Pantai Pulau Merah, Kuta Kedua di Pulau Jawa yang Ada di Banyuwangi

Pemandangan cantik seperti inilah yang tak boleh terlewat saat berada di Pantai Pulau Merah
Share ke teman kamu

Banyuwangi mungkin bukan kota terpopuler di Jawa Timur, popularitas kota ini memang tidak setinggi kota Malang dan Surabaya. Sehingga banyak masyarakat berpikir tidak ada hal yang menarik di kota ini. Jika Anda selama ini berpikir bahwa Banyuwangi tidak menarik. Anda salah, karena kota Banyuwangi ternyata memiliki sebuah pantai yang terkenal sangat indah. Pantai tersebut adalah Pantai Pulau Merah.

Lokasi

Pulau kecil ini menjadi ciri khas Pantai Pulau Merah

Pulau kecil ini menjadi ciri khas Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah terletak di di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Sekitar 60 km dari pusat kota Banyuwangi.

Akses

Untuk mencapai pantai ini Anda harus terlebih dahulu menuju kota Banyuwangi. Bagi Anda yang berada di luar Jawa Timur dapat memilih penerbangan atau kereta menuju kota Malang atau Surabaya. Dari Malang atau Surabaya sendiri perjalanan yang akan Anda tempuh untuk menuju Banyuwangi kurang lebih selama 8 jam perjalanan darat.

Sesampainya di kota Banyuwangi, nanti Anda membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk menuju pantai ini. Sayangnya Anda tidak bisa menempuh perjalanan dengan transportasi umum untuk ke pantai ini. Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil dari kota Banyuwangi. Jalan ke pantai ini sudah diaspal sangat baik yang membuat perjalanan Anda lebih nyaman.

Sejarah

Berjemur di atas pasir Pantai Pulau Merah bisa jadi kegiatan yang cukup menenangkan

Berjemur di atas pasir Pantai Pulau Merah bisa jadi kegiatan yang cukup menenangkan

Lokasi wisata ini disebut sebagai Pulau Merah karena adanya sebuah bukit yang menjulang tinggi di ujung pantai. Di bawah bukit tersebut terdapat batuan karang di mana saat matahari mulai ternggelam akan tampak cahaya jingga kemerahan yang muncul dari balik bukit.

Yang spesial dari Pantai Pulau Merah

Selain pemandangan sunset yang amazing di pantai ini, ternyata Pantai Pulau Merah juga menjadi tujuan selancar berkelas dunia di Pulau Jawa. Berbeda dengan G Land yang sebelumnya sudah terkenal, pantai ini tidak memiliki banyak batu karang sehingga sangat aman digunakan untuk selancar bagi pemula.

Dikatakan bahwa Pantai Pulau Merah merupakan pantai dengan ciri-ciri seperti kebanyakan pantai di Brazil dan mirip dengan Pantai Kuta di Bali. Namun Pantai Pulau Merah memiliki ombak yang bergulung lebih banyak sehingga memungkinkan para peselancar untuk menggunakan teknik-teknik tertentu.



Salah satu spot fotografi terbaik di Pantai Pulau Merah

Salah satu spot fotografi terbaik di Pantai Pulau Merah

Daya tarik lain dari Pantai Pulau Merah adalah lokasi yang terletak dekat dengan desa nelayan. Bagi Anda yang menyukai backpacking, bisa mencoba menginap di rumah-rumah penduduk dan merasakan sensasi kehidupan ala nelayan. Seru bukan?

Kegiatan

Kegiatan utama yang dapat dilkukan di Pantai Pulau Merah tentu saja berselancar. Bagi Anda yang belum pernah berselancar tidak perlu khawatir tentang peralatan selancar dan instruktur. Karena di sini tersedia persewaan selancar sekaligus, Anda dapat belajar berselancar pada instruktur yang ada.

Biaya yang Anda keluarkan tidaklah mahal untuk menyewa papan selancar di sini. Anda hanya perlu membayar 25.000 sampai dengan 50.000 Rupiah, harga yang cukup murah, karena papan selancar yang sudah Anda sewa ini dapat digunakan seharian penuh.

Kondisi ombak di sini yang mencapai 4 sampai 5 meter sangat cocok bagi para peselancar dari berbagai tingkatan. Di Pantai Pulau Merah ini, dasar lautnya berupa pasir halus yang cukup aman. Sambil berselancar di atas gulungan ombak Anda bisa menikmati indahnya pemandangan pegunungan hijau dan angin yang sejuk.

Pada tahun 2013, Pantai Pulau Merah juga dijadikan sebagai lokasi kejuaraan surfing internasional yang diikuti oleh 20 negara dari berbagai penjuru dunia. Jadi, bagi Anda yang sudah bosan surfing di Bali bisa mencoba sensasi baru surfing di Pantai Pulau Merah.

Selain surfing, kegiatan lain yang dapat Anda lakukan di sini adalah memancing. Di sini Anda bisa menyewa perahu tradisional untuk memancing. Tidak ada batasan berapa ikan yang boleh Anda pancing. Jika beruntung Anda bisa mendapatkan beragam jenis ikan. Tetapi tentunya kegiatan ini membutuhkan kesabaran ekstra.

Suka olahraga? Anda bisa mencoba sensasi bermain voli pantai di sini bersama teman-teman. Selain voli Anda juga bisa bermain sepak bola. Bagi Anda yang hanya ingin bersantai menikmati pemandangan pantai dapat berjalan menyusuri pasir pantai sambil menikmati pemandangan para peselancar.

Pemandangan cantik seperti inilah yang tak boleh terlewat saat berada di Pantai Pulau Merah

Pemandangan cantik seperti inilah yang tak boleh terlewat saat berada di Pantai Pulau Merah

Di sini pula Anda bisa menikmati sensasi berjemur dengan alas kursi kayu dan payung peneduh layaknya di Kuta. Seperti yang telah disebutkan tadi, Pantai Pulau Merah adalah Kuta-nya Jawa yang ternyata banyak didatangi oleh wisatawan. Sehingga fasilitas ini disediakan untuk menunjang promosi surfing internasional.

Lapar setelah seharian beraktivitas di pantai? Anda bisa membeli makan di warung-warung yang terdapat di pintu masuk pantai. Di warung-warung ini Anda juga bisa memesan es kelapa muda yang sangat cocok dinikmati di pantai sambil berjemur dan bersantai.

Meskipun pantai ini terletak dekat dengan pemukiman warga, tetapi kebersihan makanan dan sekitar pantai terjaga dengan baik. Maka dari itu, bagi Anda yang berkunjung kemari diharapkan untuk ikut menjaga kebersihan pantai ini dengan tidak membuang sampah sembarangan.









Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *