11 Tempat Wisata Hits di Belitung Paling Menarik untuk Dikunjungi
Pulau Kepayang, Belitung (inews)

11 Tempat Wisata Hits di Belitung Paling Menarik untuk Dikunjungi

Sebelum kita membahas tempat-tempat wisata hits di Belitung, pasti kamu tahu, Belitung menjadi hits sejak munculnya novel dan film Laskar Pelangi. Bagaimana Andrea Hirata menceritakan alam Belitung dalam novelnya, yang kemudian divisualisasikan dalam film dengan begitu indahnya, tentu membuat banyak orang menjadi tertarik dan penasaran. Tak ayal, Belitung pun akhirnya jadi salah satu tujuan wisata hits hingga kini.

Meski pandemi melanda, namun dengan mengikuti protokol kesehatan dengan disiplin, kamu tetap bisa kok liburan ke Belitung. Jika fix akan kesana, jangan bingung mau kemana karena berikut ada rekomendasi pilihan wisata hits di Belitung yang bisa kamu kunjungi nantinya.

List Tempat Wisata Hits di Belitung

1. Pulau Lengkuas

Tempat Wisata Hits di Belitung - Pulau Lengkuas
Tempat Wisata Hits di Belitung – Pulau Lengkuas

Pulau yang satu ini sangat cantik. Apalagi jika kamu melihatnya dari atas mercusuar yang sangat tinggi yang ada di pulau ini. Ya, Pulau Lengkuas memang terkenal dengan mercusuarnya yang berwarna putih itu.

Letaknya yang tepat berada di tengah pulau membuatnya sangat menarik. Deretan bebatuan, ombak yang cantik, dan pemandangan laut serta ke semuanya bisa kamu dapatkan saat naik ke atas mercusuar di Pulau Lengkuas ini.

2. Pantai Penyabong

Tempat Wisata Hits di Belitung - Pantai Penyabong
Tempat Wisata Hits di Belitung – Pantai Penyabong

Pantai ini punya sesuatu yang unik, yakni dekat dengan Bukit Beginde. Sebuah tempat yang punya dua buah batu granit raksasa. Pantai dengan pasir putih, air lautnya yang biru kehijauan, serta sejuknya air yang bertiup saat kamu berteduh di bawah pepohonan, sangatlah memuaskan.

Apalagi dengan tidak terlalu ramainya tempat ini. Dijamin deh, saat kamu ke sana, kamu akan merasa tenang dan damai

3. Pantai Punai

Pantai Punai, Belitung (moodster)
Tempat Wisata Hits di Belitung – Pantai Punai, Belitung (moodster)

Pantai Punai punya batuan granit yang lumayan banyak. Aneka bentuk batu granit yang ada di sana jadi keunikannya.

Banyak dari yang berfoto berlatar batu-batu granit ini. Membuat hasil jepretan terlihat sangat Instagramable. Dan ya, seperti pantai yang dibahas sebelumnya, Pantai Punai juga punya pasir putih yang cantik.

4. Museum Kata

Tempat Wisata Hits di Belitung - Museum Kata
Tempat Wisata Hits di Belitung – Museum Kata

Ini tempat pertama yang ada kaitannya dengan novel dan film Laskar Pelangi. Museum Kata, sebuah tempat yang isinya beraneka ragam buku yang merupakan milik dari penulis novel Laskar Pelanginya sendiri. Ya, siapa lagi kalau bukan Andrea Hirata.

Beliau mendirikan museum ini sebagai pengingat agar beliau dan kita semua selalu mencintai dan menghargai tulisan dan karya sastra. Selain  buku-buku, di museum ini juga kamu bisa foto-foto yang menceritakan isi novel Laskar Pelangi. Dari awal cerita hingga akhir cerita.

5. Danau Kaolin

Danau Kaolin
Tempat Wisata Hits di Belitung – Danau Kaolin

Tempat ini sangat indah. Hamparan permukaan danau yang tampak berwarna biru pekat dengan dikelilingi daratan pasir yang putih berkilauan. Di tengah danau ada bukit kecil yang berupa gundukan tanah. Karena cantiknya tempat ini banyak yang menyebut Danau Kaolin Belitung sebagai salah satu surga dunia.

6. Pantai Serdang

Tempat Wisata Hits di Belitung - Pantai Serdang, Belitung (tripadvisor)
Tempat Wisata Hits di Belitung – Pantai Serdang, Belitung (tripadvisor)

Ya, Belitung memang kaya akan pantai. Dan Pantai Serdang adalah salah satu di antaranya. Di pantai ini, kamu bisa melihat matahari terbit. Pemandangan pepohonan pinus yang berjejer di pinggir pantainya juga tak kalah indah.

Namun hati-hati saat ke pantainya. Ombak di pantai Serdang lumayan besar. Jika tak bisa berenang, akan lebih baik jika mainnya di pinggir saja. Toh menikmati indahnya pantai ini pun dijamin sudah membuat puas. Pasir putih yang sangat bersih serta birunya air laut di sana benar-benar mengagumkan.

7. Batu Mentas

Tempat Wisata Hits di Belitung - Batu Mentas, Belitung (tripadvisor)
Tempat Wisata Hits di Belitung – Batu Mentas, Belitung (tripadvisor)

Bosan dengan pantai? Tak usah khawatir. Kamu bisa main ke hutan lindung yang asri. Di sana banyak pohon-pohon rindang yang menjulang tinggi. Namanya Batu Mentas. Sesuai jenis hutannya, yakni hutan lindung, di dalamnya ada beberapa jenis satwa langka yang dilindungi. Misalnya saja seperti Pelile’an yang lucu.

8. Pulau Kepayang

Tempat Wisata Hits di Belitung - Pulau Kepayang, Belitung (inews)
Tempat Wisata Hits di Belitung – Pulau Kepayang, Belitung (inews)

Pulau Kepayang disebut juga sebagai Pulau Babi. Sebuah pulau yang memiliki luas sekitar 12 hektar. Di antara pulau-pulau yang ada di Belitung, Pulau Kepayang merupakan pulau yang terbesar. Dan tentu, pulau ini juga dikelilingi oleh pantai berpasir putih yang indah, serta batu granit menjulang di sana sini.

9. Wisata Laskar Pelangi

Sekolah Laskar Pelangi, Belitung (liputan6)
Sekolah Laskar Pelangi, Belitung (liputan6)

Ini tempat lain yang ada hubungannya dengan novel dan juga film Laskar Pelangi. Sebuah tempat yang bentuknya berupa bangunan Sekolah Dasar yang dipakai tempat syuting film tersebut. Dengan tambahan di sana-sini, bangunan tersebut kini diubah menjadi tempat layaknya sebuah museum.

Ada novelnya, lukisannya, aksesoris-aksesorisnya, sampai hiasan yang ada di filmnya. Masuk ke dalam bangunan ini, apalagi jika kamu sudah menonton filmnya, pasti akan membuat berdecak kagum.

10. Tirta Marundang

Pemandian Tirta Marundang Indah, Belitung (tripadvisor)
Tempat Wisata Hits di Belitung – Pemandian Tirta Marundang Indah, Belitung (tripadvisor)

Tempat ini adalah sebuah tempat wisata baru. Dulunya, ini merupakan sebuah sungai. Namanya Sungai Marundang. Sungai yang memesona dengan keindahan alami serta airnya yang jernih.

Bahkan saking jernihnya, kamu bisa melihat batu-batuan dan berbagai benda yang ada di dasar sungai ini. Selain tentunya juga ikan air tawar yang berenang ke sana ke mari. Kesejukan dan keasriannya pasti akan membuatmu betah berlama-lama di sana.

11. Air Terjun Gurok Beraye

Tempat Wisata Hits di Belitung - Air Terjun Gurok Beraye (danu_sofwan)
Tempat Wisata Hits di Belitung – Air Terjun Gurok Beraye (danu_sofwan)

Wow, selain pantai, sungai, dan danau, Belitung juga menawarkan tempat wisata air terjun. Salah satunya adalah Air Terjun Gurok Beraye. Sebuah air terjun alami yang debit airnya sangat tergantung musim. Saat musim hujan, air terjunnya besar. Dan sebaliknya.

Dan ya, seperti kebanyakan air terjun lainnya yang berada di alam yang hijau dan asri, begitu juga dengan air terjun ini. Keasrian alamnya sangat membuat rileks siapa pun yang datang ke sana.

Itu dia 11 tempat hits yang wajib kamu singgahi ketika sedang berada di Belitung. Kamu tertarik untuk mengunjunginya? Cek harga tiket pesawat murah di sini. Siapa tahu waktunya pas dengan rencana berlibur dan harganya murah pula!

Untuk transportasi dari dan menuju bandaranya sih tak perlu bingung. Kamu bisa pesan taxi Blue Bird ke bandara yang bisa dipesan dengan mudah lewat Traveloka.

Selain tempat-tempat di atas, masih ada beberapa tempat wisata di Belitung yang cukup menarik, kamu dapat melihatnya di sini: 10 Tempat Wisata di Belitung yang Wajib Dikunjungi

Ah ya, jangan lupa untuk selalu taat protokol kesehatan. Di mana pun kamu berada. Ke mana pun tujuan liburanmu, selalu berisiko terinfeksi. Kamu bisa coba menghindarinya semaksimal mungkin dengan melaksanakan prokes dengan disiplin. Jadi, kapan nih ke Belitung?

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!