Pantai Carita: Surga Kecil Di Pesisir Banten

Spot cantik untuk mengabadikan keindahan Pantai Carita
Share ke teman kamu

Pantai merupakan salah satu destinasi favorit saat masa liburan tiba. Nah, bagi Anda yang tinggal di kawasan Jabodetabek dan sekitarnya, tidak ada salahnya mencoba mengunjungi Pantai Carita bersama keluarga di akhir pekan.

Pantai ini berlokasi di provinsi Banten. Jumlah pengunjung bisa melonjak naik di masa libur nasional dan akhir pekan, karena memang Pantai Carita merupakan salah satu objek wisata terkenal di Indonesia. Popularitasnya tidak kalah dengan pantai-pantai yang ada di sekitarnya, seperti Pantai Anyer, Pantai Karang Bolong, dan Pantai Tanjung Lesung.

Spot cantik untuk mengabadikan keindahan Pantai Carita

Spot cantik untuk mengabadikan keindahan Pantai Carita

Pemerintah sudah menetapkan Pantai Carita sebagai kawasan wisata alam yang terbuka untuk publik, dengan SK resmi mulai tahun 1978 silam. Seperti kebanyakan pantai yang populer, di sini anda bisa menikmati hamparan pasir putih yang masih terlihat cukup alami dan indah. Wajar jika lantas tempat ini mampu menarik perhatian wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Pantai Carita merupakan tempat wisata yang tak hanya cocok bagi mereka yang sudah berpasangan, namun juga pengunjung yang ingin mengajak serta keluarga untuk bersantai di akhir pekan.

Ditunjang dengan berbagai macam fasilitas pendukung yang lengkap, Pantai Carita merupakan tempat tujuan wisata yang siap memanjakan Anda di setiap kunjungan. Anda dijamin tak bakal ragu menghabiskan waktu berlama-lama di sini.

Apa yang menarik dari Pantai Carita?

Menghabiskan waktu di Pantai Carita bersama keluarga adalah pilihan yang bagus

Menghabiskan waktu di Pantai Carita bersama keluarga adalah pilihan yang bagus

Pantai Carita memiliki kekayaan sumber daya seperti ikan, rumput laut, dan hasil-hasil laut lainnya. Pemandangan yang ditawarkan di sini juga teramat indah. Selain hamparan pasir yang luas, Anda bisa menikmati ritme deburan ombak yang datang seiring dengan hembusan angin segar, serta lanskap mengagumkan dari Gunung Krakatau.

Selain itu, pantai yang terletak di wilayah Banten ini juga dikenal memiliki kekayaan fauna yang menarik untuk diamati. Jika beruntung, Anda bisa menjumpai berbagai macam satwa lokal yang menarik, seperti kera ekor panjang dan lutung. Bahkan juga masih ada hewan lain seperti biawak, ular sanca, alap-alap, serta burung elang.

Kekayaan flora Pantai Carita juga tidak kalah menarik untuk disimak. Para penikmat tumbuh-tumbuhan akan dimanjakan dengan kehadiran pohon mahoni, jati, serta bungur.



Apa yang bisa dilakukan di Pantai Carita?

Sore hari menerbangkan layang layang di Pantai Carita

Sore hari menerbangkan layang layang di Pantai Carita

Selain berjalan santai di pinggir pantai, ada banyak atraksi menarik yang bisa anda nikmati dan coba lakukan di sini. Begitu sampai, Anda akan disuguhi oleh pemandangan para pengunjung yang sedang asyik bermain layang-layang, jetski, banana boat, diving, snorkeling, atau kegiatan menarik lainnya.

Jika tak ingin melakukan kegiatan ekstrim di sekitar pantai, Anda bisa menggelar tikar dan menikmati makan siang di pinggir pantai, sembari menikmati megahnya Gunung Krakatau pun sudah bisa membuat hati Anda terasa puas.

Puas menjelajahi pantai, Anda juga bisa mengisi perut dengan menikmati wisata kuliner yang ada di kawasan pesisir. Menyesuaikan dengan nuansa laut, menu yang disediakan kebanyakan bertemakan sea food.

Anda dijamin puas dengan sajian masakan seperti kepiting saus pedas, gurame bakar, cumi, udang, atau ikan bakar lainnya. Tak tertarik dengan makanan berat? Anda mungkin ingin mencoba segarnya es kelapa muda yang disajikan di sini. Harganya pun tak menguras kantong, hanya sekitar enam ribu rupiah per porsi.

Perjalanan ke Pantai Carita

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi tempat ini bersama keluarga di akhir pekan, rute melalui jalan tol merupakan salah satu yang paling sering digunakan. Anda cukup melewati jalan dari daerah Labuan untuk mencapai kawasan Carita dan Anyer.

Namun ingat, Anda juga harus tetap waspada dan berhati-hati, selama melakukan perjalanan atau menikmati waktu di pesisir pantai. Pasalnya, jalanan umum menuju Pantai Carita masih banyak yang berada dalam kondisi rusak serta berlubang.

Peringatan serupa juga wajib diperhatikan oleh Anda yang berencana ingin berenang di pantai, sebab ada beberapa bagian pasir atau bibir daratan yang menjorok ke laut dan rawan kecelakaan. Selain itu, perhatikan pula cuaca karena ketinggian ombak bisa bertambah beberapa meter ketika kondisi sekitar sedang hujan.

Tak perlu khawatir dengan isu keamanan ketika berada di kawasan Pantai Carita. Seperti umumnya tempat wisata pantai lainnya, pos-pos penjaga pantai disiagakan. Para petugas profesional akan siap membantu, jika memang terjadi kondisi gawat yang membutuhkan pertolongan dengan segera.

Akomodasi di Pantai Carita

Fasilitas salah satu cottage di sekitar Pantai Carita

Fasilitas salah satu cottage di sekitar Pantai Carita

Anda juga tidak usah risau dengan akomodasi. Sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, Pantai Carita sudah dilengkapi dengan berbagai macam hotel serta penginapan dengan harga dan fasilitas yang bervariasi, sesuai dengan budget yang sudah Anda siapkan.

Selain itu, menginap di hotel dekat Pantai Carita juga akan memberikan keuntungan tersendiri. Bagi mereka yang sedang menikmati bulan madu, kemungkinan besar bisa mendapatkan nuansa romantis dengan menikmati suasana sunrise/sunset dan bulan purnama di pinggir pantai.

Namun ingat, Anda wajib memesan terlebih dahulu akomodasi yang akan digunakan untuk berlibur. Pasalnya, kawasan Pantai Carita biasanya mendapat pengunjung dalam jumlah yang cukup besar ketika masa liburan tiba. Jika tidak melakukan reservasi terlebih dahulu, bisa-bisa Anda akan kehabisan kamar dan terpaksa menginap di hotel yang tidak sesuai dengan keinginan.









Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *