Liburan Balance Antara Kekinian dan Alam Nyaman – Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam
History of Java Museum, Jogja Yogyakarta (immotrett)

Liburan Balance Antara Kekinian dan Alam Nyaman – Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam

Karena banyaknya permintaan, ini gw buatin Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian & Alam yang cocok buat kalian yang udah sering maupun jarang atau bahkan belum pernah ke Jogja. Kalian jadi gak usah pusingin lagi, harus riset sana-sini buat tau mau ngunjungin tempat apa aja, hari apa aja, sejalan apa enggak ya.

Tinggal book aja tiket kereta, pesawat atau bahkan bawa mobil kalian terus jalan deh. Jangan lupa buat baca tips dari kita juga, gimana caranya dapet tiket pesawat murah di sini: 12 Tips Rahasia Berburu Tiket Pesawat Murah. Siapa sih yang gak mau jalan-jalan enak tapi kantong tetep aman?

Itinerary ini merupakan itinerary yang cukup padat. Gw akan cantumin beberapa tempat yang menurut gw opsional, yang tidak harus dikunjungin. Apalagi kalau macet dan itinerary kalian jadi ngaret, lebih baik yang opsional dilewati saja.

Catatan juga, keterangan lama perjalanan di setiap tujuan itu merupakan lama perjalanan dari tempat sebelumnya ke tempat tersebut. Karena ini merupakan itinerary, jadi poin-poinnya urut ya dari tempat yang pertama kali didatengin sampe akhir.

Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam: Hari Pertama

Catatan: Lama perjalanan nomor 1 terhitung dari Jl. Malioboro

1. Makan Pagi – Gudeg Yu Djum

Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian Hits & Alam: Gudeg Yu Djum (Toshiko)
Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian Hits & Alam: Gudeg Yu Djum (Toshiko)

Lama Perjalanan: 4 menit
Disarankan Berangkat: pk. 07.30 WIB

Wah, makanan sedap buat memulai hari kalian tuh emang pasti bikin mood seharian jadi bagus. Saran gw di hari pertama, kalian cobain gudeg di Gudeg Yu Djum. Lokasinya masih deket banget dari pusat kota.

Menu andalannya udah bisa ditebak, yaitu gudeg yang tiada tara enaknya. Tau gak, sedikit curhat, beberapa tahun lalu gw pernah dateng ke pameran kuliner khas Jawa di salah satu mall Jakarta. Begitu gw nemu booth si Gudeg Yu Djum, gw langsung gak segan-segan buat beli karena udah pernah cobain dan emang enak banget. Tapi tetep sih jauh lebih enak kalo makan langsung di tempat aslinya, di Jogja yekan.

2. Goa Jomblang

Goa Jomblang
Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian Hits & Alam: Goa Jomblang

Lama Perjalanan: 1 jam 30 menit
Harga: 450,000-1,000,000/orang dengan operator dan peralatan

Disclamer dulu sebelumnya, tempat wisata ini gak bisa untuk anak-anak. Jadi kalau kalian pergi sama anak-anak, mending langsung lanjut ke nomor 4 aja. Baru lanjut makan di nomor 3, terus tinggal lanjut ke nomor 5.

Tempat ini bener-bener bagus banget banget! Pasti gak nyesel ke sini walaupun kalian harus bayar dengan biaya yang terbilang cukup mahal, apalagi untuk ukuran Jogja. Tapi harganya sebanding sama pemandangan dan pengalaman yang kalian dapetin.

Di awal kita akan diturunin sama warga sekitar dengan tali secara vertikal ke dasar goa. Bener-bener aman, diturunin berbarengan sama guidenya di sana. Setelah sampai di dasar goa, kita jalan ke dalam goa selama 15 menitan sampe ke area yang bagus buat foto itu.

Tips buat kalian, pakai sepatu yang nyaman, siap-siap baju, celana, sepatu, semuanya kotor. Kalo ada, pake pelindung anti air buat smartphone yang kalian bawa juga, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi ke smartphone kamu.

3. Makan Siang – Bakmi, Soto & Ayam Goreng Mbah Noto

Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian Hits & Alam: Bakmi, Soto & Ayam Goreng Mbah Noto (meyrisca)
Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian Hits & Alam: Bakmi, Soto & Ayam Goreng Mbah Noto (meyrisca)

Lama Perjalanan: 30 menit

Harga murah dan rasa boleh diadu tuh bener-bener bisa jadi slogannya Mbah Noto. Jangan kaget ya, walau di area yang agak di luar pusat kota Jogja ini tapi pasti selalu rame.

Kalian yang belom pernah cobain harus banget deh ke sini seenggaknya sekali aja buat cobain. Dijamin jadi berkali-kali. Haha. Menu andalannya itu si ayam gorengnya yang pedes nampol dan bikin nagih. Menu lain juga enak, cuma kalo gw disuruh milih satu, gw pilih si ayam gorengnya.

4. Goa Pindul

Gua Pindul
Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian Hits & Alam: Gua Pindul

Lama Perjalanan: 20 menit
Harga: 10,000/orang (masuk kawasan), 40,000/orang (masuk Goa Pindul)

Buat yang sering ke Jogja pasti paham banget nih kalo goa ini tuh bikin nagih. Goa ini punya aliran sungai berwarna kehijauan. Sebenarnya menurut gw, bukan pemandangannya aja yang bikin nagih. Emang sih bagus juga pemandangannya, tapi yang bikin gw pengen balik lagi tuh menikmati pemandangan dengan naik pelampung.

Ya kayak foto di atas, kalian bisa menyusuri goanya yang indah dengan naik pelampung. Jadi kan enak, fun-nya dapet banget karena naik pelampung di sungai mengalir, refreshingnya dapet karena pemandangannya indah banget dan yang paling penting pasti akan ada pengalaman-pengalaman lucu di sana bareng orang-orang terdekat kalian.

5. Opsi A: Bukit Panguk Kediwung

Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian Hits & Alam: Bukit Panguk Kediwung
Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian Hits & Alam: Bukit Panguk Kediwung

Lama Perjalanan: 1 jam
Harga: 2,500/orang

Sebenernya spot ini tuh bagus pas sunrise. Tapi karena gw tau kita semua, atau sebenernya gw sih, susah banget bangun pagi, jadi gw taruh di urutan kelima aja. Tapi tenang walau datengnya siang atau agak sore, tetep pemandangannya bagus banget banget.

Dengan harga yang murah banget, kalian bisa ngerasain rasanya di atas awan. Kurang lebih kayak foto yang di atas gitu. Begitu di sana tuh rasanya tenaang banget. Jadi kadang gw kalo ke sana selain foto-foto, gw nikmatin juga pemandangan sekitar dulu selama beberapa menit baru cao lagi ke destinasi berikutnya.

5. Opsi B: Air Terjun Sri Gethuk

Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian Hits & Alam: Air Terjun Sri Gethuk
Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian Hits & Alam: Air Terjun Sri Gethuk

Lama Perjalanan: 50 menit
Harga: 15,000/orang

Kenapa di nomor 5 gw kasih dua opsi, pertama karena waktunya gak cukup tapi dekat sana banyak tempat bagus, kedua buat yang bawa anak-anak dan skip nomor 2 jadinya tetap punya banyak tempat wisata.

Nah ini, tentunya beda sama opsi sebelumnya. Buat kalian yang gak pernah atau jarang ke air terjun harus deh cobain ke sini. Apalagi buat ke air terjunnya dikasih 2 pilihan, pilihan pertama jalan kaki dan pilihan kedua, yang tentunya gw pilih, adalah menaiki perahu dengan membayar 10,000 rupiah untuk diantarkan dari tempat masuk hingga ke air terjun dan sebaliknya.

Yah kalo keindahan sih gak usah ditanya ya, keliatan juga di foto. Pokoknya kalo dari situ tuh berasanya refreshed aja gitu. Sama ada 1 tips, jangan ke sana saat sehabis hujan, karena airnya jadi keruh kecoklatan karena tanah.

6. Makan Malam – HeHa Sky View

HeHa Sky View (camerawisata)
Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Balance Kekinian Hits & Alam: HeHa Sky View (camerawisata)

Lama Perjalanan: 35 menit dari opsi A; 37 menit dari opsi B

Hari pertama kita tutup sama yang nyantai. Makan malam di HeHa Sky View. Selain banyak spot-spot foto kekinian, tempatnya ternyata gede banget! Jadi cocok nih buat penutup hari, karena sehabis ini gak ada tujuan wisata apa-apa lagi, kalian bisa bebas explore tempat ini.

Viewnya juga ciamik banget, kalian bisa lihat kota Jogja dari ketinggian. Di sini itu selain restoran utama, ada juga stand-stand makanan di dalamnya. Banyak jajanan yang bisa dicobain. Untuk yang hobi banget kulineran wajib ke sini biat bisa cobain banyak macam makanan!

Akhir Hari Pertama

Gimana nih hari pertamanya? Emang sengaja juga, hari ini gw kasih yang paling capek aktivitasnya, karena tau sendiri, biasa hari kedua atau ketiga suka ada yang kurang fit. Jadi mending yang banyak aktivitas ditaruh di hari pertama pas semua lagi pada fit-fitnya.

Ngomong-ngomong sehat, ini ada beberapa tips yang bisa bikin kalian tetap sehat di saat liburan. Karena buat nikmatin liburan juga harus dengan badan yang sehat kan? Baca di sini nih: Liburan Sehat – 5 Tips Jitu yang Paling Mudah Untuk Dilakukan.

Rangkuman hari pertama dalam google maps:

Penulis

Ivan Christanno (IG: @ivanchristanno)

Halo traveller, gw lahir dan besar di Jakarta, tapi sekarang based di Bali. Hobi gw itu travelling dan nonton film seri. Nemuin tempat asik sama makanan murah dan enak itu goal gw di tiap perjalanan. Gw juga yang megang TikToknya Aneka Tempat Wisata: @misterdolan. Jangan lupa difollow ya!

1 2 3
Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!