Tempat Wisata di Sumatera Barat Terpopuler, Ini Rekomendasinya!
Istana Pagaruyung (wisato)

Tempat Wisata di Sumatera Barat Terpopuler, Ini Rekomendasinya!

Suasana yang masih sangat asri dan alami menjadikan Sumatera Barat beberapa tahun terakhir ini selalu ramai dengan kunjungan wisatawan. Baik wisatawan dalam negeri atau wisatawan mancanegara banyak yang datang berkunjung ke berbagai tempat wisata di Sumatera Barat.

Mulai dari wisata adat sampai wisata alam, semuanya bisa kamu jelajahi di Sumatera Barat. Pengalaman yang luar biasa selama di sana akan kamu dapatkan. Hunting foto yang super kece pun bisa kamu lakukan.

Berikut kami akan bagikan daftar menariknya tentang tempat wisata di Sumatera Barat yang menarik untuk jadi tujuan liburan kamu. Let’s check these out!

Daftar Tempat Wisata di Sumatera Barat

1. Air Nyarai

Wisata di Sumatera Barat - Air Nyarai (fimela)
Air Nyarai (fimela)

Alamat : Lubuk Alung, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 20.000,00

Air Nyarai merupakan sebuah air terjun dengan ketinggian tebing sebesar 8 meter. Terdapat kolam yang cukup dalam, cocok digunakan untuk berendam dan berenang. Tebing penghias yang indah akan menjadi background foto yang sempurna.

Namun untuk mendapatkan semua keindahan tersebut, kamu harus berjalan kaki sejauh 5,1 km melewati jalan setapak, tanjakan serta jalanan berbatu terlebih dahulu. Kamu juga harus melewati hutan rindang serta menyusuri sungai yang airnya cukup deras.

2. Danau Singkarak

Wisata di Sumatera Barat - Danau Singkarak (tempatwisataunik)
Danau Singkarak (tempatwisataunik)

Alamat : X Koto Singkarak, Solok, Sumatera Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00

Kalau Danau Toba merupakan danau terluas yang ada di Sumatera Utara, maka Danau Singkarak dengan luas sebesar 108,8 km persegi adalah danau terluas yang ada di Sumatera Barat. Panorama indah yang bisa dinikmati dari sisi mana saja menjadi daya tarik utamanya.

Danau Singkarak juga memiliki suatu event atau acara yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun yang dikenal dengan sebutan event Tour de Singkarak. Event ini selain menjadi ajang perlombaan balap sepeda, juga menjadi event yang mengenalkan budaya Minang serta menampilkan betapa kaya dan indahnya alam di Sumatera Barat.

Selengkapnya tentang tempat wisata di Sumatera Barat Danau Singkarak, baca : Danau Singkarak, Wisata Sumatera Barat

3. Gunung Singgalang

Gunung Singgalang (travelspromo)
Gunung Singgalang (travelspromo)

Alamat : Balingka, IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00

Tempat wisata di Sumatera Barat yang satu ini adalah sebuah gunung api dengan ketinggian mencapai 2.877 meter. Yang menjadi daya tarik utama dari Gunung Singgalang yaitu terdapat dua buah danau di bagian puncaknya. Kamu yang suka pendakian harus mencoba merasakan keseruan mendaki di Gunung Singgalang.

Namun trek pendakian yang harus ditempuh sangat menantang, oleh sebab itu perbekalan harus disiapkan semaksimal mungkin. Pendakian di Gunung Singgalang juga diwajibkan beregu atau memiliki pemandu untuk mencegah tersesat atau hilang.

4. Pulau Pemutusan

Wisata di Sumatera Barat - Pulau Pemutusan (jelajahpulau)
Pulau Pemutusan (jelajahpulau)

Alamat : Sungai Pinang, Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : Rp 15.000,00

Tempat wisata di Sumatera Barat tidak hanya berupa pegunungan, bukit, air terjun atau pun danau saja. Masih banyak wisata alam lain yang bisa ditemukan salah satunya Pulau Pemutusan. Pulau Pemutusan merupakan pulau kecil dengan luas 8 hektar.

Pulau ini diberi nama Pulau Pemutusan karena terdapat semenanjung yang dapat berubah menjadi daratan ketika air laut sedang surut. Di pulau ini juga menjadi habitat terbaik bagi tumbuhnya pohon kelapa, dan tanaman mangrove. Untuk bisa sampai di Pulau Pamutusan perjalanan bisa ditempuh menggunakan sebuah kapal kecil dari Pelabuhan Muara Kota Padang selama satu jam.

5. Janjang Koto Gadang

Wisata di Sumatera Barat - Janjang Koto Gadang (rentalmobilpadang)
Janjang Koto Gadang (rentalmobilpadang)

Alamat : Kayu Kubu, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00

Kalau belum punya kesempatan berkunjung ke China untuk menyaksikan The Great Wallnya, sekarang kamu bisa berkunjung ke Bukittinggi Sumatera Barat dulu. Di sana ada sebuah tempat wisata unik dengan tembok raksasa panjang yang bernama Janjang Koto Gadang.

Janjang Koto Gadang memiliki panjang 1,5 km dengan trek berliku mengikuti kontur tanah yang dibangun pada masa penjajahan Belanda. Dengan tembok tinggi dan panjangnya, tempat wisata di Sumatera Barat ini mendapat julukan sebagai The Great Wall of Koto. Suasana alam yang indah dengan udara sejuk akan menjadi teman perjalanan kamu selama berkeliling Janjang Koto Gadang ini.

6. Danau Maninjau

Wisata di Sumatera Barat - Danau Maninjau (indonesiakaya)
Danau Maninjau (indonesiakaya)

Alamat : Tj. Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : Rp 3.000,00

Danau Maninjau merupakan sebuah danau indah dengan luas mencapai 100 km persegi yang terbentuk karena aktivitas vulkanik. Danau ini memiliki kedalaman air sampai dengan 105 meter. Seringkali danau ini dijadikan sebagai tempat untuk melakukan berbagai macam olahraga air.

Bagi pecinta fotografi, Danau Maninjau adalah oase terbaik di bumi Sumatera untuk mengabadikan setiap moment. Terdapat sebuah kawasan bernama Kelok 44 yang terdiri atas kelok 23 sampai kelok 30 yang memiliki pemandangan bentangan danau terindah berhiaskan hamparan sawah yang subur. Di Kelok 44 inilah pesona terindah Danau Maninjau bisa kamu saksikan.

7. Puncak Lawang

Wisata di Sumatera Barat - Puncak Lawang (travelspromo)
Puncak Lawang (travelspromo)

Alamat : Jalan Raya H. Asbial Syafei, Lawang, Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 20.000,00

Puncak Lawang atau yang juga dikenal sebagai Puncak Lawang Adventure Park merupakan tempat wisata di Sumatera Barat dengan spot terbaik untuk menyaksikan eksotisme Danau Maninjau dan hamparan hijau areal persawahan dari atas ketinggian.

Puncak Lawang berada di ketinggian 1.210 mdpl dan terdapat banyak spot wisata yang bisa dinikmati pengunjung di sini. Jadi kamu tidak hanya bisa duduk santai menyaksikan pesona Danau Maninjau dan berfoto – foto saja, melainkan banyak aktivitas wisata lain yang juga bisa kamu lakukan di sini.

Kamu bisa bermain paralayang, berfoto di beberapa spot selfie yang tersedia, atau pun berkemah. Juga sudah terdapat arena bermain anak yang membuat anak – anak juga bisa berlibur di sini tanpa rasa bosan.

8. Kepulauan Mentawai

Kepulauan Mentawai (regional.kompas)
Kepulauan Mentawai (regional.kompas)

Alamat : Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : Hanya perlu membayar transportasi penyeberangan

Kepulauan Mentawai adalah kepulauan yang menjadi bagian dari Provinsi Sumatera Barat dengan potensi alam berupa pantai, sungai, rawa, hutan dan tempat tinggal penduduk dengan tradisi unik. Kepulauan Mentawai terdiri atas beberapa bagian wilayah yaitu Pulau Siberut, Sipora, Pagai Utara dan Pagai Selatan.

Semua bagian tersebut memberikan pengalaman petualangan, keindahan budaya dan wisata bahari yang sangat eksotis. Terumbu karang yang indah dan aneka biota laut yang hidup di dalamnya menjadikan tempat wisata di Sumatera Barat ini sangat cocok menjadi surga bagi aktivitas snorkeling dan diving.

9. Danau Talang

Wisata di Sumatera Barat - Danau Talang (suarakampus)
Danau Talang (suarakampus)

Alamat : Kanagarian Kampung Batu Dalam dan Kecamatan danau kembar, Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : Rp 10.000,00

Danau Talang merupakan sebuah danau vulkanik di Sumatera Barat yang menjadi ikon penting bagi wisata alam di Sumatera Barat. Tempat wisata di Sumatera Barat yang satu ini memiliki luas mencapai 1,02 km dengan lebar 0,94 km dan keliling 4,52 km.

Sementara kedalaman danau mencapai 90 meter. Air yang jernih, pepohonan yang rimbun, hiasan gunung – gunung yang indah akan menjadi pemandangan alam terbaik yang bisa kamu saksikan di sini. Banyak aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan di sini mulai dari berkemah, jalan – jalan sampai dengan berkeliling danau naik perahu yang disewakan.

Selain punya dua danau terindah di atas, Indonesia juga punya banyak wisata danau lain yang tersebar di berbagai daerah dengan keindahan alam yang luar biasa pada masing – masing tempat wisatanya. Rekomendasi danau terindah di Indonesia apa saja, baca : 10 Danau Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

10. Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung (wisato)
Istana Pagaruyung (wisato)

Alamat : Jl. Sutan Alam Bagagarsyah, Pagaruyung, Tj. Emas, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 15.000,00

Istana Pagaruyung merupakan sebuah tempat wisata di Sumatera Barat yang menjadi ikon wisata sejarah, wisata edukasi dan sekaligus wisata budaya bagi Sumatera Barat.

Setelah pernah dibakar kaum adat Paderi dan tersambar petir, pada tahun 1976 Istana Pagaruyung dibangun kembali. Hal ini dengan tujuan sebagai pengingat, pemantik kebangkitan dan menjadi ikon budaya masyarakat Minang. Kini Istana Pagaruyung berstatus sebagai cagar budaya. Pengunjung bisa berfoto di setiap sudut istana dan bisa menyewa baju adat Minang juga untuk melengkapi kegiatan fotografinya.

11. Lembah Harau

Wisata di Sumatera Barat - Lembah Harau (andalastourism)
Lembah Harau (andalastourism)

Alamat : Harau, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00

Lembah Harau dengan luas mencapai 270,5 hektar merupakan sebuah kawasan cagar alam yang dilindungi di Sumatera Barat sejak 10 Januari 1993. Tempat wisata di Sumatera Barat ini menjadi habitat hidup bagi berbagai spesies tanaman hutan hujan tropis dan binatang asli dari Sumatera.

Sudah tersedia ATV yang bisa mengantarkan wisatawan berkeliling Lembah Harau. Juga ada taman selfie yang cocok jadi spot untuk selfie wisatawan. Tak lupa terdapat beberapa air terjun yang bisa dikunjungi wisatawan.

Tebing – tebing menjulang tegak tentu saja juga turut menjadi pemandangan khas yang bisa kamu temukan di sini. Dengan tebing tinggi yang menyelimuti kawasan Lembah Harau, tempat wisata di Sumatera Barat ini sampai sekarang bahkan masih menjadi salah satu tempat terbaik di Sumatera yang digemari pecinta olahraga panjat tebing. Karena hal tersebut, festival panjat tebing tahunan pun diselenggarakan juga loh di sini.

12. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai (pegipegi)
Air Terjun Lembah Anai (pegipegi)

Alamat : Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00

Lembah Anai merupakan kawasan yang menjadi penghubung antara Padang Panjang ke Bukittinggi. Jalur penghubung ini dikenal menyimpan keindahan alam dan juga keanekaragaman hayati yang sangat beragam.

Ketika melewati jalur ini, kamu akan menyaksikan pesona Air Terjun Lembah Anai yang indah. Karena air terjun ini sudah terlihat dari jalan utama, untuk menuju Air Terjun Lembah Anai sangat mudah. Kamu hanya perlu naik beberapa anak tangga, kemudian berjalan sedikit dan sampai di kolam air terjun.

Tebing setinggi 36 meter menjadi tempat mengucurnya air yang kemudian ditampung sebuah kolam besar yang bisa dijadikan tempat berendam dan mandi pengunjung. Kolam penampungan air terjun ini dipercaya masyarakat setempat bisa bikin awet muda.

13. Pantai Pagang

Wisata di Sumatera Barat - Pantai Pagang (ksmtour)
Pantai Pagang (ksmtour)

Alamat : Sungai Pinang, Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : Rp 35.000,00

Pantai Pagang merupakan sebuah pantai berpasir putih dengan air laut jernih dan terumbu karang yang indah berhiaskan nyiur hijau yang banyak tumbuh di sekitarnya.

Selain bisa berenang dan berjalan – jalan di bibir pantai, kamu juga bisa snorkeling atau diving dengan peralatan yang bisa disewa tak jauh dari lokasi pantai ini berada. Pantai Pagang juga seringkali menjadi tempat transit bagi nelayan yang sedang berlayar.

14. Kebun Teh Alahan Panjang

Kebun Teh Alahan Panjang (djawanews)
Kebun Teh Alahan Panjang (djawanews)

Alamat : Batang Barus, Gn. Talang, Solok, Sumatera Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : Gratis

Kebun Teh Alahan Panjang atau yang juga dikenal dengan nama lain Kebun Teh Danau Kembar merupakan destinasi wisata alam terbaik yang bisa kamu temukan di Sumatera Barat. Kebun teh ini berada di atas ketinggian 1.400 – 1.600 mdpl yang menjadikan suasananya sangat sejuk.

Kamu bisa jalan – jalan, berfoto, menyaksikan para petani yang memetik teh atau merasakan sendiri wisata petik teh. Namun ingat, apapun yang kamu lakukan tidak boleh merusak tanaman yang dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara ini.

15. Jam Gadang

Wisata di Sumatera Barat - Jam Gadang (kumparan)
Jam Gadang (kumparan)

Alamat : Benteng Ps. Atas, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk : Gratis

Jam Gadang merupakan sebuah ikon berbentuk menara jam dengan tinggi menara 26 meter yang dimiliki oleh Bukittinggi, Sumatera Barat. Ikon kota Bukittinggi, Sumatera Barat ini selesai pembangunannya pada tahun 1926 oleh arsitek asli Minangkabau yaitu Jazid Rajo Mangkuto Sutan Gigi Ameh.

Jam Gadang yang memiliki 4 tingkat ini didirikan oleh pemerintah Hindia – Belanda atas perintah Ratu Wilhelmina dan merupakan hadiah untuk sekretaris kota Bukittinggi saat itu yaitu HR Rookmaaker.

Tingkat pertama adalah ruangan petugas, tingkat kedua adalah bandul pemberat jam, tingkat ketiga merupakan tempat dari mesin jam dan tingkat keempat merupakan lonceng yang tertera nama produsen mesin jam ini. Pada masa pembangunannya, jam ini menghabiskan dana sebesar 3.000 gulden.

16. Lubang Jepang

Lubang Jepang (wikipedia)
Lubang Jepang (wikipedia)

Alamat : Jl. Panorama, Bukit Cangang Kayu Ramang, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 15.000,00

Lubang Jepang merupakan salah satu tempat wisata di Sumatera Barat yang dibangun tentara Jepang pada tahun 1942 untuk kepentingan pertahanan. Kamu akan menemukan 20 terowongan perlindungan lengkap dengan bunker di dalam benteng yang panjang aslinya 5.000 meter ini.

Akan tetapi untuk kepentingan keamanan dan kenyamanan wisatawan, Lubang Jepang dipugar dan ditutup beberapa bagiannya sehingga yang bisa dilewati pengunjung hanya 1.470 meter saja. Pastikan untuk berkunjung ke sini kamu sudah siapkan stamina bagus karena ada 132 anak tangga yang harus dituruni untuk menjelajah Lubang Jepang.

Ada Apa Lagi?

Rekomendasi wisata lainnya di Sumatera Barat khususnya di kota Padang, baca : Tempat Wisata di Padang : 10 yang Wajib Dikunjungi

Buat kamu yang tertarik untuk menjelajah alam Sumatera Barat, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Sumatera Barat yang paling recommended dikunjungi. Dapatkan pengalaman wisata yang menarik dan tak ada duanya selama di sana. Happy holiday!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!