12+ Tempat Wisata di Ciwidey yang Wajib Dikunjungi
Ranca Upas (hirroharry)

12+ Tempat Wisata di Ciwidey yang Wajib Dikunjungi

Sebelum kita membahas tempat wisata di Ciwidey, Ciwidey merupakan sebuah nama kecamatan yang letaknya dekat dengan kota Bandung. Tahukah Anda tentang asal nama unik Ciwidey ini? Ternyata nama Ciwidey asalnya dari bahasa Portugis Kuno, di mana Ciwi artinya adalah Kiwi dan Dey artinya adalah hari. Ada juga yang menyebutkan bahwa Ciwidey asalnya dari bahasa Yunani Kuno, di mana Ciwow artinya Sapi dan Dos artinya adalah lima.

Dipercaya bahwa pada saat itu, daerah yang kini terkenal dengan berbagai jenis tempat wisata ini adalah tempat lahirnya sapi berkepala lima. Sapi tersebut terletak di Rumah Sembah Sapi yang dimiliki oleh Raden Batubara. Namun, belum diketahui dengan jelas apakah kedua arti dari nama Ciwidey ini nyata atau mitos belaka. Yang jelas, untuk urusan tempat wisata, Ciwidey bukan mitos belaka.

Apa saja tempat wisata yang ada di Ciwidey? Nah, di bawah ini kami akan memberikan Anda 7 tempat paling nge-hits dan direkomendasikan jika Anda berkunjung ke Bandung dan berkesempatan untuk mampir ke Ciwidey. Yuk, simak baik-baik ya!

1. Teras Bintang

Teras Bintang (binsarigntr)
Teras Bintang (binsarigntr)

Tempat wisata yang satu ini masih terbilang cukup baru. Teras yang berbentuk seperti bintang ini memang dibangun dikarenakan maraknya peminat foto-foto di lokasi wisata. Dengan udara sejuk dan pemandangan yang indah akan membuat kamu betah untuk lama-lama di sini.

Ada rencana untuk membangun teropong bintang besar untuk melihat angkasa raya. Selain rekreasi, tempat lokasi ini akan menjadi tempat edukasi juga bagi para pengunjungnya. Biaya masuknya hanya 20.000 Rupiah per orang.

2. Situ Patenggang

Tempat Wisata di Ciwidey - Situ Patenggang
Situ Patenggang

Jika berangkat dari kota Bandung, maka Anda setidaknya sudah berada sekitar 47 km dari tempat wisata di Ciwidey ini. Letaknya ada di selatan Bandung, tempat ini adalah tempat wisata yang menyuguhkan keindahan danau yang indah. Di sini Anda bisa menikmati pemandangan dengan menggunakan perahu lho. Untuk menyewa perahu, Anda harus mengeluarkan biaya kurang lebih 150.000 hingga 250.000 Rupiah saja, tergantung pada kapasitas perahu yang Anda inginkan.

Wisata seperti ini cocok untuk Anda yang membawa rombongan keluarga atau teman-teman karena Situ Patenggang ternyata merupakan tujuan wisata paling favorit untuk rombongan. Untuk masuk, Anda harus membayar tiket masuk 15.000 Rupiah per orangnya. Untuk tarif parkirnya, mobil atau minibus adalah 11.000 Rupiah dan bus 22.000 Rupiah.

3. Bukit Jamur Ciwidey

Bukit Jamur, Rancabolang, Ciwidey (talskii), Wisata Ciwidey Bukit Jamur
Bukit Jamur, Ciwidey (talskii) – Tempat Wisata Ciwidey Bukit Jamur

Walau disebut bukit jamur, tetapi bukan pemandangan perbukitan yang ditumbuhi oleh jamur loh. Tempat ini sengaja ditumbuhi cemara pendek dengan dedaunan yang dipotong menyerupai jamur, karena hal tersebut, makanya disebut bukit jamur. Tempat wisata Ciwidey Bukit Jamur ini sangat diminati para pemburu foto instagrammable.

Biaya masuknya juga tergolong murah, hanya 5.000 rupiah saja per orang. Tetapi perlu diperhatikan jalan menuju ke tempat ini cukup menanjak serta dipenuhi dengan kerikil, sehingga bagi kamu yang akan membawa kendaraan pastikan kendaraanmu dalam keadaan prima.

4. Kawah Putih Ciwidey

Tempat Wisata di Ciwidey - Kawah Putih Ciwidey
Tempat Wisata di Ciwidey – Kawah Putih Ciwidey

Tidak lengkap rasanya kalau ke Ciwidey tapi tidak mampir ke Kawah Putih. Rasanya, Bandung memang juga terkenal dengan Kawah Putihnya, ya? Nah, di 44 km dari Bandung, Anda bisa menemukan Kawah Putih Ciwidey, tepatnya di Rancabali. Dengan pemandangan yang memikat, air danau berwarna putih agak kehijauan yang berpadu dengan batuan kapur putih adalah suguhan yang menenangkan.

Menurut cerita, wisata Ciwidey Kawah Putih adalah tempat roh leluhur berkumpul. Bahkan, salah satu puncaknya juga dipercaya sebagai tempat rapatnya para leluhur lho. Keren, ya? Ada cerita gaib juga di tempat ini, yaitu beberapa masyarakat lokal melihat domba berbulu putih di sini. Menurut mereka, domba-domba tersebut adalah jelmaan leluhur. Makin penasaran dan ingin segera datang ke kawah putih Ciwidey? Siapkah 15.000 Rupiah per orang untuk tiket masuk ya. Dan juga 15.000 Rupiah untuk parkir kendaraan roda empat.

5. Bumi Kemah Ranca Upas

Ranca Upas (hirroharry) -  Tempat Wisata Ciwidey Ranca Upas
Ranca Upas (hirroharry) – Tempat Wisata Ciwidey Ranca Upas

Letaknya tidak jatuh dari Kawah Putih, yaitu di Desa Alam Endah. Jika Anda berangkat dari kota Bandung, maka Anda harus menempuh sekitar 56 km untuk bisa sampai ke tempat ini. Hanya dengan 10.000 Rupiah per orang, Anda sudah bisa menikmati wisata di Ranca Upas. Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin berkemah, Anda bisa menyewa peralatannya atau membawa sendiri dari rumah.

Nah, jangan khawatir soal makanan karena di sini banyak warung dengan menu yang enak. Dan yang tidak boleh dilewatkan adalah Anda bisa berkesempatan melihat kawanan rusa saat berkemah di sini.

Nah, itu dia 7 tempat paling hits yang harus Anda kunjungi jika Anda sedang berlibur atau berencana berlibur ke Bandung, tidak lengkap jika tidak mampir ke Ciwidey. Semoga daftar tempat yang kami berikan bisa menambah referensi liburan Anda ke Bandung, ya!

6. Kebun Teh Rancabali

Tempat Wisata di Ciwidey - Kebun Teh Rancabali
Kebun Teh Rancabali

Jika ingin melewati liburan yang tidak hanya hiburan tapi juga pas untuk mencari pengetahuan, maka kebun teh di Rancabali, Ciwidey ini adalah jawaban yang pas. Selain pemandangan yang akan membuat mata jadi segar lagi, dengan menambah 30.000 Rupiah saja, Anda bisa menggunakan jasa dari pemandu wisata dan memulai wisata penuh pengetahuan Anda di sini.

Anda bisa melihat langsung pengetahuan tentang menanam, pembibitan, cara membuka lahan, memelihara, memetik, memangkas hingga mengolah teh yang benar. Untuk bisa masuk ke tempat wisata ini, Anda harus membayar karcis seharga 5.000 Rupiah saja. Cocok untuk wisata alam bersama anak-anak, apalagi lokasi kebun ini mudah diakses dari Bandung.

7. Kawah Rengganis

Kawah Rengganis, Ciwidey (onepurn)
Kawah Rengganis, Ciwidey (onepurn)

Kawah Rengganis merupakan hasil dari meletusnya gunung sunda purba jutaan tahun lalu. Selain terkenal dengan keindahannya kawah ini merupakan kawah yang lebih ramah dibandingkan dengan Kawah Putih.

Pemandangan sekitar Kawah Rengganis lebih asri dan bau belerangnya tidak terlalu menyengat bila dibandingkan dengan Kawah Putih. Selain selfie, kamu juga dapat berendam air panas di sini karena airnya yang berkhasiat untuk terapi dan pengobatan penyakit kulit.

8. Ciwidey Valley Resort Hot Spring Water Park

Ciwidey Valley Resort Hot Spring Water Park (dederahmathidayat)
Ciwidey Valley Resort Hot Spring Water Park (dederahmathidayat)

Bagi kamu yang ingin berendam air panas di kawasan Ciwidey dengan tema perpaduan antara tradisional dan moderen, Ciwidey Valley Resort adalah pilihan yang tepat. Berdiri di atas lahan yang cukup luas, tentunya Ciwidey Valley Resort juga menyediakan tempat penginapan.

Selain villa-villa dan kamar-kamar yang disediakan, mereka juga dapat disebut sebagai wisata Ciwidey glamping juga loh. Bagaimana tidak, terdapat tenda-tenda khas Indian dengan fasilitas yang bersih dan lengkap layaknya glamping pada umumnya.

9. Kebun Stroberi

Kebun Stroberi
Kebun Stroberi

Ingin memetik langsung stroberi? Atau ingin tahu bagaimana bentuk dari pohon stroberi secara langsung? Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena di Ciwidey ada, lho. Di kebun yang letaknya di Alam Endah ini, Anda bisa menikmati hamparan kebun stroberi dan bisa langsung memetik alias panen stroberinya.

Apalagi dengan udara yang sejuk dan pemandangan menyegarkan yang akan Anda dapatkan, berkunjung ke kebun stroberi akan jadi pengalaman tak terlupakan. Yang tidak boleh dilewatkan juga adalah Anda bisa memetik dan menyantap buah stroberi secara langsung.

10. Glamping Lakeside Rancabali – Wisata Ciwidey Glamping

Glamping Lakeside Rancabali, Ciwidey
Wisata Ciwidey Glamping – Glamping Lakeside Rancabali, Ciwidey

Untuk kamu yang suka pengalaman menginap di dalam tenda camping, tapi dengan fasilitas lengkap layaknya hotel, pilihan wisata Ciwidey Clamping satu ini wajib kamu coba. Berlokasi di Danau SItu Patenggang membuat pemandangan saat menginap di Glamping Lakeside Rancabali menjadi tidak terlupakan.

Selain pengalaman glamping, pengelola juga menyediakan restoran yang tak kalah terkenalnya, Pinisi Resto. Tetap berada di tepi danau, kamu dapat menyantap makananmu sambil menikmati pemandangan sekitar yang masih sangat asri.

11. Pemandian Cimanggu

Pemandian Cimanggu
Pemandian Cimanggu

Mencari tempat wisata yang bisa membuat Anda kembali dengan keadaan segar dan bugar lagi? Anda bisa mendapatkannya di Pemandian Air Panas Cimanggu. Letaknya tidak jauh dari Bandung, hanya sekitar 45 km saja. Anda bisa mengambil jalur Ciwidey – Pangalengan jika ingin menuju tempat pemandian ini. Bayangkan, Anda menikmati air panas dengan pemandangan hamparan kebun teh yang menyegarkan? Pasti Anda pulang dengan badan dan pikiran yang fresh.

12. Palalangon Park Ciwidey – Tempat Wisata Ciwidey Park

Tempat Wisata Ciwidey Park - Palalangon Park, Ciwidey (petawisata)
Tempat Wisata Ciwidey Park – Palalangon Park, Ciwidey (petawisata)

Palalangon Park Ciwidey ini merupakan salah satu tempat yang cukup populer karena spot-spot fotonya. Tetapi selain banyaknya spot foto yang tersedia, Palalangon juga menawarkan aktivitas lain yang dapat kamu coba. Mulai dari berenang di kolam renang Palalangon Park Ciwidey hingga berkeliling danau dengan perahu bebek-bebekan yang tersedia di sana.

Dengan harga tiket masuk yang tergolong murah, kamu tentunya akan betah di sini. Tidak lupa tempat wisata Ciwidey Park ini menyediakan villa dan resort yang dapat kamu pesan apabila ingin menginap di area ini.

13. Pemandian Walini

Tempat Wisata di Ciwidey - Pemandian Walini
Pemandian Walini

Selain pemandian Cimanggu, ada juga pemandian Walini yang tidak hanya menyediakan air panas yang sumbernya langsung dari alam, tapi juga ada wahana perosotan untuk anak. Jika Anda pergi ke Situ Patenggang, Anda bisa mampir ke pemandian air panas ini karena letaknya tidak terlalu jauh. Selain itu, letaknya juga ada di kebun teh Walini, jadi Anda bisa menikmati keindahan dan sejuknya kebuh teh Walini juga.

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!