Mempersiapkan Rumah Saat Liburan Panjang Atau Mudik
Kulkas (Squared.one)

Mempersiapkan Rumah Saat Liburan Panjang Atau Mudik

Saat ingin meninggalkan tempat tinggal dalam waktu lama, pasti kamu memiliki kekhawatiran tersendiri yang bikin liburanmu menjadi tidak tenang. Tetapi, tenang, hal ini sangat wajar. Rasa khawatir diperlukan agar kamu tetap berjaga-jaga atas apa yang kamu khawatirkan agar tidak terjadi. Mau tempat tinggal tetap aman? Yuk baca tips meninggalkan rumah saat liburan panjang ini!

1. Kunci Semua Akses ke Luar

Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik - Kunci Gembok Pada Pagar ( Maxim Zhgulev)
Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik – Kunci Semua Akses Luar ( Maxim Zhgulev)

Pertama, tentunya kamu harus mengunci semua yang bisa diakses dari luar. Semua pintu yang dapat diakses dari luar tempat tinggalmu, seperti pintu depan hingga pintu taman belakang juga harus dikunci. Jangan lupa, apabila kamu memiliki garasi otomatis, matikan receiver-nya dan kunci secara manual.

Selain pintu, jangan lupa untuk mengunci jendelamu juga. Tentu saja pencuri dapat dengan mudah masuk melalui jendela apabila kamu tidak menguncinya dengan baik. Pastikan hal-hal ini ya sebelum berangkat.

2. Jangan Menaruh Kunci di Tempat Tersembunyi

Kunci Rumah (Tierra Mallorca)
Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik – Kunci Rumah (Tierra Mallorca)

Tidak sedikit orang menaruh kunci cadangan di tempat tersembunyi agar orang terdekat dapat membuka tempat tinggal yang dimiliki dengan mudah. Tapi sayangnya, tempat tersembunyi tersebut dapat juga dijangkau oleh pencuri. Mereka sudah cukup ahli untuk mengetahui tempat-tempat yang mungkin kamu gunakan untuk menaruh kunci cadangan tersebut.

Simpan semua itu, atau bila perlu kamu dapat memberikannya ke orang terdekat dengan jarak tempat tinggal yang cukup dekat, untuk berjaga-jaga apabila ada yang harus diambil di tempat tinggalmu oleh orang tertentu, kamu dapat memberi info ke orang terdekat tersebut dan membukakan pintumu.

3. Lampu Otomatis

Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik - Bohlam Lampu (Anton Belashov)
Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik – Lampu Otomatis (Anton Belashov)

Agar tempat tinggalmu terlihat seperti berpenghuni, cara yang paling baik adalah menaruh lampu yang otomatis menyala dan mati pada saat-saat tertentu di beberapa tempat. Tempat-tempat yang wajib untuk ditaruh adalah lampu di depan tempat tinggal, dan beberapa ruangan yang menghadap langsung ke depan.

Selain mempersiapkan hal-hal untuk mengamankan tempat tinggalmu, ada baiknya kamu juga mempersiapkan list packing liburanmu juga loh. Baca juga: List Packing Liburan – Semua Hal yang Jangan Sampe Kamu Lupa

4. Matikan Saluran Air dan Cabut Aliran Listrik Serta Gas

Soket Colokan Listrik (room)
Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik – Matikan Listrik (room)

Saluran air sangat penting untuk dimatikan, selain mengurangi biaya tagihanmu, kamu juga dapat menghindari kebocoran pipa-pipa air yang dapat terjadi. Apabila hal tersebut terjadi dan kamu sedang tidak di tempat dalam waktu lama, maka kerusakannya dapat sangat besar. Pastikan untuk mematikan air dari sumber masuk air pada tempat tinggalmu.

Jangan lupa untuk cabut aliran listrik dan gas. Listrik yang dimaksud termasuk AC, kulkas, pemanas air, TV hingga hal terkecil, yaitu antena tv digital yang sedang standby. Pastikan semua peralatan yang kamu miliki memang memiliki kualitas yang baik sehingga tidak mudah korslet.

Kejadian paling buruk yang dapat terjadi adalah kebocoran gas dan terjadi korslet. Belum lagi kalau ada percikan api, api dapat menyebar dan menyerang tempat tinggalmu.

5. Kosongkan Kulkas dan Tempat Sampah

Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik - Kulkas (Squared.one)
Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik – Kosongkan Kulkas (Squared.one)

Menyambung poin sebelumnya, aliran listrik ke kulkas juga harus dicabut. Sehingga kulkas tidak berfungsi, yang dapat menyebabkan makanan di dalamnya dapat menjadi basi dan mengeluarkan bau tidak sedap.

Apabila kamu tidak mau hal ini terjadi akan lebih baik untuk mengosongkan kulkasmu. Kamu bisa membagikan hal-hal yang di dalamnya ke orang-orang terdekat. Jangan lupa untuk membersihkan kulkasmu setelah sudah kosong.

Setelah itu, jangan lupa untuk membuang seluruh isi tempat-tempat sampahmu. Jangan sampai ketika kamu pulang, kamu mencium bau tidak sedap ya.

6. Kendaraan yang Ditinggalkan

Motor (tbelabuseridze)
Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik – Kendaraan yang Ditinggal (tbelabuseridze)

Ada baiknya kendaraanmu dititipkan ke orang terdekat. Usahakan seminggu sekali hingga dua kali kendaraanmu dinyalakan dan dipakai oleh orang tersebut. Hal ini untuk mencegah aki mati saat kamu ingin memakainya setelah liburanmu berakhir.

Jadi Udah Siap Liburan Panjang Nih?

Setelah melakukan hal-hal yang sudah disebutkan di atas, dijamin hatimu akan jauh lebih tenang saat liburan panjang. Apabila kamu merasa hal-hal di atas terlalu ribet, jangan, hal-hal di atas hanya memakan sedikit dari waktumu tetapi dampaknya sangat besar apabila tidak dilakukan.

Jika artikel ini memberikan kamu rasa aman untuk tempat tinggal yang kamu tinggalkan, jangan lupa, kamu juga perlu menjaga diri dan barang bawaan di perjalananmu. Yuk kita kenali modus-modus penipuan saat liburan: Tips Wisata Untuk Kamu yang Ga Pengen Kena Tipu Ketika Berlibur

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!