Liburan ke Ancol? Jelajahi Wahana Ini!
Suasana Ancol (ancoltamanimpian)

Liburan ke Ancol? Jelajahi Wahana Ini!

Bagi kamu warga Jakarta yang ingin sejenak melepas penat di ibu kota, Ancol dapat menjadi salah satu destinasi wisata terbaik yang bisa kamu kunjungi di sana. Pantai yang indah, aneka ragam olahraga air yang dihadirkan, taman rekreasi Atlantis Water Adventure dan akuarium SeaWorld yang penuh cerita, semua bisa kamu nikmati selama berlibur ke Ancol.

Oleh sebab itu, tak ada alasan tidak bisa berlibur atau tidak dapat menghilangkan penat selama kamu berada di Jakarta. Jika kamu tertarik untuk menjelajahi taman wisata Ancol, berikut informasi selengkapnya yang perlu kamu tahu. Let’s check these out!

Wahana Wisata di Ancol

Suasana Ancol (ancoltamanimpian)
Suasana Ancol (ancoltamanimpian)

Alamat : Jalan Pantai Nusadua No 13, RT 5/RW 10, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 06.00 – 20.00 WIB
Harga tiket masuk : Harga tiket masuk utama ke Ancol sebesar Rp 25.000,00 per orang (belum termasuk tiket parkir), untuk menikmati taman hiburannya seperti Dufan, Sea World atau lainnya harus membeli tiket secara terpisah.

Taman Impian Jaya Ancol yang sering dikenal dengan nama Ancol saja merupakan sebuah taman hiburan terbesar yang ada di Jakarta. Tempat wisata di Jakarta ini memiliki beragam wahana yang tersebar di lahan seluas 5,77 km² atau setara 577 hektar.

Lalu apa saja wahana wisata di Ancol yang bisa kamu jelajahi?

1. Kawasan Pantai Ancol

Ancol
Ancol (thejakartapost)

Di sepanjang Taman Impian Jaya Ancol, sebenarnya terbentang beberapa tempat wisata pantai dalam satu wilayah. Jadi bisa dibilang liburan di Ancol ini merupakan pilihan liburan terbaik di Jakarta karena hanya dengan membayar satu tiket masuk saja, kamu sudah bisa menikmati garis pantai yang berbeda – beda.

Ada pantai Bende yang terkenal sisi romantismenya dengan kehadiran jembatan panjang dan dermaga yang seringkali dikunjungi wisatawan ketika sunset akan tiba. Ada pantai Marina yang indah dan juga Pantai Festival Ancol yang memiliki wahana berupa gondola panjang yang akan membawa pengunjung menikmati alam dari atas ketinggian.

Ancol - gondola Pantai Ancol (goodnewsfromindonesia)
gondola Pantai Ancol (goodnewsfromindonesia)

Kuatkan mental kamu sebelum naik gondola di atas ketinggian 21 mdpl ini. Gondola tersebut terbentang sepanjang Pantai Festival Ancol menuju tempat parkir Atlantis Water Adventure dan memiliki panjang sejauh 2,4 km. Terdapat sebanyak 37 unit gondola dengan 3 stasiun pemberhentian yang masing – masing menampung penumpang maksimal 6 orang. Perjalanan yang akan kamu nikmati memakan waktu sekitar 20 menit sekali jalan. Pengalaman seru selama naik gondola pastinya akan menjadi pengalaman menarik yang tak terlupakan.

Kemudian di bagian Timur Ancol, terbentang Pantai Karnaval dan Pantai Indah Ancol yang memiliki beragam café dan resto yang bisa menjadi tujuan wisatawan bersantai sambil mengisi perut yang lapar. Tentunya selama di Ancol akan ada banyak aktivitas pantai yang bisa kamu nikmati.

Berfoto di berbagai spot sepanjang Pantai Ancol, bersantai sembari menikmati semilir angin yang berhembus lembut, bahkan juga bisa berenang di sekitar pantai. Kamu juga bisa menikmati keseruan berkeliling pantai dengan beberapa alternatif pilihan perahu seperti perahu Kayak, Swan Pedal Boat, Banana Boat dan juga Donut Boat.

Kalau keliling di pantai yang ada di Ancol masih belum membuat kamu puas, Jakarta masih punya banyak destinasi wisata pantai lain yang juga bisa kamu sambangi. Baca : 10 Tempat Wisata Pantai di Jakarta dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

2. Dunia Fantasi (Dufan)

Wahana di Dufan (ancoltamanimpian)
Wahana di Dufan (ancoltamanimpian)

Dunia Fantasi atau yang sering disebut sebagai Dufan merupakan sebuah taman hiburan tematik terbaik di Jakarta yang menyediakan beragam permainan outdoor atau indoor. Dufan pertama kali dibuka pada tanggal 29 Agustus 1986 dan kini merupakan bagian dari Ancol Dreamland.

Lahan Dufan di Ancol Dreamland kurang lebih sebesar 9 hektar dan terdapat sekitar lebih dari 27 wahana yang kamu bisa nikmati seperti bianglala yang romantis, komidi putar yang cocok untuk dinaiki bersama buah hati, kora – kora, hysteria, tornado serta halilintar yang memacu adrenalin, sampai dengan pertunjukan treasureland temple of Fire yang akan membawa kamu merasakan petualangan seru. Semua wahana yang ada tersebut pastinya akan memberi pengalaman yang sangat berharga untuk kamu.

3. Sea World

Sea World (pemburuombak)
Sea World (pemburuombak)

Sea World yang ada di Taman Impian Jaya Ancol merupakan sebuah akuarium bawah laut pertama dan satu-satunya yang ada di Indonesia saat ini. Di sini, kamu akan menyaksikan kehidupan beragam biota laut dalam sebuah akuarium raksasa.

Sea World memiliki lahan seluas 2 hektar dan menampilkan kolam akuarium dengan terowongan raksasa yang membuat pengunjung bisa merasakan sensasi berada di alam bawah laut tanpa perlu menyelam dan tanpa harus dibasahi oleh air.

Hadir juga sebuah kolam sentuh yang menjadi suatu kolam unik di mana pengunjung yang berkunjung ke Sea World akan menemukan pengalaman baru merasakan sensasi menyentuh aneka ragam biota laut dan bisa berinteraksi secara langsung dengan biota laut di dalamnya.

Ancol - Sea World (tempatasik)
Sea World (tempatasik)

Kamu pun akan menemukan 28 display akuarium besar dengan empat kolam terbuka yang menjadi habitat bagi 7.300 biota air tawar. Kemudian pada waktu – waktu tertentu, wisatawan pun dapat menyaksikan secara langsung bagaimana penyelam memberi makan biota laut tersebut.

Untuk menikmati semua keseruan tersebut, pengunjung yang akan masuk ke wahana Sea World di Ancol harus merogoh kocek sebesar 85 ribu rupiah di hari Senin sampai dengan Jumat dan sebesar 100 ribu rupiah untuk hari Sabtu dan Minggu.

4. Ocean Dream Samudera

Ocean Dream Samudera (travel.okezone)
Ocean Dream Samudera (travel.okezone)

Ocean Dream Samudera merupakan theme park di Ancol yang dibangun dengan konsep konservasi alam. Bertujuan mengajak pengunjung yang datang untuk menyaksikan pertunjukan aneka satwa laut dengan tingkah yang sangat lucu dan menggemaskan.

Aneka ragam satwa laut yang ada akan melakukan berbagai atraksi menarik seperti menari dan berenang dengan panduan sang pawang. Adapun jadwal pertunjukan atraksi satwa laut di Ocean Dream Samudera adalah sebagai berikut :

  • Pk 09.45 : pengunjung akan disuguhkan dengan pementasan aneka satwa yang beraksi menghitung dan bermain bola
  • Pk 10.30 : pengunjung akan disuguhkan dengan pertunjukan pentas lumba – lumba
  • Pk 11.00 : pengunjung akan disuguhkan pengalaman berpetualang dalam cinema 4D Dora Adventure dengan kacamata
  • Pk 12.00 : pengunjung akan disuguhkan cinema 4D Turtle Vision dengan kacamata
  • Pk 12.30 – 13.00 : break, tak ada pertunjukan apapun yang dihadirkan
  • Pk 13.00 : setelah break, kamu akan disuguhkan dengan cinema 4D The Little Prince yang juga merupakan petualangan dalam dunia The Little Prince menggunakan kacamata
  • Pk 13.30 : pengunjung akan diajak menonton pentas siang berupa atraksi laut dan atraksi burung
  • Pk 14.30 : pengunjung akan disuguhkan dengan tontonan underwater theater berupa teatrikal tentang putri duyung, lumba – lumba dan penyelam dalam akuarium besar. Nantinya para aktor dan lumba – lumba akan bermain dalam akuarium tersebut
  • Pk 15.15 : pengunjung akan menyaksikan pentas Scorpion Pirates Water Stuntmant yang spektakuler

5. Atlantis Water Adventure

Ancol - Atlantis Water Adventure (askara)
Atlantis Water Adventure (askara)

Atlantis Water Adventure merupakan sebuah waterpark hasil revitalisasi dari Gelanggan Renang Ancol dan berdiri di atas lahan seluas 5 hektar. Atlantis Water Adventure ini hadir mengusung tema peradaban Yunani dan memiliki 8 kolam utama dengan wahana permainan air yang sangat menyenangkan. Kedelapan kolam utama yang dihadirkan yaitu :

  • Kolam Poseidon
  • Kolam Antila
  • Kolam Aquarius
  • Kolam Octopus
  • Kolam Plaza Atlas
  • Kolam Atlantean
  • Kolam Kiddy Pool
  • Crazy Highest Longest Slide atau wahana dengan papan seluncur super tinggi dan panjang

Jika kamu tertarik mencoba semua sensasi seru di Atlantis Water Adventure, kamu perlu merogoh kocek sebesar 95 ribu untuk hari Senin sampai Jumat dan sebesar 200 ribu rupiah untuk hari Sabtu dan Minggu.

6. Pasar seni dan wisata kuliner

Ancol - Pasar seni (kompasiana)
Pasar seni (kompasiana)

Untuk wisatawan yang ingin membeli karya seni untuk dijadikan oleh – oleh atau pajangan, kamu bisa memborong beragam karya seni di pasar seni Ancol. Beberapa hasil karya seni yang bisa kamu bawa pulang di antaranya seperti lukisan, tembikar, patung, kain tenun, baju dan tas batik, serta masih banyak lagi lainnya.

Semuanya dibanderol dengan harga yang beragam mulai dari 25 ribu rupiah sampai dengan di atas 200 ribu rupiah. Pasar seni di Ancol buka pukul 09.00 – 20.00 WIB. Selain bisa memborong aneka ragam karya seni, juga terdapat kios oleh – oleh yang jumlahnya kurang lebih sebanyak 30 ritel.

Pada sejumlah kios oleh – oleh tersebut kamu bisa juga membeli aneka ragam oleh – oleh berupa makanan dan minuman khas Jakarta yang bisa kamu bawa pulang. Kaos bertuliskan I Love Ancol atau I Love Jakarta pun bisa kamu bawa beli di sana.

Setelah berjalan – jalan cukup lama di Ancol, jika merasa lapar dan ingin mengisi perut sebelum pulang, kamu pun bisa memesan makanan di berbagai spot kuliner berupa café dan restoran yang ada di kawasan Ancol. Pastinya kamu akan merasakan beragam keseruan selama berada di tempat wisata yang satu ini.

Rute Menuju Ancol

Taman Impian Jaya Ancol (blibli)
Taman Impian Jaya Ancol (blibli)

Mengenai rutenya, akses menuju Taman Impian Jaya Ancol tidak sulit karena lokasinya memang sangat strategis di ibu kota Jakarta. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau alat transportasi umum untuk sampai ke sana.

Beragam rute pun dapat diakses oleh pengunjung. Misalkan untuk kamu yang berasal dari Banten, Tangerang atau kota lain dari Sumatera, kamu dapat mengakses jalan melalui tol Jakarta – Tangerang. Sementara jika kamu datang dari arah Ciamis, Bandung, Garut atau Tasikmalaya, kamu bisa memilih jalur tol Jakarta – Cikampek untuk sampai di sana.

Selain memanfaatkan jalur darat, jalur laut pun bisa dilewati. Pengunjung yang melalui jalur laut dapat melalui perjalanan dari Kepulauan Seribu menuju ke dermaga Pantai Marina. Jadi, dengan kemudahan akses yang dimiliki menjadikan Ancol sebagai taman hiburan terbaik yang dipilih warga Jakarta dan sekitarnya.

Jika kamu berlibur di Ancol dan berasal dari luar Jakarta, mencari akomodasi di sekitar Ancol sangat mudah. Lokasinya yang strategis menjadikan kamu akan dengan mudah menemukan beragam hotel dan penginapan di sekitar Ancol. Rekomendasi hotel di sekitar Ancol, baca : 8 Rekomendasi Hotel Dekat Ancol dan Mangga Dua Jakarta

Itulah sedikit informasi tentang taman hiburan Ancol yang bisa kamu kunjungi di Jakarta. Dapatkan pengalaman liburan terbaik di sana. Happy holiday dan jangan lupa untuk selalu mengabadikan momen seru kamu selama berlibur di salah satu tempat wisata di Jakarta ini.

Di Jakarta ada Apa Lagi?

Selain kawasan tempat wisata Ancol, Jakarta juga masih punya banyak spot wisata lain yang bisa jadi alternatif kunjungan. Rekomendasi tempat wisata di Jakarta lainnya, baca : 14 Tempat Wisata di Jakarta dan Sekitarnya Untuk Dikunjungi

Baca juga : 25 Tempat Wisata di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!