18 Tempat Wisata Semarang yang Lagi Hits

18 Tempat Wisata Semarang yang Lagi Hits

Diantara kamu ada yang berencana plesiran ke Semarang? Banyak banget lho wisata Semarang yang kamu bisa sambangi di kota madya terluas di Pulau Jawa tersebut.

Wisata Semarang ini wajib banget bagi kamu yang masih belum pernah ke Semarang, Mulai dari wisata semarang berbau alam, wisata edukasi, wisata kuliner, sampai tempat wisata keluarga semuanya ada.

Diklaim sebagai kota metropolitan terbesar ke-5 di Indonesia, Semarang punya teritorial yang luas. Di wilayah yang luas tersebut juga berdiri berbagai macam tempat wisata Semarang menarik yang bisa dikunjungi. Penasaran? Simak informasi selengkapnya di bawah ini ya sob!

Tempat Wisata Semarang Terbaru yang Lagi Hits

1. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang Wisata Semarang

Alamat : Old Town, Bandarharjo, North Semarang, kota Semarang 50175

Map : Klik disini

Jam buka : 24 jam

Harga tiket masuk : Gratis – Rp 15.000,00

Ini adalah pilihan tempat wisata Semarang pertama yang wajib kamu kunjungi. Meskipun bukan termasuk dalam daftar destinasi wisata Semarang baru, tetapi Kota Lama tetap menjadi tempat favorit bagi masyarakat Semarang dan sekitarnya untuk berakhir pekan. Kota Lama bahkan diklaim sebagai tempat yang tepat untuk kamu yang suka fotografi dengan suasana jadul.

Sebenarnya Kota Lama merupakan pusat perdagangan di era 1920an silam, saat Indonesia masih dijajah oleh Belanda. Luar biasanya, bangunan – bangunan tua masih berdiri kokoh di kawasan ini. Tak ayal semakin menjadikan kawasan wisata di kota Semarang tersebut semakin menarik dan sayang untuk dilewatkan.

2. Kampung Batik Semarang

Kampung Batik Semarang

Alamat : Jalan Batik No 698A, Rejomulyo, kecamatan Semarang Timur, kota Semarang, Jawa Tengah

Map : Klik disini

Jam buka : 07.00 – 20.00

Harga tiket masuk : Gratis

Wisata Semarang untuk kamu yangGemar berbelanja? Ada dong. Liburan ke kota Semarang jangan lupa untuk mampir sejenak ke tempat wisata belanja Semarang satu ini, Kampung Batik Semarang. Ada di jalan Batik, ini merupakan wilayah tempat pengrajin batik di Semarang membuat dan menjual langsung hasil karya mereka. Ada banyak sekali motif batik khas Semarang yang bisa dipilih, harga yang ditawarkannya pun sangat terjangkau, pas banget buat kamu yang berkantong cekak.

Menariknya, selain menyaksikan langsung proses pembuatan batik, dari sini pula kamu juga bisa berfoto – foto di depan tembok bergambarkan lukisan yang indah. Tentu saja yang demikian akan semakin membikin momen liburanmu semakin seru dan menyenangkan, apalagi jika kamu liburannya ramai – ramai bareng keluarga, kerabat, maupun sahabat dekat.

3. Dusun Semilir Eco Park

Dusun Semilir Eco Park

Alamat : Jalan Soekarno – Hatta No 49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Semarang, Jawa Tengah 50661

Map : Klik disini

Jam buka : 09.00 – 17.00

Harga tiket masuk : Rp 15.000,00 – Rp 20.000,00

Seperti yang sudah kami sebutkan di awal, Semarang memiliki banyak destinasi wisata yang patut dikunjungi, salah satu yang recommended adalah Dusun Semilir Eco Park. Tempat wisata ini berada di kabupaten Semarang yang dihadirkan khusus untuk memikat perhatian wisatawan untuk berkunjung ke Semarang.

Dusun Semilir Eco Park adalah destinasi wisata baru di Semarang yang sedang hits. Bentuknya mirip stupa raksasa menjadi daya tarik tersendiri dari tempat ini. Sesuai namanya, tempat wisata tersebut menawarkan kesejukan dan kesegaran alam dengan pemandangan yang menakjubkan. Buat kamu yang berencana plesiran ke Semarang, Dusun Semilir Eco Park wajib banget masuk list liburanmu.

4. Saloka Fun Park

Saloka Fun Park

Alamat : Jalan Fatmawati No 154, Gumuksari, Lopait, kecamatan Tuntang, Semarang, Jawa Tengah 50773

Map : Klik disini

Jam buka : 10.00 – 20.00

Harga tiket masuk : Rp 120.000,00 – Rp 150.000,00

Ini adalah tempat wisata keluarga di Semarang yang tidak kalah menariknya untuk dikunjung. Termasuk dalam daftar tempat wisata hits di kota Semarang, Saloka Fun Park merupakan taman wisata bermain cocok dikunjungi bareng anak – anak. Mengusung konsep wisata theme park, Saloka Fun Park memiliki berbagai wahana permainan yang siap menambah keseruan liburanmu bersama si kecil.

Salah satu wahana favorit di tempat wisata Semarang tersebut adalah cakrawala, ini sebuah bianglala raksasa yang konon menjadi salah satu bianglala di Jawa Tengah yang terbesar. Mencoba menaiki bianglala di tempat wisata ini kamu bisa menikmati keindahan kota Semarang dari ketinggian. Takut ketinggian? Tak perlu khawatir, sebab masih ada banyak lagi wahana permainan seru yang tentu saja wajib banget dicoba.

5. Gardu Pandang Lereng Kelir

Gardu Pandang Lereng Kelir

Alamat : Dusun Gertas, Brongkol, Jambu, Semarang, Central Java 50663

Map : Klik disini

Jam buka : 24 jam

Harga tiket masuk : Rp 5.000,00 – Rp 7.000,00

Pilihan lain wisata Semarang terbaik dan terbaru yang wajib dikunjungi adalah Gardu Pandang Lereng Kelir. Ini merupakan tempat wisata dimana pengunjunginya bisa sepuasnya berfoto selfie dari ketinggian, dengan berlatarkan alam yang indah. 

Berada tepat di kaki pegunungan kelir, tempat wisata di Semarang tersebut jaraknya sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Semarang. Dikarenakan ada di ketinggian sekitar 715 meter dari atas laut, penggunjung juga bisa berfoto dengan berlatarkan langit biru dan hijaunya pemandangan perkotaan Semarang dan Ambarawa. Pasti hasil fotonya keren, deh!

6. Brown Canyon

Brown Canyon Wisata Semarang

Alamat : Rowosari, kecamatan Tembalang, kota Semarang, Jawa Tengah 50279

Map : Klik disini

Jam buka : 24 jam

Harga tiket masuk : Gratis

Tak perlu jauh – jauh pergi ke Amerika Serikat untuk menyaksikan keindahan Grand Canyon yang menjadi salah satu destinasi populer di dunia, Indonesia ternyata juga punya Brown Canyon di kota Semarang. Berkunjung ke Brown Canyon di Semarang maka kamu bisa melihat tebing – tebing tinggi menjulang dan berwarna coklat.

Tentu saja pemandangan yang seperti ini hanya bisa didapatkan jika kamu berkunjung ke tempat wisata Semarang tersebut. Jangan lupa, abadikan panorama pemandangan mewah tersebut melalui lensa kamera kesayanganmu. Sebenarnya, Brown Canyon merupakan wilayah galian tanah uruk, padas, dan pasir yang kini diubah menjadi tempat wisata dengan pemandangan yang memikat.

Baca juga : 16 Makanan Khas Semarang Paling Hits Untuk Dicoba

7. Pantai Tirang

Pantai Tirang Wisata Semarang

Alamat : Tugurejo, kecamatan Tugu, kota Semarang, Jawa Tengah 50182

Map : Klik disini

Jam buka : 24 jam

Harga tiket masuk : Rp 5.000,00

Ini adalah pantai terindah di Kota Semarang yang wajib kamu kunjungi. Sebenarnya pantai tersebut letaknya tidak terlalu jauh dari Pantai Marina Semarang, namun para pengunjung yang liburan ke Semarang kerap kali melewatkan Pantai Tirang sebagai tempat tujuan berwisata. Padahal, keindahan Pantai Tirang tidak kalah menakjubkan, bahkan masih terbilang asri.

Berbeda dengan pantai – pantai indah di Semarang lainnya, Pantai Tirang justru menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, terutama bagi mereka yang gemar memancing. Apalagi di sekitar pantai juga terdapat kawasan pepohonan mangrove dan terumbu karang yang menjadi tempat tinggal ikan – ikan kecil. Suasana yang seperti ini pastinya semakin membuat siapa pun yang berkunjung betah untuk berlama – lama di Pantai Tirang.

8. Klenteng Sam Po Kong

Klenteng Sam Po Kong Wisata Semarang

Alamat : Jalan Simongan No 129, Bongsari, kecamatan Semarang Barat, kota Semarang, Jawa Tengah 50148

Map : Klik disini

Jam buka : 08.00 – 20.00

Harga tiket masuk : Rp 5.000,00 – Rp 27.000,00

Sebenarnya, ini merupakan kompleks kelenteng bersejarah yang berasitektur khas penduduk Tionghoa dan Jawa yang tradisional. Tempat wisata Semarang tersebut mengusung nuansa religi yang cukup kental untuk pemeluk ajaran Kong Hu Cu. Menjadi salah satu objek wisata Semarang yang lagi hits dan sarat akan arsitektur pecinan, tempat tersebut memiliki nilai sejarah sebagai tempat yang pernah disinggahi oleh Laksamana Cheng Ho.

Dikenal juga sebagai tempat wisata edukatif di Semarang dengan desain arsitektur yang menarik, Klenteng Sam Po Kong pastinya wajib masuk dalam daftar wisatamu selanjutnya. Berkunjung ke tempat ini kamu bisa berburu spot foto yang menarik dan instagramable. Jadi, jangan sampai lupa membawa lensa kamera terbaikmu.

Untuk kategori wisata budaya, Semarang tidak hanya punya klenteng Sam Po Kong saja, melainkan di Semarang juga terdapat sebuah vihara yang estetik.

Vihara tersebut adalah VIhara Buddhagaya Watugong. Seperti apa penampakannya? Baca : Wisata Semarang – Vihara Buddhagaya Watugong

9. Benteng Pendem Ambarawa

Benteng Pendem Ambarawa Wisata Semarang

Alamat : Bugisari, Lodoyong, kecamatan Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah 50611

Map : Klik disini

Jam buka : 08.00 – 17.00

Harga tiket masuk : Gratis

Ini adalah tempat wisata sejarah di Semarang yang cukup menarik. Letaknya tidak jauh dari Museum Kereta Api Ambarawa, Benteng Pendem Ambarawa tersebut menjadi tempat wisata favorit keluarga di Semarang dan sekitarnya. Diberi nama “Benteng Pendem”, karena jika dilihat dari desainnya benteng tersebut ada di bawah tanah dan dibuat demikian sebagai strategi pertahanan pada masa itu.

Apabila Anda mencari tempat wisata Semarang gratis, Benteng Pendem Ambarawa adalah pilihan tepatnya. Benteng tersebut dibangun sejak tahun 1834 silam. Luar biasanya, sampai saat ini benteng tersebut masih berdiri kokoh. Meskipun sudah tidak utuh lagi, namun kamu masih bisa melihat – lihat sisa bangunan benteng yang pas banget diabadikan dengan kamera kesayanganmu.

10. Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur Wisata Semarang

Alamat : Gejayan, Nogosaren, kecamatan Getasan, Semarang, Jawa Tengah 50774

Map : Klik disini

Jam buka : 08.00 – 17.00

Harga tiket masuk : Rp 5.000,00

Mencari destinasi wisata alam Semarang yang lagi hits? Datang saja ke desa Nogosaren. Di sana kamu akan menemukan air terjun terindah yang akan memanjakan liburanmu selama di Semarang. Air terjun di Kali pancur memiliki ketinggian sekitar 100 meter ini berada di kaki Gunung Telemoyo dan langsung menghadap ke destinasi wisata Semarang Rawa Pening.

Namun demikian, untuk menikmati indahnya pemandangan Air Terjun Kali Pancur, dari tempat parkir kamu masih harus berjalan kaki agak jauh. Tak perlu khawatir, sebab jalannya sudah cukup bagus dan diberi batasan pagar – pagar yang indah sehingga membuat rasa lelah pun terbayarkan. Keberadaan relief bebatuan di sekitar objek wisata Semarang tersebut menjadi latar belakang yang cukup menarik untuk diabadikan dengan kameramu.

Baca juga : 11 Tempat Wisata Terbaik Indonesia. Luar Negeri kalah!

11. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo Wisata Semarang

Alamat : Dusun Darum, Krajan, kecamatan Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614

Map : Klik disini

Jam buka : 06.03 – 18.00

Harga tiket masuk : Rp 6.000,00 – Rp 50.000,00

Ini adalah salah satu wisata Semarang terbaik yng bisa dikunjungi bersama keluarga. Candi Gedong Songo merupakan candi yang ditemukan Raffles tahun 1804 silam, candi tersebut memiliki 9 buah candi. Itulah alasan kenapa diberi nama Candi Gedong Songo, karena dalam bahasa Jawa sendiri arti kata “Songo” adalah sembilan.

Cando Gedong Songo pernah berjaya pada abad ke-9, atau sekitar tahun 927 masehi. Cando tersebut merupakan peninggalan zaman Wangsa Syailendra dan berada di ketinggian sekitar 1200 meter dari atas laut, dengan ke-9 bangunannya tersebar di lereng pegunungan Ungaran. Dikarenakan lokasinya yang ada di ketinggian, saat tiba di candi ini kamu akan melihat pemandangan yang sangat indah dan mempesona. Adapun kegiatan yang bisa dilakukan di tempat wisata Semarang ini, yakni mandi air panas atau berkuda.

12. Museum Ranggawarsita

Museum Ranggawarsita Wisata Semarang

Alamat : Jalan Abdul Rahman Saleh No 01, Kalibanteng Kidul, Semarang Barat, kota Semarang, Jawa Tengah 50149

Map : Klik disini

Jam buka : 08.00 – 14.00

Harga tiket masuk : Rp 2.000,00 – Rp 4.000,00

Resmi dibuka pada tanggal 5 Juli tahun 1989 silam, Museum Ranggawarsita memiliki koleksi sekitar 59784 koleksi. Ini adalah museum di Semarang yang menyimpan dan memamerkan berbagai warisan budaya, juga beberapa benda – benda budaya Jawa Tengah. Apabila kebetulan kamu mengunjungi Semarang, baik itu menggunakan kereta atau moda transportasi lainnya, maka kamu bisa turun di stasiun Poncol untuk mengunjungi Museum Ranggawarsita.

Museum yang dekat stasiun Poncol, Semarang tersebut akan memberikan pengunjungnya pengalaman dan pengetahuan baru. Masing – masing gedung menyimpan dan menceritakan sejarah yang berbeda – beda. So, Museum Ranggawarsita wajib banget masuk dalam list liburanmu selanjutnya.

Baca juga : 19 Tempat Liburan di Indonesia yang Trending Tahun Ini

13. Water Blaster Graha Candi Golf

Water Blaster Graha Candi Golf Wisata Semarang

Alamat : Jalan Bukit Gofl No 1, Jangli, kecamatan Tembalang, kota Semarang, Jawa Tengah 50255

Map : Klik disini

Jam buka : 10.00 – 17.30

Harga tiket masuk : Rp 60.000,00 – Rp 80.000,00

Ini adalah taman rekreasi air Semarang yang populer dengan kolam ombak, seluncuran, area bermain anak, tempat makan, permainan, dan beberapa toko souvenir. Wisata Semarang tersebut menarik sekali dikunjungi bersama keluarga dan anak – anak. Memiliki beragam wahana permainan air yang cukup banyak, Water Blaster Graha Candi Golf selalu menjadi tempat wisata favorit warga kota Semarang dan sekitarnya.

Setidaknya ada sekitar 8 unit wahana air wajib kamu coba yang akan memberi pengalaman menarik bagi liburanmu.

14. Maron Mangrove Edupark

Maron Mangrove Edupark

Alamat : Tugurejo, kecamatan Tugu, kota Semarang, Jawa Tengah 50182

Map : Klik disini

Jam buka : 08.00 – 17.00

Harga tiket masuk : Rp 5.000,00

Maron Mangrove Edupark adalah wisata Semarang terbaru yang mulai hits dikunjungi anak muda. Berada tidak terlalu jauh dari bandara Ahmad Yani membuat pengunjung yang tengah berada di sana merasakan sensasi yang unik. Lalu lalang pesawat di udara pastinya menjadi salah satu pemandangan yang tak biasa ketika berada di tempat wisata murah Semarang.

Di tempat tersebut juga ditanami hutan bakau yang direndam oleh air laut sehingga semakin terlihat apik tatkala bersatu dengan jembatan kayu. Tentu saja yang demikian semakin menjadikan hasil jepretanmu terlihat menarik. Tidak hanya itu, di tempat wisata ini juga ada sebuah menara dengan ketinggian sekitar 10 meter. Melalui menara inilah pengunjung bisa melihat pemandangan perkotaan Semarang dengan lebih jelas.

Selain punya berbagai macam tempat wisata diatas, Semarang juga punya wisata kuliner yang tak boleh kamu lewatkan. Beberapa spot wisata kuliner paling lezat di Semarang yang kamu harus nikmati diantaranya :

15. Lumpia Gang Lombok

Wisata Semarang

Alamat : Gang Lombok No 11, Purwodinatan, kecamatan Semarang Tengah, kota Semarang, Jawa Tengah 50137

Map : Klik disini

Jam buka : 08.00 – 17.00

Harga : Rp 15.000,00

Liburan ke Semarang akan kurang lengkap rasanya jika belum mencoba makanan kekhasannya, yakni lumpia. Kota Semarang memiliki banyak tempat yang menjajakan lumpia, tetapi yang patut menjadi pilihanmu adalah Lumpia Gang Lombok. Seperti namanya, tempat tersebut berada di gang Lombok No 11 dan buka setiap hari.

Berbeda dengan lumpia – lumpia pada umumnya, lumpia di tempat ini rasanya sangat autentik. Bahkan jenis lumpia yang ditawarkannya pun sangat beragam, mulai dari lumpia goreng yang renyah hingga lumpia basah yang enak dan gurih. Tak perlu khawatir, harga lumpia dibanderol sangat terjangkau, mulai Rp 15 ribu rupiah per buah.

16. Tahu Gimbal Pak H. Edy

Wisata Semarang

Alamat : Jalan Menteri Supeno 1/2 Semarang No 1, Mugassari, kecamatan Semarang Selatan, kota Semarang, Jawa Tengah

Map : Klik disini

Jam buka : 08.00 – 22.00

Harga : Rp 16.000,00

Suka makan? Yuk, coba nikmati seporsi tahu gimbal di Warung Tahu Gimbal Pak H. Edy! Dijual dengan harga sekitar Rp 16 ribuan, kamu sudah bisa menikmati seporsi tahu gimbal enak dan lezat yang berisi tahu goreng, irisan kol, potongan udang, dan bumbu pelengkap lainnya. Tak ketinggalan juga bumbu kacang agak encer yang bisa dipesan dengan tingkat kepedasan sesuai selera.

Berada di jalan Menteri Supeno, tahu gimbal ini juga kerap kali disebut sebagai tahu gimbal supeno. Kamu tidak perlu takut kehabisan, karena setiap hari wisata kuliner di Semarang ini buka. So, kamu bisa datang kapan pun kamu mau!

17. Waroeng Semawis

Wisata Semarang

Alamat : Kranggn, jlan Gang Warung No 50, Kauman, kecamatan Semarang Tengah, kota Semarang, Jawa Tengah 50139

Map : Klik disini

Jam buka : 18.00 – 23.00

Harga : Rp 10.000,00 – Rp 30.000,00

Malam hari adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi pasar malam di kota Semarang. Ini tentu saja bisa menjadi ide seru bagi para pelancong ketika menjelajah perkotaan Semarang. Ada di kawasan Pecinan, tepatnya di jalan Gang Warung No 50 kamu akan menemukan pasar malam yang terkenal di Semarang, yakni Waroeng Semawis atau Pasar Semawis.

Meskipun buka mulai pukul 18.00, waktu ideal untuk berkunjung ke tempat ini adalah pukul 21.00. Sebab, diwaktu tersebut ada banyak makanan kaki lima khas Semarang yang bisa dicoba, mulai dari makanan berat, jajanan ringan, hingga berbagai pernak – pernik unik untuk dijadikan sebagai oleh – oleh buat sanak saudara di rumah. Tak perlu khawatir, meski berupa pasar kenyamananmu tidak akan terganggu, sebab disediakan 1 – 2 meja untuk para pengunjung.

18. Bebek Goreng Pak Thori

Alamat : Jalan Raya Manyaran – Gunungpati, Sadeng, kecamatan Gang Pati, kota Semarang, Jawa Tengah

Map : Klik disini

Jam buka : 11.00 – 23.00

Harga : Rp 24.000,00

Memanjakan lidah dan perut dengan kulineran di kota Semarang memang menyenangkan. Di jalan Rya Manyaran – Gunungpati, kamu bisa menemukan hidang bebek yang gurih dan lezat. Warung Bebek Goreng Pak Thori terkenal karena citra rasanya yang khas. Tidak hanya itu, daging bebeknya terkenal sangat empuk dan lembut, dengan bumbu yang menyerap hingga ke tulang. Di warung ini kamu bisa memilih 2 jenis sambal sebagai pelengkap, yakni sambal merah dan sambal ijo.

Seperti namanya, menu favorit di tempat makan Semarang ini adalah bebek goreng. Untuk menikmatinya, kamu hanya perlu menyiapkan budget sebesar Rp 24 ribu rupiah. Apabila kamu kurang suka dengan olahan berbahan dasar bebek, kamu juga bisa memilih menu lain yang tidak kalah lezatnya di Bebek Goreng Pak Thori, seperti ayam goreng, burug dara, gongso babat, dan lele.

Nah, itu dia beberapa tempat wisata Semarang terbaru yang lagi hits di 2020. Selain sebagai ibukota Jawa Tengah, Semarang ternyata memiliki banyak potensi wisata yang menarik.

Dari beberapa rekomendasi tempat wisata di Semarang di atas, kira – kira mana nih destinasi wisata kota Semarang yang pertama kali akan kamu kunjungi?

Kalau masih kurang, cek juga di laman : 15 Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi

Join the discussion

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata dan komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo, dan liburan gratis. Enjoy life!