Malioboro Jogja, Daya Tarik Utama Kota Jogja
Titik Nol Kilometer (alodiatour)

Malioboro Jogja, Daya Tarik Utama Kota Jogja

Bagi orang awam, mungkin Malioboro Jogja terkesan hanya sebagai jalan biasa yang terbentang dari Tugu Jogja sampai di perempatan kantor pos Jogja. Akan tetapi sebenarnya Malioboro adalah suatu kawasan yang lebih dari itu.

Banyak hal istimewa yang kamu akan temukan sejak pertama kali menginjakkan kaki di sana. Pedagang yang menawarkan oleh – oleh khas Jogja, aneka kerajinan khas Jogja, tata kota dengan lampu temaram yang istimewa dan masih banyak lagi lainnya.

Kalau kamu melakukan perjalanan wisata di Jogja, wajib banget deh ke area yang menjadi daya tarik utama kota Jogja ini. Yuk baca ulasan lengkapnya di bawah ini!

Malioboro Jogja Review Wisata

Jalan Malioboro
Jalan Malioboro

Alamat : Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Gratis

Malioboro Jogja merupakan sebuah jalan di pusat kota Jogja yang terbentang sepanjang kurang lebih 2 km. Kawasan Malioboro sendiri secara keseluruhan merupakan kawasan yang menghubungkan antara Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro, dan Jalan Margo Mulyo. Jalan – jalan tersebut merupakan poros garis imajiner di Kraton Yogyakarta.

Sampai saat ini Malioboro memang menjadi kawasan sentra wisata di Jogja yang selalu ramai dengan kunjungan wisatawan. Ada beberapa aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Malioboro.

Aktivitas di Malioboro Jogja

1. Hunting foto dan jalan – jalan

Malioboro Jogja (regional.kompas)
Malioboro Jogja (regional.kompas)

Untuk kamu yang punya kesempatan datang ke Malioboro, jangan lupa jalan – jalan di sekitar kawasan Malioboro. Kamu juga bisa sekalian mengabadikan setiap momen selama jalan – jalan di kawasan Malioboro. Setiap ruas jalan yang menampilkan keunikan wajib kamu potret.

Kalau capek, kamu bisa duduk di kursi – kursi yang sudah disediakan. Sesekali kamu akan dihibur dengan musisi jalanan yang bernyanyi dan bermain alat musik. Suasana Malioboro semakin indah ketika malam hari tiba.

Lampu – lampu penerang jalan yang menyala berbaur dengan lampu sorot dari kendaraan yang berlalu lalang semakin melipatgandakan daya pikat dari Malioboro Jogja ini.

2. Bersepeda atau naik delman

Malioboro
Malioboro

Di sekitar kawasan Malioboro akan kamu temukan banyak tempat penyewaan sepeda. Kamu bisa menyewa sepeda untuk berkeliling di sekitar Malioboro atau bisa kamu gunakan menuju ke berbagai tempat wisata di sekitar Malioboro.

Jika malas capek karena naik sepeda, kamu juga bisa naik delman yang juga dapat mengantarkan kamu jalan – jalan atau menuju berbagai spot wisata di dekat Malioboro.

3. Mencari oleh – oleh

Malioboro Jogja - oleh - oleh Jogja (review.bukalapak)
oleh – oleh Jogja (review.bukalapak)

Kawasan Malioboro adalah kawasan yang cocok dijadikan tempat berburu oleh – oleh. Banyak toko yang menjual oleh – oleh mulai dari bakpia pathok khas Jogja yang legendaris, batik Jogja, kerajinan gerabah dan sebagainya di sini.

Selain itu ada juga tempat berburu oleh – oleh lainnya tak jauh dari kawasan pertokoan Malioboro yaitu Pasar Beringharjo. Yang menarik dari Pasar Beringharjo adalah kamu dapat menawar harganya ketika membeli oleh – oleh baik berupa pakaian, kerajinan atau makanan. Kamu pun bisa mendapatkan diskon jika kamu membeli dalam jumlah besar.

Untuk kamu yang tertarik berbelanja oleh – oleh di pertokoan kawasan Malioboro atau di Pasar Beringharjo akan tetapi belum punya ide untuk beli oleh – oleh apa, baca : 10 Oleh – Oleh Khas Jogja yang Paling Terkenal

4. Berburu wisata kuliner

Malioboro Jogja - Gudeg Yu Djum (visitingjogja)
Gudeg Yu Djum (visitingjogja)

Wisata kuliner di Jogja khususnya yang ada di sekitar Malioboro Jogja selama ini terkenal sebagai tempat kulineran dengan harga murah. Beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner di sekitar Malioboro yang murah dan pastinya enak, di antaranya :

  • Gudeg Yu Djum, kuliner asli Jogja yang wajib kamu coba
  • Pecel Madiun Berkat, pecel paling enak di depan mall Malioboro
  • Cilok Gajahan, cilok dengan isian daging yang bisa dibeli hanya Rp 5.000,00
  • Sego Empal Bu Warno, nasi mengenyangkan tepat di depan Pasar Beringharjo
  • Gado – Gado Bu Hadi, salad sayur khas Jogja di lantai dua Pasar Beringharjo
  • Es Dawet Mbah Hari, cocok jadi pelepas dahaga setelah lelah jalan – jalan
  • Lumpia Samijaya, camilan dengan aneka isian yang cocok dijadikan penunda lapar saat jalan – jalan
  • Angkringan Kopi Joss Lek Man. Buat kamu yang mencari kuliner malam wajib banget datang ke angkringan ini
  • Dan masih banyak lagi kuliner lain di sekitar kawasan Malioboro yang bisa kamu kunjungi.

5. Mengunjungi wisata dekat Malioboro

Titik Nol Kilometer (alodiatour)
Titik Nol Kilometer (alodiatour)

Kalau bicara tentang wisata yang ada di kawasan Malioboro, ada banyak pilihan tempat wisata yang bisa kamu sambangi. Lokasi Malioboro yang sangat strategis menjadikan akses dari kawasan ini ke lokasi wisata terdekat sangatlah mudah.

Beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di sekitar Malioboro, di antaranya :

A. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg (harianjogja)
Benteng Vredeburg (harianjogja)

Setelah puas mencari oleh – oleh di Pasar Beringharjo, tak jauh dari pasar tersebut ada sebuah tempat wisata bernama Benteng Vredeburg. Benteng ini adalah sebuah bangunan bersejarah peninggalan zaman Kolonial Belanda yang kini difungsikan sebagai museum untuk menyimpan berbagai benda kuno seperti patung, senjata dan beragam karya seni lainnya.

B. Taman Pintar

Taman Pintar (tamanpintar)
Taman Pintar (tamanpintar)

Sebelah timur Benteng Vredeburg, kamu akan menemukan Taman Pintar yang merupakan sebuah wahana wisata yang cocok menjadi tempat bermain dan belajar tentang bidang teknologi.

C. Taman Sari

Malioboro Jogja - Taman Sari Jogja (reddoorz)
Taman Sari Jogja (reddoorz)

Taman Sari merupakan wisata sejarah yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 15 menit dari Malioboro. Suasana taman Keraton Jogja yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I akan kamu saksikan di sini.

Banyak spot fotografi yang bisa kamu jadikan tempat hunting foto, informasinya baca : Taman Sari Jogja, Ini Spot Fotografinya

Baca juga : Wisata Jogja – Istana Air Taman Sari

D. Titik Nol Kilometer

Titik Nol Kilometer (kotajogja)
Titik Nol Kilometer (kotajogja)

Titik Nol Kilometer merupakan pusat keramaian Jogja yang seringkali menjadi landmark fotografi anak muda yang sedang berlibur di Jogja. Gedung dengan arsitektur ikonik bisa jadi latar belakang foto di kawasan ini. Terdapat juga area pedestrian yang bisa dijadikan tempat bersantai.

E. Alun – Alun Kidul

Alun-Alun Kidul
Alun-Alun Kidul

Setelah lelah keliling Malioboro sehari penuh, malam harinya kamu bisa menikmati suasana ramai di Alun – Alun Kidul. Di sini kamu bisa membeli aneka jajanan, naik sepeda gembira, naik delman, atau bersepeda.

Selain beberapa tempat wisata yang kami sebutkan di atas, masih banyak tempat wisata lain di dekat Malioboro yang bisa kamu jelajahi.

6. Rute serta akses transportasi menuju Malioboro Jogja

Halte Malioboro (gelembungcerita)
Halte Malioboro (gelembungcerita)

Ada beberapa akses transportasi yang akan membawa kamu ke kawasan Malioboro yaitu menggunakan kendaraan pribadi, becak dan andong, atau pun naik bus Trans Jogja. Setidaknya ada empat jalur bus Trans Jogja yang bisa mengantarkan kamu ke Malioboro di antaranya :

  • Jalur 1A : dari Bandara Adisucipto dan Prambanan
  • Jalur 2A : dari Terminal Jombor dan Monumen Jogja Kembali
  • Jalur 3A : dari Terminal Condongcatur dan UGM
  • Jalur 8 : dari Terminal Jombok dan Demak Ijo

Oh ya sebagai informasi, untuk kamu yang datang dari luar kota dan mencari akomodasi atau hotel yang dekat dengan Malioboro, banyak pilihan hotel yang bisa kamu gunakan. Harganya bervariasi, kamu bisa pilih sesuai selera. Informasi hotel di dekat Malioboro apa saja, baca : 10 Rekomendasi Hotel Dekat Malioboro Yogyakarta

Kalau informasi tentang Malioboro yang kami bagikan di atas masih dirasa kurang, kamu bisa baca : Wisata Jogja – Jalan Malioboro

Ada apa lagi di Jogja?

Buat kamu yang jalan – jalan atau plesiran di Jogja pastikan jangan pernah lupa untuk mampir di Malioboro. Dapatkan banyak hal menarik dan seru selama di sana.

Apabila kamu bingung harus datang ke mana saja kalau ke Jogja nanti, kami punya itinerary GRATIS lengkap 3 hari 2 malam buat kamu. Bisa cek di sini: Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian & Alam (Bikin Hati Adem)

Selamat berlibur sobat traveler!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!