33 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi
Pantai Padang Padang

33 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Terletak di sebelah timur Pulau Jawa, Bali adalah primadona pariwisata Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia. Banyak  tempat wisata di Bali yang wajib untuk dikunjungi karena Selain terkenal dengan keindahan alamnya, terutama pantainya, tempat wisata di Bali ini juga terkenal dengan kesenian dan budayanya yang unik dan menarik untuk disaksikan dan dipelajari.

Bali sebagai tempat tujuan wisata yang lengkap dan terpadu memiliki banyak sekali tempat wisata menarik, apa saja tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi? Baca rekomendasinya berikut ini.

1. Pantai Kuta

tempat wisata di bali Pantai Kuta
tempat wisata di bali Pantai Kuta

Pantai Kuta adalah tempat wisata di Bali yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang dekat dengan bandara, pantainya yang indah, biaya yang murah, dan ombaknya yang cocok untuk peselancar pemula. Pantai Kuta juga terkenal dengan panorama matahari tenggelamnya yang sangat indah.

Sebuah fakta unik dari tempat wisata Pantai Kuta adalah sebelum Pantai Kuta menjadi sebuah tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi seperti sekarang ini, Pantai Kuta merupakan sebuah pelabuhan besar, yang merupakan pusat perdagangan di Bali pada masanya.

Dengan pasir putih dan laut birunya, dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang sangat lengkap, Pantai Kuta adalah primadona tempat wisata Bali yang harus Anda kunjungi saat berlibur.

2. Pura Tanah Lot

pura Tanah Lot
pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot adalah salah satu tempat wisata di Bali yang terkenal dengan keindahannya, terutama pada saat matahari terbenam. Pura Tanah Lot yang terdiri dari 2 buah pura merupakan pura tempat memuja dewa laut.

Keunikan utama dari Pura Tanah Lot adalah pura ini berada di atas sebuah batu karang besar di pinggir laut. Pada saat air laut pasang, anda tidak dapat mendekat ke Pura Tanah Lot karena di sekitar batu karang penyangga Pura Tanah Lot akan digenangi air laut. Pada saat air surut anda dapat melihat beberapa ular laut jinak yang menurut penduduk setempat merupakan penjaga Pura Tanah Lot. Selain itu, di lokasi tempat wisata di bali ini anda juga dapat memegang ular suci yang jinak dan tidak berbahaya.

3. Pantai Padang Padang

tempat wisata di bali- Pantai Padang Padang
Pantai Padang Padang

Pantai Padang Padang mungkin kurang begitu terkenal bila dibandingkan dengan Pantai Kuta, namun Pantai Padang Padang adalah pantai tempat wisata di bali yang sangat indah dan unik. Pada saat saya pertama kali datang berkunjung ke Pantai Padang Padang juga saya mengira bahwa pantai ini adalah pantai yang tidak menarik karena kurang terkenal, namun ternyata saya salah.

Pantai Padang Padang adalah pantai kecil yang tersembunyi di balik sebuah tebing di kawasan Pecatu, dekat Uluwatu. Untuk dapat mencapai Pantai Padang Padang, anda harus melewati sebuah tangga yang membelah tebing.

Pantai Padang Padang tidak besar dan luas, namun sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Sebagian besar pengunjung Pantai Padang Padang adalah wisatawan asing karena Pantai Padang Padang kurang terkenal di kalangan wisatawan dalam negeri.

4. Danau Beratan Bedugul

Danau Beratan Bedugul
Danau Beratan Bedugul

Danau Beratan Bedugul adalah sebuah danau yang berlokasi di daerah pegunungan dengan suasana alam yang asri. Keunikan dari Danau Beratan Bedugul adalah keberadaan pura yang bernama Pura Ulun Danu.

Tempat wisata di bali – Pura Ulun Danu terletak di pinggir Danau Beratan Bedugul dan merupakan salah satu daya tarik utama Danau Beratan Bedugul. Selain itu, supaya liburan menjadi semakin berkesan, wisatawan juga dapat menikmati permainan air dan menyewa perahu di Danau Beratan Bedugul.

5. Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Garuda Wisnu Kencana
Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana atau biasa disingkat GWK adalah sebuah taman wisata budaya yang berlokasi di Bali Selatan. Garuda Wisnu Kencana adalah sebuah patung yang sangat besar karya I Nyoman Nuarta.

Tempat Wisata di Bali Garuda Wisnu Kencana
Garuda Wisnu Kencana

Saat ini, patung Garuda Wisnu Kencana sudah sepenuhnya selesai dan kamu dapat menikmati kemegahan Garuda Wisnu Kencana. Selain patung, anda juga dapat melihat keindahan bukit kapur yang di potong menjadi balok-balok kapur besar. Balok-balok kapur ini nantinya akan dipenuhi dengan pahatan. Selain itu di kawasan Garuda Wisnu Kencana juga terdapat teater seni, anda dapat menikmati berbagai jenis tari dan kesenian Bali di teater ini setiap harinya. GWK merupakan tempat wisata di bali rekomendasi untuk dikunjungi.

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Khas Bali yang Paling Terkenal

6. Pantai Lovina

Pantai Lovina
tempat wisata di bali – Pantai Lovina

Pantai Lovina mungkin tidak terlalu sering terdengar di kalangan wisatawan lokal. Pantai Lovina adalah salah satu tempat wisata di Bali yang paling saya sukai karena di Pantai Lovina kita dapat melihat lumba-lumba berenang dan meloncat-loncat di habitat aslinya.

Terletak di Bali Utara, dekat dengan Kota Singaraja, anda akan diajak pergi ke tengah laut dan melihat lumba-lumba dengan menggunakan perahu nelayan. Lumba-lumba Pantai Lovina biasanya akan bermain di tepi pantai pada pagi hari, oleh karena itu biasanya wisatawan akan berangkat dari pinggir pantai mulai dari jam 6 pagi.

7. Pura Besakih

Pura Besakih
Pura Besakih

Pura Besakih adalah sebuah pura yang berlokasi di kaki Gunung Agung, dan merupakan pura terbesar di Bali. Di Pura Besakih sering diadakan acara keagamaan Hindu karena Pura Besakih dipercaya sebagai tempat suci dan merupakan induk dari seluruh pura yang ada di Bali.

Pura Besakih dibangun dengan konsep keseimbangan Tuhan, manusia, dan alam atau sering disebut dengan sebutan Tri Hita Karana. Untuk dapat memasuki area Pura Besakih, anda harus menggunakan sarung yang dapat dipinjam di sekitar lokasi Pura Besakih. Tempat wisata di bali yang satu ini terbilang sakral penduduk bali jadi kita diharapkan untuk selalu berpakaian sopan.

Baca juga : 7 Tempat wisata pantai di Bali yang wajib dikunjungi

8. Pura Uluwatu

Pura Uluwatu
Pura Uluwatu

Pura Uluwatu adalah salah satu tempat wisata di Bali yang berada di atas sebuah tebing yang menjorok ke laut. Pura Uluwatu tidak hanya menawarkan suasana religius khas Bali, namun juga menawarkan keindahan panorama, terutama keindahan pemandangan matahari tenggelamnya yang sudah sangat terkenal.

Di tempat wisata di Bali yang satu ini, anda akan berjumpa dengan sejumlah kera yang dipercaya berfungsi menjaga kesucian Pura Uluwatu. Untuk memasuki area Pura Uluwatu, anda harus menggunakan sarung dan selendang yang merupakan simbol hormat kepada kesucian Pura Uluwatu.

9. Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran
Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran adalah salah satu tempat wisata di Bali yang paling terkenal. Pada saat anda datang ke Pantai Jimbaran, yang pertama kali akan anda lihat adalah deretan meja dan kursi makan di atas pasir putih yang indah. Ya, Pantai Jimbaran terkenal dengan kuliner Bali pinggir pantainya, terutama hidangan lautnya.

Tempat wisata di Bali ini sangatlah cocok untuk anda yang ingin berwisata ke pantai sekaligus menikmati wisata kuliner khas Bali. Tidak perlu kuatir menyantap makanan di Pantai Jimbaran karena ombak di Pantai Jimbaran sangatlah tenang, sehingga tidak membahayakan anda yang sedang makan berbagai kuliner khas Bali lezat di pinggir pantai.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Kuliner di Bali yang Wajib Dikunjungi

10. Monkey Forest

Ubud Monkey Forest
Ubud Monkey Forest

Monkey Forest adalah tempat wisata di Bali yang akan membawa anda menyatu dengan alam. Terletak di Ubud, Bali, Monkey Forest adalah sebuah hutan yang dihuni oleh banyak kera liar. Kera-kera ini dianggap keramat oleh penduduk setempat sehingga tidak boleh diganggu dan dibiarkan hidup bebas di hutan.

Kera di Monkey Forest sangat menyukai makanan, mereka akan berusaha mendapatkan makanan yang anda bawa, walaupun makanan tersebut ada di dalam tas anda. Di tempat wisata di Bali ini anda akan menyaksikan kehidupan ratusan kera yang unik dan menarik, namun berhati-hatilah dengan barang bawaan anda karena terkadang monyet-monyet tersebut akan berusaha mengambilnya.

11. Tanjung Benoa

tempat wisata di bali - Tanjung Benoa
Tanjung Benoa

Tanjung Benoa yang berbatasan langsung dengan Nusa Dua, Bali adalah pusat dari kegiatan olahraga dan permainan air di Bali. Karakteristik Pantai Tanjung Benoa sangatlah tenang, sehingga sangat cocok untuk berbagai jenis permainan air yang seru.

Jenis permainan air yang dapat anda mainkan di tempat wisata di Bali yang satu ini di antaranya snorkeling, sea walker, banana boat, parasailing, wakeboard, waterski, jetski, scuba diving, donut boat, flying fish, dan lain-lain. Selain itu anda juga dapat pergi melihat penyu raksasa di pulau penyu dengan menaiki perahu dari Tanjung Benoa.

12. Danau Batur Kintamani

Danau Batur Kintamani
Danau Batur Kintamani

Danau Batur Kintamani merupakan salah satu pesona alam tiada duanya yang dimiliki Bali. Terletak di gunung tertinggi ke 2 di Bali, Danau Batur Kintamani mempunyai hawa yang sejuk dan pemandangan yang sangat mempesona.

Danau Batur Kintamani adalah danau terbesar di Bali yang banyak dikunjungi wisatawan karena menawarkan pemandangan yang tiada duanya di Bali.

13. Tari Kecak Uluwatu

Tari Kecak Uluwatu
Tari Kecak Uluwatu

Tari Kecak adalah tari khas Bali yang paling terkenal dan paling menarik untuk dilihat. Dari banyak tempat di Bali yang mempertontonkan tarik kecak, menurut saya yang paling menarik adalah Tari Kecak Uluwatu yang berada di Pura Uluwatu.

Tari Kecak Uluwatu mempertunjukan tari kecak khas Bali dengan latar belakang matahari tenggelam di Uluwatu yang sangat indah. Tari Kecak Uluwatu sangat populer dan ramai oleh karena itu apabila anda ingin menonton pertunjukan Tari Kecak Uluwatu, saya sarankan untuk pesan dari jauh hari.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi

14. Arung Jeram Sungai Telaga Waja

tempat wisata di bali - Arung Jeram Sungai Telaga Waja
Arung Jeram Sungai Telaga Waja

Arung Jeram Sungai Telaga Waja sangatlah cocok bagi anda yang suka kegiatan yang seru dan menantang. Sungai Telaga Waja memiliki air yang jernih dan bersih dan jeram yang menantang.

Di akhir pengarungan, anda akan meloncati sebuah pintu air, sangat seru. Setelah selesai menikmati Arung Jeram Sungai Telaga Waja, anda akan mendapatkan bonus berupa trekking naik gunung, oleh karena itu siapkan diri anda dan beristirahatlah yang cukup karena Arung Jeram Sungai Telaga Waja akan menguras tenaga anda.

15. Arung Jeram Sungai Ayung

Arung Jeram Sungai Ayung - tempat wisata di bali
Arung Jeram Sungai Ayung

Arung Jeram Sungai Ayung mempunyai karakteristik yang berbeda dengan Arung Jeram Sungai Telaga Waja. Apabila Arung Jeram Sungai Telaga Waja menawarkan tantangan, maka Arung Jeram Sungai Ayung menawarkan keindahan pemandangan alam pegunungan.

Panorama sepanjang Sungai Ayung sangatlah indah, ditambah dengan pahatan di tebing sungai, dan hijaunya pepohonan di sekitar sungai melengkapi keindahan Arung Jeram Sungai Ayung.

Di sini, wisatawan bisa menantang arus melalui track rafting sepanjang 12 km yang bisa ditempuh dalam 2 jam, dari start sampai ke finish point. Daya tarik utama tempat wisata di bali adalah cerita Ramayana yang terpahat di sepanjang 1 km dinding sungai. Pun di tengah perjalanan Anda akan dibuat terpana oleh air terjun yang sangat cantik pada tempat wisata di bali yang satu ini.

Arung jeram Sungai Ayung juga dibagi menjadi grade I, II, III, yang disesuaikan dengan kemampuan rafting masing-masing wisatawan. Jadi, Anda yang masih pemula di cabang olahraga air ini tak perlu takut mencoba.

16. Pantai Karma

Pantai Karma Bali
Pantai Karma Bali

Jika Anda ingin menikmati indahnya pantai di Pulau Dewata, tapi tidak begitu menyukai keramaian, pantai pribadi mungkin bisa menjadi alternatif yang pas. Salah satu yang bisa dijadikan referensi adalah Pantai Karma atau Pantai Pasir Putih. Sesuai namanya, pantai ini memang berpasir putih.

Karena merupakan pantai pribadi yang letaknya tersembunyi di dasar tebing, tempat wisata di bali yang terletak 27 km dari Denpasar ini terbilang cukup sepi. Lokasi pun hanya bisa diakses dengan ekskalator. Pantai Karma dibuka mulai pukul 09.30 sampai 18.00 dengan HTM sekitar Rp350.000 per orang. Mengingat medannya yang ekstrem dan tempatnya yang ciamik, tentu harga tersebut sangat sebanding, ya.

16. Dream Land

Pantai Dream Land - Tempat wisata di Bali
Pantai Dream Land – Tempat wisata di Bali

Tidak jauh dari Pantai Karma, yakni kurang lebih sekitar 1 km, terdapat Pantai Dreamland yang sangat terkenal dengan keindahan pemandangannya. Selain berpasir putih dengan air laut hijau kebiruan, tempat wisata di bali yang sejalur dengan arah Garuda Wisnu Kencana ini juga memiliki daya tarik utama yaitu tebing-tebing menjulang yang mengelilingi pantai, yang lebih dikenal dengan Bukit Pecatu.

Saat berada di sini, Anda akan serasa sedang berlibur di pulau pribadi. Tidak seperti pantai di Bali pada umumnya, Dreamland memang “sengaja” didesain serupa pantai privat. Kesan bersih dan nyaman pun akan sangat terasa saat di sini.

Dreamland merupakan salah satu lokasi favorit di Bali bagi para pencinta olahraga surfing. Saat akan menuju ke pantai ini, Anda akan melewati kawasan elite Resort Pecatu yang eksklusif dan aksesnya dijaga sangat ketat.

17. Pantai Nusa Dua

Pantai Nusa Dua Bali
Pantai Nusa Dua Bali

Tempat wisata di bali berikutnya tak kalah cantik adalah Pantai Nusa Dua. Dari Pantai Kuta, tempat ini bisa dijangkau hanya 20-30 menit berkendara. Hampir sama dengan Dreamland, pantai ini pun terletak di kawasan yang terkenal elite. Sejauh mata memandang, mata Anda akan dimanjakan oleh pesona pasir putih dan pepohonan kelapa yang tumbuh tersebar di sepanjang pantai.

Ombak di Pantai Nusa Dua cenderung tenang, sehingga sangat cocok dijadikan destinasi wisata liburan bersama anak-anak. Selain itu, di lokasi juga tidak banyak pedagang/jasa pijat yang berlalu-lalang, seperti yang sering ditemukan di banyak objek pelesiran, sehingga Anda bisa berlibur dengan lebih nyaman.

Baca juga : Jatiluwih – Wisata Bali Dengan Panorama Alam yang Indah

18. Pantai Seminyak

Pantai Seminyak - Tempat Wisata di Bali
Pantai Seminyak

Terletak di garis pantai yang sama dengan Kuta dan Legian, pantai ini memiliki karakter ombak yang cukup besar. Seminyak merupakan jujugan wisata paling populer bagi para pencinta olahraga selancar—setelah Pantai Kuta. Menjelang sore, suasana akan semakin seru dengan suguhan pemandangan matahari terbenam.

Oleh pengelola wisata setempat, Pantai Seminyak memang dirancang khusus untuk golongan menengah ke atas. Tak heran jika di sini banyak ditemukan hotel, bungalow, dan penginapan bintang lima yang umumnya disewa dan ditinggali para ekspatriat. Meski begitu, siapa saja tentu boleh berkunjung kemari dengan hanya membayar parkir sebesar Rp5.000.

19. Pantai Uluwatu

Pantai Uluwatu
Pantai Uluwatu

Pantai Uluwatu merupakan salah satu tempat wisata di bali yang eksotis dan cukup jarang didengar namanya di kalangan wisatawan. Namun, siapa sangka kalau ternyata tempat wisata di bali memiliki pemandangan yang sungguh ciamik. Pantai ini memang terletak di kawasan yang cukup tersembunyi di Bali bagian selatan. Oleh banyak turis, Uluwatu diberi julukan Blue Point.

Pantai ini dikelilingi oleh tebing-tebing yang tinggi. Untuk menuju kemari, Anda perlu menuruni anak tangga berukuran kecil yang terletak di tengah dua bukit karang raksasa. Sebagian masyarakat menyebut Uluwatu dengan Pantai Suluban (asal kata mesulub) yang artinya berjalan melewati sesuatu di atas kepala manusia.

Sekitar 3 km dari lokasi, Anda akan menemukan sebuah pura suci bernama Pura Luhur Uluwatu yang dibangun pada abad 11 oleh Empu Kuturan. Wisatawan tentu diperbolehkan masuk ke pura setelah mengganti pakaian dengan kain panjang dan sabuk khas yang dipakai masyarakat Bali. Pura ini dijaga oleh banyak monyet liar. Anda yang berniat datang ke tempat ini sebaiknya tidak perlu membawa makanan atau memakai pakaian/aksesori yang terlalu mencolok agar tidak dikejar monyet-monyet tersebut.

20. Pantai Balangan

Pantai Balangan
Pantai Balangan

Sekitar 8 km dari GWK (Garuda Wisnu Kencana), terdapat sebuah pantai berpasir putih nan cantik. Ialah Pantai Balangan yang terkenal dengan air lautnya yang biru kehijauan bak permata. Ombak di pantai ini cukup besar sehingga sangat disukai para wisatawan yang hobi berselancar.

Pantai Balangan dikelilingi oleh tebing batu yang cukup tinggi. Jika naik ke atas, Anda bisa melihat keindahan Pantai Dreamland. Saat pagi hari, suasana tempat wisata di bali ini akan makin semarak oleh aktivitas nelayan yang baru pulang dari melaut membongkar hasil tangkapannya.

21. Pantai Amed

Pantai Amed
Pantai Amed

Destinasi wisata pantai di Bali yang cocok dikunjungi para pencinta olahraga selam adalah Pantai Amed. Terletak di Karangasem, Bali bagian utara, tempat wisata di bali ini memiliki sebuah danau yang bisa dimanfaatkan pelancong yang sedang belajar menyelam.

Tidak hanya menyimpan keindahan panorama bawah laut, Pantai Amed juga menawarkan pesona matahari terbenam yang sangat cantik. Di tempat wisata di bali ini juga terdapat sebuah bangkai kapal patroli milik Jepang yang terdampar semasa Perang Dunia II berlangsung. Penasaran dan ingin berkunjung kemari?

22. Pantai Canggu / Echo Beach

Pantai Canggu atau Echo Beach
Pantai Canggu atau Echo Beach

Anda yang hobi berselancar tentu sudah tidak asing lagi dengan nama pantai yang satu ini. Pantai berpasir hitam ini memang surga bagi para pencinta olahraga selancar. Ini karena Pantai Canggu memiliki ombak yang cukup besar sehingga sangat mendukung segala kegiatan olahraga air yang satu ini.

Tidak hanya lokal, banyak sekali peselancar mancanegara yang datang ke Pantai Canggu hanya untuk menantang adrenalin mereka. Sebegitu terkenalnya, tempat wisata di bali ini sampai pernah dijadikan sebagai tempat gelaran ISC (Indonesia Surfing Championship) yang bertaraf internasional.

Baca juga : Pulau Menjangan, Surga Diving Sempurna di Bali Barat

23. Museum Pasifika

Museum pasifika
Museum pasifika

Puas menjelajah pantai, kini saatnya melakukan wisata edukasi dengan berkunjung ke Museum Pasifika. Bangunan yang terletak di kawasan elite Nusa Dua, tepatnya di BTDC Blok P, ini menampilkan beragam karya seni hasil goresan tangan seniman se-Asia Pasifik, dari mulai Le Mayeur, Antonio Blanco, Theo Meier, Nyoman Gunarsa, Affandi, dan lain sebagainya.

Pada tahun 2004 ketika baru didirikan, tempat wisata di bali yang satu ini masih bernama Asia Pasific Centre, baru pada 2006 ia disahkan sebagai museum dengan ditandai pergantian nama. Tiket masuk ke museum ini adalah sekitar Rp75.000. Harap diingat, pengunjung tidak diperkenankan mengambil gambar kecuali di ruang Temporary Exhibition dan Premier Art of Vanuatu and Pacific Island, serta Paintings of Aloi Pilioko dan Nikolai Michoutouchkine.

24. Museum Bali

Museum Bali
Museum Bali

Museum Bali ini terletak di tengah Kota Denpasar, tepatnya di sebelah Pura Agung Jagat Natha. Tidak seperti Museum Pasifika, tempat wisata di bali berikut ini bukan merupakan museum seni, melainkan museum sejarah. Di sini Anda bisa menjumpai beragam koleksi zaman prasejarah, mulai dari peralatan upacara adat dan keagamaan, sampai bukti fisik perkembangan budaya masyarakat Bali dari zaman ke zaman.

Museum tempat wisata di bali ini sangat pas dikunjungi oleh Anda yang menyukai wisata sejarah atau siapa pun yang ingin mengetahui sejarah Bali secara lengkap. Museum Bali buka setiap hari, kecuali Sabtu dan tanggal merah. Struktur bangunan yang unik dan pemandangan sekitar lokasi yang cantik menjadikan banyak calon pengantin memilihnya sebagai spot untuk sesi foto prewedding.

25. Monumen Bom Bali

Monumen Bom Bali
Monumen Bom Bali

Seperti namanya, monumen ini memang sengaja dibangun untuk memperingati tragedi bom Bali I yang terjadi pada 12 Oktober 2002 silam. Pada monumen ini, Anda akan melihat nama-nama korban yang jumlahnya sekitar 202 jiwa. Kebanyakan dari mereka adalah turis mancanegara yang pada waktu itu sedang menghabiskan masa liburan di Indonesia. Bangunan ini terletak di Jalan Legian, Kuta, tepatnya di depan Paddy’s Pub dan Sari Club.

Karena berada di ruang terbuka, siapa pun bisa berkunjung tempat wisata di bali ini tanpa perlu membayar tiket masuk. Oleh pemerintah setempat, tugu peringatan ini dinamakan dengan Monumen Panca Benua. Namun, wisatawan lebih sering menyebutnya sebagai Monumen Ground Zero Bali atau Monumen Bom Bali. Wisatawan yang datang kemari umumnya adalah anggota keluarga dari korban bom Bali yang berasal dari berbagai negara, seperti Australia, Amerika, Swedia, dan Indonesia.

Baca juga : 12 Tips berburu tiket pesawat murah untuk liburan

26. Monumen Bajra Sandhi

Monumen Bajra sandi
Monumen Bajra sandi

Merupakan monumen yang dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Bali. Dulu, Perang Puputan terjadi tepat di lokasi monumen ini berdiri. Monumen Bajra Sandhi adalah tempat wisata di bali yang berada di Kantor Gubenur Bali dan Gedung DPRD Provinsi Bali, tepatnya di Lapangan Niti Mandala Renon.

Di Gedung ini terdapat 33 buah diorama yang menceritakan perjuangan rakyat Bali sejak zaman prasejarah sampai perebutan kemerdekaan. Karena tempat wisata di bali ini dibangun dengan dinding-dinding kaca layaknya tugu Monas di Jakarta, dari lantai tiga pengunjung bisa menikmati indahnya suasana Denpasar dan sekitarnya dari ketinggian.

Tiket masuk ke tempat wisata di bali ini hanya sekitar Rp5.000. Dibuka setiap Senin-Jumat, pengunjung yang datang kemari tidak hanya bisa menikmati wisata sejarah, tapi juga membaca beragam koleksi di perpustakaan, melihat kolam ikan, dan pameran kerajinan tangan.

27. Pura Tirta Empul

Puta Tirta Empul
Puta Tirta Empul

Pura Tirta Empul berlokasi di Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Di sini terdapat kolam besar berbentuk persegi panjang yang berjejer dari timur ke barat. Kolam ini memiliki 30 buah pancuran yang keluar dari patung pahat bernuansa Bali yang unik. Bagi umat Hindu, tempat ini dianggap sebagai kolam pemandian suci. Meski begitu, siapa pun diperbolehkan datang ke tempat wisata di bali yang satu ini dengan mengenakan kamen (kain khusus yang diikatkan pada pinggang).

Tempat wisata di bali ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00 dengan harga tiket masuk sebesar Rp15.000 saja. Selain kolam pemandian, daya tarik lain dari pura ini adalah Istana Tampak Siring yang merupakan istana presiden di Pulau Dewata.

28. Pura Ulun Danu

Pura Ulun Danu
Pura Ulun Danu

Merupakan pura yang disebut-sebut sebagai lokasi wisata budaya yang paling sering dikunjungi wisatawan di Bali. Pura Ulun Danu ini memiliki pemandangan yang sangat cantik dan sejuk khas dataran tinggi. Terletak di wilayah Bedugul, tempat wisata di bali berikut ini menawarkan panorama pura di tengah danau yang menawan.

Tempat wisata di bali – Pura Ulun Danu merupakan kompleks pura yang terdiri atas 5 buah pura dan sebuah stupa Buddha. Karena keindahannya, tempat wisata di bali ini diabadikan lewat uang rupiah pecahan Rp50.000, tepat di balik gambar pahlawan I Gusti Ngurah Rai.

29. Desa Wisata Ubud

Pura Taman Saraswati Ubud
Desa Ubud – Pura Taman Saraswati Ubud

Desa Wisata Ubud merupakan destinasi yang wajib dikunjungi di Bali. Terletak di Kabupaten Gianyar, sekitar 40 km dari Bandara Ngurah Rai, tempat wisata di bali ini merupakan lokasi yang tepat untuk Anda yang ingin berlibur sambil menenangkan pikiran. Desa Wisata Ubud terletak di area hutan dan persawahan dengan jurang dan sungai-sungai yang masih sangat terjaga keasriannya.

Setiap malam, di segala penjuru Ubud sering digelar pementasan seni tari dan seni musik. Ada juga galeri seni tempat Anda bisa melihat beragam karya seni hasil goresan tangan seniman setempat. Belum ke Bali namanya kalau belum mampir ke Ubud. Salah satu yang bisa dikunjungi adalah Taman Saraswati

Baca juga : 19 Tempat wisata paling trending tahun ini di indonesia

30. Pasar Badung

Pasar Badung
Pasar Badung

Pasar Badung merupakan tempat wisata belanja di bali yang menjadi destinasi wajib bagi siapa pun yang berkunjung ke pulau ini. Merupakan pasar tradisional terbesar di Pulau Bali, di Pasar Badung Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai barang kebutuhan sehari-hari, mulai dari makanan, pakaian, aksesori, perlengkapan upacara keagamaan, sampai benda-benda seni khas Pulau Dewata.

Semakin menarik karena pasar ini nyaris tak pernah tutup, sejak dini hari sampai malam tiba. Selayaknya pasar tradisional lain, Anda bisa melakukan tawar-menawar dengan penjual saat hendak membeli barang yang diinginkan. Pasar Badung terletak di Jalan Gajah Mada, Dangin Puri Kangin, Denpasar Barat, dan tidak hanya menyediakan barang dagangan untuk keperluan ritel, tapi juga grosir.

31. Pasar Sukawati

Pasar Sukawati
Pasar Seni Sukawati

Tempat ini merupakan surga belanja bagi para shopaholic yang menyukai barang-barang murah khas Bali. Terletak di Desa Sukawati, Kabupaten Gianyar, atau sekira 45 menit dari Bandara Ngurah Rai, Pasar Sukawati menjual aneka benda seni, perlengkapan upacara keagamaan, pakaian, aksesori, makanan, oleh-oleh, dan masih banyak lagi yang lainnya. Walaupun disebut pasar, namun ini bisa menjadi tempat wisata di bali yang asik buat dikunjungi dan melakukan kegiatan berbelanja.

Jika ingin mendapat harga yang murah ketika berbelanja di tempat ini, usahakan datang sepagi mungkin saat pasar belum begitu ramai oleh pembeli. Pedagang di sana percaya, pembeli pertama akan menjadi “pemancing” bagi pembeli berikutnya, sehingga mereka akan memasang harga murah ketika lapak baru digelar.

32. Mall Bali Galeria

Mall Galeria Bali
Mall Galeria Bali

Mall Bali Galeria merupakan tempat wisata di bali untuk berbelanja yang paling terkenal se-Pulau Dewata. Terletak di Jalan By Pass Ngurah Rai, persis di samping patung Dewa Ruci yang menjulang tinggi, di sini Anda bisa memanjakan mata dan memuaskan hasrat belanja dengan beragam barang branded berkualitas tinggi.

Memiliki tagline “Enjoy, Play, Eat, Shop”, mall wisata di bali ini dibangun dengan konsep modern tanpa meninggalkan ciri khas budaya Bali yang menawan. Di sepanjang area indoor dan outdoor, pengunjung akan dimanjakan dengan keberadaan taman-taman tropis nan eksotis. Mall Bali Galeria buka mulai pukul 11.00 sampai 23.00 WITA. Untuk masuk ke sana, Anda tentu hanya perlu membayar retribusi parkir.

33. Mall Beachwalk

Mall BeachWalk Bali
Mall BeachWalk Bali

Mall Beachwalk Bali ini merupakan salah satu mall yang terbesar dan tercantik sebagai tempat wisata di Bali, Dengan design arsitekturnya yang unik dan memiliki area mall yang terbuka. Anda dapat menikmati view-di tengah tengah mall yang di tanami berbagai tanaman tropis yang teduh. Di mal ini juga terdapat kolam sepanjang taman sehingga membuat Anda dan keluarga nyaman saat berjalan mengitari mall.

Yang paling bagus adalah pemandangannya dengan panoramanya menghadap ke lautan lepas pantai kuta. Jadi setelah mengelilingi mall Beachwalk, anda dan keluarga dapat berjalan di tepi pantai sembari menikmati sunset.

Nah, itulah daftar rekomendasi tempat wisata di Bali yang wajib anda kunjungi dari anekatempatwisata.com. Tempat wisata di Bali yang mana yang akan anda kunjungi pada liburan anda selanjutnya? Atau anda memiliki rekomendasi tetmpat wisata di Bali lainnya yang menarik? Share yuk!

Baca juga : 11 Tempat wisata terbaik di Indonesia untuk dikunjungi

Join the discussion

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata dan komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo, dan liburan gratis. Subscribe & Like agar kamu terupdate. Enjoy life!

Follow Instagram