12 Tempat Wisata di Surabaya yang Mungkin Belum Pernah Kamu Kunjungi
Hutan Bambu dan Taman Harmoni Keputih

12 Tempat Wisata di Surabaya yang Mungkin Belum Pernah Kamu Kunjungi

Surabaya adalah ibukota dari Provinsi Jawa Timur dan merupakan kota terbesar ke 2 di Indonesia. Selain merupakan pusat bisnis dan pendidikan di Jawa Timur, kota yang dikenal sebagai kota pahlawan ini ternyata juga memiliki banyak tempat wisata menarik. Apa saja tempat wisata Surabaya yang wajib dikunjungi? Simak ulasannya berikut ini.

12. Klenteng Sanggar Agung

Klenteng Sanggar Agung (ahmed25_al.ali)
Klenteng Sanggar Agung (ahmed25_al.ali)

Klenteng ini merupakan salah satu klenteng yang cukup besar, didirikan di atas tanah seluas 4,000 meter persegi. Berada di tengah-tengah hutan mangrove serta menghadap ke arah pantai, membuat klenteng ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Yang membuat kelenteng yang dibuka pada tahun 1999 ini unik, adalah berdirinya patung Dewi Kwan Im setinggi 20m yang terletak di tepi laut. Patung ini dibangung karena dipercaya ada karyawan klenteng yang melihat perempuan berjubah putih berjalan di atas air pada suatu malam, dan dipercaya perempuan itu adalah Dewi Kwan Im.

Harga tiket masuknya gratis, hanya membayar parkir sesuai dengan kendaraan yang kamu bawa.

11. Jembatan Suramadu

Wisata Surabaya - Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu adalah jembatan di atas perairan selat Madura. Sesuai dengan namanya, Jembatan Suramadu menghubungkan Surabaya dan Madura. Dengan panjang hampir mencapai 5,500 meter, Jembatan Suramadu adalah jembatang yang terpanjang di Indonesia. Dibangung dengan tujuan awal mempercepat pembangunan Madura, sekarang ini Jembatan Suramadu telah menjadi ikon sekaligus tempat wisata Surabaya yang sangat terkenal.

10. Ciputra Waterpark

Wisata Surabaya - Ciputra Waterpark
Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark merupakan sebuah wahana wisata air yang terbesar di Surabaya dengan luas sekitar 5 hektar. Berlokasi di Surabaya Barat, Ciputra Waterpark mempunyai tema menyerupai dongeng Petualangan Sinbad sehingga anak-anak pasti menyukainya. Kedalaman air di Ciputra Waterpark tidak dalam karena Ciputra Waterpark dibuat untuk bermain air, bukan berenang, kolam yang paling dalam hanya sekitar 1 meter saja sehingga bila kamu tidak bisa berenang tidak perlu kuatir tenggelam. Harga tiket masuk Ciputra Waterpark adalah 70,000 Rupiah untuk hari biasa, dan 90,000 Rupiah pada akhir pekan. Untuk orang tua berusia di atas 60 tahun, harga tiketnya gratis, cukup menunjukkan KTP saja.

9. Hutan Bambu dan Taman Harmoni Keputih

Hutan Bambu dan Taman Harmoni Keputih
Hutan Bambu dan Taman Harmoni Keputih

Tidak perlu jauh-jauh ke Asia Timur untuk berfoto dengan latar belakang bambu yang memesona. Datang saja ke hutan yang terletak bagian timur Kota Surabaya, yaitu di Jl. Raya Marina Asri, Keputih. Banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata di Surabaya ini untuk jalan-jalan, bersantai, bahkan untuk pemotretan pranikah. Di tempat wisata yang satu ini, kamu bisa mendapatkan foto yang Instagramable secara cuma-cuma.

Setelah menyusuri Hutan Bambu, cobalah menuju Taman Harmoni yang berada di belakang Terminal Keputih. Suasananya tidak kalah rindang dan ada banyak bunga yang indah. Tempat ini sangatlah sesuai untuk jogging dan olah raga pada pagi hari, apalagi ditambah dengan adanya area refleksi kaki yang dapat menyehatkan tubuh.

Jangan ragu membawa buah hati ke tempat wisata di Surabaya yang satu ini. Di sini, mereka tidak akan merasa bosan. Sebab, ada arena anak-anak yang dilengkapi bermacam permainan.

8. Kebun Binatang Surabaya

Wisata Surabaya - Kebun Binatang Surabaya
Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya adalah salah satu tempat wisata Surabaya yang populer. Berlokasi di Jalan Setail, dulunya Kebun Binatang Surabaya adalah kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara. Harga tiket masuk Kebun Binatang Surabaya yang mempunyai luas sektiar 37 hektar ini adalah 15,000 Rupiah.

7. House of Sampoerna

Wisata Surabaya - House of Sampoerna
House of Sampoerna

House of Sampoerna merupakan salah satu tempat wisata Surabaya yang wajib dikunjungi karena museum yang berlokasi di Surabaya Lama ini merupakan bangunan bersejarah sekaligus museum yang menarik. Dengan bangunan bergaya Belanda dan tiang depan unik berbentuk rokok,

House of Sampoerna merupakan tempat bersejarah yang dilestarikan negara. Museum House of Sampoerna mempunyai koleksi alat pengolah tembakau, foto keluaga, berbagai jenis pematik, replika kios, alat-alat musik, dan lain-lain. Selain itu kita juga dapat membeli souvenir dan melihat proses pembuatan rokok di lantai 2 House of Sampoerna.

6. Wisata Hutan Mangrove Wonorejo

Wisata Surabaya - Hutan Mangrove Wonorejo
Hutan Mangrove Wonorejo

Wisata Hutan Mangrove Wonorejo adalah salah satu tempat wisata Surabaya yang paling favorit untuk kategori wisata alam. Jauh dari keramaian kota, Hutan Mangrove Wonorejo adalah tempat yang cocok untuk menikmati ketenangan alam. Berlokasi deket dengan Bandara Juanda Surabaya, Hutan Mangrove Wonorejo menawarkan keindahan alam yang alami.

Di Hutan Mangrove Wonorejo kamu dapat berjalan menyusuri jembatan bambu di atas air dan menembus hijaunya Hutan Mangrove Wonorejo. Alternatif lain adalah menikmati Wisata Hutan Mangrove Wonorejo dengan menggunakan perahu.

5. Monumen Kapal Selam

Wisata Surabaya - Monumen Kapal Selam
Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam merupakan sebuah museum yang terletak di pusat kota Surabaya. Museum Monumen Kapal Selam adalah kapal selam yang sebenarnya.

Dahulu kapal selam ini pernah ikut serta dalam pertempuran pembebasan Irian Barat dari Belanda. Monumen yang berlokasi di Jalan Pemuda ini sangat menarik untuk dilihat karena jarang sekali kita dapat melihat dan masuk ke dalam kapal selam yang sesungguhnya.

4. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan
Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan merupakan sebuah monumen yang paling terkenal di kota Surabaya. Monumen yang terletak di Jalan Pahlawan ini mempunyai tinggi lebih dari 40 meter dan berbentuk sepeti paku terbalik. Tugu Pahlawan dibuat di atas lahan seluas lebih dari 1 hektar untuk memperingati dan menghormati seluruh prajurit Surabaya yang gugur dalam perang melawan para penjajah. Selain itu, di bawah tanah Tugu Pahlawan juga terdapat museum berisi foto-foto dokumentasi.

3. Taman Bungkul

Taman Bungkul
Taman Bungkul

Berada di Jalan Raya Darmo, Taman Bungkul adalah tempat favorit untuk kumpul-kumpul warga Surabaya. Taman Bungkul di lengkapi dengan tempat bermain anak-anak, jogging track, amfiteater, tempat bermain skateboard, kolam air mancur, internet, dan suasana hijau. Banyak acara hiburan dan kebudayaan yang digelar di Taman Bungkul. Apabila anda ingin berwisata kuliner, di Taman Bungkul juga ada banyak penjual makanan khas Surabaya.

2. Rumah Batik

Rumah Batik
Rumah Batik

Rumah Batik yang berlokasi di Jalan Tambak Dukuh mempunyai koleksi batik sebanyak lebih dari 2,000 lembar dengan corak dan motif yang berbeda-beda dan berasal dari berbagai tempat di Indonesia. Rumah Batik ini pernah mendapatkan rekor batik dengan logo Surabaya Terbesar.

1. Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran
Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran adalah tempat wisata Surabaya yang terkenal bagi keluarga yang ingin menikmati suasana pantai. Selain menikmati suasana Pantai Kenjeran, pengunjung juga dapat memancing, membeli ikan, dan menaiki perahu. Saran saya, bawalah tikar untuk duduk-duduk santai di bawah pohon dan menikmati suasana Pantai Kenjeran. Terdapat juga sarana permainan anak di Pantai Kenjeran sehingga Pantai Kenjeran sangat cocok untuk kegiatan wisata keluarga.

Join the discussion

6 comments

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!