Hemat Dan Irit, Inilah Delapan Tempat Wisata Gratis di Bali
anekatempatwisata.com » Uncategorized » Hemat Dan Irit, Inilah Delapan Tempat Wisata Gratis di Bali

Hemat Dan Irit, Inilah Delapan Tempat Wisata Gratis di Bali

Wisata Gratis di Bali – Wisata alam yang menakjubkan, pantai berpasir putih, kaya akan budaya dan tradisi, ditambah dengan attitude masyarakatnya yang ramah, adalah beberapa kelebihan dari Pulau Dewata.

Tak heran jika banyak orang menjuluki Bali sebagai destinasi yang memiliki paket lengkap untuk urusan liburan. Dengan sederet keindahannya yang luar biasa, banyak yang mengira kalau belibur ke pulau ini haruslah menghabiskan budget yang fantastis.

Angel’s Billabong (balicheapesttours)
Angel’s Billabong (balicheapesttours)

Padahal, sebenarnya berlibur ke Bali tak melulu akan membuat kantong kamu jebol lho. Gak percaya? Berikut adalah 8 lokasi tempat wisata gratis yang di Bali yang sayang banget kalau kamu lewatkan. Yuk, intip listnya di sini!

BACA JUGA: 12 Cafe Baru yang Ngehits di Bali

8 Lokasi Wisata Gratis di Bali

1. Pura Petitenget di Seminyak

Alamat : 8592+7X4, Jl. Petitenget, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali
Map : Klik di sini

Penyuka wisata spiritual pasti mengenal Pura Petitenget ini. Pura yang berada di daerah Seminyak, Kabupaten Badung, Bali ini, adalah salah satu pura Hindu yang paling terkenal di Bali dan menjadi salah satu daya tarik wisata yang populer.

Wisata Gratis di Bali
Pura Petitenget – JalanYuk!

Daya tarik utama dari Pura Petitenget adalah arsitektur bangunan yang terbuat dari batu vulkanik hitam dan putih yang disusun dengan rapi dengan detail khas Bali yang indah. Kamu tidak hanya akan dihipnotis oleh kekayaan arsitekturnya, tapi juga pemandangan indah pantai di luar Pura.

BACA JUGA: Alas Harum Bali – Liburan Agrowisata Unik dan Penuh Tantangan

Hingga saat ini, Pura Petitenget masih aktif digunakan untuk kegiatan upacara agama Hindu seperti perayaan hari raya Hindu seperti Galungan dan Kuningan. Selain sebagai tempat beribadah, Pura Petitenget juga menjadi tempat kegiatan sosial seperti pementasan seni dan tari Bali.

2. Wisata Gratis di Bali – Galeri Lukisan Dana Sunari di Amed

Alamat : 77V5+HV7, Jl. Cemara, Sanur, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80227
Map : Klik di sini
Jam Operasional: 08.00 – 22.00 WITA

Pecinta seni tidak boleh melewatkan kunjungan ke Galeri Lukisan Dana Sunari di Amed, Bali. Selain memajang karya-karya dari pendirinya, Ida Bagus Dana Sunari, galeri ini juga memamerkan banyak karya seni yang terinspirasi oleh keindahan alam di Bali, seperti pemandangan pantai, sawah, dan gunung.

Wisata Gratis di Bali
Galeri Sunari – Situs Resmi

Daya tarik utama dari galeri ini adalah pergabungan apik antara warna-warna lukisan yang kuat dan pencahayaan di galeri ini. Jaminan deh, kamu akan betah berlama-lama memandangi masterpiece yang menenangkan jiwa dan menarik mata.

3. Pura Gunung Kawi Sebatu di Gianyar – Wisata Gratis di Bali

Alamat : Sebatu, Kec. Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali 80511
Map : Klik di sini
Jam Operasional: 08.00 – 18.00 WITA

Tempat wisata yang terletak di Desa Sebatu, Gianyar, ini adalah sebuah kompleks pura Hindu yang memiliki daya tarik utama berupa keindahan arsitektur tradisional ala Bali. Taman Pura Gunung Kawi Sebatu terdiri dari beberapa pura yang saling terhubung, termasuk Pura Dalem Pingit, Pura Tirta Empul, Pura Bukit Cinta, dan Pura Pancoran Pitu.

Pura Gunung Kawi Sebatu – wisato.id

Nah, setiap pura memiliki ciri khas dan fungsi masing-masing loh. Sebut saja, Pura Tirta Empul yang terkenal dengan kolam suci dan kegiatan penyucian diri.  Bekunjung ke sini sangat baik untuk ketenangan jiwa kamu. Selain kental dengan nuansa spiritual, kamu akan ditemani dengan suasana tropis khas Gianyar. Meskipun gratis, tapi kamu akan dikenakan charge tambahan jika ingin mandi di kolam-kolam yang berada di Pura ini.

4. Pantai Nyang Nyang di Uluwatu

Alamat : Nyang Nyang Beach, Jl. Raya Uluwatu Pecatu, Pecatu, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali
Map : Klik di sini

Pantai ini adalah hidden gem-nya Bali karena masih tersembunyi dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pasir putih yang bersih dan air laut yang biru jernih, plus dikelilingi oleh pemandangan bukit-bukit hijau yang menyejukkan adalah daya tarik utama dari Pantai Nyang Nyang.

Wisata Gratis di Bali
Pantai Nyang Nyang – Jonny Melon

Berhubung gak terlalu crowder, pantai ini sangat cocok untuk kamu yang suka ketenangan saat berjalan-jalan di pantai atau hanya duduk-duduk di pinggir pantai. Selain itu, ombak di pantai ini cukup bagus untuk kamu yang suka olahraga air.

Tapi kamu harus tetap berhati-hati karena arus di pantai ini cukup kuat dan berbahaya, lho. Jadi tidak disarankan untuk berenang terlampau jauh kalau kamu bukan seorang perenang pro. Tak hanya itu, jalur menuju pantai ini tergolong cukup menantang karena ada banyak perbukitan. Tapi, rasa Lelah kamu pastinya akan terbayarkan ketika kamu menyaksikan keindahan alam dari tempat wisata underrated yang satu ini.

5. Tegalalang Rice Terrace di Ubud

Alamat : Jl. Raya Tegallalang, Tegallalang, Kec. Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali 80561
Map : Klik di sini

Terletak 10 km dari Ubud, Tegalalang Rice Terrance menawarkan pemandangan yang spektakuler dari teras-teras hijau persawahan yang membentang sejauh mata memandang. Kebanyakan wisatawan yang datang ke sini menghabiskan waktunya dengan menikmati keindahan alam ini dengan berjalan-jalan di antara teras-teras sawah, mengabadikan momen sambil berfoto atau hanya duduk-duduk di warung-warung yang terletak di tepi sawah.

Teras Sawah Tegallalang
Teras Sawah Tegallalang

Kegiatan paling populer di tempat ini adalah berfoto dan mengabadikan moment lewat video untuk diunggah di sosial media. Waktu terbaik untuk kamu pecinta foto adalah saat matahari terbit atau terbenam, view sawah yang cantik akan membuat foto-foto kamu akan menjadi semakin menarik. Selain menikmati pemandangannya, kamu juga bisa mencoba wahana ayunan di atas lembah, taman gantung, atau berjalan di jembatan gantung.

6. Pantai Kuta di Kuta

Alamat : Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Map : Klik di sini

Rasanya tidak lengkap kalau sudah ke Bali tapi tidak ke Pantai Kuta. Pantai dengan pasir putih yang lembut, debur ombak yang ramah bagi perenang pemula, serta panorama matahari terbenam yang indah, adalah hadiah yang diberikan Sang Pencipta untuk kamu yang mengunjungi pantai yang tak pernah sepi pengunjung ini.

Pantai Kuta
Pantai Kuta

Selain dapat menikmati keindahan pantai secara gratis, kamu juga bisa cuci mata ke pusat perbelanjaan yang menjajakan karya seni, pakaian, hingga perhiasan. Kalau tiba-tiba lapar menyerang, tenang! Ada banyak restoran dan bar yang menyajikan berbagai hidangan lokal dan internasional.

BACA JUGA: Rekomendasi Tempat Glamping di Bali, Kemah Mewah Bak Sultan di Pulau Dewata

7. Water Blow di Nusa Dua

Alamat : Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80363
Map : Klik di sini
Jam Operasional: 09:00 – 18:00 WITA

Sensasi semburan air laut yang ada di Water Blow memang sangat memukau dan menarik perhatian banyak wisawatan. Kamu akan disuguhkan dengan view deburan ombak raksasa yang memecah karang dan pantai yang bersih dari tempat ini.

Water Blow – Shutterstock

Kamu bisa mengambil beberapa swafoto dengan latar belakang semburan air yang spetakuler. Banyak pula wisatawan yang menjadikan tempat ini sebagai tempat relaksasi jauh dari kepenatan kota Bali. Berkunjung ke sini sangat cocok untuk kamu yang suka ketenangan dan jauh dari hingar-bingar.

8. Broken Beach di Nusa Penida

Alamat : 7F82+R4, Sakti, Kec. Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali 80771
Map : Klik di sini

Bagi yang pernah berkunjung ke Nusa Penida, pasti pernah mendengar nama Broken Beach. Dikenal sebagai Broken Beach karena pantai ini berada di tengah tebing yang menyerupai lubang besar dari sisi pantai. Tempat yang eksotis dari pantai ini menjadi daya tarik utamanya. Pasir hitam dan batu-batu besar yang tersebar di sekitarnya, membuat kamu betah berlama-lama berwisata di sana.

Wisata Gratis di Bali
Broken Beach – Jonny Melon

Selain menikmati keindahan pemandangan yang mengelilingi Broken Beach, kamu juga bisa melakukan beberapa aktivitas di Broken Beach seperti berenang atau snorkeling.

BACA JUGA: 7 Destinasi Wisata Paling Hits 2022 di Bali

Wah, ternyata berwisata ke Bali nggak melulu menghabiskan uang ya?! Hemm, mau review tempat wisata daerah mana lagi nih? Yang gratis? Yang budget? Atau yang luxury? Penasaran? Pantengin terus update terbaru kami ya!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!