Menikmati Sunset Di Gazebo Pantai Drini

Pantai Drini Jogja
Share ke teman kamu

Tidak salah bila dikatakan Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan tempat yang selalu membuat para wisatawan ingin kembali di sana. Pasalnya, sebagai daerah yang kaya akan budaya, Yogyakarta juga memiliki banyak pantai indah yang tersembunyi.

Gunungkidul, adalah salah satu lokasi yang menyimpan banyak pantai tersembunyi yang eksotis. Hingga saat ini Gunungkidul adalah lokasi wisata favorit bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan di pantai bersama kerabat terdekat. Salah satu pantai menarik yang terdapat di Gunungkidul adalah Pantai Drini.

Lokasi

Pantai Drini

Pantai Drini

Pantai Drini berlokasi di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Jogja. Lokasi Pantai Drini tepat berada di sisi timur Pantai Baron. Jika dari pusat kota Yogyakarta, jarak yang perlu Anda tempuh untuk sampai ke Pantai Drini adalah sekitar 60 km dengan lama waktu perjalanan 2 sampai 3 jam.

Akses

wisata Pantai Drini

wisata Pantai Drini

Bagi Anda yang berada di luar Daerah Istimewa Yogyakarta, Anda dapat melakukan perjalanan udara menggunakan tiket promo maskapai pernerbangan. Atau bisa juga menggunakan jalur darat dengan kereta api.

Dari pusat kota Yogyakarta, Anda dapat mengambil rute Yogyakarta – Wonosari. Sesampainya di Wonosari ambil jalur menuju Mulo. Kemudian dari pertigaan Mulo Anda cukup jalan lurus saja menuju ke arah Pantai Baron. Kira-kira 1 km sebelum Pantai Baron akan ada pertigaan. Ambil lajur kiri menuju ke arah Pantai Drini.

Disarankan bagi Anda jika dari luar kota, sebaiknya menyewa mobil atau menyewa motor karena tidak ada transportasi umum yang mampu menjangkau pantai Drini. Yang ada hanya bus dari jurusan Yogyakarta – Wonosari. Dengen menyewa mobil atau motor Anda juga bisa melakukan perjalanan yang jauh lebih nyaman.

Keistimewaan Pantai Drini

Pantai Drini Gunungkidul

Pantai Drini Gunungkidul

Pantai Drini adalah salah satu pantai istimewa di kalangan pantai di Gunungkidul karena pantai ini memiliki sebuah pulau kecil di tengah-tengah pantai. Adanya pulau ini membagi Pantai Drini menjadi dua bagian, yaitu sisi timur pantai yang lebih tenang dan sisi barat pantai yang lebih garang. Hal ini membuat Pantai Drini seolah berkepribadian ganda.

Di sisi timur pantai terdapat barisan tebing yang berdiri kokoh bak benteng yang menghadang ombak dipadukan dengan keindahan pulau karang yang membentuk mereka seperti laguna alami nan indah. Kokohnya batu karang yang menjulang membuat perairan di sisi timur ini lebih terang sehingga memungkinkan bagi Anda untuk berenang dan mandi di laut asin yang hangat.

Sedangkan di sisi barat Anda bisa melihat jajaran perahu yang pulang dari berlayar mencari ikan. Perahu-perahu ini adalah perahu para nelayan yang semalam telah berlayar mencai ikan di laut. Di sisi barat ini ombak jauh lebih besar dan menjadi jalur bagi para nelayan untuk melaut. Saat siang, Anda bisa menikmati pemandangan nelayan yang sedang menebar jaring ke laut.

Pantai Drini Jogja

Pantai Drini Jogja

Nah, di bagian tengah pantai yang merupakan jalur menuju Pulau Drini terdapat kumpulan pasir berwarna hitam yang diameternya sangat halus berpadu dengan putihnya pasir pantai. Menurut beberapa penelitian, pasir hitam ini adalah pasir dari sungai bawah tanah yang bermuara di Pantai Drini.

Pulau ini banyak ditumbuhi oleh santigi (Pemphis acidula), masyarakat lokal biasa menyebut tumbuhan ini Drini. Alhasil Pantai ini diberi nama Pantai Drini. Saat air pantai mulai surut Anda bisa berjalan menyusuri pantai ke arah pulau kemudian menaiki tangga untuk sampai diatas tebing pulau. Dari ketinggian tebing Anda bisa melihat pemandangan keseluruhan dari pantai ini. Namun sayang, saat ini tumbuhan Drini sudah jarang lagi ditemui di sana.

What to do

Pantai Drini Yogyakarta

Pantai Drini Yogyakarta

Anda bisa berjalan menyusuri sisi timur pantai untuk melihat akuarium laut dengan koleksi beragam biota laut yang indah. Beberapa spesies ikan yang bisa Anda temui di sini adalah Goby Pasir, Jambrong, dan Sergeant Major yang saling berkejaran, dan bersembunyi di sela-sela terumbu karang.

Karena ombak yang relatif tenang, di sisi timur pantai ini Anda juga bisa menikmati mandi air laut hangat atau berenang bersama kawan dan kerabat tercinta. Pasti mengasyikkan berenang di laut sambil manatap langit biru yang luas.

Bagi Anda yang tidak ingin berenang, bisa menikmati gulungan ombak dan birunya langit sambil berteduh di gazebo yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Duduk-duduk di bawah gazebo sambil menikmati birunya langit dan minum es kelapa muda adalah cara refreshing yang sulit didapatkan di tempat lain. Untuk dapat menggunakan gazebo ini Anda hanya harus membayar biaya sewa sebesar 10.000 Rupiah.

Salah satu pemandangan menakjubkan yang sayang dilewatkan dari Pantai Drini adalah sunrise, atau matahari terbit. Di Pantai Drini bahkan disediakan gardu khsus bagi para wisatawan yang ingin menikmati matahari terbit. Untuk melihat pemandangan langka ini Anda disarankan untuk bermalam. Ada beberapa pilihan penginapan yang dapat anda gunakan untuk tempat bermalam.

Saat perut sudah mulai terasa lapar, Anda bisa membeli makanan di warung-warung yang berdiri di tepi pantai ini. Makanan yang disediakan biasanya berupa aneka olahan seafood dengan harga yang relatif terjangkau untuk semua kalangan. Ada juga tempat khusus bagi Anda yang ingin mengolah seafood sendiri.

Karena pantai ini terbilang masih alami, ada baiknya bila Anda untuk ikut menjaga kebersihannya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Lebih bagus lagi jika Anda membawa kantong plastik sendiri khusus untuk membuang sampah.

Menikmati Sunset Di Gazebo Pantai Drini
5 (100%) 3 votes








Mau liburan gratis?

Masukan email Anda:

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *