Tionghoa. Salah satunya, sejarah mendaratnya armada Cheng Ho di Indonesia. Selain itu, bagi yang menyukai fotografi, ada sebuah galeri yang menyimpan berbagai model kamera kuno. Anda pun bisa mempelajari sejarah musik melalui koleksi beberapa alat pemutar lagu.

Pada momen tertentu, akan ada banyak acara yang diselenggarakan di dalam area museum. Agenda semacam ini juga menjadi salah satu daya tarik pengunjung. Meskipun berbentuk bangunan tua, museum ini tetap menciptakan kesan yang hangat. Tak heran, tempat wisata ini masih cukup ramai dikunjungi hingga kini.

3. Marcopolo Waterpark Serpong

Marcopolo Waterpark

Marcopolo Waterpark

Marcopolo Waterpark Serpong adalah salah satu tempat wisata di Tangerang yang tidak boleh dilewatkan, khususnya jika Anda menyukai rekreasi wisata air. Tempat wisata yang berlokasi di Jl. Kampung No. 58, Panunggangan Utara, Pinang, Kota Tangerang ini menawarkan beberapa wahana permainan air, seperti kolam arus dan big slider. Selain itu, ada pula kolam renang untuk anak-anak yang dilengkapi dengan air mancur.

Menariknya, Marcopolo Waterpark Serpong berada di lantai 5 Gedung Great Western. Hal ini membuat para pengunjung dapat melihat langsung pemandangan Kota Tangerang dari ketinggian sembari bermain air. Untuk menambah kenyamanan, tersedia berbagai fasilitas pendukung yang bisa dimanfaatkan di tempat wisata ini, seperti misalnya ruang ganti, kamar mandi, dan loker.

4. Ocean Park Water Adventure

Ocean Park Water Adventure

Ocean Park Water Adventure

Tempat wisata di Tangerang lainnya yang wajib dikunjungi adalah Ocean Park Water Adventure. Terletak di Jl. Pahlawan Seribu, CBD Area, Tangerang Selatan, tempat wisata ini bisa dijangkau dengan mudah dengan menggunakan transportasi umum.

Ada beberapa wahana seru yang harus dicoba saat bermain di Ocean Park Water Adventure, misalnya Adrenaline Rush, The Ocean, A Paradise for Kiddo, dan sebagainya. Tersedia pula berbagai fasilitas pendukung, seperti loker, toilet, shower, WiFi, food court, dan nursing room.

Nah, untuk menikmati keseruan bermain air di waterpark ini, berkunjunglah pada jam 11.00 WIB – 19.00 WIB (Senin – Jumat) atau 08.00 WIB – 19.00 WIB (akhir pekan). Untuk tiket masuk, Anda harus membayar Rp75.000 per orang. Namun, jika ingin menghemat bujet liburan, Anda bisa memanfaatkan berbagai promo yang tersedia.

5. Taman Wisata Pulau Situ Gintung

Taman Wisata Pulau Situ Gintung

Taman Wisata Pulau Situ Gintung

Setelah menyelesaikan berbagai aktivitas yang menjenuhkan, tak ada yang lebih menyenangkan selain menikmati keindahan alam bersama keluarga pada akhir pekan. Nah, salah satu pilihan menarik yang bisa Anda coba adalah berkunjung ke Taman Wisata Pulau Situ Gintung. Tempat wisata di Tangerang ini terletak di Jl. Kertamukti Pisangan Raya No. 121, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan.

Selain menyajikan pemandangan alam dan udara yang segar, objek wisata ini juga merupakan pusat kegiatan edukasi yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan antara lain berkemah, outbound, bahkan reuni dan gathering. Selain itu, tempat ini dilengkapi pula dengan fasilitas permainan paint ball dan pelatihan membuat keramik.

Untuk masuk ke area wisata Situ Gintung, Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp10.000. Namun, untuk bermalam, biayanya naik menjadi Rp20.000. Bagi Anda yang ingin mencari lokasi strategis untuk berkumpul dengan konsep yang tak biasa, tempat ini layak menjadi pilihan.

6. Taman Buaya Tanjung Pasir

Taman Buaya Tanjung Pasir

Taman Buaya Tanjung Pasir

Berkunjung ke Taman Buaya Tanjung Pasir, Anda akan disuguhi dengan pemandangan unik dan membuat adrenalin mengalir. Bagaimana tidak, tempat ini merupakan area penangkaran buaya yang cukup besar. Anda bisa melihat secara langsung ratusan buaya berbagai ukuran yang dikoleksi di tempat wisata di Tangerang ini.

Meskipun demikian, tak perlu khawatir dengan faktor keamanan karena area penangkaran tergolong aman. Selain itu, lokasi ini juga dilengkapi dengan pepohonan sehingga suasana terasa teduh dan sejuk. Tidak ada atraksi yang disuguhkan, tetapi Anda bisa melihat ketika para buaya diberi makan.

Anda bisa berkunjung ke sini pada jam 08.00 WIB – 18.00 WIB setiap hari. Harga tiket masuknya seharga Rp8.000 untuk dewasa, dan Rp4.000 untuk anak-anak.

7. Situ Cihuni

Situ Cihuni

Situ Cihuni

Situ Cihuni yang terletak di Desa Cihuni, Pagedangan, Kabupaten Tangerang menawarkan keindahan alam yang menyegarkan. Tak heran, banyak orang berkunjung ke “situ” atau danau ini. Di area ini, rerumputan hijau dan pepohonan rindang menjadi pemandangan alami yang terlihat di mana-mana.

Bagi Anda yang senang bersepeda, Situ Cihuni merupakan salah satu rute yang cukup menantang. Rute yang cukup populer bagi para pesepeda ini termasuk dalam Jalur Naga. Bukan hanya itu, tempat wisata di Tangerang ini juga memiliki kawasan agrowisata seluas 32 hektare. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini, termasuk memanen sayuran dan buah.

Fasilitas menarik lain yang tersedia di Situ Cihui adalah tempat bersantap yang berbentuk saung dari bambu. Lokasi yang unik dilengkapi dengan sajian masakan tradisional yang lezat membuat tempat ini layak untuk dikunjungi wisatawan.

8. Situ Bulakan

Situ Bulakan

Situ Bulakan

Situ Bulakan terletak di Kelurahan Periuk, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang. Situ ini memiliki luas 300.000 meter persegi. Baik warga sekitar maupun warga luar kota, banyak berdatangan ke Situ Bulakan untuk sekadar bersantai dan menikmati suasana.



Situ Bulakan biasanya ramai pada akhir pekan, terutama oleh pengunjung keluarga maupun pasangan. Aktivitas yang bisa dilakukan adalah bermain perahu kayuh di kawasan danau. Dengan membayar Rp15.000 saja, Anda sudah bisa menikmati fasilitas ini selama 30 menit. Selain itu, aneka kuliner yang tersedia di sekitar area wisata ini juga menarik untuk dicoba, seperti misalnya jagung bakar yang lezat dan murah.

9. Pulau Cangkir Kronjo

Pulau Cangkir Kronjo

Pulau Cangkir Kronjo

Pesisir utara Kabupaten Tangerang memiliki pesona tersendiri. Di wilayah ini, terdapat sebuah kawasan yang berbentuk serupa cangkir dengan luas 4,5 hektare. Pulau kecil ini dihubungkan dengan daratan oleh sebuah jembatan yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama beberapa menit.

Meskipun kecil, pulau ini menyimpan keunikan tersendiri. Bukan hanya dapat menikmati keindahan pantai di sekitarnya, pengunjung juga bisa melakukan ziarah di makam salah seorang ulama besar di Banten, yaitu Syekh Waliyuddin. Bonusnya, Anda juga dapat menikmati panorama mangrove yang hijau dan menyegarkan.

10. Tanah Tingal

Tanah Tingal

Tanah Tingal

Apabila Anda sedang mencari lokasi yang paling cocok untuk berlibur bersama anak di Tangerang, Tanah Tingal adalah pilihan yang tepat. Tempat wisata di Tangerang ini merupakan sebuah arena nongkrong sekaligus lokasi outbound yang menawarkan pemandangan dan panorama menarik.

Dengan konsep hutan kota, Tanah Tingal berhasil menjadi salah satu favorit para pengunjung saat ingin melarikan diri sejenak dari kepadatan rutinitas sehari-hari. Lokasinya berada di Jl. Merpati Raya No. 32, Kelurahan Sawah Baru, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan. Dari Stasiun Sudimara, jaraknya hanya sekitar 1 km saja.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata di Tangerang ini. Beberapa di antaranya adalah bermain kayak di danau, berenang, outbound, mengamati aktivitas burung, melihat berbagai koleksi foto, wall climbing, dan sebagainya. Selain itu, fasilitas-fasilitas yang tersedia juga sangat mendukung acara wisata, seperti misalnya pondok penginapan, rumah panggung, area berkemah, area permainan air, dan sebagainya.

11. Telaga Biru Cisoka

Telaga Biru Cisoka

Telaga Biru Cisoka

Banyak orang mengenal Telaga Biru Cisoka dengan nama Danau Biru Cigaru. Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata di Tangerang yang cukup populer. Danau ini memang berwarna biru cantik, apalagi jika berpadu dengan pemandangan bukit-bukit batu di sekitarnya. Dahulu, tempat ini merupakan tempat galian pasir, tetapi saat ini sudah tidak lagi beroperasi.

Setelah beberapa lama, lubang bekas galian pasir tersebut terisi oleh air hujan. Lama-kelamaan, air yang tertampung semakin banyak sehingga membentuk telaga. Nah, Anda bisa berkunjung ke telaga ini dengan datang langsung ke Kampung Cigaru, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang.

Ada dua danau yang bisa dikunjungi di destinasi wisata ini. Danau pertama berada di sebelah kanan pintu masuk. Air danau yang satu ini berwarna biru. Sementara itu, danau kedua yang berada di sebelah kiri pintu masuk, memiliki air yang berwarna hijau. Ukurannya pun lebih luas. Perbedaan warna danau ini dipengaruhi oleh kadar keasamannya.

12. The Breeze

The Breeze

The Breeze

Mau nongkrong di mall sambil bercengkerama bersama keluarga? Tampaknya, ini bisa menjadi salah satu aktivitas menarik di sela-sela kesibukan sehari-hari. Nah, jika Anda adalah warga Tangerang atau kebetulan sedang datang berkunjung ke Tangerang, jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke mall yang satu ini.

The Breeze bukanlah mall biasa. Mall ini merupakan pusat gaya hidup dengan konsep open air lifestyle. Terletak di kawasan BSD Green Office Park, The Breeze memiliki luas sekitar 13,5 hektare. Di tempat wisata di Tangerang ini, ada banyak tenant yang menawarkan berbagai kebutuhan para pengunjung, seperti berbagai tenant makanan, elektronik, kosmetik, dan sebagainya. Berkunjung ke The Breeze, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan arsitektur yang unik dan sangat hijau.

Nah, sambil menikmati suasana alam, Anda bisa berbelanja atau berwisata kuliner bersama keluarga. Hanya dengan berkunjung ke satu lokasi saja, Anda sudah bisa mendapatkan berbagai kenyamanan. Menarik, bukan?

13. Froggy Edutography Floating Castle

Froggy Edutography Floating Castle

Froggy Edutography Floating Castle

Bagi Anda yang ingin mengajak si kecil untuk bermain sekaligus menikmati keindahan bangunan dengan arsitektur unik, Anda bisa mengajaknya ke Froggy Edutography Floating Castle. Terletak di kawasan BSD Grand Boulevard, Tangerang Selatan, tempat wisata di Tangerang ini sangatlah mudah dijangkau.

Disebut juga sebagai Istana Melayang, Floating Castle memang sangat membuat penasaran. Bangunan megah dan indah ini terdiri atas 66 lembar kaca dengan tinggi 10,8 meter, lebar 1,9 meter, dan tebal 19 milimeter. Lembaran-lembaran kaca ini sama sekali tidak disambung, hanya digantung atau menggunakan teknik suspended. Nah, model inilah yang menimbulkan efek melayang.

Bangunan yang terdiri atas 10 lantai ini menawarkan beragam hal menarik, khususnya untuk anak-anak. Misalnya, ada sebuah lantai yang khusus berisi indikator kecerdasan anak berdasarkan ciri-cirinya. Pada lantai lainnya, ada area dan fasilitas yang bisa digunakan anak untuk bermain peran.

14. Taman Kota 2 BSD

Taman Kota 2 BSD

Taman Kota 2 BSD

Bagi Anda yang ingin menjauh sejenak dari hiruk-pikuk kepadatan lalu lintas, Taman Kota 2 BSD yang terletak di Jl. Tekno Widya, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan, bisa menjadi pilihan. Taman ini memiliki area seluas 7,2 hektare dan berisi pohon-pohon rindang sehingga suasana di sekitarnya terasa sangat sejuk.

Bukan hanya bisa nongkrong atau bersantai sambil menggelar tikar, di tempat wisata di Tangerang ini juga tersedia tempat untuk berolahraga, dalam bentuk jogging track. Ada pula beberapa gazebo, bangku, dan rumah pohon yang bisa dijadikan tempat bersantai. Bahkan, ada danau buatan seluas 2 hektare dan mini water flow setinggi 1 meter.

Nah, salah satu area untuk berfoto di Taman Kota 2 BSD adalah sebuah jembatan merah yang berada tepat di atas Sungai Cisadane. Sungai ini memang mengalir melewati area taman. Jadi, bisa dibayangkan betapa segar dan eksotisnya suasana di sekitar tempat wisata ini. Jembatan merah ini menjadi tempat favorit pada pengunjung dan dikenal juga dengan nama Jembatan Merah Cinta.

15. Little Jungle Playground

Little Jungle Playground

Little Jungle Playground

Little Jungle adalah salah satu tempat wisata di Tangerang yang cukup menarik untuk mengajak anak-anak. Di sini, ada banyak permainan, seperti misalnya flying fox, rumah pohon, roller blade, trampolin bungee, dan super slide. Hanya dengan membayar Rp30.000 pada hari kerja dan Rp50.000 pada akhir pekan, Anda sudah bisa mengajak si kecil bermain sepuasnya di area permainan ini.

Nah, saat berkunjung ke tempat wisata di Tangerang ini, Anda juga bisa membawa makanan atau camilan favorit si kecil sehingga acara berlibur sambil bermain menjadi lebih menyenangkan. Saran lainnya, Anda juga perlu menyiapkan kaos kaki sebagai syarat wajib untuk bermain di area Little Jungle. Jika kebetulan tidak membawa kaos kaki, Anda bisa membeli langsung di konter seharga Rp15.000 per pasang.

Selain menyenangkan, bermain di tempat seperti ini akan membantu melatih gerak motorik anak. Anak bisa meloncat, memanjat, dan juga bermain lego di tempat yang sudah disediakan. Anda hanya perlu menyesuaikan permainan yang dipilih dengan usia dan minat anak. Selamat berlibur.









Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *