Dusun Semilir, Wisata Ekologi dengan Wahana Seru di Semarang
Alun Eropa (travel.kompas)

Dusun Semilir, Wisata Ekologi dengan Wahana Seru di Semarang

Tak hanya memiliki Lawang Sewu yang ikonik, Semarang nyatanya masih menyimpan segudang potensi wisata lain yang bisa jadi tujuan liburan akhir pekan. Salah satunya adalah Dusun Semilir yang merupakan sebuah taman ekologi dengan berbagai spot foto dan wahana wisata yang dihadirkan.

Kamu yang mencari tempat wisata di Semarang populer dan cocok dijadikan tujuan kunjungan wisata keluarga, melipir ke Dusun Semilir sangat direkomendasikan.

Banyak pengalaman baru yang akan kamu dapatkan dan pastinya memori kamera kamu akan penuh dengan beragam foto keren selama berwisata di sana. Penasaran seperti apa tempat wisatanya? Berikut review Dusun Semilir yang kamu harus tahu!

Review Wisata Dusun Semilir Semarang

Dusun Semilir, Semarang (kompas)
Dusun Semilir, Semarang (kompas)

Alamat : Jalan Soekarno – Hatta No. 49, Bawen, Semarang, Jawa Tengah
Map : Klik di sini
Jam buka : Senin sampai jumat 09.00 – 19.00 WIB, sabtu, minggu dan hari libur 08.00 – 19.00 WIB
Harga tiket masuk : Hari biasa Rp 20.000,00, hari libur nasional dan weekend Rp 30.000,00 (belum termasuk tiket wahana permainan). Daftar harga tiket wahana permainan ada di bawah.

Dusun Semilir sejatinya merupakan sebuah objek wisata seluas 2 hektar yang memadukan konsep eco park dan wisata modern. Hal ini membuat pengunjung akan dimanjakan dengan suasana khas pedesaan asri dan berbagai spot foto keren di dalamnya.

Ada banyak hal menarik yang bisa kamu temukan ketika berkunjung di Dusun Semilir, di antaranya :

1. Stupa candi Borobudur

Dusun Semilir - Stupa candi Borobudur (idntimes)
Stupa candi Borobudur (idntimes)

Kalau kamu berada di Semarang dan ingin berfoto dengan stupa khas Candi Borobudur namun dengan suasana yang lebih modern, kamu bisa menemukannya di Dusun Semilir. Setibanya di area parkir, kamu akan disambut oleh lima buah stupa khas Candi Borobudur yang didesain menggunakan rangka cokelat tua berlapis kaca bening.

Kesan megah namun tetap memberikan sentuhan nusantara diperlihatkan di sini. Bangunan ikonik ini memiliki teras luar yang didesain menggunakan perpaduan bambu dan kayu. Sementara bagian dalam bangunan merupakan sebuah hutan tropis yang bisa dijadikan spot foto.

Hutan tropis di dalam stupa tersebut memisahkan dua tempat belanja yaitu tempat belanja khusus kerajinan tangan dan tempat belanja khusus makanan serta camilan.

Jadi di Dusun Semilir ini selain kamu bisa liburan, kamu juga bisa berburu camilan, makanan dan aneka oleh – oleh serta kerajinan tangan. Kalau kamu ingin beli oleh – oleh namun masih bingung mau beli apa, bisa baca di sini list-nya: 11 Oleh – Oleh Khas Semarang yang Paling Terkenal

Di sini tersedia juga tempat duduk khusus yang bisa kamu jadikan tempat bersantai sembari menikmati makanan yang kamu beli. Kalau kulineran di Dusun Semilir masih kurang, kamu bisa mencari tempat kulineran lain di Semarang. Rekomendasinya, baca : 15 Tempat Wisata Kuliner di Semarang yang Wajib Dicoba

2. Alun Eropa

Dusun Semilir - Trem Alun Eropa (youtube)
Trem Alun Eropa (youtube)

Alun Eropa merupakan spot di Dusun Semilir yang membuat pengunjung bisa menyaksikan bangunan – bangunan estetik di luar negeri. Bangunan yang dibangun di area ini dibuat semirip mungkin dengan bangunan yang ada di Maroko, Mykonos serta Paris.

Di depan bangunan yang cocok menjadi spot foto tersebut telah dihiasi dengan kursi santai serta meja aneka warna lengkap dengan hiasan pot bunga yang indah. Kamu bisa antri untuk berfoto dengan duduk di kursi – kursi tersebut.

Juga tersedia sebuah jalur dekat jembatan kecil berhiaskan lampu gantung aneka warna yang memiliki latar belakang bangunan bergaya khas Eropa. Selama berada di zona Alun Eropa, ada dua moda transportasi yang disediakan untuk berkeliling di zona ini yaitu trem dan gondola.

Untuk naik tremnya, kamu harus menyediakan uang sebesar Rp 20.000,00 per orang sebagai biayanya. Tersedia banyak gerbong trem yang bisa dinaiki namun pada masing – masing gerbong dibatasi hanya bisa dinaiki oleh dua orang saja.

Alun Eropa (travel.kompas)
Gondola Alun Eropa (travel.kompas)

Selain naik trem, kamu juga bisa naik gondola dengan mengorbankan kocek sebesar RP 25.000,00 per orang. Selama naik gondola, kamu akan dibawa melintasi deretan bangunan aneka warna yang tentu dapat memanjakan mata.

Juga ada sebuah jembatan dengan gaya arsitektur khas Eropa yang dapat membuat kamu merasa seperti sedang naik gondola di Venesia, Italia. Jangan lupa abadikan foto terbaik kamu di sini.

2. Alas Tirta

Alas Tirta (idntimes)
Alas Tirta (idntimes)

Zona Alas Tirta merupakan sebuah zona di Dusun Semilir yang menghadirkan nuansa alam. Hiasan tanaman rindang dan pepohonan menyelimuti sebagian besar zona ini. Terdapat jalur dengan aneka tanaman rambat seperti suasana hutan yang bisa jadi spot fotografi kamu.

Patung flamingo Alas Tirta (jejakkenzie)
Patung flamingo Alas Tirta (jejakkenzie)

Selain itu, di zona ini kamu juga akan bertemu patung raksasa dengan berbagai bentuk. Salah satunya terdapat patung flamingo raksasa yang bisa dinaiki wisatawan. Juga terdapat kolam yang di bagian tengahnya memiliki patung dan tertata bongkahan batu yang bisa dijadikan jalur menuju pelataran patung. Kamu bisa berfoto juga di sana.

Alas Tirta (pinterest)
Alas Tirta (pinterest)

3. Jembatan senggol

Dusun Semilir - Jembatan senggol (Takaitu)
Jembatan senggol (Takaitu)

Jembatan senggol adalah sebuah area wisata di Dusun Semilir yang menggantung di atas taman, dikelilingi oleh susunan kayu dibentuk menyerupai atap. Selama berada di jembatan senggol ini, kamu bisa berfoto sambil menikmati pemandangan di sela – sela susunan kayu.

4. Sepoi – Sepoi Food Garden

Sepoi – Sepoi Food Garden (idntimes)
Sepoi – Sepoi Food Garden (idntimes)

Masih ada kaitannya dengan jembatan senggol, pada bagian ujungnya akan kamu temukan sebuah resto dengan konsep tradisional modern yang diberi nama Sepoi – Sepoi Food Garden. Ada banyak menu makanan dan minuman yang dijual di sini.

Makanan berat seperti mie, nasi goreng, sandwich, sampai dengan aneka dessert bisa kamu pesan. Sementara minumannya terdapat minuman hangat dan minuman dingin yang tersedia dengan harga beragam. Kamu bisa memesan makanan apapun sembari bersantai menikmati panorama sekeliling.

Spot wisata di Dusun Semilir sebenarnya sudah sangat banyak, akan tetapi pengelola tempat wisata ini mengatakan bahwa masih akan ada beberapa fasilitas wisata pendukung yang dipersiapkan dan dalam tahap pengembangan.

Fasilitas yang akan menjadi spot wisata baru di Dusun Semilir di antaranya :

  • Banyu Biru
  • Play Park
  • Pet Village
  • Exotic Village
  • The Villas Glamping, cocok untuk pengunjung yang tidak ingin menginap di villa melainkan ingin camping dengan suasana mewah

5. Wahana bermain di Dusun Semilir

Perosotan Dusun Semilir (superapps.kompas)
Perosotan Dusun Semilir (superapps.kompas)

Selain spot foto, Dusun Semilir juga punya beberapa wahana bermain seru. Kalau kamu ingin bermain di wahana bermain tersebut, tarifnya sebagai berikut :

  • Perosotan aneka warna Rp 15.000,00
  • Inflatable Rp 15.000,00
  • Omah suwung (rumah hantu) Rp 15.000,00
  • Memanah Rp 20.000,00
  • Kereta wisata Rp 20.000,00
  • Truwelu Park Rp 10.000,00
  • Mancing kelinci dan marmut Rp 10.000,00
  • Feeding hiu Rp 10.000,00
  • Feeding animal Alas Tirta Rp 5.000,00
  • Omah dolanan Rp 5.000,00 – Rp 20.000,00
  • Melukis gerabah Rp 40.000,00
  • ATV Rp 40.000,00
  • Sepeda Rp 15.000,00

6. Menginap di Dusun The Villas

Dusun Semilir - Dusun The Villas (travel.tribunnews)
Dusun The Villas (travel.tribunnews)

Kalau kamu berasal dari luar Semarang dan kemalaman, kamu bisa menginap di tempat penginapan yang ada di Dusun Semilir. Jadi, Dusun Semilir ini selain memiliki berbagai wahana dan spot foto seru, juga memiliki penginapan dengan vibes yang super keren bernama Dusun The Villas.

Dusun The Villas merupakan vila bergaya bohemian dengan pintu masuk langsung menghadap kolam renang. Tersedia 68 unit vila dengan 4 tipe kamar yang bisa kamu pilih. Keempat tipe kamar yang bisa jadi referensi penginapan kamu yaitu :

  • Pool Play Side
  • Garden Play Side
  • Hide Away Space
  • Garden Cottage

Ketiga tipe di atas bisa ditempati maksimal 4 orang dalam satu vila, kecuali untuk tipe Garden Cottage hanya berkapasitas 2 orang saja karena memang ditujukan untuk wisatawan yang ingin mendapatkan kesan intim dengan pasangan atau honeymoon. Mengenai tarif per malam dibanderol mulai Rp 650.000,00 sampai Rp 900.000,00.

Ada wisata apalagi di Semarang?

Selain punya Dusun Semilir, masih banyak tempat wisata menarik lain yang bisa kamu kunjungi di Semarang, baca : 22 Tempat Wisata Semarang yang Lagi Hits

Baca juga : 20 Tempat Wisata Semarang yang Wajib Dikunjungi

Itulah review lengkap Dusun Semilir yang cocok jadi tujuan kunjungan wisata kamu dan keluarga. Dapatkan banyak pengalaman liburan super seru selama di sana! Selamat berlibur!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!