10 Tempat Wisata Pantai di Lombok yang Wajib Dikunjungi

Pantai Senggigi
Share ke teman kamu

Setelah Bali, bisa dikatakan Lombok adalah tujuan yang akan dipilih sebagai tempat berlibur karena keindahan wisata baharinya. Lombok terkenal dengan pantai-pantainya yang indah. Ternyata selain Pantai Senggigi, masih ada sembilan pantai indah di Lombok yang sayang untuk Anda lewatkan. Inilah daftar 10 pantai eksotis di Lombok yang harus Anda kunjungi.

1. Pantai Gili Trawangan

Pantai Gili Trawangan

Pantai Gili Trawangan

Pantai Gili Trawangan terletak di sebuah pulau di barat Lombok. Gili Trawangan adalah destinasi favorit para wisatawan mancanegara ataupun domestik. Dari kota Mataram, Anda dapat menggunakan angkutan dengan rute Mataram – Rembiga – Pemenang, yang kemudian dilanjutkan dengan naik angkutan dari pelabuhan Bangsal menuju Trawangan.

Kegiatan yang digemari di pantai ini ada bermacam-macam, seperti scuba diving, snorkeling, berkendara dengan glass bottomed boat, berkeliling dengan cidomo, dan masih banyak lainnya. Di sini Anda tidak diperkenankan untuk menggunakan kendaraan bermotor, hal ini bertujuan untuk mencegah polusi dan menjaga kealamian ekosistem laut.

2. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi adalah salah satu pantai di Lombok yang sudah tersohor. Anda akan disuguhi pemandangan gradasi warna hitam dan putih pasir yang indah. Selain gradasi warna pasir, pemandangan sunset di sini tak kalah indah dengan sunset Kuta.

Di garis pantai yang panjang tersebut, Pantai Senggigi memiliki dua lokasi budaya yang bisa Anda kunjungi. Lokasi tersebut adalah Batu Bolong dan Batu Layar. Batu Bolong adalah sebuah pura yang dibangun di atas karang. Sedangkan Batu Layar merupakan sebuah lokasi di mana terdapat makam seorang ulama. Air laut di Pantai Senggigi sangat jernih, sehingga Anda bisa melihat biota laut yang sedang bebas berenang dengan mata terbuka.

3. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok

Ternyata Pantai Kuta bukan hanya ada di Bali, di Lombok juga terdapat Pantai Kuta yang berlokasi di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Pantai Kuta memiliki pasir berwarna putih agak kecoklatan, pasir pantai di sini sering diibaratkan seperti merica.

Ciri khas pantai di Lombok ini adalah adanya sebuah bukit di sebelah barat pantai, yang diberi nama Bukit Mandalika. Dari bukit ini, Anda bisa menikmati keindahan seluruh Pantai Kuta. Oh iya, air laut di pantai ini super jernih, sehingga Anda bisa melihat pemandangan terumbu karang dengan mata telanjang.

4. Pantai Pink

Pantai Pink

Pantai Pink

Disebut sebagai Pantai Pink karena pasir di pantai ini berwarna kemerahan, sehingga jika dilihat dari kejauhan seolah berwarna pink. Nama sesungguhnya dari Pantai Pink adalah Pantai Tangsi.

Pantai ini terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Pasir pantai berwarna pink ini akibat pencampuran antara pasir berwarna putih dan serpihan terumbu karang berwarna kemerahan. Bukan hanya pasir pinknya yang menarik, pantai ini juga memiliki tebing-tebing tinggi yang menambah elok pemandangan. Arus air di sini juga relatif tenang sehingga aman untuk bermain anak-anak,

5. Pantai Nipah

Pantai Nipah

Pantai Nipah

Pantai Nipah berlokasi tidak jauh dari Pantai Senggigi. Tepatnya berlokasi di Dusun Nipah, Desa Malaka, Kecamatan Pemang, Lombok Utara. Dari Pantai Senggigi, perjalanan menuju Pantai Nipah dapat Anda tempuh sekitar 20 menit. Jalan menuju pantai sudah beraspal halus dan mudah diakses. Letak pantainya yang di pinggir jalan memudahkan Anda untuk menemukannya.

Kegiatan yang dapat Anda lakukan di sini di antaranya berenang, snorkeling, berkeliling dengan perahu nelayan, dan bermain kano. Air laut di pantai ini sangat jernih berwarna hijau toska, dipadukan dengan jajaran pohon kelapa menjulang tinggi bak pemandangan wallpaper komputer.

6. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan berlokasi tidak jauh dari Pantai Kuta Lombok, hanya berjarak 3 km saja. Berbeda dengan Pantai Senggigi dan Pantai Kuta, garis Pantai Tanjung Aan lebih pendek. Pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, di mana tempat wisata ini seolah terbagi menjadi dua pantai. Yang pertama pantai berpasir putih dan pantai berpasir merica, keduanya terpisahkan dengan batu karang berukuran besar. Anda bisa melakukan kegiatan snorkeling, naik perahu, berenang, ataupun berselancar saat hari menjelang sore.

7. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak terletak di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah. Jika dilihat dari kajauhan, Pantai Selong memiliki bentuk garis pantai menyerupai bulan sabit. Bisa dikatakan pantai ini masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan sehingga masih alami dan memiliki pemandangan matahari terbenam super indah. Setelah lelah bermain air, Anda bisa menikmati hidangan seafood di rumah makan yang berjajar di belakang pantai.

8. Pantai Sekotong

Pantai Sekotong

Pantai Sekotong

Pantai Sekotong berlokasi 60 km dari Kota Mataram, tepatnya di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Pantai di Lombok ini dikelilingi oleh bukit-bukit kecil, lengkap dengan pasir seputih salju dan laut biru nan jernih. Dari atas bukit-bukit, Anda bisa menikmati pemandangan Gunung Agung di Bali yang indah, lengkap dengan gugusan pulau di sekitarnya yang menambah elok pemandangan. Di pantai ini terdapat Balai Budidaya Laut Lombok, sehingga Anda bisa melihat langsung biota laut seperti lobster, teripang, abalone, dan masih banyak lainnya.

9. Pantai Gili Meno

Pantai Gili Meno

Pantai Gili Meno

Anda mencari lokasi pantai yang tenang dan nyaman? Gili Meno adalah jawaban yang tepat. Berbeda dengan Gili Trawangan yang ramai akan wisatawan dan wisata bawah lautnya, di sini Anda akan disuguhi suasana private beach lengkap dengan gazebo-gazebo privat yang akan melindungi Anda dari sengatan terik matahari. Air laut di pantai ini super jernih sehingga Anda bisa melihat langsung biota laut hingga dasar lautnya. Untuk spot diving atau snorkeling, bagian barat pantai adalah lokasi terbaik, yaitu Meno Waal dan Turtle Point.

10. Pantai Tanjung Bloam

Pantai Tanjung Bloam

Pantai Tanjung Bloam

Pantai Tanjung Bloam lebih dikenal masyarakat luas sebagai tempat konservasi penyu. Untuk menikmati keindahan pantai ini Anda harus menempuh perjalanan berat menembus hutan jati dan jalanan berlumpur, karena letak pantai ini terbilang terpencil. Tepatnya di Dusun Tangsi, Desa Temeak, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Keindahan Pantai Tanjung Bloam terpancar dari birunya air laut, pasir putih dan tebing-tebing karang tempat tinggal para penyu. Ombak di pantai ini tergolong sebagai ombak yang besar sehingga Anda harus berhati-hati saat bermain-main di sekitar pantai.

10 Tempat Wisata Pantai di Lombok yang Wajib Dikunjungi
4.11 (82.22%) 9 votes










Mau liburan gratis?

Masukan email Anda:

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *