10 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Harus Dikunjungi

Dataran Tinggi Dieng
Share ke teman kamu

Jawa Tengah adalah provinsi yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Karena lokasinya yang berada di tengah, provinsi ini sering kali digunakan sebagai tempat istirahat bagi orang yang melakukan perjalanan dari Jawa Barat menuju Jawa Timur. Provinsi yang merupakan pusatnya budaya Jawa ini juga mempunyai banyak tempat wisata menarik. Apa saja tempat wisata di Jawa Tengah yang harus dikunjungi?

1. Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng

Berlokasi sekitar 30 KM dari Wonosobo, Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan gunung api raksasa yang mempunyai beberapa kawah dan candi-candi Hindu kuno. Karena berada pada ketinggian 2,000 meter, Dataran Tinggi Dieng mempunyai suhu yang sangat dingin. Pada siang hari, suhu udara dapat mencapai 15 derajat Celsius dan 10 derajat Celsius pada malam hari. Dataran Tinggi Dieng dikelola sebagai tempat wisata di Jawa Tengah secara bersama oleh Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara.

2. Taman Wisata Air Panas Guci

Taman Wisata Air Panas Guci

Taman Wisata Air Panas Guci

Taman Wisata Air Panas Guci berlokasi di Tegal, Jawa Tengah. Untuk dapat mencapai lokasi Taman Wisata Air Panas Guci, Anda harus berkendara ke arah selatan dalam jarak tempuh sektiar 40 KM dari kota Tegal, atau sekitar 30 KM dari Slawi. Seperti halnya tempat wisata air panas alami yang lain, air panas di Taman Wisata Air Panas Guci yang berlokasi di kaki Gunung Slamet ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Fasilitas wisata yang terdapat di kawasan wisata seluas 210 hektar ini yaitu kolam renang air panas, wisata hutan, penginapan, perkemahan, sampai dengan lapangan tenis dan lapangan sepak bola.

3. Kepulauan Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa berlokasi di utara kota Jepara dan Semarang. Kepulauan ini terdiri dari 27 pulau, yang mana hanya 5 pulau saja yang berpenghuni. Kepulauan Karimunjawa adalah salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang paling terkenal karena keindahan laut dan pantai yang ditawarkannya. Selain wisata pantai, Anda juga dapat bermain dengan penyu dan hiu di Kepulauan Karimunjawa. Untuk dapat berkunjung ke kawasan wisata ini, Anda harus memperhatikan jadwal kapal dengan baik, jangan sampai ketinggalan!

4. Candi Borobudur

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah tempat wisata di Jawa Tengah yang paling banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai belahan dunia. Candi Borobudur adalah candi Buddha yang paling besar di dunia sehingga mengundang minat banyak wisatawan yang tertarik dengan wisata budaya dan wisata religi. Berlokasi sekitar 40 KM di sebelah barat laut Yogyakarta, Candi Borobudur mempunyai koleksi relief Buddha yang paling lengkap di dunia. Candi Borobudur adalah model mini dari alam semesta dan dibangun pada tahun 770 Masehi sebagai tempat beribadah dan memuliakan Buddha.

5. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa berlokasi di pusat kota Ambarawa, sekitar 20 KM dari Semarang. Sebelum beralih fungsi menjadi sebuah museum, Museum Kereta Api Ambarawa dulunya merupakan sebuah stasiun kereta api yang berjaya pada masa lalu. Sesuai dengan namanya, Museum Kereta Api Ambarawa mempunyai koleksi kereta api yang unik dan lengkap di antaranya 21 kereta uap, alat telegraf morse, telepon antik, perabotan antik, dan juga bel antik. Koleksi kebanggan milik Museum Kereta Api Ambarawa adalah kereta uap bergerigi yang hanya ada 3 di seluruh dunia.



6. Pantai Marina

Pantai Marina

Pantai Marina

Pantai Marina yang dimaksud bukanlan Pantai Marina yang ada di Batam, melainkan Pantai Marina yang ada di Semarang. Pantai Marina merupakan salah satu tempat wisata di jawa Tengah yang paling ramai dikunjungi wisatawan lokal karena hanya berjarak beberapa ratus meter saja dari Bandara Internasional Semarang, yaitu Bandara Ahmad yani. Di Pantai Marina Anda dapat bermain perahu, memancing, balapan mobil mainan, berenang, hingga berjalan-jalan di kebun buah naga.

7. Puri Maerokoco

Puri Maerokoco

Puri Maerokoco

Apa itu Puri Maerokoco? Puri Maerokoco adalah taman mini versi Jawa Tengah yang berlokasi di Semarang. Sekarang ini Puri Maerokoco telah menjadi sebuah tempat wisata yang mempunyai nilai-nilai edukasi dan budaya, sehingga banyak orang tua yang membawa anak mereka ke tempat ini. Puri Maerokoco juga sering kali disebut-sebut sebagai cara mudah keliling Jawa Tengah karena menampilkan berbagai rumah adat dari seluruh penjuru Jawa Tengah. Selain rumah adat, Puri Maerokoco juga mempunyai fasilitas wisata berupa kolam pemancingan, sepeda air, kereta, pasar apung, bianglala, perahu, dan lain-lain. Puri Maerokoco buka dari jam 8 pagi sampai dengan jam 6 sore dengan harga tiket masuk seharga 10,000 Rupiah.

8. Desa Wisata Tlogoweru

Desa Wisata Tlogoweru

Desa Wisata Tlogoweru

Desa Wisata Tlogoweru berlokasi di Demak, Jawa Tengah. Apa yang spesial dari desa ini sehingga menjadi salah satu tempat wisata yang harus dikunjungi di Jawa Tengah? Desa Wisata Tlogoweru terkenal dengan burung hantunya yang sangat banyak. Burung hantu ini dahulu kala dikembangkan untuk mengurangi dan memberantas hama berupa tikus yang sangat merusak tanaman jagung. Selain berhasil mengendalikan hama tikus, burung hantu ini juga mengubah kawasan ini menjadi sebuah kawasan wisata yang penuh inovasi dan unik. Selain dapat melihat ratusan burung hantu terbang bebas, Anda juga dapat melihat bagaimana cara merawat burung hantu. Desa Wisata Tlogoweru juga mempunyai peraturan yang unik yaitu dilarang menembak burung, bila melanggar Anda akan didenda sebesar 2,500,000 Rupiah.

9. Pantai Kartini

Pantai Kartini

Pantai Kartini

Pantai Kartini adalah sebuah tempat wisata yang berlokasi di Jepara, Jawa Tengah. Kawasan seluas lebih dari 3 hektar ini juga merupakan tempat transit dan penghubung bagi mereka yang ingin berwisata ke Kepulauan Karimunjawa. Pantai ini juga disebut sebagai pantai permandian karena pantai ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Pantai Kartini mempunyai beberapa jenis wahana di antaranya kebun binatang, area bermain anak-anak, panggung hiburan, penyewaan perahu, dan lain-lain.

10. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah berlokasi di kota Semarang. Masjid yang mulai dibangun pada tahun 2001 ini diresmikan pada tahun 2006 dan merupakan masjid terbesar dan termegah di provinsi Jawa Tengah. Bangunan masjid sendiri merupakan gabungan dari arsitektur Islam, Romawi, dan Jawa. Fasilitas yang dimiliki Masjid Agung Jawa Tengah di antaranya museum, studio radio, Al Quran raksasa, payung elektrik, dan lain-lain.

Masih bingung mau ke tempat wisata di Jawa Tengah yang mana? Baca: 15 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi









Share ke teman kamu

11 thoughts on “10 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Harus Dikunjungi

  1. Juwana Water Park pati juga tidak kalah bagusnya lho om!!!! he he he Ngomong2 yang paling murah tiket masuknya yang mana itu om

  2. sekarang di kawasan candi borobudur ada tempat baru yg bernama PUNTHUK SETUMBU biasa di sebut Borobudur Nirwana Sunrise

  3. Interupsi gan.. knp nyebut candi borobudur nya terletak di 40km dr yogyakarta? Knp gak blg terletak dikota magelang skalian biar rinci?? Saya soalnya dr magelang yg disini msh banyak tmpat wisata yg indah jg..

  4. Jangan lupa untuk mencoba paket wisata Jenderal Soedirman, yaitu dengan mengunjungi Monumen Tempat Lahir Jenderal Soedirman, kemudian menuju Jembatan Pelangi dan berikutnya melihat Pohon Jamur Raksasa. Semuanya ada di Desa Bantarbarang Kec. Rembang Kab. Purbalingga Jateng.

  5. ada lg mas admin di Jepara yg terbaru JOP, jeprara Ocean Park, terbesar seJawa Tengah,, blon lg ada pantai bandengan, pantai empu rancak, Benteng portugis di kec. Keling, air terjun songgo langit, makan sunan hadirin dan ratu kalinyamat di mantingan, msh bnyak beroh…visi jawa tengah, visit Jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *