10 Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi

Pangandaran Waterpark
Share ke teman kamu

Kalau berbicara tentang Pangandaran, pasti kata pertama yang muncul di pikiran kita adalah pantainya. Pandangaran memang sudah dikenal dengan wisata pantainya, tidak hanya oleh masyarakat Indonesia, tapi juga mancanegara. Memang, pantai-pantai di Pangandaran memiliki panorama yang cantik dan menarik. Tapi apakah tujuan wisata di Pangandaran hanya pantai saja? Ternyata tidak. Berikut daftar tempat wisata di Pangandaran yang wajib dikunjungi:

1. Cukang Taneuh

Cukang Taneuh

Cukang Taneuh

Atau juga disebut sebagai Green Canyon oleh seorang berkebangsaan Perancis pada tahun 1993. Green Canyon terletak di Desa Kertajaya, Cijulang, Ciamis. Dari Ciamis sendiri Anda harus menempuh perjalanan sekitar 130 km atau 31 km dari Pangandaran.

Di tempat wisata ini Anda bisa menyewa sampan dengan harga 75.000 Rupiah yang bisa digunakan oleh maksimal 5 orang. Sampan ini bisa Anda sewa mulai dari jam 7.30 hingga 16.00. Anda bisa menikmati indahnya ngarai dengan udara yang sejuk dan juga pemandangan hijau yang menarik. Selain itu, Green Canyon ini juga dekat dengan tempat wisata Batukaras dan juga Bandara Nusawiru.

2. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran

Tentu tidak lengkap ke Pengandaran tapi tidak ke pantainya. Pantai ini menjadi primadona bagi wisatawan yang berlibur ke Pengandaran. letaknya ada di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran. Jika Anda dari arah Ciamis, Anda harus ke arah selatan sekitar 92 km.

Di pantai ini Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam yang memukau mata, berenang dengan aman karena pantainya landai dan juga menikmati taman laut. Pantai Pangandaran dikenal dengan pasirnya yang putih. Untuk menuju lokasi, Anda juga sudah dipermudah dengan jalanan beraspal yang sudah dilengkapi dengan penerangan yang baik.

3. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas

Letaknya ada di Desa Batukaras, sekitar 34 km dari Pangandaran. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata dengan suasana yang tenang dan gelombang laut yang bersahabat, sehingga Anda bisa dipastikan akan betah berlama-lama di sini.

Tempat wisata ini juga cocok untuk Anda yang memiliki hobi berselancar karena pantai ini merupakan paduan pantai Batu Hiu dan Pantai Pangandaran. Anda juga bisa menginap di hotel atau penginapan yang terdapat di sekitar pantai, dengan begitu Anda bisa menikmati sunset dan sunrise yang indah.

4. Gua Sumur Mudal

Gua Sumur Mudal

Gua Sumur Mudal

Tidak hanya pantai, gua alam yang ada di Pangandaran juga merupakan objek wisata yang paling diminati oleh wisatawan. Nah salah satunya adalah Gua Sumur Mudal ini.

Nama gua ini didapat karena dulunya di dalam gua ini ada mata air yang bentuknya menyerupai sumur dengan air yang “mudal” atau mendidih dalam Bahasa Indonesia. Gua ini termasuk goa yang tidak boleh dilewatkan jika Anda melakukan trip ke Pangandaran.

5. Curug Bojong

Curug Bojong

Curug Bojong

Ternyata, dulu air terjun atau curug ini bernama Curug Sawangan. Namun sekarang ini lebih terkenal dengan nama Curug Bojong dikarenakan air sungainya berasal dari Kampung Bojong. Jika Anda ingin menujju tempat ini dari Pangandaran, ambil jalur Babakan kemudian Sukahurip dengan jarak tempuh sekiar 6 km saja.



6. Pantai Keusik Luhur

Pantai Keusik Luhur

Pantai Keusik Luhur

Letaknya di Desa Kertamukti, Kecamatan Cimerak, atau berjarak sekitar 45 km dari Pangandaram. Perpaduan antara pemandangan alam pegunungan dan birunya laut menjadi ciri khas dari pantai ini.

Dari atas bukit yang ada di pantai ini, Anda bisa melihat pemandangan ombak yang menghantam karang. Nama Keusik Luhur sendiri ternyata juga diambil dari latar belakang pantai ini. “Keusik” artinya pasir, sedangkan “luhur” artinya tinggi. Nama tersebut diambil karena gelombang laut yang besar membuat pasir terangkat tinggi ke batu karang.

7. Santirah River Tubing

Santirah River Tubing

Santirah River Tubing

Anda penyuka wisata air yang memacu adrenalin? Anda bisa mendatangi Santirah River Tubing. Di sini Anda akan merasakan serunya berarung jeram tapi tidak dengan menggunakan perahu karet, melainkan dengan menggunakan ban besar.

Aliran sungai Santirah yang ada di Desa Selasari akan membuat Anda basah lengkap dengan sensasi terombang ambing di antara arus dan bebatuan sungai. Jarak tempat wisata ini dengan pusat kota hanya 15 km saja.

8. Saung Muara

Saung Muara

Saung Muara

Kalau Anda mencari pantai yang bisa dijadikan area untuk berkemah bersama keluarga atau teman, maka Saung Muara inilah tempatnya. Terletak di ujung Jalan Pamugaran, lokasi ini dapat Anda tempuh dari pintu masuk Pangandaran, belok kanan dan lakukan perjalanan sekitar 1 km. Anda akan mendapati pemandangan alam yang indah dengan udara sejuk dan mangrove di sekelilingnya.

Di sini, Anda juga bisa menikmati pemandangan para nelayan yang sibuk mencari ikan. Saung Muara memiliki fasilitas seperti gazebo dan mushola. Anda juga bisa menikmati kuliner yang terdapat di warung-warung sepanjang pantai. Menikmati pemandangan matahari tenggelam sambil ber-BBQ dengan teman atau keluarga akan menjadi pengalaman tak terlupakan di sini.

9. Pangandaran Waterpark

Pangandaran Waterpark

Pangandaran Waterpark

Walau termasuk tempat wisata yang masih baru, tapi waterpark ini bisa jadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tidak sama dengan waterpark lainnya, waterpark di Pangandaran ini letaknya di pinggiran Pantai Lembah Putri. Anda bisa menemukannya sekitar 5 km dari pintu wisata Pangandaran tepatnya di Kecamatan Kalipucang.

Ada beberapa kolam yang bisa dinikmati dan juga lapangan untuk berkendara ATV. Untuk bisa masuk ke waterpark ini Anda harus membayar antara 10.000 sampai 25.000 Rupiah per orang.

10. Pantai Karapyak

Pantai Karapyak

Pantai Karapyak

Pantai di Pangandaran memang banyak sekali dan menarik untuk didatangi. Jika Anda bosan dengan pantai Pangandaran dan Batu Hiu, Anda bisa datang ke Pantai Karapyak. Tempat wisata ini terletak di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Ciamis atau sekitar 20 km dari pantai Pangandaran. Jika Anda dari arah alun-alun kota Ciamis, Anda akan menempuh jarak sekitar 78 km.

Menariknya, jalan menuju pantai ini sudah terbilang layak dan juga ada penunjuk jalan yang disediakan. Namun belum ada angkutan umum atau ojek yang tersedia, jadi Anda harus membawa kendaraan pribadi.









Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *