6 Tips Memilih Kamera DSLR Dengan Tepat
Membidik Foto (marcoxu)

6 Tips Memilih Kamera DSLR Dengan Tepat

Memilih kamera DSLR untuk pertama kalinya merupakan hal yang cukup tricky. Apalagi kalau Anda baru pertama kali menggunakannya dan ingin belajar fotografi secara profesional. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik agar kamera yang nantinya diberi bisa sesuai dengan kebutuhan.

Jangan asal membeli kamera apabila tidak memahami apa saja fungsi dan juga penggunaannya. Lebih baik melakukan beberapa riset dan membeli secara berhati-hati. Dengan begitu, kamera pertama yang dimiliki bisa digunakan secara maksimal. Simak tips sederhana memilih kamera DSLR di bawah ini.

1. Tentukan Tujuan Pembelian

tips memilih kamera dslr - Kamera dengan Lanskap (patuphotos)
Kamera dengan Lanskap (patuphotos)

Hal pertama yang harus dilakukan apabila ingin membeli kamera DSLR pertama adalah dengan menentukan terlebih dahulu tujuan. Setiap orang membeli kamera karena tujuan tertentu mulai dari ingin belajar, memanfaatkannya sebagai hobi, sampai menggunakannya untuk kebutuhan profesional.

Apabila digunakan untuk sekedar hobi, tentu kamera jenis apapun bisa dipakai. Kecuali jika seseorang ingin menggunakannya untuk kebutuhan profesional seperti membuka studio foto atau melayani berbagai jenis pekerjaan fotografi. Kamera yang digunakan wajib berkualitas.

Itulah kenapa sebelum membeli, tentukan terlebih dahulu tujuan penggunaan kamera DSLR. Dengan begitu, kamera yang dibeli bisa sesuai dan mengakomodasi kebutuhan.

2. Dimensi Barang

tips memilih kamera dslr - Kamera DSLR (andrewhutchings)
Kamera DSLR (andrewhutchings)

Kamera DSLR memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Ada yang memiliki ukuran besar dan ada juga yang ukurannya cukup mini sehingga bisa dibawa kemanapun.

Sebelum memutuskan untuk beli, disarankan untuk mengetahui kira-kira dimensi barang seperti apa yang dibutuhkan.

Apabila Anda sering sekali melakukan perjalanan ke luar kota untuk bekerja atau sekadar melakukan travelling. Ukuran dari kamera disarankan tidak terlalu besar atau yang nyaman saat digenggam.

Sebaliknya jika kamera akan digunakan untuk kebutuhan indoor atau berada di dalam studio. Ukurannya boleh besar atau kecil karena tidak akan mengganggu seseorang untuk bergerak. Jadi, pastikan terlebih dahulu kamera tersebut akan sering digunakan untuk apa.

3. Sesuaikan dengan Bujet

Kamera dan Makanan (brookelark)
Kamera dan Makanan (brookelark)

Hal yang tidak kalah penting saat akan membeli kamera DSLR adalah budget yang dimiliki saat ini. Harga kamera DSLR bervariasi mulai dari yang rendah hingga yang paling tinggi.

Umumnya harga yang paling rendah berkisar pada Rp5 juta. Sementara itu untuk harga yang tinggi bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Karena kamera pertama akan digunakan sebagai belajar atau untuk kebutuhan hobi. Ada baiknya untuk membeli produk dengan harga yang terjangkau terlebih dahulu.

Apabila sudah menguasai berbagai jenis dasar fotografi. Barulah Anda bisa melakukan upgrade dengan membeli kamera yang lebih profesional dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

4. Kenali Merek

tips memilih kamera dslr - Memori Kamera (samsungmemory)
Memori Kamera (samsungmemory)

Setiap orang memiliki preferensi tersendiri terkait dengan jenis atau merek dari kamera yang nantinya akan digunakan. Itulah kenapa, Anda disarankan untuk melakukan riset terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda akan tahu kira-kira merek apa saja yang memang direkomendasikan oleh banyak orang.

Merek dari kamera jenisnya ada banyak dan setiap produk memiliki spesifikasi sendiri-sendiri. Itulah kenapa tidak ada salahnya juga untuk mencari tahu kira-kira merk apa saja yang paling laris baik di Indonesia atau dunia. Setelah itu baru cari tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing merek.

Apabila sudah memiliki ketertarikan terhadap merek tertentu barulah Anda bisa mencari kira-kira kamera apa dari merek tersebut yang bisa dibeli. Dengan begitu kamera DSLR yang akan didapatkan bisa sesuai dengan kebutuhan.

Untuk melakukan ini Anda tidak perlu tergesa-gesa. Luangkan waktu untuk melakukan riset hingga akhirnya mendapatkan produk yang benar-benar sesuai baik secara harga hingga kebutuhan.

5. Pahami Fungsi atau Fitur Kamera

Membidik Foto (marcoxu)
Membidik Foto (marcoxu)

Setiap kamera memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Itulah kenapa sebelum memutuskan untuk beli kamera DSLR untuk yang pertama kali. Anda disarankan untuk memahami beberapa fungsi dasar dari kamera.

Anggap saja Anda ingin memahami bagian dari lensa yang digunakan pada kamera. Kira-kira lensa apa saja yang digunakan pada beberapa jenis produk. Selanjutnya memahami fitur yang berhubungan dengan sensor dan juga pengolahan gambarnya.

Dengan memahami beberapa fungsi dasar ini. Anda bisa dengan mudah untuk melakukan proses perbandingan. Jadi akan tahu apa saja keunggulan dari masing-masing kamera DSLR yang ada di pasaran.

6. Buat Perbandingan

tips memilih kamera dslr - 2 Kamera Berbeda (rosalindchang)
2 Kamera Berbeda (rosalindchang)

Hal terakhir yang harus diperhatikan apabila ingin membeli kamera DSLR di manapun termasuk di Blibli adalah membuat perbandingan produk. Anda bisa membuatnya dalam bentuk catatan atau tabel.

Tabel perbandingan bisa berisi harga dari produk lalu spesifikasinya secara lengkap. Dengan membuat tabel perbandingan itu,  Anda bisa melihat kira-kira mana saja kamera DSLR yang paling memenuhi kebutuhan.

Terkadang kamera tidak bisa memenuhi semua kebutuhan yang dimiliki. Tetapi ada kamera yang bisa memenuhi sebagian besar kebutuhan sehingga bisa dipilih untuk dibeli sesegera mungkin.

Dengan menyimak berbagai jenis tips yang digunakan untuk memilih kamera DSLR pertama. Anda bisa menentukan sendiri kira-kira jenis Kamera apa yang nantinya bisa digunakan sebagai alat untuk belajar sebelum beralih ke fungsi profesional.

Apabila ingin membeli, disarankan untuk memilih toko yang menang benar-benar terpercaya. Apabila ingin membeli secara online wajib menggunakan platform jual-beli yang aman seperti Blibli. Dengan begitu, seluruh transaksi yang dilakukan akan berjalan secara aman dan barang bisa sampai rumah dengan selamat.

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!