Catat! Ini 7 Kelebihan Pesan Tiket Bus Online
Ilustrasi Jaminan Uang Kembali (mediakonsumen)

Catat! Ini 7 Kelebihan Pesan Tiket Bus Online

Kelebihan Pesan Tiket Bus Online – Di masa pandemi ini, transaksi digital lebih disarankan untuk meminimalisir kontak fisik dengan orang lain. Tak heran jika saat ini hampir semua hal bisa dilakukan secara online termasuk beli tiket transportasi, seperti bus.

Ada banyak website yang menawarkan kemudahan cek harga tiket bus sekaligus melakukan pemesanan. Traveloka misalnya. Anda bisa menggunakan website maupun aplikasinya untuk membeli tiket bus hingga tiket atraksi/tempat wisata di berbagai daerah dengan mudah dan cepat.

Jika Anda masih ragu apakah benar-benar aman jika pesan tiket bus online, berikut ada 6 kelebihan pesan tiket bus online yang bisa Anda rasakan.

1. Banyak pilihan operator

Kelebihan Pesan Tiket Bus Online - 
Berbagai Operator Bus (ekonomi)
Kelebihan Pesan Tiket Bus Online – Berbagai Operator Bus (ekonomi)

Jika Anda tidak memiliki operator bus favorit yang selalu jadi andalan untuk bepergian, Anda bisa memilih dari list PO bus yang melayani rute yang Anda tuju dengan mudah lewat Traveloka. Semua nama PO bus beserta konfigurasi tempat duduk dan fasilitasnya tertera pada hasil pencarian sehingga Anda punya banyak pilihan ingin naik bus yang mana.

2. Mudah, hemat waktu dan tenaga

Backup Laptop (andrewneel)
Kelebihan Pesan Tiket Bus Online – Mudah, hemat waktu dan tenaga (andrewneel)

Tidak seperti dulu dimana Anda perlu pergi ke terminal atau pool bus untuk membeli tiket, sekarang Anda bisa hemat waktu dan tenaga dengan membelinya secara online. Anda hanya butuh smartphone atau laptop yang terhubung ke internet lalu buka website maupun aplikasi Traveloka.

Menariknya, Anda juga bisa lihat harga tiket bus di sini dengan informasi yang detail; tak hanya harga, tetapi juga PO bus, rute, waktu keberangkatan serta perkiraan waktu tiba di tujuan. Anda juga bisa melihat berbagai fasilitas yang ditawarkan setiap PO bus. Dengan begini Anda tidak perlu ribet keluar rumah untuk beli tiket.

Jika Anda sudah menemukan tiket bus yang dicari, Anda tinggal melakukan pemesanan dengan mengisi identitas calon penumpang lalu melakukan pembayaran sebelum waktu yang ditentukan. Jika sudah membayar, e-tiket akan dikirim ke email atau bisa dicek di akun dalam aplikasi yang bisa ditunjukkan ke staf bus pada hari keberangkatan. Biasanya e-ticket ini akan diganti dengan tiket kertas oleh masing-masing PO bus. Mudah dan praktis, bukan?

3. Tiket dijamin asli

kelebihan pesan tiket bus online - Tiket Bus Traveloka (rendra)
Tiket Bus Traveloka (rendra)

Tiket bus yang dibeli di Traveloka dijamin asli dan Anda pun dijamin pasti berangkat sesuai dengan rute dan tanggal keberangkatan yang dipilih. Meski berbentuk e-tiket dan dikirim melalui email atau aplikasi, namun tiket tersebut dijamin valid dan bisa dipakai untuk berangkat.

Jika Anda menemukan masalah mengenai tiket, misalnya tidak diizinkan naik oleh staf, maka Anda bisa menghubungi customer service Traveloka yang tersedia 24/7 yang siap membantu Anda.

4. Harga kompetitif bertabur promo

Salah Satu Contoh Diskon Bus di Traveloka (traveloka)
Salah Satu Contoh Diskon Bus di Traveloka (traveloka)

Meski umumnya harga tiket bus yang dibeli secara online sama dengan jika membeli  langsung di terminal, namun harga yang tertera di aplikasi biasanya jauh lebih murah karena sering ada promo maupun potongan harga menarik spesial anggota yang diberikan Traveloka.

Hal ini tentunya akan menghemat pengeluaran Anda, terutama jika beli tiket untuk banyak orang. Anda bisa mendapatkan info mengenai promo yang berlangsung di Traveloka melalui website, aplikasi dan juga sosial media Traveloka.

5. Banyak pilihan pembayaran

kelebihan pesan tiket bus online - 
Berbagai Metode Pembayaran
Kelebihan Pesan Tiket Bus Online – Berbagai Metode Pembayaran

Kemudahan lainnya yang bisa Anda rasakan jika membeli tiket bus online adalah banyaknya pilihan metode pembayaran yang bisa disesuaikan dengan kondisi Anda.

Berbagai pilihan bank hingga bisa membayar lewat kasir supermarket tentunya memberi Anda kemudahan untuk menyelesaikan pembayaran dan mendapatkan tiket bus ke tujuan yang diinginkan. Perhatikan juga batas waktu pembayaran agar pembelian Anda tidak dibatalkan secara otomatis oleh sistem.

6. Garansi uang kembali

Ilustrasi Jaminan Uang Kembali (mediakonsumen)
Kelebihan Pesan Tiket Bus Online – Ilustrasi Jaminan Uang Kembali (mediakonsumen)

Masih ragu beli tiket bus online di Traveloka? Tenang, ada program uang kembali 100% jika tiket bus yang Anda beli ditolak oleh operator bus di hari keberangkatan dengan alasan teknis; mirip opsi nomor 2 di atas.

Anda bisa menghubungi customer service Traveloka untuk melaporkan hal ini, dan Anda pun berhak untuk mendapatkan refund sesuai dengan aturan Traveloka. Jadi tidak perlu merasa khawatir jika membeli tiket bus online di Traveloka.

7. Bebas calo, tanpa antre

kelebihan pesan tiket bus online -  Zip Bike (kompas)
Kelebihan Pesan Tiket Bus Online – Bebas Calo, Tanpa Antre (kompas)

Ya,beli tiket bus online akan menghindarkan Anda terhadap antrian maupun calo yang sering menghampiri orang-orang yang membeli tiket langsung di terminal atau loket. Anda akan terbebas dari orang-orang yang sering menaikkan harga tiket sesuka hati dan tidak perlu berkerumun juga. Karena salah satu protokol kesehatan yang harus Anda patuhi saat ini adalah menghindari kerumunan dan selalu menjaga jarak.

Semoga pembahasan mengenai keuntungan beli tiket online di atas akan menghilangkan kekhawatiran Anda yang mungkin baru pertama kali beli tiket bus secara online.  Sebagai tambahan, Anda bisa memesan tiket bus yang dicari melalui website maupun aplikasi. Untuk harga terbaik, jangan lupa untuk log in atau daftar terlebih dahulu.  Semoga bermanfaat!

Apabila kamu ingin meninggalkan rumah dalam waktu lama, ada nih tips-tipsnya agar rumah kamu gak kenapa-kenapa. Ternyata mudah tapi berguna banget loh! Baca di sini: Tips Meninggalkan Rumah Dalam Waktu Lama, Penting Banget Buat Dibaca!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!