18 Tempat Wisata di Semarang yang Paling Terkenal
Pantai Marina

18 Tempat Wisata di Semarang yang Paling Terkenal

Semarang adalah ibukota dari Provinsi Jawa Tengah dan juga merupakan kota terbesar ke 5 di Indonesia. Walaupun tidak seterkenal kota wisata lain, Semarang juga memiliki banyak tempat wisata menarik. Apa saja tempat wisata di Semarang yang paling terkenal?

1. Dusun Semilir Eco Park

Dusun Semilir Eco Park

Tempat wisata ini memiliki banyak sekali spot-spot yang bisa dijadikan latar bidikan fotomu. Selain bisa berfoto, bagi kamu penikmat pemandangan indah, kamu juga bisa datang ke sini, spot yang dapat memanjakan matamu adalah area food court. Di sana kamu tentunya dapat menyantap hidangan yang bisa dipesan dari tenan-tenan yang ada sambil menikmati pemandangan sekitar.

Selain food court, terdapat banyak tenan yang menjual berbagai macam jajanan serta oleh-oleh. Seperti kata pepatah, sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui, kalo kamu ke sini, kamu dapat berfoto  ria, membeli jajanan, makanan dan juga oleh-oleh.

2. Lawang Sewu

tempat wisata di Semarang - Lawang Sewu
Lawang Sewu

Lawang Sewu adalah nama sebuah gedung kuno di kota Semarang. Dibangun pada tahun 1904 oleh Belanda, Lawang Sewu dulunya berfungsi sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda. Nama Lawang Sewu yang berarti seribu pintu berasal dari bentuk bangunannya yang mempunyai banyak pintu dan jendela. Yang menarik dari Lawang Sewu adalah suasana mistisnya yang dilengkapi dengan arsitektur megah khas jaman dahulu. Gedung Lawang Sewu juga mempunyai lantai bawah tanah yang dulunya difungsikan sebagai penjara. Harga tiket masuk Lawang Sewu adalah 10,000 Rupiah.

3. Kampoeng Wisata Taman Lele

tempat wisata di Semarang - Kampoeng Wisata Taman Lele
Kampoeng Wisata Taman Lele

Kampoeng Wisata Taman Lele adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang cocok untuk mengisi waktu liburan keluarga. Dengan luas lebih dari 2 hektar, Kampoeng Wisata Taman Lele mempunyai berbagai macam fasilitas penunjang rekreasi keluarga. Fasiltias yang dimiliki Kampoeng Wisata Taman Lele yaitu kolam renang, danau buatan, kebun binatang kecil, taman bermain anak, gazebo, penginapan, dan tempat pertunjukan. Jalan Walisongo, harga tiket masuk Kampoeng Wisata Taman Lele adalah 2,000 Rupiah pada hari Senin sampai dengan Sabtu, dan 3,500 Rupiah pada hari minggu.

Baca juga : 11 Tempat Wisata Terindah di Indonesia. Luar Negeri Kalah!

4. Masjid Agung Jawa Tengah

tempat wisata di Semarang - Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah yang berlokasi di kota Semarang, tepatnya di Jalan Gajah Raya. Gajah Raya adalah salah satu masjid termegah di Indonesia yang banyak dikunjungi bukan hanya untuk beribadah saja, melainkan untuk kegiatan wisata juga.

Diresmikan pada tahun 2006, Masjid Agung Jawa Tengah yang memiliki luas lebih dari 7,500 meter persegi ini mampu menampung sekitar 16,000 jamaah. Selain bangunan utama masjid, di Masjid Agung Jawa Tengah juga terdapat berbagai fasilitas lain seperti ruang akad nikah, auditorium, perpustakaan, penginapan, museum budaya Islam, kafe, toko cenderamata, kereta kelinci, tempat bermain anak-anak, dan lain-lain.

5. Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur
Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang paling terkenal untuk kategori tempat wisata alam. Air Terjun Kali Pancur yang berlokasi di Desa Nogosaren, Semarang, ini mempunyai ketinggian air terjun sekitar 150 meter , dihiasi bebatuan alam yang ditumbuhi pepohonan hijau, dan memiliki beberapa goa walet .

Sebelum anda datang berkunjung ke tempat wisata Air Terjun Kali Pancur, saya sarankan siapkan terlebih dahulu badan anda dan istirahatlah yang cukup karena anda kan melewati sekitar 900 anak tangga yang cukup melelahkan untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Kali Pancur.

6. Pagoda Buddhagaya Watugong

Pagoda Buddhagaya Watugong
Pagoda Buddhagaya Watugong

Pagoda Buddhagaya Watugong adalah pagoda dengan ketinggian lebih dari 45 meter dan merupakan pagoda tertinggi di Indonesia. Pagoda Buddhagaya Watugong yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan merupakan tempat ibadah pemeluk agama Budha sekaligus tempat wisata di Semarang yang menarik untuk dikunjungi karena keunikan dan keindahan bentuk bangunannya.

7. Taman Rekreasi Wonderia

Taman Rekreasi Wonderia
Taman Rekreasi Wonderia

Taman Rekreasi Wonderia yang berlokasi di Jalan Sriwijaya adalah sebuah tempat wisata di Semarang yang buka sejak tahun 2007. Taman Rekreasi Wonderia mempunyai banyak permainan menarik dan menyenangkan seperti Boom Boom Car, Kiddy Boat, Super Rally, Ghost House, Space Gyro, Merry Go Round, dan Typhoon Coaster sehingga sangat cocok untuk anda yang mempunyai anak kecil. Harga tiket masuk Taman Rekreasi Wonderia adalah 5,000 Rupiah.

8. Curug Benowo

Curug Benowo
Curug Benowo

Curug Benowo adalah sebuah air terjun yang berlokasi di Gunung Ungaran, Semarang dan merupakan air terjun favorit di sekitar Semarang bagi para pecinta alam. Namun, tempat wisata Curug Benowo ini kurang cocok untuk wisata keluarga kalau menurut saya, karena perjalanan ke air terjun Curug Benowo cukup sulit dan melelahkan, kira-kira sekitar 2 jam berjalan kaki di medan yang sempit dan berbatu namun mempunyai pemandangan yang sangat indah dan alami.

9. Hutan Pinus Kayon

Hutan Pinus Kayon, Semarang (penky_soe)
Hutan Pinus Kayon, Semarang (penky_soe)

Pilihan terakhir untuk menghabiskan waktu liburan di Semarang adalah berkunjung ke Hutan Pinus Kayon. Kawasan wisata yang terletak di lereng Gunung Batur dan masuk dalam wilayah Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang ini sangat cocok untuk para pencinta alam. Wisatawan kerap menghabiskan waktunya untuk berkemah di sini. Jangan khawatir, saat berkemah di tempat wisata di Semarang ini, sumber air bersih bisa ditemukan dengan mudah.

Deretan pohon pinus membuat tempat wisata di Semarang ini memiliki suasana yang hampir mirip dengan Hutan Pinus Mangunan di Jogja dan Gunung Pancar di Bogor. Para wisatawan dapat memilih berbagai lokasi sebagai sarana untuk berpose narsis. Bahkan, terdapat pohon pinus yang memiliki bentuk batang unik, melengkung seperti sebuah kursi alami. Pohon inilah yang menjadi lokasi favorit tempat berfoto para wisatawan.

10. Wisata Lembah Kalipancur

Lembah Kalipancur, Semarang (dedesu)
Lembah Kalipancur, Semarang (dedesu)

Lembah Kalipancur merupakan sebuah tempat wisata dengan luas 7 hektar. Pengelola sengaja menaruh danau dan bukit buatan untuk menambah unsur keasrian area ini. Salah satu yang menjadi pusat perhatian pengunjung apabila datang ke tempat wisata ini adalah bangkai pesawatnya.

Bangkai pesawat ini didatangkan dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Pengelola mengubah pesawat ini menjadi sebuah restoran menarik dengan interior khas pesawat terbang. Tidak lupa keramahan pelayanan menyaingi pramugari pesawat sungguhan.

Selain pesawat terdapat banyak daya tarik lainnya. Pengunjung dapat menikmati indahnya Japanese Village, yang seperti namanya, kamu dapat berfoto ala foto-foto di negeri Sakura, Jepang. Belanja di pasar apung yang berada di danau buatan, tak lupa memancing di danau ini juga dapat menjadi aktivitas pilihan menghabiskan hari di kawasan wisata yang satu ini. Apabila kamu pergi bersama buah hati, dapat juga mengunjungi kandang-kandang hewan yang terdapat di sana. Mulai dari kandang sapi, kandang kuda, kandang bebek hingga kandang rusa dapat kamu dan buah hati kunjungi.

11. Candi Gedong Songo – Wisata Semarang Ungaran

Wisata Semarang - Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo – Wisata Semarang Ungaran

Kompleks Candi Gedong Songo yang terletak di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang bisa menjadi persinggahan berikutnya. Berada di lereng Gunung Ungaran, tempat wisata Semarang Ungaran ini tidak hanya menjadi tempat wisata bersejarah namun juga dikenal sebagai tempat wisata yang menawarkan pemandangan memukau. Sebagai bonus, kamu juga akan menjumpai kolam pemandian air panas alami di kompleks candi ini.

Sesuai dengan namanya, Candi Gedong Songo terdiri dari sembilan bangunan candi. Menariknya, wisata Semarang Ungaran ini dulu sempat disebut dengan nama Candi Gedong Pitu, karena pada saat itu hanya ditemukan sebanyak tujuh candi. Baru pada rentang 1908-1911, ditemukan kembali dua candi di area yang sama sehingga namanya pun berubah menjadi Candi Gedong Songo. Candi-candi tersebut diketahui merupakan peninggalan dari Wangsa Syailendra yang berkuasa pada abad ke-9 Masehi.

12. Umbul Sidomukti Semarang

Umbul Sidomukti, Semarang (wisatakaka)
Umbul Sidomukti, Semarang (wisatakaka)

Umbul Sidomukti Semarang berdiri di kawasan dengan luas 72 hektar. Udara yang sejuk disertai dengan kolam renang dengan air yang berasal dari mata air sekitar, membuat kamu merasa seperti berenang di kolam renang alami.

Dengan lahan yang luas, tentunya Umbul Sidomukti Semarang tak hanya menghadirkan kolam renang saja. Kamu juga dapat memilih kegiatan outbound serta trekking sambil menikmati pemandangan sekitaran yang indah. Umbul Sidomukti Semarang juga menyediakan cafe dan restoran untuk bersantai, serta penginapan, kawasan perkemahan serta area pertemuan yang dapat disewa.

 

Pantai di Semarang

1. Pantai Marina

tempat wisata di Semarang - Pantai Marina
Pantai Marina

Pantai Marina merupakan sebuah pantai kecil di sebelah utara kota Semarang. Berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Pantai di Semarang ini adalah tempat wisata di Semarang yang paling disukai untuk kegiatan lari pagi atau jogging. Pantai yang terletak di sebuah perumahan ini mempunyai fasilitas kolam renang, speed boat, ski air, dan taman bermain anak-anak. Bersepeda di sekitar Pantai Marina juga sangat menyenangkan karena suasananya yang sepi dan sejuk dengan pepohonan.

2. Pantai Tirang

tempat wisata di Semarang - Pantai Tirang
Pantai Tirang

Pantai Tirang adalah sebuah pantai biru dan bersih yang berlokasi dekat dengan bandara Ahmad Yani Semarang. Berjarak sekitar 5 KM dari Pantai Marina, Pantai di Semarang ini merupakan pantai favorit para pemancing ikan kakap putih dan ikan kerapu. Selain itu, di Pantai Tirang juga terdapat hutan bakau yang menarik untuk dilihat. Pantai Tirang cocok untuk anda yang lebih menyukai suasana pantai yang sepi.

3. Pantai Maron

tempat wisata di Semarang - Pantai Maron
Pantai Maron

Berlokasi hanya beberapa ratus meter di utara Bandara Ahmad Yani Semarang, Pantai Maron adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang ada di sebelah barat. Pantai Maron menawarkan keindahan pantai yang eksotis sehingga ramai dikunjungi wisatawan sekitar Semarang pada akhir pekan. Apabila anda ingin berkunjung ke pantai di Semarang yang satu ini, perlu diingat bahwa jalan menuju tempat ini masih terbuat dari tanah yang dipadatkan, sehingga apabila hujan jalanan tersebut akan menjadi licin. Harga tiket masuk Pantai Maron adalah 3.000 Rupiah.

 

Kuliner Semarang

Apabila kamu ingin berkunjung ke sana akan sayang apabila tidak menyantap makanan-makanan kuliner Semarang yang khas. Berikut yang wajib kamu cicipi:

1. Restoran Pesta Keboen

Restoran Pesta Keboen
Restoran Pesta Keboen

Tempat wisata kuliner dengan konsep jaman dulu sekarang ini sedang diminati banyak pengunjung, termasuk Restoran Pesta Keboen. Resto yang terletak di Jalan Veteran 29 ini memang menampilkan suasana tempo dulu yang terlihat jelas dari bentuk bangunan dan desain interiornya.

Restoran Pesta Keboen memiliki area indoor dan outdoor, keduanya sama-sama menawarkan kelebihan. Outdoor menjadi tempat yang cocok bagi kamu yang merokok dan ingin melihat pemandangan luar. Untuk indoor, kamu bisa menikmati koleksi benda-benda antik yang dipajang di dalam ruangan selagi menunggu pesananmu siap diantar ke meja.

Tempat wisata kuliner ini juga menyediakan fasilitas lain bagi keluarga yang datang seperti adanya arena permainan anak. Selain itu, pada hari-hari tertentu, pengunjung bisa menikmati pertunjukan live music.

2. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

tempat wisata kuliner di Semarang
Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Siapa bilang kuliner lezat hanya bisa didapatkan di restoran mewah dan mahal? Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini menjadi bukti bahwa warung tenda sederhana mampu menyajikan kuliner lezat kelas satu.

Gulai kambing ala Bustaman emmeang berbeda dari gulai kambing kebanyakan. Jika biasanya gulai dimasak dengan menggunakan santan sehingga menghasilkan kuah kental gurih, ini tidak terjadi pada Gulai kambing ala Bustaman. Kelapa tak dijadikan santan, namun diparut, disangrai kering kemudian ditumbuk halus bersama bumbu-bumbu lainnya. Hasilnya? Kuahnya bening segar dan akan membuat kamu ketagihan.

Letaknya yang berada di belakang Gereja Blenduk di kawasan kota tua menjadikan tempat wisata kuliner ini mudah dijangkau. Tempat wisata kuliner di Semarang ini buka mulai pukul 08:00 sampai 16:00 dan mencapai puncak keramaian pada jam makan siang.

3. Angkringan Gaul Ampiran 3

Angkringan Gaul Ampiran 3
Angkringan Gaul Ampiran 3

Ini dia angkringan dengan konsep lebih ‘anak muda’. Menu yang disajikan di Angkringan Gaul Ampiran 3 ini tak jauh berbeda dengan angkringan pada umumnya yaitu nasi kucing juga aneka sate dan gorengan. Masalah harga pun sama terjangkaunya.

Lalu apa yang membuat angkringan ini istimewa? Angkringan ini menjadi lokasi favorit anak muda Semarang berkumpul karena tersedianya fasilitas free WiFi dan pertunjukan live musik. Tempat wisata kuliner yang terletak di Jalan Durian Raya 29C, Banyumanik, Semarang, ini tentulah bukan angkringan biasa.

 

Kuliner Semarang Lainnya

Selain yang sudah disebutkan di atas, masih ada beragam menu kuliner Semarang yang khas. Yuk cek di 11 Tempat Wisata Kuliner di Semarang yang Wajib Dikunjungi

Baca juga : 16 Makanan Khas Semarang Paling Hits Untuk Dicoba!

 

Join the discussion

11 comments

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!