Wisata Malaysia – Pulau Tioman

Pulau Tioman
Share ke teman kamu
Pulau Tioman

Pulau Tioman

Apakah anda pernah mendengar sebuah pulau bernama Pulau Tioman? Pulau Tioman adalah sebuah pulau yang berlokasi di Laut China Selatan dan merupakan tempat wisata di Malaysia yang terkenal indah dan lengkap dengan berbagai macam fasilitas wisata. Pulau Tioman mempunyai panjang sektiar 39 KM dan lebar sekitar 12 KM, dengan sebagian besar wilayahnya ditutupi oleh hutan yang hijau dan lebat.

Di Pulau ini terdapat 8 buah desa, dengan desa utama yang terbesar dan terpadat bernama Kampung Tekek yang berada di bagian utara pulau. Selain daratannya yang dipenuhi hutan, lautan di sekeliling pulau ini juga dipenuhi batu karang yang indah, sehingga banyak pecinta wisata menyelam yang datang ke tempat wisata ini untuk menyelam dan snorkling.

Pulau Tioman

Pulau Tioman

Karena keindahannya, Pulau ini sering kali digunakan sebagai lokasi pengambilan gambar film, bahkan pulau ini juga pernah terpilih sebagai pulau yang paling indah di dunia pada tahun 1970.

Menurut legenda setempat, Pulau Tioman merupakan sebuah tempat peristirahatan putri naga yang sedang dalam perjalanan dari China menuju Singapura untuk mengunjungi pangeran naga. Namun karena putri naga tersebut merasa senang dan nyaman berada di tempat ini, putri naga tersebut memutuskan untuk menghentikan perjalanannya dan berubah menjadi sebuah pulau untuk menawarkan tempat istirahat yang nyaman bagi siapapun yang lewat.

Pulau Tioman

Pulau Tioman

Pulau yang berada di pesisir timur Malaysia ini dulunya digunakan oleh para nelayan sebagai tempat peristirahatan dan tempat melengkapi perbekalan melaut. Sekarang, pulau ini semakin banyak dikunjungi wisatawan karena kemudahan aksesnya yang mempunyai berbagai pilihan, fasilitasnya yang lengkap, dan keindahan alamnya yang mempesona.

batu karang Pulau Tioman rock climbing

batu karang Pulau Tioman rock climbing

Kegiatan wisata yang dapat dilakukan di Pulau Tioman diantaranya:

  • Scuba diving
  • Snorkling
  • Rock climbing
  • Bermain di air terjun
  • Bermain golf
  • Spa
  • Jungle trekking
  • Berbelanja di Kampung Tekek
  • Menikmati keindahan pantai
  • Dan lain-lain

Cara Mencapai Pulau Tioman

Pulau Tioman resort

Pulau Tioman resort

Pulau Tioman dapat dicapai dengan menggunakan:

  • Pesawat terbang
  • Kapal ferry

Pesawat Terbang

Dengan adanya sebuah bandara di Pulau Tioman, anda dapat berkunjung ke pulau ini dengan menggunakan pesawat terbang. Satu-satunya pesawat terbang yang beroperasi di pulau ini adalah Berjaya Air. Anda dapat terbang ke Pulau ini dengan menggunakan Berjaya Air dari Singapura dan Kuala Lumpur.

Pulau Tioman

Pulau Tioman

Harga tiket Berjaya Air dari Singapura adalah sekitar 240 Ringgit, atau sekitar 830,000 Rupiah. Harga tiket Berjaya Air dari Kuala Lumpur lebih murah, yaitu sekitar 214 Ringgit, atau sekitar 740,000 Rupiah. Lama perjalanan dari Singapura adalah 35 menit, dan 60 menit dari Kuala Lumpur. Berjaya Air menggunakan pesawat dengan 48 tempat duduk, dengan bagasi maksimal 10 KG per orang.

Kapal Ferry

Pulau Tioman

Pulau Tioman

Sebagian besar orang datang ke Pulau Tioman dengan menggunakan kapal ferry dari Mersing, sebuah kota di bagian timur Malaysia. Dari pelabuhan Mersing menuju Pulau ini akan memakan waktu sekitar 2 jam menggunakan kapal. Harga tiket kapal ferry tersebut adalah 35 Ringgit, atau sekitar 120,000 Rupiah.

Perlu diingat bahwa keberangkatan kapal ferry sangat dipengaruhi oleh cuaca, sehingga bisa saja keberangkatan ditunda, atau bahkan dibatalkan karena cuaca buruk. Pada musim hujan (bulan Oktober sampai Maret) kapal ferry yang berangkat jumlahnya akan jauh lebih sedikit, bahkan kadang tidak berangkat satupun selama beberapa hari bila kondisi cuaca tidak bersahabat.

Catatan

  • Berhati-hatilah dengan koral pada saat menyelam, karena bila tergores bisa membawa bakteri dan menyebabkan infeksi
  • Jangan melawan monyet yang berusaha mengambil makanan anda, karena anda bisa terluka
  • Untuk dapat memasuki kawasan Pulau Tioman, anda harus membayar 5 Ringgit atau sekitar 17,000 Rupiah, biasanya dibayarkan sebelum menaiki kapal ferry
  • Harga barang oleh-oleh di Mersing lebih murah dari pada di Pulau Tioman, walaupun barangnya serupa namun harganya bisa lebih mahal 2 kali lipat
Wisata Malaysia – Pulau Tioman
5 (100%) 2 votes










Mau liburan gratis?

Masukan email Anda:

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *