19 Tempat Wisata di Surabaya yang Mungkin Belum Pernah Kamu Kunjungi
Hutan Bambu dan Taman Harmoni Keputih

19 Tempat Wisata di Surabaya yang Mungkin Belum Pernah Kamu Kunjungi

Surabaya adalah ibukota dari Provinsi Jawa Timur dan merupakan kota terbesar ke 2 di Indonesia. Selain merupakan pusat bisnis dan pendidikan di Jawa Timur, kota yang dikenal sebagai kota pahlawan ini ternyata juga memiliki banyak tempat wisata menarik. Apa saja tempat wisata Surabaya yang wajib dikunjungi? Simak ulasannya berikut ini.

1. Klenteng Sanggar Agung – Wisata Surabaya Seperti Luar Negeri

Klenteng Sanggar Agung (ahmed25_al.ali)
Wisata Surabaya Seperti Luar Negeri: Klenteng Sanggar Agung (ahmed25_al.ali)
Klenteng ini merupakan salah satu klenteng yang cukup besar, didirikan di atas tanah seluas 4,000 meter persegi. Berada di tengah-tengah hutan mangrove serta menghadap ke arah pantai, membuat klenteng ini sangat sayang untuk dilewatkan. Yang membuat kelenteng yang dibuka pada tahun 1999 ini unik, adalah berdirinya patung Dewi Kwan Im setinggi 20m yang terletak di tepi laut. Patung ini dibangung karena dipercaya ada karyawan klenteng yang melihat perempuan berjubah putih berjalan di atas air pada suatu malam, dan dipercaya perempuan itu adalah Dewi Kwan Im. Harga tiket masuknya gratis, hanya membayar parkir sesuai dengan kendaraan yang kamu bawa.

2. Jembatan Suramadu

Wisata Surabaya - Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu adalah jembatan di atas perairan selat Madura. Sesuai dengan namanya, Jembatan Suramadu menghubungkan Surabaya dan Madura. Dengan panjang hampir mencapai 5,500 meter, Jembatan Suramadu adalah jembatang yang terpanjang di Indonesia. Dibangung dengan tujuan awal mempercepat pembangunan Madura, sekarang ini Jembatan Suramadu telah menjadi ikon sekaligus tempat wisata Surabaya yang sangat terkenal.

3. Ciputra Waterpark

Wisata Surabaya - Ciputra Waterpark
Ciputra Waterpark
Ciputra Waterpark merupakan sebuah wahana wisata air yang terbesar di Surabaya dengan luas sekitar 5 hektar. Berlokasi di Surabaya Barat, Ciputra Waterpark mempunyai tema menyerupai dongeng Petualangan Sinbad sehingga anak-anak pasti menyukainya. Kedalaman air di Ciputra Waterpark tidak dalam karena Ciputra Waterpark dibuat untuk bermain air, bukan berenang, kolam yang paling dalam hanya sekitar 1 meter saja sehingga bila kamu tidak bisa berenang tidak perlu kuatir tenggelam. Harga tiket masuk Ciputra Waterpark adalah 70,000 Rupiah untuk hari biasa, dan 90,000 Rupiah pada akhir pekan. Untuk orang tua berusia di atas 60 tahun, harga tiketnya gratis, cukup menunjukkan KTP saja.

4. Hutan Bambu Surabaya

Hutan Bambu dan Taman Harmoni Keputih
Wisata Surabaya Seperti Jepang: Hutan Bambu dan Taman Harmoni Keputih
Tidak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk berfoto dengan latar belakang bambu yang memesona. Datang saja ke hutan yang terletak bagian timur Kota Surabaya, yaitu di Jl. Raya Marina Asri, Keputih. Banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata di Surabaya ini untuk jalan-jalan, bersantai, bahkan untuk pemotretan pranikah. Di tempat wisata yang satu ini, kamu bisa mendapatkan foto yang Instagramable secara cuma-cuma.

5. Taman Sakura Harmoni Keputih – Wisata Surabaya Seperti Jepang

Taman Sakura, Taman Harmoni Keputih, Surabaya (hargatiket)
Taman Sakura, Taman Harmoni Keputih, Surabaya (hargatiket)
Taman Harmoni memiliki lokasi di belakang Terminal Keputih. Suasananya tidak kalah rindang dengan hutan bambu dan ada banyak macam bunga yang terhampar indah. Tempat ini sangatlah sesuai untuk jogging dan olah raga pada pagi hari, apalagi ditambah dengan adanya area refleksi kaki yang dapat menyehatkan tubuh. Banyak wisatawan yang menyempatkan waktu ke taman ini. Hal ini disebabkan oleh kehadiran pohon sakura yang berada di taman ini. Saat bermekaran, kamu dapat berswafoto dan menghasilkan foto indah layaknya foto di Jepang. Hal ini lah yang membuat tak jarang orang menyebut tempat wisata Surabaya seperti Jepang ini sebagai taman sakura. Jangan ragu membawa buah hati ke tempat wisata di Surabaya yang satu ini. Di sini, mereka tidak akan merasa bosan. Sebab, ada arena anak-anak yang dilengkapi bermacam permainan.

6. Kebun Binatang Surabaya

Wisata Surabaya - Kebun Binatang Surabaya
Kebun Binatang Surabaya
Kebun Binatang Surabaya adalah salah satu tempat wisata Surabaya yang populer. Berlokasi di Jalan Setail, dulunya Kebun Binatang Surabaya adalah kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara. Harga tiket masuk Kebun Binatang Surabaya yang mempunyai luas sektiar 37 hektar ini adalah 15,000 Rupiah.

7. House of Sampoerna

Wisata Surabaya - House of Sampoerna
House of Sampoerna
House of Sampoerna merupakan salah satu tempat wisata Surabaya yang wajib dikunjungi karena museum yang berlokasi di Surabaya Lama ini merupakan bangunan bersejarah sekaligus museum yang menarik. Dengan bangunan bergaya Belanda dan tiang depan unik berbentuk rokok, House of Sampoerna merupakan tempat bersejarah yang dilestarikan negara. Museum House of Sampoerna mempunyai koleksi alat pengolah tembakau, foto keluaga, berbagai jenis pematik, replika kios, alat-alat musik, dan lain-lain. Selain itu kita juga dapat membeli souvenir dan melihat proses pembuatan rokok di lantai 2 House of Sampoerna.

8. Kembang Jepun – Wisata Surabaya Seperti Luar Negeri

Jl. Kembang Jepun, Surabaya (bamsatya_)
Wisata Surabaya Seperti Luar Negeri: Jl. Kembang Jepun, Surabaya (bamsatya_)
Bagi kamu yang akan berlibur ke Surabaya atau berada di Surabaya dan ingin berfoto ala-ala di negeri Tiongkok, area Kembang Jepun bisa menjadi salah satu pilihan wisatamu. Selain berfoto, rasanya sayang apabila tidak berkeliling dan merasakan kuliner di area ini. Kawasan ini merupakan kawasan yang paling sibuk di Surabaya. Di siang hari banyak orang berlalu lalang untuk kegiatan jual beli. Sedangkan di malam hari jalanan ramai dengan penjual makanan yang menawarkan berbagai macam kuliner di sini. Sebenarnya kuliner sudah ada dari pagi hari, tetapi di malam hari pedagangnya pun bertambah, sehingga kamu dapat mencoba kuliner dengan jenis makanan yang berbeda di pagi, siang dan malam hari.

9. Museum Surabaya

Museum Surabaya
Museum Surabaya
Tempat ini baru diresmikan pada tanggal 3 Mei 2015, tapi cukup menarik minat masyarakat untuk mendatanginya. Letaknya berada di tengah kota, yaitu di Gedung Siola, Jl. Tunjungan, Genteng. Museum Surabaya berada di lantai 1 bangunan tersebut, sisanya ditempati oleh beberapa kantor layanan masyarakat dan sentra UKM. Saat mengunjungi tempat ini, kita bisa melihat perkembangan kota Surabaya, serta barang-barang bernilai sejarah peninggalan masyarakat dan pemerintah kota sejak wali kota pertama hingga sekarang. Misalnya, meriam sewaktu perang, replika biola milik W. R. Supratman, meja dan kursi sekolah tahun 1950an, buku administrasi kependudukan jaman dahulu, ketel uap abad 18, dan lain-lain. Nah, koleksi tersebut dapat dinikmati setiap hari antara pukul 9 pagi sampai 9 malam secara cuma-cuma. Asyik, kan?

10. Wisata Hutan Mangrove Wonorejo

Wisata Surabaya - Hutan Mangrove Wonorejo
Hutan Mangrove Wonorejo
Wisata Hutan Mangrove Wonorejo adalah salah satu tempat wisata Surabaya yang paling favorit untuk kategori wisata alam. Jauh dari keramaian kota, Hutan Mangrove Wonorejo adalah tempat yang cocok untuk menikmati ketenangan alam. Berlokasi deket dengan Bandara Juanda Surabaya, Hutan Mangrove Wonorejo menawarkan keindahan alam yang alami. Di Hutan Mangrove Wonorejo kamu dapat berjalan menyusuri jembatan bambu di atas air dan menembus hijaunya Hutan Mangrove Wonorejo. Alternatif lain adalah menikmati Wisata Hutan Mangrove Wonorejo dengan menggunakan perahu.

11. Monumen Kapal Selam

Wisata Surabaya - Monumen Kapal Selam
Monumen Kapal Selam
Monumen Kapal Selam merupakan sebuah museum yang terletak di pusat kota Surabaya. Museum Monumen Kapal Selam adalah kapal selam yang sebenarnya. Dahulu kapal selam ini pernah ikut serta dalam pertempuran pembebasan Irian Barat dari Belanda. Monumen yang berlokasi di Jalan Pemuda ini sangat menarik untuk dilihat karena jarang sekali kita dapat melihat dan masuk ke dalam kapal selam yang sesungguhnya.

12. Tugu Pahlawan – Wisata Surabaya Dekat Stasiun Pasar Turi

Tugu Pahlawan
Wisata Surabaya Dekat Stasiun Pasar Turi: Tugu Pahlawan
Tugu Pahlawan merupakan sebuah monumen yang paling terkenal di kota Surabaya. Monumen yang terletak di Jalan Pahlawan ini mempunyai tinggi lebih dari 40 meter dan berbentuk sepeti paku terbalik. Tugu Pahlawan dibuat di atas lahan seluas lebih dari 1 hektar untuk memperingati dan menghormati seluruh prajurit Surabaya yang gugur dalam perang melawan para penjajah. Selain itu, di bawah tanah Tugu Pahlawan juga terdapat museum berisi foto-foto dokumentasi.

13. Surabaya North Quay

Surabaya North Quay
Surabaya North Quay
Tempat ini sebenarnya adalah bagian dari gedung Gapura Surya Nusantara, sebuah terminal penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak. Namun, oleh pemerintah Surabaya didesain dan ditujukan untuk khalayak umum. Alasannya, letaknya strategis menghadap ke laut Surabaya dan cocok sebagai sebuah tempat rekreasi. Dari pintu masuk, jalur menuju Surabaya North Quay – yakni bagian ruang tunggu terminal – sangat bersih dan memiliki desain modern bak sebuah bandara internasional. Beberapa sudut ruangan juga didekorasi dengan berbagai ornamen cantik khas Jawa Timur. Sarana yang tersedia pun komplet, termasuk jaringan internet gratis dan aneka restoran lezat. Sampai pada bagian dermaga, Anda bisa duduk bersantai menikmati live music sambil merasakan sepoi angin laut. Saksikan juga panorama memikat berupa matahari tenggelam, bentangan laut, dan jembatan Suramadu dari kejauhan. Terkadang, ada kapal pesiar yang berlabuh sehingga kita bisa berfoto layaknya orang yang akan melancong. Semua itu membuat tempat yang buka setiap Selasa sampai Jumat dari pukul 11 pagi sampai 9 malam ini asyik untuk nongkrong gratis.

14. Taman Bungkul

Taman Bungkul
Taman Bungkul
Berada di Jalan Raya Darmo, Taman Bungkul adalah tempat favorit untuk kumpul-kumpul warga Surabaya. Taman Bungkul di lengkapi dengan tempat bermain anak-anak, jogging track, amfiteater, tempat bermain skateboard, kolam air mancur, internet, dan suasana hijau. Banyak acara hiburan dan kebudayaan yang digelar di Taman Bungkul. Apabila anda ingin berwisata kuliner, di Taman Bungkul juga ada banyak penjual makanan khas Surabaya.

15. Rumah Batik

Rumah Batik
Rumah Batik
Rumah Batik yang berlokasi di Jalan Tambak Dukuh mempunyai koleksi batik sebanyak lebih dari 2,000 lembar dengan corak dan motif yang berbeda-beda dan berasal dari berbagai tempat di Indonesia. Rumah Batik ini pernah mendapatkan rekor batik dengan logo Surabaya Terbesar.

16. Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran
Pantai Kenjeran
Pantai Kenjeran adalah tempat wisata Surabaya yang terkenal bagi keluarga yang ingin menikmati suasana pantai. Selain menikmati suasana Pantai Kenjeran, pengunjung juga dapat memancing, membeli ikan, dan menaiki perahu. Saran saya, bawalah tikar untuk duduk-duduk santai di bawah pohon dan menikmati suasana Pantai Kenjeran. Terdapat juga sarana permainan anak di Pantai Kenjeran sehingga Pantai Kenjeran sangat cocok untuk kegiatan wisata keluarga.

Tempat Wisata Kuliner Surabaya

Pastinya di saat kamu ingin berkunjung ke Surabaya, kamu juga ingin mencicipi kulineran khas kota tersebut. Tapi kira-kira yang wajib apa saja ya? Berikut beberapa tempat wisata kuliner Surabaya yang direkomendasikan:

1. Nasi Cumi Waspada

Kuliner Surabaya - Nasi Cumi Waspada
Nasi Cumi Waspada
Mulai dari kafe dengan interior yang instagrammable sampai restoran elite dengan bujet tinggi, semua ada di Surabaya. Walau begitu, tempat wisata kuliner Surabaya yang masih tradisional dan lebih merakyat pun juga masih eksis. Bahkan, dengan kelezatannya yang khas dan harga yang tak menguras kantong, PKL atau warung sederhana pinggir jalan pun banyak digemari. Salah satu kuliner Surabaya tradisional yang murah dan enak adalah Nasi Cumi Waspada. Lokasinya berada di belakang Pasar Atom, tepatnya di Jalan Wasapada, Pabean, Cantikan, Surabaya. Di warung PKL yang buka 24 jam ini, nasi cumi yang ditawarkan sangat menggoda. Panasnya nasi dipadu dengan cumi tinta dan beberapa menu lainnya akan membuat selera makan kamu semakin bertambah sejak suapan pertama. Untuk menu cumi sendiri, harga yang dipatok mulai dari Rp13.000,00 sampai Rp20.000,00. Ada empat variasi nasi cumi yang ditawarkan: nasi biasa (nasi+cumi+peyek udang), nasi campur (nasi+cumi+empal+telur+peyek udang), nasi komplet (nasi+cumi+mi goreng+usu+paru+babat+peyek udang), dan nasi rawon cumi. Jika kamu bukan pencinta cumi, ada juga beberapa menu lainnya seperti nasi ayam, nasi paru, nasi tongkol, dan lain-lain.

2. Soto Ayam Lamongan Cak Har

Soto Ayam Lamongan Cak Har
Soto Ayam Lamongan Cak Har
Tidak jauh dari ITS, kamu bisa menemukan tempat wisata kuliner Surabaya yang terkenal. Tak hanya untuk kalangan mahasiswa, pengunjung dari berbagai kalangan juga datang berbondong-bondong ke Jalan dr. Ir. H. Sokearno (Merr) Surabaya untuk menikmati kuliner Surabaya yang satu ini. Pasalnya, soto ayam yang dihidangkan selalu berhasil membuat ketagihan dan ramah kantong dengan harga hanya sekitar Rp20.000,00-an. Jika kamu tidak menyukai bagian-bagian tertentu, kamu bisa mengutarakannya. Contohnya, kamu memesan seporsi soto ayam dengan daging bagian dada tanpa kulit. Maka yang akan tersaji dalam mangkuk kamu adalah daging ayam bagian dada tanpa kulit tanpa campuran lainnya. Selain itu, kuah kuningnya juga segar dan menggoda indra penglihatan maupun indra pengecap. Aroma kaldunya juga menyerbak bersama dengan kepulan uap yang hangat. Kamu yang menyukai koya pun dapat menambahkan sendiri sebanyak yang kamu mau tanpa harus membayar lebih.

3. Sate Klopo Ondomohen

Sate Klopo Ondomohen
Sate Klopo Ondomohen
Klopo merupakan bahasa Jawa untuk menyebut kelapa. Lantas, apa hubungan antara sate dan kelapa? Apakah sate yang terbuat dari daging digantikan oleh kelapa? Atau sate yang diberi taburan parutan kelapa sebagai pengganti bawang goreng? Jawabannya bukan keduanya. Sate Klopo Ondomohen merupakan sate daging sapi, ayam, usus, udang, atau sumsum yang dibakar dan disajikan dengan bumbu sate seperti umumnya. Akan tetapi, walaupun terlihat sama, lidah kamu akan merasakan perbedaan rasa yang lebih menggoda. Irisan sate di tempat kuliner Surabaya ini lebih besar dan sudah dibumbui terlebih dahulu dengan kelapa yang telah disangrai, inilah yang menyebabkan Sate Klopo Ondomohen menjadi lebih gurih. Dengan bermodalkan Rp20.000,00 saja, kamu bisa mendapatkan seporsi Sate Klopo Ondomohen di Jalan Walikota Mustajab no. 36, Surabaya.

Tempat Wisata Kuliner Surabaya Lainnya

Selain yang sudah disebutkan di atas, masih banyak tempat wisata kuliner Surabaya lainnya yang juga harus kamu kunjungi. Untuk Daftar lengkapnya kamu dapat lihat di: Kuliner Surabaya Legend: 18 Udah Terjamin Enaknya (Dijamin Maknyuss)
Join the discussion

6 comments

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!