Panduan Lengkap KRL Yogyakarta-Solo
Penampakan Kereta KRL Yogyakarta-Solo (detik)

Panduan Lengkap KRL Yogyakarta-Solo

Bagi kamu yang tinggal di area sekitaran ibu kota pasti sudah tidak asing lagi dengan KRL (Kereta Rel Listrik). Ya, salah satu moda transportasi umum yang kerap disebut kereta ini sekarang dibuka di luar Jabodetabek dan baru saja beroprasi dari tanggal 1 Februari 2021 kemarin untuk rute Yogyakarta dan Solo sebagai rute terakhir. KRL Yogyakarta-Solo ini memiliki beberapa pemberhentian.

Dengan waktu tempuh sekitar 68 menit dari Solo ke Yogyakarta dan sebaliknya, rute ini memiliki 11 pemberhentian. Kamu bisa turun atau naik dari salah satu pemberhentian ini: Stasiun Yogyakarta, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Maguwo, Stasiun Prambanan, Stasiun Srowot, Stasiun Klaten, Stasiun Ceper, Stasiun Delanggu, Stasiun Gawok, Stasiun Purwosari, dan Stasiun Solobalapan.

Lalu apa sih kira-kira yang harus dilakukan untuk menaiki KRL terbaru ini? Yuk simak di bawah ini.

Panduan Lengkap KRL Yogyakarta-Solo

Panduan Sebelum Berangkat

Penampakan Kereta KRL Yogyakarta-Solo (detik)
Penampakan Kereta KRL Yogyakarta-Solo (detik)

1. Unduh/download terlebih dahulu aplikasi KRL Access melalui PlayStore pada Android dan AppStore pada iOS.

2. Bagi kamu yang belum memiliki akun pada KRL Access, daftar dan aktifkan akun barumu di KRL Access sesuai dengan panduan yang tersedia di aplikasi.

3. Jadwal KRL, tarif tiket KRL, kepadatan stasiun hingga posisi kereta bisa kamu lihat di aplikasi KRL Access.

4. Apabila akunmu sudah aktif, kamu sudah dapat mengambil antrean di dalam aplikasi. Perlu diingat, setiap pengguna hanya boleh memiliki 2 antrean aktif, dan 1 antrean hanya mendapatkan 1 tiket saja. 1 tiket hanya untuk 1 perjalanan. Apabila kamu ingin melakukan perjalanan pulang dan pergi, berarti kuota 2 antreanmu sudah habis untuk dirimu sendiri. Contoh, apabila kamu ingin pergi dengan 3 orang dan memesan tiket pergi-pulang, maka setiap orang harus memiliki aplikasi dan memesan tiket pada ponsel masing-masing.

5. Antrean hanya dapat dipesan pada hari yang sama, bukan di hari sebelumnya.

6. Sebagai metode pembayaran di stasiun, pastikan kamu memiliki commuterpay, aplikasi yang memiliki pembayaran via qr code, uang elektronik atau memiliki KMT (Kartu Multi Trip) dengan saldo yang cukup.

7. Pemeriksaan saldo dapat dilakukan melalui aplikasi KRL Access pada ponsel yang memiliki fasilitas pembaca NFC.

8. Bila kamu belum memiliki salah satu metode pembayaran di atas, kamu dapat membeli KMT yang tersedia di seluruh stasiun pemberhentian dengan harga 30.000 dan mendapatkan saldo 10.000 dan deposit 20.000. Tapi tenang, di akhir perjalananmu pada hari itu, kamu dapat menukarkan kembali saldo yang masih tersisa dan deposit yang ada pada KTM-mu.

9. Apabila semua sudah siap, sangat dianjurkan untuk kamu memakai face shield, hand sanitizer pribadi, pakaian berlengan panjang serta alat ibadah pribadi.

10. Semua penumpang pada KRL Yogyakarta-Solo dilarang untuk membawa barang yang akan mengganggu jarak aman antar penumpang, berbau menyengat atau mudah terbakar.

Panduan Pada Stasiun Keberangkatan

Gate KRL Yogyakarta-Solo
Gate KRL Yogyakarta-Solo

1. Seluruh pihak pada lokasi diwajibkan untuk cuci tangan atau memakai hand sanitizer terlebih dahulu dan menjaga jarak aman.

2. Buka aplikasi KRL Access dan klik tombol Check In, apabila tampilan berwarna hijau, kamu dapat masuk ke stasiun.

3. Saat kamu memasuki salah satu stasiun yang kamu pilih pada rute KRL Yogyakarta-Solo, petugas setempat akan memeriksa suhu tubuhmu. Kamu akan lolos apabila suhu tubuhmu di bawah 37,3° C.

4. Siapkan metode pembayaran yang akan kamu pakai, apabila belum, segera beli KTM pada loket yang ada.

5. Tap metode pembayaranmu pada gate masuk.

6. Tunggu kereta pada peron yang sesuai dan jangan melewati garis kuning (garis aman) yang ada di bawah lantai.

7. Apabila kereta yang ingin dinaiki sudah tiba, selalu dahulukan penumpang yang akan turun, baru kamu naik setelah semua penumpang pada pintu yang kamu tuju sudah turun.

Panduan Saat Perjalanan

Keadaan Dalam Gerbong (kompas)
Keadaan Dalam Gerbong KRL Yogyakarta-Solo (kompas)

1. Duduk atau berdiri sesuai dengan marka yang sudah diberikan oleh petugas.

2. Tidak diperbolehkan untuk berbicara langsung, maupun berbicara melalui ponsel.

3. Tidak diperbolehkan untuk makan ataupun minum.

4. Kursi prioritas yang tersedia hanya untuk penumpang lanjut usia, wanita membawa anak, wanita hamil atau penyandang disabilitas.

Panduan Saat Sampai Di Tujuan

Penampakan Kereta (kompas)
Kereta KRL Yogyakarta-Solo (kompas)

1. Siapkan metode pambayaran yang sama seperti pada saat masuk di stasiun awal.

2. Gunakan metode pembayaran tersebut pada gate saat keluar dari salah satu stasiun rute KRL Yogyakarta-Solo yang telah kamu tentukan.

3. Apabila saldo kurang pada KTM, kamu dapat menepi dan mengisi saldo KTM dengan uang tunai melalui salah satu mesin adjustment fare yang tersedia.

4. Setelah selesai mengisi saldo, kamu bisa keluar dari salah satu gate keluar yang sudah tersedia.

Panduan KRL Yogyakarta-Solo Selesai

Bagaimana? Cukup mudah bukan caranya? Dari semua rangkaian yang lumayan perlu dipikirkan adalah metode pembayarannya. Tapi tenang ya, apabila belum punya, seperti yang sudah diterangkan di atas, kamu dapat membeli KTM terlebih dahulu.

Buat kalian yang tinggal di luar Yogyakarta atau Solo, bisa banget nih berkendara ke salah satu kota, menikmati kota itu sebentar, lalu lanjut ke kota yang satu lagi. Karena kedua tempat ini memiliki banyak tempat wisata, wisata jalan-jalan ataupun wisata kuliner yang sangat menarik. Kamu bisa lihat daftarnya di:

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!