25 Tempat Wisata di Puncak dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

Kebun Raya Cibodas
Share ke teman kamu

Terletak hanya sekitar 70 kilometer dari Jakarta, Puncak merupakan tempat wisata yang selalu padat setiap akhir minggu. Selain lokasinya yang dekat, udara di daerah ini juga sejuk – satu hal yang tidak bisa ditemui di kota besar yang padat polusi seperti Jakarta. Faktor ini membuat Puncak menjadi salah satu solusi liburan singkat dengan biaya yang relatif tidak terlalu tinggi. Selain itu, dengan berbagai jenis tempat wisata yang dimilikinya, Puncak merupakan tujuan tepat bagi keluarga dan rombongan. Daerah ini juga terkenal di kalangan turis Asia dan Timur Tengah, oleh karena itu, jangan heran apabila menemukan toko-toko atau pelayanan jasa yang menggunakan bahasa Arab di spanduk dan penawarannya.

Jalur Puncak berada di perbatasan antara Bogor dan Cianjur dengan suhu harian berkisar antara 14 – 18 derajat celcius, dan bisa lebih sejuk lagi pada malam hari. Karena padatnya pengunjung setiap masa liburan, Puncak memberlakukan sistem jalur buka-tutup untuk mengatasi kemacetan. Bagi Anda yang ingin berlibur ke daerah Puncak, disarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu mengenai sistem buka-tutup jalan ini. Untuk memberikan gambaran mengenai tempat wisata di Puncak, berikut adalah 25 tempat wisata di Puncak yang wajib Anda kunjungi:

1. Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia

Seperti namanya, Taman Safari Indonesia menawarkan sensasi berpetualang di alam liar dengan hewan-hewan buas. Ini adalah tempat wisata di Puncak yang tepat untuk membawa anak-anak dan keluarga. Di bagian kebun binatang dari Taman Safari Indonesia, terdapat hewan liar seperti singa, harimau, gajah, jerapah, zebra, dan unta. Yang menarik, bukan hewannya yang dimasukkan ke dalam kandang, tetapi pengunjung yang masuk ke habitat buatannya dengan menggunakan mobil atau bus.

Selain bertemu dengan hewan eksotis, Anda dan keluarga juga bisa menikmati wahana permainan yang seru serta kolam renang yang menyegarkan setelah seharian berpetualang. Selain itu, Taman Safari Indonesia juga menyediakan tur siang dan malam. Pada malam hari, biasanya Anda bisa bertemu dengan hewan nokturnal yang jarang terlihat pada siang hari. Biaya tiket masuk Taman Safari Indonesia untuk 1 orang dewasa adalah sebesar Rp150.000 dan Rp140.000 untuk anak-anak. Anda bisa mengunjungi tempat wisata di Puncak yang satu ini di Jalan Raya Puncak nomor 601, Cisarua, sekitar 10 menit dari pintu tol Ciawi.

2. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara terletak di Jalan Mariwati km 7, Kabupaten Cianjur. Dibangun pada tahun 1992, taman indah ini merupakan salah satu taman tematik pertama di Indonesia. Saat ini, Taman Bunga Nusantara memiliki lebih dari 2.000 spesies anggrek yang dibudidaya dengan baik.

Di tempat wisata di Puncak ini, pengunjung bisa mengunjungi taman-taman dengan tema tertentu seperti misalnya Taman Mediterania yang memiliki koleksi kaktus dan tanaman yang bisa tumbuh di hamparan pasir putih, Taman Bali yang bernuansa seperti di Bali, Taman Mawar dengan bunga mawar berbagai warna, Taman Air dengan berbagai jenis bunga teratai, Taman Jepang, Taman Prancis, serta Taman Labirin yang bisa dijelajahi.

Untuk masuk ke Taman Bunga Nusantara, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp30.000 per orang. Beberapa taman tematik memerlukan tiket tambahan tetapi dengan harga yang sangat murah yaitu Rp10.000 per orang.

3. Danau Lido

Danau Lido

Danau Lido

Terletak di Jalan Raya Sukabumi, Desa Wates Jaya, Bogor, Danau Lido merupakan tempat rekreasi keluarga yang lengkap. Memanfaatkan danau alami yang luas dan bersih, Danau Lido sekarang memiliki tempat penginapan, rumah makan, dan berbagai permainan air.

Jika Anda datang bukan untuk menginap, Anda bisa menjelajahi danau dengan menggunakan perahu naga, rakit, dan becak air. Beberapa kegiatan lain yang juga ada di Danau Lido adalah luncur gantung, layang gantung, memancing, dan mengendarai ATV di jalur yang sudah disediakan. Untuk masuk ke kawasan danau ini, pengunjung hanya diwajibkan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Namun, semua kegiatan, penginapan, dan rumah makan memiliki harga masing-masing.

4. Puncak Pass Resort

Puncak Pass Resort

Puncak Pass Resort

Puncak Pass Resort adalah sebuah hotel dan restoran yang terletak di Jalan Raya Puncak km 90, Cipanas. Sebagai salah satu hotel tertua di Puncak, Puncak Pass menjadi landmark terkenal ketika melewati Jalan Raya Puncak. Hotel ini menghadap ke lereng gunung dan menawarkan pemandangan indah dari jendela kamar.

Puncak Pass Resort memiliki tiga tipe kamar yaitu Superior, Deluxe, dan Suite yang bisa Anda sewa dengan harga mulai Rp800.000 per malam. Pengunjung bisa menikmati keindahan hamparan perkebunan teh dari restoran Puncak Pass dengan makanan khas Indonesia.

5. Seruni Hotel

Seruni Hotel

Seruni Hotel

Sama seperti Puncak Pass, Seruni Hotel juga merupakan penginapan yang ada di daerah Puncak. Harga yang ditawarkan oleh hotel ini sebenarnya tergolong murah, yaitu mulai dari Rp500.000 per malam. Namun, keindahannya yang terletak persis di antara dua gunung tidak tertandingi oleh pemandangan dari hotel lain. Oleh karena itu, hotel ini selalu penuh bahkan di luar masa liburan.

Bagi Anda yang ingin merasakan keindahan pemandangan dan kesejukan udara di Seruni Hotel, sebaiknya pesan kamar dari beberapa minggu sebelum keberangkatan. Hotel ini memiliki dua gedung penginapan, dengan kolam renang besar dan permainan anak di tengah kompleks hotel tersebut. Dengan fasilitas yang memadai, seluruh anggota keluarga pasti akan berlibur dengan nyaman di Seruni Hotel.

6. Masjid At-Ta’awun

Masjid At-Ta’awun

Masjid At-Ta’awun

Masjid besar yang berada di sisi kanan Jalan Raya Puncak km 90 ini merupakan salah satu landmark yang terkenal untuk dijadikan titik peristirahatan dan pertemuan. Di dalam dan sekitar kawasan masjid, terdapat warung-warung sederhana yang menjual minuman dan makanan hangat berupa kopi, teh, dan mi instan. Dengan pelataran yang luas, Masjid At-Ta’awun sering dijadikan tempat beristirahat bagi pengunjung lelah berkendara terutama para pengendara roda dua.

7. Villa Kota Bunga

Villa Kota Bunga

Villa Kota Bunga

Villa Kota Bunga sebenarnya merupakan kompleks perumahan besar yang berada di Jalan Hanjawar, Cipanas. Walaupun tidak terletak di jalur utama Puncak, lokasi ini termasuk tempat menginap dan tempat wista di Puncak yang terkenal. Salah satu kelebihannya adalah rumah-rumah yang memiliki tema eksterior dan interior unik. Di dalam Villa Kota Bunga, terdapat blok khusus perumahan yang bertema Jepang, Victorian, Amerika, hingga rumah yang bertema fantasi seperti rumah boneka.

Selain vila-vila yang bisa disewa, Villa Kota Bunga juga memiliki wahana permainan anak-anak dan kolam renang. Di tengah-tengah kompleks, terdapat sebuah danau besar yang bisa dijelajahi menggunakan gondola seperti di Vienna. Kompleks perumahan Villa Kota Bunga adalah salah satu tempat yang paling sering dikunjungi oleh turis Timur Tengah untuk menginap. Jadi, kalau Anda menginap di sini pada masa liburan, sudah dapat dipastikan Anda akan menemukan banyak turis asing lalu-lalang.

Harga sewa 1 vila di tempat wisata di Puncak ini bervariasi, berkisar antara Rp500.000 hingga Rp2.000.000 tergantung tipe dan jumlah kamar yang Anda pilih. Untuk berkeliling, masyarakat sekitar juga menyewakan kendaraan seperti ATV, motor besar, dan sepeda yang bisa Anda sewa dengan biaya per jam.

8. Istana Kepresidenan Cipanas

Istana Kepresidenan Cipanas

Istana Kepresidenan Cipanas

Istana Kepresidenan Cipanas terletak di Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Dengan luas sekitar 26 hektare, istana ini sebenarnya dibangun di atas tanah pribadi seorang tuan tanah Belanda pada tahun 1740 lalu digunakan sebagai tempat peristirahatan gubernur pada masa tersebut.

Setelah Indonesia merdeka, gedung ini mulai digunakan sebagai istana untuk presiden. Bangunan penuh sejarah ini memiliki koleksi ukiran dan lukisan antik karya seniman Indonesia dan internasional. Dengan mengunjungi Istana Kepresidenan Cipanas, Anda dapat menambah pengetahuan tentang sejarah Indonesia serta melihat indahnya arsitektur dari zaman penjajahan Belanda.

Untuk berkunjung ke Istana Kepresidenan Cipanas, Anda perlu memesan jadwal terlebih dahulu, setidaknya 7 hari sebelum kedatangan. Jadwal yang diperbolehkan adalah Senin-Minggu, pukul 08:00-14:00 WIB dan libur pada hari Jumat dan tanggal merah. Karena Istana Kepresidenan ini masih digunakan untuk acara-acara penting, pengunjung juga diwajibkan untuk mengenakan pakaian yang diperbolehkan selama berada di istana yaitu batik, kemeja, dan sepatu.

9. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ditetapkan sejak tahun 1980 dengan luas sekitar 22 hektare. Di tempat wisata di Puncak yang satu ini, Anda bisa menikmati indahnya keragaman hewan khas Indonesia. Temui beragam hewan di habitat aslinya seperti owa Jawa, kepik raksasa, sigung, macan tutul, lutung, surili, dan kalau beruntung, Anda bisa melihat elang Jawa.

Selain hewan khas Indonesia, Anda juga bisa menemui tumbuhan liar yang jarang terlihat seperti bunga Rafflesia, anggrek hutan, dan kantong semar pemburu serangga. Untuk masuk ke kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, setiap orang dikenakan biaya sebesar Rp10.000 dan Rp5.000 untuk pendakian dan asuransi.

Dengan mendaki atau berkemah selama 2 hari 1 malam, Anda akan memiliki kesempatan lebih besar untuk menemui hewan dan tumbuhan langka yang ada di taman konservasi ini. Perlu diingat bahwa beberapa hewan memang tidak berani untuk muncul ketika ada manusia dan sebagian hewan lainnya aktif pada malam hari sehingga sulit ditemukan pada siang hari. Tempat wisata di Puncak ini lebih cocok bagi rombongan dan pasangan muda yang tidak membawa anak kecil.

10. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas beralamat di Jalan Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Cipanas. Terletak di ketinggian 1.275 meter di atas permukaan laut, Kebun Raya Cibodas memiiki suhu terdingin hingga 15 derajat celcius. Tumbuhan yang ada di dalam kebun ini terdiri dari tumbuhan dataran tinggi tropis. Selain koleksi tumbuhan kaktus dan anggrek, kebun ini juga memiliki spesies tumbuhan lumut yang lengkap. Terhitung sekitar 5.831 contoh tanaman dari berbagai jenis ada di sini.

Dengan luas sekitar 85 hektare, kebun ini juga memiliki beberapa penginapan yang disewakan pada pengunjung. Selain itu, Anda juga bisa membawa atau menyewa tenda untuk bermalam di hutan. Kebun Raya Cibodas buka setiap hari dari pukul 08:00-17:00 WIB. Untuk masuk ke dalam kawasan, biaya tiket masuk adalah sekitar Rp10.000 per orang dan biaya parkir antara Rp5.000 hingga Rp15.000 tergantung jenis kendaraannya.

11. Kebun Durian Warso Farm

Kebun Durian Warso Farm

Kebun Durian Warso Farm

Anda pecinta durian? Kalau begitu, Warso Farm adalah tempat wisata di Puncak yang terbaik untuk Anda. Kebun buah ini dirintis oleh seorang pensiunan TNI AD yang bernama Soewarso Pawaka. Dengan lebih dari 900 pohon durian, kebun ini memiliki varietas durian unggul seperti Monthong, Lay Sunan, dan Tembaga. Selain durian, kebun seluas 8,5 hektare ini juga diisi oleh pohon buah naga, nangka, dan jambu. Warso Farm terletak di Jalan K. H. Halimi, Desa Cihideung, Kecamatan Cipelang.

Untuk masuk ke kawasan kebun ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk. Namun, untuk menikmati durian yang ada di perkebunan ini, Anda harus membeli dan harganya tergantung varietas yang Anda pilih. Pada bulan Desember-Mei, durian bisa dipetik langsung dan dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati olahan durian seperti es durian dan jus durian di restoran yang ada di dalam Warso Farm. Untuk sekadar menikmati buah dan makanan yang dijual, kebun ini buka setiap hari untuk umum. Sementara itu, tur perkebunan dibuka setiap hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional mulai pukul 07:00 WIB.

12. Kawasan Agrowisata Gunung Mas

Kawasan Agrowisata Gunung Mas

Kawasan Agrowisata Gunung Mas

Kawasan Agrowisata Gunung Mas terletak di Jalan Raya Puncak km 87, Cisarua. Dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VIII, tempat wisata di Puncak ini merupakan hamparan perkebunan teh dengan penginapan di dalamnya. Selain penginapan, Anda juga bisa menemukan area perkemahan, gantole, dan berkuda di dalam kawasan agrowisata ini.

Letak kawasan agrowisata Gunung Mas berada di antara Masjid At-Ta’awun dan Taman Safari Indonesia. Bersama rombongan, pemandu akan mengajak Anda berkeliling kebun teh dan melihat proses pemetikan daun teh. Tiket masuk ke dalam kawasan wisata di Puncak ini adalah Rp10.000 per orang dan buka setiap hari dari pukul 08:00-18:00 WIB. Sebagai bonus, satu tiket bisa ditukar dengan segelas teh Walini yang hangat dan nikmat di udara yang sejuk.

13. Bukit Gantole

Bukit Gantole

Bukit Gantole

Masih terletak di kawasan agrowisata Gunung Mas, Bukit Gantole menawarkan pengalaman yang berbeda bagi pengunjung. Rasakan sensasi terbang menggunakan gantole dari ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Seorang pengunjung akan didampingi oleh seorang instruktur berpengalaman dengan perlengkapan yang aman dan terjamin.

Untuk menikmati pemandangan lembah di Gunung Mas menggunakan layang gantung, Anda perlu membayar sekitar Rp350.000 per orang untuk 1 kali penerbangan. Biasanya, instruktur yang akan memutuskan apakah arah dan kecepatan angin serta cuaca cocok untuk penerbangan yang aman. Bukit Gantole cocok bagi Anda yang senang memicu adrenalin dan mencari pengalaman baru.

14. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari terletak di Jalan Raya Puncak km 77. Dengan konsep rekreasi edukasi, tempat wisata di Puncak ini sebenarnya adalah sebuah kompleks besar yang terdiri dari berbagai wahana, penginapan, dan area bermain. Tempat wisata di Puncak yang satu ini sangatlah cocok dikunjungi oleh rombongan besar, keluarga yang membawa anak-anak, atau grup yang ingin melakukan kegiatan alam bersama.

Anda dan keluarga bisa menikmati permainan seperti luncur gantung atau flying fox, ATV, panjat dinding, dan arung jeram. Anak-anak juga bisa diajak melakukan kegiatan edukasi seperti misalnya menanam padi, membajak sawah, memberi makan hewan ternak, hingga memerah susu sapi.

Harga tiket masuk ke Taman Wisata Matahari adalah sebesar Rp25.000 pada akhir minggu dan Rp20.000 pada hari kerja. Anak dengan tinggi di atas 80 cm sudah terhitung satu tiket. Menariknya lagi, satu tiket sudah termasuk menaiki 5 wahana permainan gratis dan potongan harga 10% di restoran Sunda Express yang berada di dalam Taman Wisata Matahari.

15. Curug 7 Cilember

Curug 7 Cilember

Curug 7 Cilember

Curug 7 Cilember terletak di awal jalur Puncak dengan pintu masuk di Jalan Raya Puncak km 15. Untuk menuju Curug 7 Cilember, Anda perlu melalui perumahan penduduk sebelum sampai ke gerbang tempat wisata di Puncak ini. Di dalam kawasan wisata ini, terdapat warung makan untuk sekadar minum kopi dan menikmati jagung atau roti bakar di udara yang sejuk. Sesekali, terlihat kera melompat di antara pepohonan.

Setelah masuk gerbang lokasi wisata Curug 7 Cilember, Anda masih perlu berjalan kaki mengikuti jalan setapak dan menyusuri hutan untuk sampai ke ketujuh air terjun secara berurutan. Di sekitar air terjun juga terdapat area perkemahan dengan tenda yang bisa disewa dengan harga mulai dari Rp125.000 per malam tergantung ukuran tenda. Karena pintu masuknya yang menanjak dan sedikit jauh, sebaiknya tidak membawa orang tua lanjut usia atau anak bayi yang belum bisa berjalan ke tempat wisata di Puncak yang satu ini.

Ada sesuatu yang unik di kawasan rekreasi ini, yaitu terdapat penduduk sekitar yang menawarkan jasa menyusun bunga menjadi rangkaian tulisan atau simbol hati dan inisial nama di sudut-sudut hutan Curug Cilember.

16. Curug Panjang

Curug Panjang

Curug Panjang

Curug Panjang terletak di daerah Megamendung, Bogor. Berada di kawasan wisata seluas 30 hektare, air terjun ini berasal dari aliran Sungai Cirangrang. Jarak dari Kota Bogor ke Curug Panjang adalah sekitar 20 kilometer. Jadi, tidak terlalu jauh bagi Anda yang ingin menyegarkan diri sejenak dari kepenatan kota. Bisa bertemu dengan mata air alami yang segar adalah sebuah kemewahan yang jarang ditemukan di kota besar.

Pengunjung diperbolehkan untuk berenang di aliran Curug Panjang ini. Namun, harus tetap berhati-hati karena bagian tengah kolam dari air terjun ini dalamnya mencapai 5 meter. Untuk masuk ke kawasan air terjun yang dikelola oleh Perhutani Bogor ini, Anda perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang.

17. Curug Kembar

Curug Kembar

Curug Kembar

Seperti namanya, Curug Kembar terdiri dari dua air terjun yang berdekatan. Terletak di Desa Batulayang, Cisarua, kawasan air terjun ini merupakan lokasi yang tepat untuk hiking atau pendakian ringan. Untuk menuju ke Curug Kembar, Anda perlu berjalan kaki menembus hutan pinus. Setelah lelah berjalan kaki, Anda dapat menyegarkan diri dengan menikmati air segar yang mengalir deras dari air terjun kembar ini.

Biaya masuk ke kawasan Curug Kembar ini adalah Rp6.000 per orang. Sesampainya di sana, Anda tidak perlu bingung kalau tidak bertemu dengan loket atau warung-warung seperti yang sering Anda temui di kawasan wisata karena tiket masuk hanya dikelola oleh beberapa penjaga lokal. Biasanya, pengunjung tidak diperbolehkan berkunjung lewat dari pukul 18:00 WIB.

18. Curug Ciherang

Curug Ciherang

Curug Ciherang

Ciherang adalah salah satu air terjun yang dikelola oleh Perhutani Bogor. Sayangnya, air terjun ini tidak memiliki kolam seperti yang dimiliki Curug Panjang, Curug Cilember, dan Curug Kembar. Namun Anda tidak perlu kecewa, di kawasan Curug Ciherang ini terdapat rumah pohon yang dibangun di antara dua pohon raksasa lho.

Anda bisa dengan bebas naik ke atas rumah pohon dan berfoto dengan panorama Puncak dari ketinggian. Untuk masuk ke kawasan Curug Ciherang, Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp5.000 saja. Jam operasional Curug Ciherang adalah pada hari Senin-Minggu dari pukul 08:00-18:00 WIB.

19. Telaga Warna

Telaga Warna

Telaga Warna

Siapa sangka Puncak memiliki danau yang tidak kalah indah seperti yang ada di Dieng? Telaga Warna adalah danau alami yang memiliki warna yang bisa berubah-ubah dari biru, hijau, dan cokelat. Letaknya tidak jauh dari ibu kota, tepatnya di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Bogor. Lokasi yang agak jauh dari jalan raya membuat tempat wisata di Puncak ini tidak banyak diketahui turis.

Menurut legenda masyarakat, Telaga Warna terbentuk karena Putri Nyi Mas Gilang Rukmini melemparkan perhiasan yang terbuat dari batu permata pemberian rakyatnya hingga menenggelamkan seluruh kerajaan ke dalam danau yang muncul dari pecahan perhiasan. Nyatanya, perubahan warna terjadi karena adanya pergerakan vegetasi ganggang di dasar danau.

Harga karcis masuk Telaga Warna hanya sebesar Rp7.500 per orang. Di danau, tersedia rakit dan perahu karet yang bisa disewa untuk berkeliling danau. Untuk aktivitas yang lebih menantang, coba juga luncur gantung di atas Telaga Warna ini.

20. Melrimba Garden

Melrimba Garden

Melrimba Garden

Lokasi wisata Melrimba Garden terletak di Jalan Raya Puncak km 87, Tugu Utara, Cisarua, Bogor. Tanpa kemacetan, tempat wisata di Puncak ini bisa dengan mudah dicapai dari Jakarta hanya dalam waktu 60 menit saja. Berkonsep taman keluarga, Melrimba Garden menawarkan pemandangan yang asri serta beragam kegiatan yang bisa menyegarkan otak dan tubuh.

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan adalah berjalan di atas jalan setapak sambil menikmati taman bunga yang ditata dengan indah, lalu mengunjungi rumah kaca yang membudidayakan berbagai jenis anggrek dan tanaman hias. Bahkan, Anda juga bisa membawa pulang tanaman hias dalam pot sebagai buah tangan.

Selain itu, Anda sekeluarga bisa menikmati tea walk yaitu berjalan keliling perkebunan teh, memetik stroberi segar langsung dari pohonnya, dan memancing. Untuk kegiatan yang lebih seru, coba juga berbagai wahana yang ada seperti mengendarai ATV, dan mendayung perahu. Bagi rombongan, Melrimba Garden juga menawarkan paket barbeque untuk acara keluarga. Harga tiket masuk ke Melrimba Garden berkisar antara Rp15.000 hingga Rp30.000 per orang tergantung umur dan jumlah rombongan. Lokasi ini buka setiap hari pada pukul 08:00-21:00 WIB, kecuali pada hari Sabtu yang mana tempat wisata di Puncak ini tutup lebih malam, dari pukul 08:00-23:00 WIB.

21. Desa Wisata Pancawati

Desa Wisata Pancawati

Desa Wisata Pancawati

Ingin merasakan sensasi kampung tradisional yang sebenarnya? Desa Wisata Pancawati adalah jawabannya. Desa ini terletak di Kecamatan Caringin, Bogor. Di dalam kawasan desa wisata ini, Anda bisa menonton pertunjukan seni tari dan wayang golek khas Sunda. Tentunya, ini adalah tontonan yang menarik dan mendidik dalam melestarikan budaya Indonesia.

Selain pertunjukan seni, di dalam Desa Wisata Pancawati juga terdapat penginapan dan rumah makan asli Sunda. Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan adalah bercocok tanam dan mengenali rumah penduduk kampung tradisional. Desa yang tertata rapi dengan udara sejuk ini sangat cocok untuk keluarga dan rombongan yang ingin belajar lebih jauh mengenai budaya Sunda.

Untuk menginap di sini, Anda bisa menyewa vila dengan harga mulai dari Rp500.000 per malam. Sementara itu, untuk masuk dan melakukan tur Pulang Kampung di Desa Wisata Pancawati ini, Anda perlu mendaftar sebagai rombongan dengan jumlah peserta setidaknya 40 orang.

22. Wisata Citamiang

Wisata Citamiang

Wisata Citamiang

Masih terletak di Tugu Utara, lokasi Wisata Citamiang terletak di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Areanya yang luas sering digunakan sebagai sarana outbound dan pelatihan. Dikelola oleh Perhutani Bogor, Wisata Citamiang termasuk salah satu objek wisata alam yang tertata rapi dan bersih di tengah menjulangnya hutan pinus.

Kegiatan rekreasi utama yang bisa dilakukan di lokasi Wisata Citamiang adalah berenang dan berkemah. Di dalam area ini, terdapat kolam renang dengan berbagai kedalaman serta permainan air seperti seluncur dan pancuran air. Untuk menyewa lahan perkemahan sendiri, biayanya sangat murah yaitu hanya Rp2.500 per malam. Sementara itu, harga tiket masuk ke Wisata Citamiang adalah Rp3.000 per orang.

23. Wisata Agro Inkarla

Wisata Agro Inkarla

Wisata Agro Inkarla

Sejuknya udara dan suburnya tanah di daerah Puncak membuat tanaman dan bunga tumbuh subur. Salah satu pembudidaya yang memiliki koleksi bunga yang beragam adalah Wisata Agro Inkarla. Kebun ini memiliki beragam jenis bunga seperti krisan, anggrek, dan anyelir. Luar biasanya, beberapa bibit bunga didatangkan langsung dari negara asal bunga tersebut lho.

Bagi Anda yang cinta dengan dunia perkebunan, Wisata Agro Inkarla bisa menjadi tempat wisata di Puncak yang menyenangkan. Selain bisa melihat budidaya tanaman hias, Anda juga bisa membeli bibit bunga hias dengan kisaran harga antara Rp30.000-Rp 50.000 saja. Sayangnya untuk masuk ke tempat wisata di Puncak ini, Anda perlu melakukan pemesanan tempat terlebih dahulu dengan jumlah peserta setidaknya 20 orang. Harga tiketnya adalah Rp100.000 untuk 1 orang dewasa dan Rp50.000 untuk 1 orang anak-anak.

Anda dan rombongan juga bisa menginap di vila yang disediakan. Di sekitar area penginapan, terdapat kolam renang air hangat dalam ruangan serta permainan seperti biliar dan tenis meja. Dengan sistem reservasi yang tertata rapi, ketenangan dan kenyamanan lokasi wisata ini terjaga dengan baik sehingga cocok bagi keluarga yang ingin berkumpul dengan lebih dekat dan hangat.

24. Kampung Nde

Kampung Nde

Kampung Nde

Masih terletak di daerah Cipanas, Cianjur, Kampung Nde merupakan lokasi wisata sederhana untuk sekadar berkunjung dan menikmati wisata kuliner siang. Ketika masuk, Anda akan disambut oleh saung-saung dan kolam ikan yang bisa Anda pancing ikannya. Lebih jauh ke dalam, Anda bisa menemukan kampung buatan yang berisi kebun sayuran dan kandang hewan ternak kecil seperti ayam, angsa, kelinci, dan bebek.

Di dalam kawasan Kampung Nde juga terdapat trek sepeda dan ATV yang tidak terlalu besar sehingga aman dan cocok bagi anak-anak. Selain itu, Anda juga bisa mencoba permainan tradisional seperti egrang, congkak, dan bakiak batok. Makanan yang disajikan di Kampung Nde adalah makanan tradisional khas Sunda dengan alunan seruling bambu yang sendu.

Untuk masuk ke Kampung Nde, pengunjung tidak diharuskan membayar tiket masuk. Namun, untuk menyewa sepeda, ATV, dan permainan lain akan dikenakan biaya tambahan di luar makanan yang dipesan di restoran.

25. Taman Riung Gunung

Taman Riung Gunung

Taman Riung Gunung

Taman Riung Gunung berada di Desa Tugu Selatan, Cisarua, Bogor. Berjarak hanya 17 kilometer dari pintu tol Ciawi, tempat wisata di Puncak ini menawarkan kegiatan yang lengkap bagi seluruh anggota keluarga. Bagi orang dewasa, tentunya menikmati makanan khas Sunda di udara yang dingin lalu berjalan di sekitar perkebunan teh yang asri adalah kegiatan yang menyenangkan. Sementara itu, anak-anak akan bersenang-senang di kolam renang dan wahana permainan yang ada di dalam kawasan Taman Riung Gunung ini.

Bagi rombongan yang menyukai kegiatan yang lebih menantang, bisa mencoba sarana flying fox dan outbond yang ada dengan biaya Rp15.000 saja. Selain itu, terdapat juga terapi ikan yang dipercaya bisa menghilangkan rasa pegal di telapak kaki. Caranya, rendam kaki ke dalam kolam ikan tersebut lalu rasakan sensasi gigitan lembut ikan kecil di kaki Anda.

Jika pengunjung memutuskan untuk menginap, penginapan di tengah kebun teh bisa disewa dengan harga yang murah yaitu berkisar antara Rp100.000-Rp200.000 per malam. Atau, bisa lebih murah lagi jika Anda menyewa tenda di area perkemahan.

25 Tempat Wisata di Puncak dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi
5 (100%) 2 votes








Mau liburan gratis?

Masukan email Anda:

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *