10 Wisata Kuliner Jogja Kekinian
Brick Café Jogja (dakatour)

10 Wisata Kuliner Jogja Kekinian

Sebagai salah satu kota tujuan wisata di Indonesia, selain punya aneka ragam tempat wisata yang menarik dikunjungi kota gudeg ini juga punya potensi wisata kuliner yang melimpah. Tak sulit menemukan wisata kuliner Jogja kekinian kalau sedang melancong di sini.

Karena itu buat kamu yang sedang jalan – jalan di Jogja selain wajib keliling Jogja untuk berwisata, kamu juga wajib keliling Jogja untuk melakukan perjalanan wisata kuliner. Banyak banget wisata kuliner Jogja kekinian yang bisa dicari dengan banderol harga murah meriah.

Jadi bisa dipastikan aktivitas wisata kuliner di Jogja nggak bakal bikin kantong kamu jadi kering. Mengenai apa saja rekomendasinya, cek informasinya berikut ini ya sobat traveler!

Daftar Wisata Kuliner Jogja Kekinian

1. Terrassen ‘Tea House & Eatery’

wisata kuliner Jogja kekinian - Terrassen ‘Tea House & Eatery’ (jpswisata)
Terrassen ‘Tea House & Eatery’ (jpswisata)

Alamat : Jalan Palagan Tentara Pelajar No.Km. 8 No.30, Karang Moko, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 11.00 – 22.00 WIB
Menu : Asian and western food
Harga : Makanan mulai Rp 30.000,00, minuman mulai Rp 17.000,00

Terrassen ‘Tea House & Eatery’ merupakan salah satu rekomendasi wisata kuliner Jogja kekinian yang menghadirkan konsep café kaca sekaligus hutan rimba. Oleh sebab itu meski bangunan tempat nongkrong ini didominasi kaca, berkat adanya tumbuhan di dalam café suasana panas dan pengap tidak akan kamu rasakan deh kalo berada di dalam.

Tak hanya tempatnya yang asyik untuk berfoto, makanan yang disajikan di wisata kuliner Jogja kekinian ini pun sangat banyak dan lezat-lezat. Ada menu Asian food dan Western food yang bisa jadi pilihan. Untuk menu Asian foodnya yang menjadi menu andalan di sini adalah nasi goreng dan sop buntut. Sementara menu western yang menjadi andalan adalah pasta dan steak. Kamu harus coba salah satunya.

Kamu yang sedang diet nggak perlu khawatir karena di Terrassen ‘Tea House & Eatery’ juga disediakan healthy lifestyle atau clean eat habbit menu mulai dari salad sayur, sup, smoothie dan jus.

2. Tempo Gelato Prawirotaman

wisata kuliner Jogja kekinian - Tempo Gelato Prawirotaman (putratravel)
Tempo Gelato Prawirotaman (putratravel)

Alamat : Jl. Prawirotaman No. 38B, Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153
Map : Klik di sini
Jam buka : 09.00 – 22.00 WIB
Menu : Gelato
Harga : Mulai Rp 25.000,00

Selanjutnya kita akan berkunjung ke rumah gelato di Prawirotaman yaitu Tempo Gelato. Bagi pecinta gelato wajib banget datang ke sini dan menikmati berbagai macam menu gelato yang ditawarkan.

Ada gelato cokelat, hot spicy, banana, mango, vanilla, sampai dengan cappuccino. Juga ada gelato dengan varian rasa rempah seperti gelato rasa jahe, serai, kemangi dan sebagainya. Tersedia lebih dari 25 rasa gelato yang bisa dipesan di sini. Semuanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 25.000,00 saja.

Selain soal gelatonya, alasan kamu harus datang ke sini kalau sedang jalan – jalan di Jogja adalah desain interiornya. Pada bagian dalam Tempo Gelato Prawirotaman, interior bergaya Eropa dapat menjadi spot foto terbaik kamu. Sementara di bagian eksterior, didesain dengan jendela didominasi kaca sehingga membuat pencahayaan yang masuk ke dalam ruangan sangat bagus.

3. Peacock Coffee – Kuliner Malam Jogja

 Peacock Coffee (superadventure)
Kuliner Malam Jogja: Peacock Coffee (superadventure)

Alamat : Jl. Palagan Tentara Pelajar No. 61, Panggung Sari, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Menu : Aneka kopi dan dessert
Harga : Mulai Rp 21.000,00

Sedang mencari tempat nongkrong yang buka selama 24 jam non stop? Di Sleman, ada sebuah café bernama Peacock Coffee yang buka 24 jam non stop. Kamu yang ingin berlama – lama nongkrong sambil wifian bisa banget datang ke sini.

Salah satu wisata kuliner malam Jogja kekinian ini didesain cukup sederhana dengan terdapat area indoor dan outdoor yang bisa jadi pilihan. Untuk menu utama yang disajikan adalah kopi. Aneka ragam kopi mulai dari Americano Coffee, Moccacino, Cinnamon latte, chocolate coffee dan berbagai minuman lain dibanderol dengan harga sama rata yaitu Rp 21.000,00.

Kamu pun bisa memesan dessert yang disediakan seperti apple pie, banana cake, black forest cake, chocolate cake, makaroni schotel, waffle, lasagna, dan aneka dessert lainnya di sini.

4. Roaster And Bear

Wisata Kuliner Yogyakarta Kekinian - Roster and Bear, Jogja Yogyakarta (istimewa)
Roster and Bear, Jogja Yogyakarta (istimewa)

Alamat : Jl. P. Mangkubumi No.52, Gowongan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 10.00 – 21.00 WIB
Menu : Asian food, western food dan pastry
Harga : Mulai Rp 25.000,00

Pertama kali memasuki cafe, kamu akan disambut dengan boneka beruang besar yang lucu dan menggemaskan. Di bagian dalam cafe pun pernak – pernik beruang akan kamu temukan karena memang tokoh utama dari cafe ini adalah beruang. Begitu juga dengan dekorasi dinding yang terpajang.

Kamu dapat memesan aneka ragam masakan Asia atau masakan barat dengan cita rasa yang istimewa di sini. Untuk menu Asia yang bisa kamu pesan di antaranya adalah ayam gratin, ayam panggang, ayam sambal matah, dan juga dendeng. Sementara untuk menu western food yang bisa kamu pesan seperti steak, burger, dan juga pasta. Tak lupa aneka pastry dengan bentuk dan karakter beruang juga bisa kamu beli.

Namun di antara semua menu yang bisa kamu pesan, menu favorit pilihan pengunjung yang banyak disuka dari Roaster and Bear adalah steak wagyu. Tertarik untuk mencoba?

5. Secret Garden Coffee and Chocolate

wisata kuliner Jogja kekinian - Secret Garden Coffee and Chocolate (kotajogja)
Secret Garden Coffee and Chocolate (kotajogja)

Alamat : Jl. Prof. DR. Ki Amri Yahya No. 2, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 16.00 – 00.00 WIB
Menu : Kopi dan aneka makanan serta snack
Harga : Harga makanan mulai Rp 16.000,00, harga minuman mulai Rp 6.000,00

Secret Garden Coffee and Chocolate merupakan salah satu café outdoor di Jogja yang mengusung tema romantis. Selain menjadi tempat nongkrong, banyak acara pernikahan digelar di sini. Bagaimana tidak, tidak hanya mengusung tema outdoor, tema open kitchen juga dihadirkan sehingga pengunjung dapat secara langsung menyaksikan bagaimana para chef ketika sedang menyiapkan makanan dan minuman.

Suasana di Secret Garden Coffee and Chocolate semakin indah di malam hari. Menariknya pada hari jumat, kamu bisa menyantap makanan sambil menyaksikan performance live musik grup band lokal. Menu makanan yang disajikan pun sangat variatif.

Untuk menu andalannya yaitu original coffee, tiramisu, potato with beef, chicken wings barbeque, tomyam serta nasi goreng kambing. Kamu wajib mencoba salah satu dari beberapa menu andalan tersebut kalau ke sini, dijamin mantap!

6. Blanco Coffee and Books

wisata kuliner Yogyakarta kekinian - Blanco Coffee and Books (pergidulu)
Blanco Coffee and Books (pergidulu)

Alamat : Jl. Kranggan No.30, Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 15.00 – 22.00 WIB
Menu : Aneka kopi dan snack
Harga : Mulai Rp 16.000,00

Suka minum kopi sekaligus membaca buku pada satu tempat? Jika iya, kamu bisa nongkrong di wisata kuliner Jogja kekinian yaitu Blanco Coffee and Books. Di wisata kuliner Jogja kekinian ini kamu bisa menikmati lezatnya seduhan kopi hangat ditemani aktivitas membaca buku yang menyenangkan.

Kamu pun bisa mengakses wifi secara bebas dengan koneksi internet yang super lancar kalau datang ke sini. Tempatnya pun sangat cozy dan instagramable sehingga kamu juga bisa mendapatkan banyak foto keren kalau nongkrong di sini.

Blanco Coffee and Books merupakan tempat wisata kuliner Jogja kekinian terbaik bagi pelajar dan mahasiswa serta mahasiswi Jogja yang mencari tempat nongkrong nyaman dengan harga menu ramah di kantong. Selain aneka kopi yang bisa kamu pesan, minuman lain non coffee seperti jus, smoothies atau lyche tea juga tersedia. Sementara untuk snacknya, kamu bisa memesan beberapa pilihan snack seperti calamary, sandwich, almond pie, apple slipper atau croissant.

7. Brick Cafe Jogja

wisata kuliner Jogja kekinian - Brick Café Jogja (dakatour)
Brick Café Jogja (dakatour)

Alamat : Jl. Damai No. 8, Tambakan, Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Menu : Asian and western food
Harga : Makanan mulai Rp 25.000,00, minuman mulai Rp 18.000,00

Kalau kamu suka dengan arsitektur ala Inggris dan Eropa, sekarang kamu bisa merasakan sensasi berfoto di café dengan arsitektur ala Eropa yang ada di Jogja. Café tersebut adalah Brick Café Jogja. Desain eksterior dan interior wisata kuliner Jogja kekinian ini dikonsep dengan suasana vintage british style ala café yang ada di Eropa.

Mengenai menu makanan yang disediakan sangat beragam. Ada makanan Asia dan makanan western yang bisa kamu jadikan pilihan. Untuk menu western yang paling disukai di Brick Café adalah Brick Mon’s Burger sementara menu Asian foodnya adalah nasi goreng.

Kalau kamu datang ke sini malam hari, terdapat midnight menu yang memang hanya bisa dibeli pada malam hari saja yaitu bubur kacang ijo alias burjo. Menu ini adalah menu favorit mahasiswa Jogja ketika sedang mencari makanan lezat pada malam hari.

8. Tap House Beer Garden & Beer House

Tap House Beer Garden & Beer House (theculturetrip)
Tap House Beer Garden & Beer House (theculturetrip)

Alamat : Jl. Jlagran No. 18, Pringgokusuman, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 18.30 – 03.00 WIB
Menu : Bir, aneka minuman dingin atau minuman hangat, snack
Harga : Minuman mulai Rp 10.000,00, makanan mulai Rp 18.000,00

Tap House Beer Garden & Beer House merupakan wisata kuliner Jogja kekinian yang hadir dengan konsep unik dan nyeleneh. Café ini bukan sebuah café artistik dengan dekorasi modern melainkan merupakan sebuah café yang dibangun di sebuah rumah kuno kosong yang lama tak dihuni.

Menu utama yang dijual di Tap House Beer Garden & Beer House adalah bir. Namun selain bir, aneka minuman dan makanan non alkohol juga bisa dipesan di sini. Kamu yang tidak minum bir dapat memesan jus, teh, kopi, atau aneka minuman hangat lainnya. Sementara untuk makanannya, kamu bisa memesan snack, sate, burger, olahan iga, kentang goreng atau aneka snack lainnya.

Selain bisa nongkrong, kamu yang suka sisha juga bisa melakukannya di sini. Kabar baiknya lagi, terdapat acara live musik dan DJ performance yang diselenggarakan setiap weekend. Jadi, acara nongkrong akan semakin seru kalau kamu datang di waktu weekend ke sini.

Oh ya, lokasi dari Tap House Beer Garden & Beer House dekat sekali dengan Malioboro. Jadi untuk kamu yang sedang jalan – jalan di sekitar Malioboro wajib banget datang ke sini. Lokasinya berada di sebelah pintu parkir barat stasiun Tugu atau sekitar 250 meter saja dari kawasan Malioboro sehingga bisa dijangkau dengan hanya berjalan kaki.

Informasi selengkapnya tentang Malioboro, baca : Wisata Jogja – Jalan Malioboro

Selain Malioboro sebenarnya banyak wisata di Jogja lain yang juga bisa kamu kunjungi. Baca : 30 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Atau kamu yang bukan berasal dari Jogja dan mencari akomodasi terdekat di sekitar Malioboro, baca : 10 Rekomendasi Hotel Dekat Malioboro Yogyakarta

9. Gubug Makan Mang Engking Soragan

Gubug Makan Mang Engking Soragan, Jogja Yogyakarta (bobocantik)
Gubug Makan Mang Engking Soragan, Jogja Yogyakarta (bobocantik)

Alamat : Jl. Soragan Jl. Kembang No. 13, Kembang, Ngestiharjo, Kecamatan Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 15.00 – 21.00 WIB
Menu : Aneka masakan Sunda dan minuman
Harga : Makanan mulai Rp 16.000,00, minuman mulai Rp 8.500,00

Gubug Makan Mang Engking merupakan restoran Sunda di Jogja yang hadir dengan nuansa pedesaan sangat khas. Memang sudah banyak franchise-nya di mana-mana, tapi yang menjadikannya berbeda, di sini selain saung-saung, terdapat sebuah kastil besar yang bisa juga dijadikan tempat berfoto.

Kamu dapat memilih untuk menikmati hidangan di dalam kastil atau di saung-saung seperti yang terdapat dalam Gubug Makan Mang Engking pada umumnya. Ada banyak menu yang ditawarkan dan menu andalan yang bisa dipesan di Gubug Makan Mang Engking adalah udang bakar madu.

Ayam bakar, aneka olahan seafood, sampai dengan karedok, juga bisa dipesan di sini. Sementara untuk minuman terdapat minuman hangat dan minuman dingin yang bisa kamu pesan.

10. Milas Vegetarian Resto – Kuliner Vegan Vegetarian Jogja

Milas Vegetarian Resto (yogya-backpacker)
Kuliner Vegan Vegetarian Jogja: Milas Vegetarian Resto (yogya-backpacker)

Alamat : Jl. Prawirotaman No.IV, Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 15.00 – 21.00 WIB
Menu : Vegetarian menu
Harga : Mulai Rp 18.000,00

Salah satu wisata kuliner vegan vegetarian Jogja kekinian yaitu Milas Vegetarian Resto. Rumah makan yang homey dengan taman indah akan membuat kamu merasa seperti sedang makan di rumah sendiri ketika datang ke sini.

Soal menunya, karena restoran ini merupakan restoran vegan vegetarian maka tak akan ada menu daging yang dihidangkan di sini. Kamu bisa memesan makanan seperti steak tempe, tempe sandwich, burger jagung, potatoes plate, singkong saus alpukat, jagung balado, dan aneka ragam menu lain yang disajikan dengan platting berkelas.

Untuk menu favorit pengunjung yang biasanya dipesan adalah steak tempe dan burger jagung. Cita rasa tempe yang diolah menyerupai daging pasti akan memanjakan lidah para vegetarian.

Ada wisata kuliner lainnya di Jogja?

Untuk kamu yang berdomisili di Jogja dan mencari alternatif wisata kuliner Jogja kekinian lainnya, kamu bisa baca : 10 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Setelah puas jalan – jalan di Jogja, jangan lupa untuk cari oleh – oleh sebelum pulang. Kalau kamu masih bingung mau cari oleh – oleh apa, baca : 10 Oleh – Oleh Khas Jogja yang Paling Terkenal

Buat kamu yang berniat liburan di Jogja, selamat berlibur dan dapatkan banyak pengalaman seru selama di sana. Happy holiday sobat traveler!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!