11 Tempat Wisata Alam di Bogor yang Wajib Dikunjungi
Gunung Pancar

11 Tempat Wisata Alam di Bogor yang Wajib Dikunjungi

Kota Bogor dikenal sebagai Kota Hujan bukanlah tanpa sebab. Dibandingkan kota-kota lain di Indonesia, Kota Bogor memang memiliki curah hujan yang sangat tinggi. Curah hujan yang terbilang tinggi inilah yang barangkali membuat udara di kota Bogor sangat sejuk dan cocok dijadikan sebagai destinasi wisata. Beberapa tempat wisata alam di Bogor yang patut kamu kunjungi antara lain:

1. Kebun Raya Bogor

Tempat Wisata Alam di Bogor - Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor

Kalau kamu mencari tempat wisata alam di Bogor, yang pertama kami rekomendasikan adalah Kebun Raya Bogor. Di Indonesia sendiri, terdapat dua jenis kebun raya yang populer yaitu Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Purwodadi, Jawa Timur.

Di kebun raya ini kamu bisa menikmati udara sejuk kota Bogor sambil mengamati beragam jenis flora yang ada. Wisata ke kebun raya ini juga bisa dijadikan sebagai wisata edukasi dengan si kecil. Dan untuk kamu yang hobi fotografi, Kebun Raya Bogor juga merupakan tempat yang cocok sebagai latar belakang obyek fotomu.

2. Situ Gede

Tempat Wisata Alam di Bogor - Situ Gede
Tempat Wisata Alam di Bogor – Situ Gede

Situ Gede merupakan tujuan wisata alam yang paling terkenal di Bogor, terbukti dari banyaknya warga Bogor yang hobi datang kemari untuk memancing. Selain memancing, kamu juga bisa mencoba mendayung perahu dan menikmati sejuknya udara hutan. Jangan heran jika saat berkunjung ke tempat wisata ini, kamu akan menemui rombongan kru yang sedang melakukan syuting karena di sini sering digunakan sebagai lokasi syuting.

3. Sawah Segar Sentul

Sawah Segar Sentul (sawahsegarsentul)
Sawah Segar Sentul (sawahsegarsentul)

Bagi kamu yang suka berfoto dan menginginkan makanan yang enak, tidak ada salahnya untuk mencoba tempat makan yang satu ini. Walau judulnya tempat makan, tapi sebagian besar pengunjung datang ke sini dengan tujuan mengambil foto yang bagus serta bersantai di dalamnya.

Seperti restoran khas Sunda lainnya, kamu akan mendengar lagu khas Sunda di dalam. Mungkin kamu bertanya, apa yang membuat restoran ini unik? Terdapat sawah dengan suara gemercik air alami yang menenangkan saat bersantap di salah satu joglo pada restoran yang satu ini.

4. Taman Safari Bogor

Tempat Wisata Alam di Bogor - Taman Safari Bogor
Taman Safari Bogor

Ini dia taman safari yang pertama kali ada di Indonesia. Di tempat ini kamu bisa menikmati perjalanan dengan pemandangan alam yang sangat indah lengkap dengan fauna yang berkeliaran di alam bebas. Saat menyusuri area binatang jinak, kamu bisa membuka jendela dan memberi makan hewan-hewan ini secara langsung.

Tempat wisata ini cocok dijadikan sebagai destinasi liburan bersama putra-putrimu. Setidaknya, ada 2.500 spesies satwa di sini, sehingga sambil berwisata kamu bisa sekaligus mengenalkan si kecil tentang keragaman fauna yang ada di Indonesia dan dunia.

Jika ingin berfoto bersama, kamu bisa mengunjungi Baby Zoo di mana anak-anak dan kamu bisa aman berfoto dengan hewan-hewan tertentu. Selain itu, terdapat banyak juga atraksi dan wahana menarik yang harus kamu coba.

5. Curug Cibaliung

Tempat Wisata Alam di Bogor - Curug Cibaliung
Curug Cibaliung

Julukan sebagai kota curug atau air terjun agaknya tidak terlalu berlebihan untuk Bogor. Di Bogor kamu akan menemukan banyak curug yang masih alami dan salah satu di antaranya adalah Curug Cibaliung.

Curug ini tidak terlalu tinggi dengan bagian kiri dan kanannya adalah batuan andesit yang keras. Aliran air yang terjun ke bawah membentuk sungai jernih dengan air bening agak kebiruan. Wisatawan yang datang ke tempat wisata di Bogor ini biasanya akan menggunakan sungai di bawah curug untuk berenang atau bersantai di atas ban.

Untuk bisa sampai ke Curug Cibaliung, kamu diharuskan untuk sedikit menjelajah. Pasalnya, lokasi dari tempat wisata di Bogor ini sedikit tersembunyi. Kamu bisa datang ke Desa Karang Tengah, Kabupaten Bogor dengan menguti jalan tol Jagorawi ke arah Jungle Land. Setelah tiba di lokasi, kamu akan dikenai tarif masuk Rp10.000 per orang dan Rp5.000 per motor.

6. Agro Gunung Mas

Tempat Wisata Alam di Bogor - Agro Gunung Mas
Agro Gunung Mas

Mendambakan tempat wisata yang tenang dan menenangkan hati? Maka Agro Gunung Mas adalah pilihan yang tepat bagi kamu. Hamparan perkebunan teh yang luas membuat Agro Gunung Mas terlihat seperti permadani hijau yang cantik.

Di sini, kamu bisa langsung melihat aktivitas berkebun dari pemetik daun teh. Tidak jarang juga, wisatawan yang datang kemari menjadikan hamparan hijau perkebunan teh sebagai background untuk berfoto.

7. Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari
Taman Wisata Mekarsari

Siapa yang tidak pernah dengar nama Mekarsari? Ini adalah salah satu taman wisata buah terbesar di Indonesia. Terdapat sekitar 1.470 jenis tanaman buah dengan ratusan ribu pohon di lahan dengan luas 264 hektar ini. Lokasi wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga ini memang sangat direkomendasikan jika kamu berkunjung ke Bogor.

Selain untuk rekreasi, Taman Mekarsari juga cocok untuk konservasi dan edukasi. Berkelilinglah dengan kereta yang disediakan oleh Taman Mekarsari, atau kamu bisa mencoba aktivitas outbond yang menarik di sekitar danau. Kamu bisa memilih paket wisata yang sesuai dengan kebutuhanmu.

8. Warso Farm

Tempat Wisata Alam di Bogor - Warso Farm
Tempat Wisata Alam di Bogor – Warso Farm

Obyek wisata ini cocok sekali untuk kamu yang cinta dengan buah durian. Di lahan perkebunan dengan luas 8,5 hektar ini, ada lebih dari 900 pohon durian. Di Warso Farm ini sedikitnya ditanam 19 jenis durian. Dan tahukah kamu bahwa ternyata Warso Farm ini adalah pelopor di bidang agrowisata durian yang ada di Indonesia?

Di sini kamu bisa menambah wawasan tentang ragam buah durian. Tersedia juga wisata petik durian bagi kamu yang ingin merasakan memetik durian langsung dari pohonnya. Sedangkan bagi kamu yang tidak ingin repot, bisa menikmati berbagai hidangan olahan durian yang dijual di sana.

9. Gunung Pancar

Gunung Pancar
Gunung Pancar

Ingin melakukan piknik dengan keluarga? Gunung Pancar adalah jawaban yang tepat. Di sini, kamu bisa berpiknik dan juga melakukan aktivitas seperti berkemah, bersepeda, hiking hingga berkuda.

Untuk menyegarkan badan kamu setelah lelah berkemping, kamu bisa ke pemandian air panas yang memiliki sumber air panas alami. Mandi berendam sambil menikmati pemandangan pohon pinus di sekeliling yang bisa membantu merilekskan pikiran kamu. Tak jarang kamu bisa menemukan hewan-hewan yang hidup bebas di sini.

10. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari
Air Terjun Bidadari

Bagaimana ya rasanya mandi di pemandian para bidadari? Mungkin bisa kamu rasakan sendiri di Air Terjun Bidadari yang letaknya di Sentul Paradise Park. Air terjun dengan tinggi 75 meter ini memiliki sumber air dari hutan lindung yang ada di sekitar kawasan tersebut. Limpahan air dari air terjun tersebut kemudian dijadikan sebagai kolam pemandian, seperti Wave Pool, kolam arus, dan juga Lazy Pool yang dibuat untuk anak-anak. Kawasan ini selalu ramai dengan wisatawan apalagi di waktu liburan.

11. Telaga Warna

Telaga Warna Puncak Bogor
Telaga Warna Puncak Bogor

Ingin berwisata ke tempat yang tenang? Telaga warna bisa jadi alternatf liburan kamu. Letaknya ada di kawasan Puncak atau tepatnya di Desa Tugu, Kecamatan Cisarua. Telaga Warna memiliki air yang sangat tenang, dikelilingi dengan pepohonan dan udara yang sejuk. Jika ingin menikmati pemandangan telaga dari ketinggian, kamu bisa mencoba wahana flying fox yang telah disediakan di sana.

12. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari
Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari teletak di Jalan Raya Puncak Bogor. Dengan luas 30 hektar, tempat wisata ini adalah tujuan yang pas untuk pengunjung segala usia. Di sini terdapat banyak sekali kegiatan outbond yang bisa dilakkan mulai dari arung jeram, flying fox, mengendarai ATV, mini outbond hingga rumah hantu.

Jika kamu membawa anak-anak, kamu bisa mengajak mereka ke area sawah dan juga kebun sayuran. Ada juga wahana permainan yang memang disediakan untuk anak-anak lho. Nah, tidak lengkap pergi ke Taman Wisata Matahari jika kamu tidak menyusuri danau dengan perahu naga bermotonya.

Join the discussion

3 comments

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!