14 Tempat Wisata di Jakarta dan Sekitarnya Untuk Dikunjungi
Taman Impian Jaya Ancol

14 Tempat Wisata di Jakarta dan Sekitarnya Untuk Dikunjungi

Jakarta oh Jakarta. Meskipun dikenal sebagai kota dengan biaya rata-rata hidup termahal di Indonesia, namun Sang Ibu Kota Negara ini masih menyimpan pesonanya sendiri dengan banyak tempat wisata di jakarta. Lupakan polusi dan kemacetannya, Jakarta memiliki banyak tempat wisata menarik yang wajib kamu kunjungi untuk berakhir pekan bersama keluarga, teman, atau pacar tercinta.

Penasaran tempat wisata apa saja yang membuat Jakarta masih layak untuk dijadikan tujuan berlibur? Simak rangkuman 12 tempat wisata menarik di Jakarta berikut ini:

1. Alive Museum

Alive Museum
Alive Museum

Berlokasi di Taman Impian Jaya Ancol, Alive Museum adalah jaringan museum visual unik dari Korea yang menghadirkan patung lilin tokoh-tokoh terkenal, mirip dengan Museum Madam Tussaud yang berada di Bangkok, Hong Kong, China, Jepang, dan Singapura. Berbagai patung tersebut menggambarkan tokoh dunia hiburan terkenal, mulai dari penyanyi pop Korea hingga penyanyi barat ternama dan bintang Hollywood. Ada juga koleksi ilusi visual dengan gambar-gambar kreatif, sehingga tempat wisata ini cocok untuk mengisi album Instagrammu.

Alive Museum buka dari Hari Selasa sampai hari Minggu, pukul 10:00 hingga 21:00. Tempat wisata di Jakarta yang satu ini hanya buka pada hari Senin jika hari tersebut bertepatan dengan hari libur nasional.

2. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah. tempat wisata jakarta
Taman Mini Indonesia Indah

Ingin berkeliling Indonesia namun terkendala biaya dan waktu? Tenang, selagi menunggu tabungan terkumpul dan pengajuan cuti dari kantor disetujui, datang saja ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Inilah miniatur Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Kamu bisa lebih mengenal Indonesia dari tempat wisata ini. Di TMII, terdapat sebuah danau dengan pulau buatan yang bentuknya dibuat menyerupai pulau-pulau di Indonesia. Selain itu, terdapat anjungan 34 provinsi yang menyediakan berbagai informasi mengenai adat dan budaya masing-masing, mulai dari kuliner, pakaian adat sampai rumah tradisional.

Tak hanya mengenalkan budaya negeri sendiri, tempat wisata yang digagas oleh Ibu Tien Soeharto ini juga memiliki banyak museum dan juga panggung teater. Berwisata di TMII, kamu seolah telah menjelajah seluruh negeri.

3. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol
Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol merupakan taman rekreasi terbesar di kawasan Jakarta Utara. Tempat wisata ini terbagi menjadi banyak zona seperti beberapa pantai pribadi, Dunia Fantasi, Gelanggang Samudera, Atlantis dan Ocean Ecopark. Waktu sehari akan terasa kurang jika kamu ingin menikmati setiap wahana yang ada.

Satu lagi yang menarik di sini adalah adanya Pasar Seni yang menyedot cukup banyak pengunjung. Pasar Seni menjadi tempat yang tepat bagi kamu pecinta seni. Di sini, kamu bisa membeli beragam kerajinan tangan sampai ikut belajar mellukis, membatik dan membuat tembikar dari tanah liat. Menyenangkan, ya?

Taman Impian Jaya Ancol merupakan paket wisata lengkap yang menarik untuk kamu kunjungi bersama keluarga. Tersedia tempat wisata kuliner dan juga penginapan yang membuat urusan akomodasimu selama berlibur di Jakarta menjadi lebih mudah.

Baca juga: 8 Rekomendasi Hotel Dekat Ancol Dan Mangga Dua Jakarta

4. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Angke Kapuk. tempat wisata jakarta
Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Jakarta ternyata masih memiliki area hijau yang menarik untuk dikunjungi. Taman Wisata Alam Angke Kapuk atau yang biasa disebut juga dengan Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk juga terletak di kawasan Jakarta Utara. Tempat wisata ini cocok bagi kamu yang merasa penat dengan kesibukan kota Jakarta.

Taman Wisata Alam Angke Kapuk berukuran sangat luas dengan udara sejuk dan asri karena rimbunnya pephonan. Ada banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari naik kano, trekking hutan sampai berburu objek fotografi. Satu lagi yang menarik adalah kamu juga bisa menyumbang sejumlah dana untuk ditukar dengan bibit mangrove dan kamu sendiri yang menanamnya. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi petugas di tempat.

5. Monas

Monumen Nasional
Monumen Nasional

Siapa tak kenal Monas? Monas yang merupakan singkatan dari Monumen Nasional merupakan ikon kebanggan warga Jakarta. Monumen tinggi dengan 132 meter dan mahkota obor api di puncaknya ini memang telah lama masuk dalam daftar kunjungan wajib wisatawan yang datang ke Jakarta.

Di Monas, kamu bisa melakukan banyak hal. Kamu bisa naik ke pelataran puncaknya untuk melihat pemandangan Jakarta secara leluasa atau berkunjung ke Museum Sejarah Nasional yang ada di bagian bawah. Kawasan Monas yang luas juga menjadi lokasi yang tepat untuk olahraga ringan seperti jogging dan bersepeda.

6. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal

Tak jauh dari Monas, terdapat Masjid Istiqlal yang merupakan masjid terbesar di kawasan Asia Tenggara. Masjid ini memiliki total luas bangunan sekitar 2,5 hektar dan secara keseluruhan mampu menampung sekitar 200.000 orang jamaah. Masjid ini merupakan salah satu proyek besar Bung Karno yang memakan waktu pembangunan kurang lebih 17 tahun karena situasi politik yang terjadi di masanya.

Masjid terdiri dari lima lantai yang disesuaikan dengan jumlah Rukun Islam. Tak hanya jumlah lantai, beberapa konstruksi lannya juga dibuat sesuai dengan nilai dan sejarah Islam, seperti tiang penyanggah kubah yang berjumlah 12 sesuai dengan tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW. Banyaknya seni kaligrafi yang menghiasinya membuat Masjid Istiqlal terlihat semakin megah dan cantik.

Setiap pelaksanaan sholat Idul Fitri dan Idul Adha, Masjid Istiqlal dipenuhi oleh jamaah yang datang dari Jakarta dan sekitarnya.

7. Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia
Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia adalah museum di Jakarta Pusat yang menyimpan koleksi prasasti, arca, senjata tradisional, tekstil, gerabah, manuskrip, hasil penggalian arkeologis, serta benda kuno lainnya dari berbagai wilayah Nusantara. Tempat wisata di Jakarta Pusat ini berdiri sejak tahun 1778, dan kini terkenal sebagai salah satu museum terbesar di Asia Tenggara. Museum Nasional juga dikenal sebagai “Museum Gajah”, karena patung gajah yang ada di halamannya.

Museum Nasional Indonesia menawarkan kegiatan edukasi seni dan sejarah bagi masyarakat setiap akhir pekan. Pengunjung bisa belajar tari tradisional dan membatik, atau menonton pentas seni serta dongeng. Tempat wisata di Jakarta yang satu ini buka sejak pukul 08:30 hingga 16:00, tetapi pada hari Jumat, museum ini tutup pada pukul 11:30. Selain itu, Museum Nasional juga tidak beroperasi pada hari Senin.

Pengunjung yang ingin datang ke tempat wisata di Jakarta ini bisa menggunakan bus Trans Jakarta jurusan Kota atau kereta komuter yang berhenti di Stasiun Gambir.

8. Kota Tua

Kota Tua. tempat wisata jakarta
Kota Tua

Kota Tua sebelumnya dikenal dengan nama Batavia Lama atau Oud Batavia. Tempat wisata di Jakarta ini sangat luas dan melingkupi wilayah Jakarta dari utara ke barat. Keberadaan Pelabuhan Sunda Kelapa saat itu menjadi awal pemerintahan Hindia Belanda memutuskan kawasan ini dijadikan pusat pemerintahan pada masa itu.

Terdapat banyak sekali nilai sejarah yang bisa kamu ambil saat menjelajah Kota Tua. Kamu bisa melihat bangunan-bangunan tua dengan arsitektur khas Eropa kuno dan juga Tionghoa. Bagian dari Kota Tua yang paling ramai dikunjungi adalah Museum Fatahillah dan sekitarnya. Di sini, kamu bisa menikmati beragam kuliner, menyewa sepeda onthel dan juga menyaksikan pertunjukan seni jalanan.

9. Planetarium

Koridor Angkasa, Planetarium Jakarta (ranisyafrila)
Koridor Angkasa, Planetarium Jakarta (ranisyafrila)

Kamu menyukai hal-hal yang berhubungan dengan perbintangan? Jangan ragu untuk mengunjungi Planetarium yang berada di kawasan Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Planetarium merupakan tempat melakukan observasi astronomi dan ikut menyaksikan dan mencoba sendiri eksperimen perbintangan dnegan menggunakan alat peraga.

Di sini, kamu bisa belajar segala hal mengenai antariksa. Melihat berbagai teropong bintang, menonton film pembentukan alam raya serta proses terjadinya gerhana bulan dan matahari. Semua hal mengenai astronomi tersaji lengkap di sini.

10. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia
Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia terletak di Jalan Pintu Besar Utara 4, Kota, Jakarta Barat. Lokasi museum ini tak jauh dari kawasan Museum Fatahillah. Museum ini diresmikan pada 21 Juli 2009.

Apa menariknya Museum Bank Indonesia? Museum Bank Indonesia bisa dibilang sebagai salah satu museum termodern di Indonesia saat ini. Museum ini memamerkan banyak koleksi disertai alat peraga canggih dan berteknologi tinggi. Salah satu yang menarik adalah Ruang Transisi. Di sini, terdapat hologram uang koin terbang interkatif yang menarik. Jika kamu menangkap satu koin, maka akan muncul informasi mengenai koin tersebut.

Selain itu, masih terdapat banyak ruangan lain yang tak kalah menarik. Kebanyakan ruangan telah menggunakan teknologi audio visual sehingga dapat membantu pengunjung untuk lebih mudah belajar sejarah.

11. Taman Margasatwa Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan
Taman Margasatwa Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan atau yang sebelumnya dikenal dengan nama Kebun Binatang Ragunan bisa menjadi pilihan kamu selama berlibur di Jakarta. Kebun binatang dengan luas 140 hektar ini menjadi tempat tinggal bagi lebih dari 4.000 ekor binatang dari 295 spesies.

Jika kamu berlibur bersama anak-anak, mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan adalah pilihan yang tepat. Di sini, anak-anak bisa mengenal binatang dengan cara yang menyenangkan. Tempat wisata di Jakarta yang terletak di Jalan Harsono RM, Pasar Minggu, ini area khusus anak bernama Children Zoo.

12. Kampung Betawi Setu Babakan

Kampung Betawi Setu Babakan
Kampung Betawi Setu Babakan

Kampung Betawi merupakan kawasan Setu Babakan dan sekitarnya yang dijadikan tempat wisata budaya untuk lebih mengenal etnis Betawi. Perkampungan ini terletak di Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Kamu bisa belajar lebih mengenal etnis Betawi mulai dari rumah adat, pakaian tradisional sampai mencicipi kerak telor yang merupakan kuliner khasnya. Yang lebih menarik lagi, kamu bisa menyewa sepeda untuk berkeliling kampung atau memancing d Setu Babakan.

13. Grand Indonesia Shopping Town

Grand Indonesia Shopping Town
Grand Indonesia Shopping Town

Grand Indonesia Shopping Town merupakan salah satu mal terbesar di Jakarta yang terletak di kawasan MH Thamrin. Mal ini berada satu kompleks dengan hotel, apartemen dan gedung perkantoran yang dikelola oleh pengembang yang sama yaitu Kempinski.

Terdiri dari dua bagunan utama yaitu East Mall dan West Mall, Grand Indonesia Shopping Town memiliki ratusan jumlah tenant. Tenant-tenant ini menyediakan berbaga kebutuhan kamu mulai dari fashion, kuliner sampai hiburan.

14. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu. tempat wisata jakarta
Kepulauan Seribu

Yang terakhir bukan berarti tak menarik. Justru inilah kawasan wisata si Jakarta yang haram hukumnya jika kamu lewatkan begitu saja, ya, Kepulauan Seribu. Kepulauan ini berada di laut lepas Jakarta. Berada di sini, kamu akan lupa waktu dan tak ingin beranjak pulang. Beberapa pulau yang populer di antaranya adalah Pulau Pari, Pulau Tidung dan Pulau Bidadari.

Beragam kegiatan dapat kamu lakukan di sini. Bagi penyuka kegiatan air, silakan puaskan diri kamu dengan menyelam dan snorkeling. Penggemar kuliner khas laut juga bisa menyantap aneka sajian berbahan seafood mulai dari udang, cumi, kepiting dan udang.

 

Join the discussion

20 comments

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!