Pulau Perhentian – Wisata Favorit di Malaysia
Pulau Perhentian

Pulau Perhentian – Wisata Favorit di Malaysia

Pulau Perhentian mungkin terdengar asing, tidak biasa, dan aneh untuk anda. Memang pulau ini kurang begitu dikenal oleh wisatawan yang berasal dari Indonesia. Sebagian besar wisatawan dari Indonesia berkunjung ke Kuala Lumpur pada saat berwisata ke Malaysia, sehingga banyak dari kita yang tidak tahu bahwa Malaysia mempunyai beberapa pulau tempat tujuan wisata yang indah, misalnya Pulau Redang, Pulau Tioman, dan Pulau Perhentian.

Pulau Perhentian

Walaupun kurang terkenal bagi wisatawan Indonesia, bagi wisatawan Malaysia, Pulau Perhentian merupakan pulau wisata yang terkenal akan keindahannya. Pulau yang merupakan bagian dari wilayah Terengganu, Malaysia ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Pulau Perhentian Besar dan  Kecil. Kedua pulau ini merupakan salah satu tempat wisata di Malaysia yang paling favorit dan banyak dikunjungi wisatawan karena mempunyai pantai dengan pasir putih, air laut yang jernih bagai kristal, dan deretan pohon kelapa yang bergoyang ditiup angin.

Baca juga : Punya rencana Traveling? Cek dulu tanggal liburnya

Asal nama Pulau ini adalah dari fungsi utama pulau ini di masa lampau, yaitu sebagai tempat perhentian dan peristirahatan para nelayan yang melaut di Laut Cina Selatan. Selain berhenti untuk beristirahat, banyak dari mereka yang menggunakan pulau ini sebagai tempat untuk berlindung dari cuaca buruk, dan tempat untuk memperbaiki perahu yang rusak. Sekarang ini, Pulau ini juga masih berfungsi seperti namanya, yaitu sebagai tempat perhentian para wisatawan yang ingin menikmati wisata alam Malaysia.

Pulau Perhentian

Bagi anda yang suka dengan suasana pantai, tidak ada salahnya mencoba berkunjung ke Pulau ini dan menikmati suasana pantai yang baru. Seperti layaknya sebuah pulau wisata lain, pulau ini juga identik dengan wisata air seperti berenang, scuba diving, snorkeling, berperahu, banana boat, kano, dan wisata air lainnya. Namun, anda tidak dapat memancing di pulau ini karena pulau yang berjarak sekitar 20 KM dari pinggir pantai Terengganu ini merupakan kawasan yang dilindungi. Selain itu anda juga tidak boleh membawa pulang atau merusak koral, dan juga tidak boleh membuang sampah sembarangan karena dapat merusak lingkungan.

Alam bawah laut Pulau Perhentian menawarkan pesona koral, dan binatang laut yang beragam, misalnya penyu, ubur-ubur, ikan karang, dan hiu kecil. Di perairan dangkal di sekitar pantai, banyak terdapat berbagai jenis ikan-ikan kecil yang dapat anda lihat tanpa harus menyelam karena air yang sangat jernih. Selain pesona bawah laut, pulau ini juga mempunyai hutan tropis yang asri. Hutan ini tidak mempunyai jalan raya, sehingga anda harus melewati jalur khusus pejalan kaki apabila ingin melihat-lihat hutan ini.

Baca juga : Cara mendapatkan tiket pesawat murah untuk berlibur

Pulau Perhentian

Pulau yang mempunyai tinggi maksimal 100 meter di atas permukaan laut ini mempunyai banyak resort yang tersebar di berbagai tempat. Tidak ada resort dan bangunan yang mempunyai lebih dari 2 tingkatan lantai di pulau ini, kecuali menara komunikasi. Namun, kebanyakan dari resort tersebut memilih untuk tutup pada musim hujan (November sampai dengan Maret). Oleh karena itu apabila anda ingin berwisata ke Pulau Perhentian sebaiknya memilih tanggal di bulan selain musim hujan.

Saran saya, datanglah antara bulan April sampai September, karena pada bulan-bulan ini, banyak penyu datang ke pantai pulau ini untuk bertelur sehingga anda akan dapat melihat banyak penyu di habitat aslinya, sebuah pemandangan dan pengalaman sangat menarik.

Baca juga : 10 Tempat Wisata di Malaysia yang Wajib Dikunjungi

Pulau Perhentian Kecil

Pulau Perhentian Kecil

Di Pulau Perhentian Kecil, terdapat sebuah desa. Desa ini merupakan tempat tinggal penduduk asli. Biasanya penduduk pulau ini hanya pergi ke Pulau Perhentian Besar untuk menjalankan usaha wisata dan resort saja, namun tetap tinggal di pulau ini. Pulau ini sangat cocok untuk mereka yang ingin berhemat, atau yang berwisata ala backpacker karena di sini anda dapat menemukan banyak penginapan dan tempat makan yang murah.

Pulau Perhentian Besar

Pulau Perhentian Besar

Tidak terdapat satupun desa di Pulau Perhentian Besar. Pulau ini mempunyai garis pantai yang lebih panjang, lebih lebar, dan pasir yang lebih halus bila dibandingkan dengan Pulau Perhentian Kecil. Pulau ini menawarkan fasilitas yang lebih baik, namun tentu saja harganya juga lebih mahal.

Baca juga : 11 Tempat Wisata Terbaik Indonesia. Luar Negeri kalah!

Akses ke Pulau

Untuk dapat mencapai Pulau Perhentian, anda harus berangkat dari Pelabuhan Kuala Besut. Dari pelabuhan tersebut, anda dapat menyewa kapal cepat, atau perahu nelayan bila ingin berhemat. Selain itu, anda juga dapat mengakses tempat wisata tersebut dari Kompleks Perikanan Tok Bali. Perlu diingat bahwa cuaca sangat berpengaruh pada perjalanan laut, oleh karena itu perjalanan anda bisa ditunda atau dibatalkan bila cuaca sedang jelek.

Sebagian besar orang akan memilih untuk terbang dari Kuala Lumpur menuju Kota Bharu dengan menggunakan maskapai Air Asia, akan memakan waktu sekitar 1 jam. Kemudian dari Kota Bharu menggunakan kendaraan menuju Pelabuhan Kuala Besut, memakan waktu sekitar 1,5 jam. Dari Pelabuhan Kuala Besut menggunakan kapal menuju Pulau Perhentian, akan memakan waktu sekitar 1 jam.

Baca juga : Cara mendapatkan tiket pesawat murah untuk berlibur

Join the discussion

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata dan komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo, dan liburan gratis. Subscribe & Like agar kamu terupdate. Enjoy life!

Follow Instagram