16 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi
Taman Sari

16 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Yogyakarta merupakan salah satu kota tujuan wisata di Indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan asing. Berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah bagian selatan, Yogyakarta mempunyai banyak tempat wisata menarik. Apa saja tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi?

1. Wisata alam Bukit Panguk Kediwung

Wisata alam Bukit Panguk Kediwung

Pernahkah kamu mendengar wisata negeri diatas awan yang ada di Yogyakarta? Tempat wisata tersebut adalah Bukit Panguk Kediwung. Untuk bisa ke tempat wisata tersebut, kamu bisa langsung datang ke Dusun Kediwung.

Di tempat tersebut, akan kamu temukan kabut yang luar biasa pekat. Uniknya, jika kamu berdiri di salah satu gardu pandang yang menjorok dengan tebing, kamu akan terlihat benar – benar seperti sedang berdiri diatas awan. Terlebih jika kamu menikmati pemandangan di Bukit Panguk bersamaan dengan waktu matahari tenggelam. Kamu bisa memotret semua keindahan yang ada. Berfoto ala foto siluet juga bisa kamu coba.

2. Candi Prambanan

Tempat Wisata di Yogyakarta - Candi Prambanan
Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi karena Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu yang terbesar di Indonesia. Selain itu, Candi Prambanan juga dihiasi relief yang diukir mengelilingi candi dan menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana. Candi Prambanan berlokasi sektiar 17 KM dari psuat kota Yogyakarta. Apabila kamu tidak membawa kendaraan pribadi, untuk mencapai Candi Prambanan kamu cukup menggunakan bus dan turun di halte Prambanan, sangat mudah mencapai Candi Prambanan.

3. Embung Nglanggeran

wisata di Jogja - Embung Nglanggeran (pegipegi)
Embung Nglanggeran (pegipegi)

Kalau kamu mencari sebuah tempat wisata alam di Yogyakarta, kamu bisa menjelajah Embung Nglanggeran yang ada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Tempat wisata di Yogyakarta yang satu ini menyuguhkan pesona telaga buatan dengan air berwarna biru jernih yang dikelilingi tebing dari Gunung Api Purba Nglanggeran.

Telaga buatan ini sendiri sebenarnya tidak hanya berfungsi sebagai tempat wisata, melainkan memiliki fungsi utama untuk mengaliri kebun buah yang ada di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran. Suasana yang sejuk akan kamu rasakan selama berwisata di tempat wisata yang satu ini.

 

4. Pantai Parangtritis

Tempat Wisata di Yogyakarta - Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis

Pantai yang cukup populer bagi orang yang ingin melancong ke Yogyakarta, berlokasi kurang lebih 25 km dari Selatan pusat kota Yogyakarta. Pantai ini memang wajib untuk dikunjungi apabila pergi ke Yogyakarta. 

Ombak pada pantai ini memiliki karakteristik cukup besar dan kuat. Sehingga kamu harus tetap waspada saat mengunjungi pantai yang satu ini. Pantai Parangtritis memiliki beberapa bukit pasir di sekitaran pantai yang membuatnya berbeda dari pantai yang lain.

Bagi kamu yang ingin mencoba pengalaman lain selain bersantai di pinggir pantai, kamu dapat bermain paralayang di Bukit Parangndog di Pantai Parantritis. 

Baca ulasan lengkapnya: Pantai Parangtritis – Wisata Eksotis Jogja yang Wajib Dikunjungi

5. Jalan Malioboro

Tempat Wisata di Yogyakarta - Jalan Malioboro
Jalan Malioboro

Malioboro merupakan nama sebuah jalan di Yogyakarta. Jalan Malioboro ini sangatlah terkenal dan sudah menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi, bahkan untuk berfoto di penanda Jalan Malioboro saja kita sering kali harus mengantri terlebih dahulu. Nama Jalan Malioboro ini berasal dari bahasa Sansekerta dan mempunyai arti karangan bunga. Apa yang membuat Jalan Malioboro begitu terkenal?

Jalan Malioboro menawarkan pengalaman wisata belanja dan wisata kuliner yang tak ada habisnya. Pada siang hari, di sepanjang Jalan Malioboro kamu akan menemukan banyak sekali penjual pakaian, tas, sandal, gantungan kunci, kerajinan tangan, batik, aksesoris, dan barang-barang unik lainnya yang dapat dibeli dengan harga murah. Sedangkan pada malam hari, kamu akan menemukan banyak sekali penjual makanan lesehan khas Yogyakarta di sepanjang Jalan Malioboro.

Hal yang paling saya sukai di Jalan Malioboro adalah adanya beberapa orang yang berpakaian unik, misalnya berpakaian seperti prajurit, pocong, zombie, dan lain-lain. Kita dapat berfoto dengan mereka dengan biaya sukarela.

Baca juga: 10 Rekomendasi Hotel Dekat Malioboro Yogyakarta

6. Goa Jomblang

Tempat Wisata di Yogyakarta - Goa Jomblang
Goa Jomblang

Goa Jomblang adalah sebuah goa wisata yang berlokasi di Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa Jomblang merupakan goa vertikal yang mempunyai sebuah hutan purba di dalamnya. Selain itu, apabila kamu datang ke Goa Jomblang pada jam 10 sampai dengan jam 12 siang, kamu akan dapat melihat cahaya menembus goa yang sering disebut sebagai cahaya surga. Keindahan dan keunikan Goa Jomblang membuatnya menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi.

7. Teras Kaca Pantai Nguluran

wisata di Jogja - Teras Kaca Pantai Nguluran (wisatakaka)
Teras Kaca Pantai Nguluran (wisatakaka)

Tak lengkap rasanya kalau liburan ke Yogyakarta enggak mampir di tempat wisata pantai. Ada banyak loh wisata pantai di Yogyakarta yang bisa kamu sambangi selain Parangtritis. Salah satunya adalah Pantai Nguluran dengan pesona teras kaca super mewah yang harus menjadi spot foto kamu.

Teras kaca Pantai Nguluran memang masih baru saja dibangun dan sejak dibuka untuk umum, banyak wisatawan yang melakukan pemotretan di Teras kaca Pantai Nguluran ini. Bahkan banyak yang melakukan sesi foto prewedding atau post wedding di sini.

Untuk bisa sampai ke teras kaca Pantai Nguluran, kamu hanya perlu ikuti rute jalan menuju ke Pantai Gesing. Kemudian selanjutnya perjalanan yang perlu dilalui hanya sekitar 300 meter ke arah barat, barulah kamu akan tiba di pantai yang lagi ngehits ini.

Selain Pantai Nguluran dengan panorama indah laut kebiruan dan teras kacanya yang instagenic, banyak wisata pantai lain di Yogyakarta yang juga cocok jadi tujuan wisata kamu. Salah satunya adalah Pantai Timang, terkenal dengan gondola yang bisa membawa wisatawan sampai di Pulau Timang. Seperti apa tempat wisata yang satu ini? Baca : Pantai Timang, Wisata Pantai di Jogja Terkeren

Rekomendasi wisata pantai lainnya, baca : 10 Pantai di Gunung Kidul, Jogja yang Wajib Dikunjungi

 

8. Arung Jeram Citra Elo

Tempat Wisata di Yogyakarta - Arung Jeram Citra Elo
Arung Jeram Citra Elo

Arung Jeram Citra Elo adalah salah satu arung jeram yang ada di Yogyakarta. Arung Jeram Citra Elo adalah arung jeram yang paling cocok untuk keluarga atau pemula karena arusnya yang tidak berbahaya bila dibandingkan dengan sungai lain di sekitar Yogyakarta. Selain itu Arung Jeram Citra Elo juga dapat dimainkan kapan saja, tidak seperti sungai lain di Yogyakarta yang kebanyakan hanya dapat diarungi pada saat musim hujan saja.

9. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang ramai dikunjungi. Keraton Yogyakarta merupakan sebuah bangunan bersejarah kesultanan Yogyakarta yang ditinggali oleh Sultan dan keluarganya. Selain dapat menikmati arsitektur kesultanan kuno, kamu juga dapat berkunjung ke museum yang mempunyai koleksi barang-barang kesultanan Yogyakarta yang sebagian merupakan hadiah dari raja Eropa. Apabila kamu ingin datang mengunjungi tempat wisata ini, datanglah agak pagi karena Keraton Yogyakarta buka dari jam 8 pagi sampai dengan jam 2 siang saja.

10. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembiraloka
Kebun Binatang Gembiraloka

Kebun Binatang Gembira Loka adalah sebuah tempat wisata keluarga di Yogyakarta yang mempunyai banyak koleksi hewan dari berbagai tempat di dunia. Selain dapat melihat dan berinteraksi dengan berbagai jenis hewan seperti selayaknya kebun binatang pada umumnya, kamu juga dapat bermain di beberapa wahana permainan yang terdapat di Kebun Binatang Gembira Loka. Wahana permainan yang ada di Kebun Binatang Gembira Loka yaitu kolam tangkap ikan, sepeda air, ATV, perahukayuh, menunggang gajah, menunggang onta, dan lain-lain. Harga tiket masuk Kebun Binatang Gembira Loka adalah 25,000 Rupiah per orang.

11. Gunung Merapi

Gunung Merapi
Gunung Merapi

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung di sekitar Yogyakarta. Gunung Merapipakan gunung yang paling terkenal di Yogyakarta, dan merupakan salah satu lokasi favorit para pecinta alam yang hobi mendaki gunung dan menikmati keindahan matahari terbit di puncaknya. Harga tiket masuk kawasan wisata Gunung Merapi adalah 3,000 Rupiah per orang.

12. Candi Borobudur

Candi Borobudur
Candi Borobudur

Candi Borobudur yang berlokasi di Magelang adalah salah satu primadona wisata di sekitar Yogyakarta. Terkenal hingga ke berbagai belahan dunia, Candi Borobudur merupakan sebuah candi Buddha yang paling besar di dunia. Berlokasi sekitar 40 KM dari Yogyakarta, Candi Borobudur saat ini masih dikunjungi biksu yang berziarah karena Candi Borobudur adalah sebuah monumen model dari alam semesta yang merupakan tempat suci. Untuk dapat masuk ke area Candi Borobudur, kamu diharuskan menggunakan sarung yang akan dipinjamkan di pintu masuk Candi Borobudur. Candi Borobudur merupakan candi yang mempunyai relief dan patung Buddha terbanyak di dunia. Walaupun bukan berada di Yogyakarta, Candi Borobudur selalu didatangi oleh wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

13. Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari adalah sebuah tempat rekreasi dan meditasi bagi keluarga kerajaan Yogyakarta pada jaman dahulu. Selain itu, Istana Air Taman Sari juga berfungsi sebagai benteng pertahanan terhadap musuh yang menyerang.

Saat ini, Istana Air Taman Sari adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang terkenal karena keunikannya. Udara di sekitar Istana Air Taman Sari juga sejuk karena terdapat banyak kolam buatan disertai dengan kebun bunga yang berbau harum. Harga tiket masuk Istana Air Taman Sari adalah 5,000 Rupiah.

14. Air Terjun Sri Gethuk

Tempat Wisata di Yogyakarta - Air Terjun Sri Gethuk
Air Terjun Sri Gethuk

Bagi yang senang dengan pemandangan alam yang natural dipadu dengan kesegaran air yang masih jernih, berkunjung ke Air Terjun Sri Gethuk adalah pilihan yang tepat. Ini adalah salah satu air terjun yang berada di Desa Bleberan, Playen, Gunungkidul. Letaknya sekitar 40 km dari pusat kota Yogyakarta.

Ada dua pilihan rute bagi pengunjung yang ingin menuju Air Terjun Sri Gethuk. Pertama, menyusuri jalan yang berdampingan dengan sawah-sawah dan deretan pohon kelapa. Pilihan kedua adalah melewati Sungai Oyo dengan rakit sederhana bertenaga mesin. Selama perjalanan singkat ini, pengunjung akan dimanjakan dengan nuansa alami yang dari pemandangan di sekitar sungai.

Air terjun mengalir di antara tebing-tebing karst. Ukurannya memang tidak terlalu tinggi. Namun, hal menarik yang terlihat jelas adalah warna bebatuan yang tersusun sangat cantik. Selain itu, pengunjung juga bisa merasakan pijatan alami dari air yang mengalir. Selain menyegarkan, ternyata berkunjung ke Air Terjun Sri Gethuk juga menyehatkan.

15. Museum Affandi

tempat wisata di jogja
Museum Affandi

Objek wisata selanjutnya yang bisa dikunjungi di Yogyakartaadalah Museum Affandi. Terletak di Jl. Laksda Adisucipto 167, Museum Affandi menyimpan koleksi lukisan pelukis Affandi semasa ia hidup dan aktif berkarya. Bukan hanya lukisannya, terdapat juga beberapa karya pelukis lain di museum ini. Jika dihitung, ada sekitar 300 benda seni yang ada di Museum Affandi. Ada juga berbagai benda dan koleksi foto yang menggambarkan perjalanan hidup sang pelukis.

Bagi kamu yang gemar melukis, jangan lewatkan tempat wisata di Yogyakarta yang satu ini. Akses transportasi terbilang sangat mudah karena Jl. Laksda Adisucipto termasuk salah satu jalan utama di Yogyakarta. Nah, untuk masuk ke dalam museum, pengunjung perlu membayar tiket masuk seharga Rp20.000 per orang. Jam operasional museum adalah dari pukul 09.00 WIB hingga 14.00 WIB setiap hari. Sayangnya, pada hari libur nasional, museum ini tidak dibuka untuk umum.

16. Kali Oyo

Wisata alam Kali Oyo

 

Wisata Kali Oyo juga dikenal dengan sebutan Sungai Oya. Selain pemandangan alam yang kamu bisa temukan, di Kali Oyo ini kamu juga bisa melakukan aktivitas rafting yang sangat seru. Kamu bisa mengelilingi Sungai Oya yang panjang dengan sensasi rafting yang pastinya akan memacu adrenalin kamu.

Kamu yang datang ke Goa Pindul pun bisa beli tiket terusan untuk menikmati rafting di Sungai Oya atau Kali Oyo juga. Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah berenang. Kedalaman Sungai Oyo di sekitar air terjun adalah sekitar 10 m. Bagi yang tidak ahli berenang, tersedia pelampung. Untuk mengakses tempat wisata alam di Yogyakarta ini, kamu hanya perlu membayar Rp5.000 per orang. Sementara itu, sewa perahu adalah Rp10.000 per orang.

Masih bingung mau liburan ke tempat wisata di Jogja yang mana? Baca: 25 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Bonus: Kuliner Yogyakarta

Selain mengunjungi tempat wisata di atas, kamu tentunya ingin melakukan wisata kuliner untuk mencicipi makanan khas Yogyakarta. Tapi apa saja yang harus kamu coba? Berikut beberapa di antaranya:

1. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong
Sate Klathak Pak Pong

Tempat wisata kuliner yang satu ini cocok sekali untuk kamu penggemar sate kambing. Sate Klathak Pak Pong menyajikan sate spesial yang tak akan kamu temukan di tempat lain. Sate ini memiliki rasa yang khas dan nikmat. Hal ini didapat dari bumbu sederhana yang digunakannya. Sate Klathak hanya menggunakan garam, merica dan kecap. Tiga bahan minimalis inilah yang membuat sate memiliki rasa yang khas.

Selain bumbu, alat yang digunakan memasak pun berbeda. Jika biasanya daging dibakar dengan menggunakan tusuk sate yang terbuat dari bambu, Pak Pong menggunakan jeruji besi sepeda. Konon, penggunaan jeruji besi ini mampu membuat daging matang merata. Selain itu, hal ini juga terbukti ramah lingkungan karena jeruji besi dapat digunakan berkali-kali, tak seperti tusuk sate dari bambu yang hanya sekali pakai.

Alamat: Jalan Imogiri Bantul, Yogyakarta

2. House of Raminten

House of Raminten
House of Raminten

Tempat wisata kuliner ini menjadi bukti bahwa menu tradisional bisa disajikan dengan cara yang elegan dan berkelas. House of Raminten merupakan sebuah rumah makan yang menyajikan menu tradisional Yogyakarta seperti tahu bola, wedang sereh, cunduk, brongkos, sate lilit dan nasi kucing.

Arsitektur rumah makan ini terbilang luar biasa. Kamu bisa menemukan sebuah kereta kuda di luar rumah makan, sedangkan di dalamnya kamu bisa melihat ruangan berarsitektur Jawa dengan wangi dupa khas. Seakan belum lengkap, kamu akan makan diiringi dengan gending Jawa yang terus mengalun di rumah makan ini.

Selain arsitektur dan menunya, pelayan di sini juga memakai pakaian khas yang berupa kemben Jawa. Di meja, terdapat sebuah kentongan yang digunakan untuk memanggil pelayan jika kamu membutuhkan sesuatu.

Alamat: Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta

Jam buka: 24 jam

3. Manggar Manding

tempat wisata kuliner di Jogja - Manggar Manding
Manggar Manding

Jika gudeg umumnya terbuat dari daging nangka muda, hal berbeda bisa kamu temukan di Manggar Manding. Gudeg di sini terbuat dari manggar atau bunga kelapa yang masih muda. Konon, gudeg manggar ini merupakan menu istimewa di kerajaan dahulu yang biasa disajikan dengan sayur krecek dan tempe bacem. Jadi, jika kamu mencicipi gudeg manggar, berarti kamu telah menikmati sajian istimewa kerajaan.

Konon, manggar memiliki khasiat yang sangat bagus karena bisa memancarkan kecantikan penikmatnya dari dalam. Tak mengherankan jika gudeg manggar menjadi menu favorit para puteri kerajaan dahulu kala.

Alamat: Jalan Parangtritis KM 11,5, Manding, Bantul, Yogyakarta.

Selain 3 tempat kuliner di atas yang dapat kamu kunjungi, masih banyak tempat makan lainnya yang juga wajib kamu kunjungi. Kamu dapat baca daftar lengkapnya di: Tempat Wisata Kuliner di Yogyakarta – 10 Kuliner yang Wajib Dikunjungi

Join the discussion

34 comments

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!