10 Tempat Wisata di Ubud yang Wajib Dikunjungi

Campuhan Ridge Walk
Share ke teman kamu

Bali memang bisa dikatakan surganya tempat wisata, tetapi tidak banyak wisatawan domestik yang melirik daerah Ubud di Bali sebagai salah satu tujuan wisata favorit mereka. Di Indonesia sendiri, Ubud sering kali dijadikan sebagai destinasi liburan bagi para penulis yang ingin menghasilkan sebuah karya kreatif, karena suasananya yang lebih menenangkan. Sama seperti Wae Rebo, tempat wisata di Ubud jauh lebih terkenal untuk kalangan wisatawan mancanegara, sampai-sampai Ubud menjadi salah satu lokasi syuting film Hollywood, Eat Pray & Love.

Jika Anda ingin ke Bali tapi sudah bosan dengan pantai di Bali atau ingin merasakan liburan yang menenangkan dan berbeda, mengunjungi berbagai tempat wisata di Ubud bisa masuk dalam daftar Anda. Saat memutuskan berlibur di Ubud nanti, jangan lupa untuk melakukan 10 hal berikut ini:

1. Berkunjung ke Ubud Monkey Forest

Ubud Monkey Forest

Ubud Monkey Forest

Ubud Monkey Forest adalah salah satu tempat wisata di Ubud yang paling terkenal. Monkey Forest Ubud merupakan kawasan hutan lindung dimana di dalam hutan lindung ini terdapat pura yang sangat sakral bagi umat Hindu Bali.

Lokasi dari Ubud Monkey Forest ini ada di Jalan Monkey Forest, Ubud dengan kode pos 80571. Berkunjung ke sini, Anda akan disuguhi oleh udara sejuk yang bebas polusi, lengkap dengan pohon-pohon hijau nan tinggi. Pukul 14.00 adalah waktu terbaik untuk berkunjung kemari, karena monyet-monyet di sini sudah cukup kenyang sehingga tidak terlalu agresif ketika melihat makanan yang Anda pegang.

2.  Trekking Authentik Bali – Day Tours

Trekking Authentik Bali - Day Tours

Trekking Authentik Bali – Day Tours

Bagi Anda yang menyukai petualangan, dan ingin melihat Bali dengan cara yang berbeda dari tempat wisata di Bali pada umumnya, mengikuti tur ini adalah pilihan yang tepat.

Anda bisa mengikuti tur yang disedikaan oleh Agus. Agus menyediakan 8 trek yang berbeda untuk semua tingkatan. Seluruh trek ini berada di wilayah Ubud dengan waktu tempuh 30 menit perjalanan dengan menggunakan mobil.

Anda kemudian akan berjalan melalui sawah, sungai, saluran irigasi, hutan, dan desa-desa. Anda berkesempatan untuk melihat eksotisme budaya Bali dari sudut yang berbeda. Tidak perlu takut kelelahan, karena tur ini akan mengikuti batas kemampuan fisik Anda.

3. Bersepeda keliling area persawahan

Bersepeda keliling persawahan

Bersepeda keliling persawahan

Kegiatan bersepeda di Ubud adalah salah satu aktivitas favorit di Ubud bagi wisatawan asing. Hal ini didukung oleh adegan bersebeda Julia Robert yang berlatarkan pemandangan sawah hijau dalam film Eat Pray & Love.

Banyak penyedia jasa peket bersepeda lengkap dengan pemandu yang akan mengajak Anda berkeliling ke spot-spot bersepeda terbaik di Ubud. Anda tidak hanya akan bersepeda mengelilingi persawahan yang hijau, tetapi juga masuk dalam perkampungan khas Bali. Di sinilah Anda berkesempatan berinteraksi ramah dengan penduduk setempat.

4. Berkunjung ke ARMA

Berkunjung ke ARMA

Berkunjung ke ARMA

Agung Rai Museum of Art (ARMA) didirikan oleh Agung Rai, seorang penduduk Bali yang telah mengabdikan hidupnya untuk pelestarian dan pengembangan seni dan budaya Bali. Di sini, Anda bisa melihat beragam koleksi karya master Bali seperti I Gusti Nyoman Lempad, Ida Bagus Made, dan lain-lain. Di sini Anda tidak hanya akan menikmati keindahan lukisan, tetapi juga berkesempatan untuk menyaksikan pertunjukan teater, musik, dan tari. Di dalam museum ini juga terdapat toko buku dan perpustakaan lengkap dengan ruang baca.



5. Mengikuti kelas memasak

Kelas memasak di Ubud

Kelas memasak di Ubud

Di Ubud, Anda tidak akan kesulitan menemukan tempat yang menyediakan fasilitas kursus memasak, karena hampir sebagain besar hotel di Ubud menyediakan kelas memasak bagi para wisatawan yang berkunjung ke Ubud. Bukan orang dewasa saja yang bisa mengikuti kegiatan ini, tetapi anak-anak juga bisa berpartisipasi. Dengan mengikuti kelas memasak untuk anak di Ubud, anak-anak bisa belajar sambil bermain. Menu-menu kuliner khas Bali yang bisa Anda pelajari dalam kelas memasak ini adalah sate lilit, lawar dan juga beberapa masakan khas Indonesia lain seperti gado-gado dan nasi goreng.

6. Merasakan pengalaman Campuhan Ridge Walk

Campuhan Ridge Walk

Campuhan Ridge Walk

Campuhan Ridge Walk merupakan perjalanan di alam bebas yang populer sebagai salah satu tempat wisata di Ubud Bali.

Campuhan Ridge walk menawarkan perjalanan yang jauh dari hiruk pikuk wisatawan sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin berwisata santai dan tenang. Melalui perjalanan ini, Anda bisa melihat pedalaman Bali yang lebih murni, butik-butik kontemporer, dan juga wisma khas penduduk Bali. Total panjang perjalanan ini adalah sekitar 9 km melewati lembah subur dari Sungai Wos dan sawah hijau, dengan latar belakang pemandangan Gunung Agung.

7. Menonton Tari Kecak di Pura Taman Saraswati Ubud

Tari Kecak Api Ubud

Tari Kecak Api Ubud

Berkunjung ke Ubud, rasanya tidak lengkap jika Anda tidak menyempatkan diri untuk melihat pertunjukan Tari Kecak. Tari Kecak adalah salah satu tarian tradisional khas Bali. Di Ubud sendiri ada banyak tempat yang menyajikan pertunjukan Tari Kecak Api, salah satu tempat menonton Tari Kecak yang direkomendasikan adalah Pura Taman Saraswati.

Pura ini memiliki banyak kolam dengan bunga teratai yang cantik. Panggung pementasan Tari Kecak sendiri berada di tengah dan dikelilingi kolam teratai. Pertunjukan Tari Kecak di sini diadakan setiap hari Kamis mulai pukul 19.30 waktu setempat.

8. Memacu Adrenalin dengan Ayung Rafting

Ayung Rafting

Ayung Rafting

Sungai Ayung adalah tempat wisata di Ubud yang terkenal sebagai lokasi rafting di Bali selain Sungai Telaga Waja. Karena Sungai Ayung masuk dalam kategori sungai kelas II dan III, arung jeram Sungai Ayung di Bali ini sangat cocok untuk rafter pemula atau mereka yang ingin berarung jeram dengan tenang tanpa bahaya sambil menikmati pemandangan indah.

Saat rafting di Sungai Ayung, Anda akan disuguhi pemandangan pepohonan hijau yang rindang, hamparan persawahan, dan perbukitan yang asri dipandang mata. Di tengah-tengah perjalanan nantinya, Anda berkesempatan melihat mahakarya seniman Bali berupa ukiran relief Ramayana di tebing batu.

9. Teras Sawah Tegallalang

Teras Sawah Tegallalang

Teras Sawah Tegallalang

Bila berkunjung ke Ubud, sempatkanlah untuk mengunjungi Desa Tegallalang. Desa yang menawarkan pemandangan sawah yang indah ini telah menjadi salah satu tempat wisata di Ubud yang paling populer untuk kalangan fotografer. Sawah di desa Tegallalang merupakan objek wisata favorit turis internasional. Berbeda dengan sawah lainnya, sawah di desa ini berbentuk terasering yang tersusun rapi. Untuk menikmati hijaunya sawah terasering ini, Anda hanya perlu singgah di salah satu warung atau restoran yang ada di sana.

10. Menonton Tari Legong Mahabharata Di Puri Ubud

Tari Legong Mahabharata

Tari Legong Mahabharata

Selain Tari Kecak, Tari Legong adalah tarian khas Bali yang juga populer. Salah satu tempat untuk menikmati pertunjukan Tari Legong di Ubud adalah Puri Saren Ubud. Pementasan khusus untuk Tari Legong Mahabharata hanya berlangsung pada hari Minggu saja, dimulai pada pukul 19.30 sampai pukul 21.00 WITA. Selain Tari Legong, di sini juga dipentaskan tarian lain dengan tema yang berbeda-beda setiap harinya.









Share ke teman kamu

2 thoughts on “10 Tempat Wisata di Ubud yang Wajib Dikunjungi

  1. Salam kenal,
    Saya tertarik dengan “Trekking Authentik Bali – Day Tours”, bisa kasih info tentang ini. Terima kasih sebelumnya.

  2. saya tertarik dengan aktivitas yang di tawarkan trekking authentik bali dan bersepeda, kira2 untuk tours yang ditawarkan itu memakan waktu berapa jam .. salah satunya saya lihat 9 km walking trekking.. ada advice untuk tempat menginap (hotel)yang dekat dengan tmpt kegiatan tours tersebut ? bisa kasih info lebih lengkap ttg hal tersebut .. terima kasih banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *