Scientia Square Park Tangerang, Ruang Terbuka Hijau Untuk Bersantai Akhir Pekan
Teepee barn (scientiasquarepark)

Scientia Square Park Tangerang, Ruang Terbuka Hijau Untuk Bersantai Akhir Pekan

Bagi warga Tangerang dan sekitarnya, kota ini memiliki sebuah taman bermain ramah anak yang sangat cocok dijadikan sebagai alternatif kunjungan wisata akhir pekan yaitu Scientia Square Park. Meski lokasinya berada di kawasan yang sibuk dan padat, namun suasana teduh dan sejuk berkat kehadiran pepohonan rindang di sekitar area akan kamu rasakan.

Pastinya, Scientia Square Park menjadi alternatif tujuan wisata seru tanpa harus pergi terlalu jauh di kala akhir pekan tiba. Berikut informasi selengkapnya tentang Scientia Square Park Tangerang!

Daya Tarik Wisata Scientia Square Park Tangerang

Scientia Square Park Tangerang (javatravel)
Scientia Square Park Tangerang (javatravel)

Alamat : Jl. Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kec. Kelapa Dua, Tangerang, Banten
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 19.00 WIB
Harga tiket masuk : Senin sampai jumat Rp 30.000,00, sabtu, minggu dan hari libur nasional Rp 65.000,00

Scientia Square Park Tangerang merupakan sebuah ruang terbuka hijau dengan luas 1 hektar yang menghadirkan konsep wisata berupa perpaduan antara wisata edukasi, hiburan, outbound dan bermain sekaligus.

Dengan konsep yang dihadirkan tersebut, banyak wisatawan yang datang ke sini membawa putra dan putri mereka di akhir pekan untuk belajar, bermain dan olahraga. Ada beberapa zona yang bisa menjadi tempat bermain kamu di wisata Tangerang ini, yaitu :

I. Zona safari

Zona safari merupakan sebuah zona wisata yang membuat pengunjung bisa bermain dan lebih dekat dengan hewan. Biasanya wisatawan yang datang bersama anak dan ingin memberikan edukasi tentang hewan kepada anak sekaligus mengenalkan hewan akan mengunjungi zona ini.

Zona safari terbagi ke dalam beberapa area lagi di antaranya :

1. Horse riding

Scientia Square Park - Horse riding (genpi)
Horse riding (genpi)

Di zona ini pengunjung bisa mencoba sensasi berkuda dengan aman. Sudah tersedia pemandu yang akan menemani semua aktivitas berkuda dari awal sampai akhir. Bahkan kamu yang tidak pernah berkuda sekalipun sebelumnya tak perlu khawatir untuk berkuda pertama kalinya di sini.

2. Rabbit tales

Scientia Square Park - Rabbit tales (scientiasquarepark)
Rabbit tales (scientiasquarepark)

Khusus buat kamu pecinta kelinci, ada area di Scientia Park yang membuat kamu bisa bermain sepuasnya dengan kelinci yaitu Rabbit tales. Bahkan kamu pun bisa berinteraksi langsung dengan memberi makan kelinci.

Namun untuk makanannya kamu harus beli terlebih dahulu di loket dengan harga mulai dari 10 ribu rupiah. Kamu juga perlu ingat bahwa kelinci hanya boleh diajak bermain di area Rabbit tales saja dan dilarang di bawa keluar area. Kelinci di Rabbit tales juga tidak bisa dibeli.

3. Koi feeding

Koi feeding (kelloggsync)
Koi feeding (kelloggsync)

Jika kamu adalah pecinta ikan, kamu harus mampir ke koi feeding. Di sini berbagai jenis ikan mulai dari ikan hias, ikan koi, ikan mas dan berbagai jenis ikan lain dibudidayakan. Kamu pun bisa memberi makan semua ikan yang dibudidayakan sampai perut mereka kenyang.

4. Petopia

Petopia (scientiasquarepark)
Petopia (scientiasquarepark)

Kalau kamu suka anjing atau ingin mengenalkan kepada si buah hati tentang anjing yang lucu dan ramah, bisa banget mampir di Petopia.

Diperbolehkan untuk menyentuh dan mengelus badan anjing di zona ini sepuasnya. Bahkan Petopia di Scientia sejak dahulu sampai sekarang sudah menjadi tempat berkumpulnya para dog lovers.

5. David’s family

David’s family (scientiasquarepark)
David’s family (scientiasquarepark)

Sebagaimana yang kita tahu bahwa sangat minim areal persawahan di Banten khususnya di daerah Tangerang. Oleh sebab itu, untuk mengenalkan hewan kerbau yang dulu dipakai sebagai alat pembajak sawah sebelum traktor dikenal luas.

Nah, di Scientia Park kamu bisa bertemu dengan si kerbau baik hati yang sangat manja dan penurut. Kamu bisa mengenalkan tentang hewan baik hati yang sering membantu banyak pekerjaan manusia ini kepada si buah hati.

6. Teepee barn

Scientia Square Park - Teepee barn (scientiasquarepark)
Teepee barn (scientiasquarepark)

Teepee barn merupakan sebuah zona yang dilengkapi dengan tenda berbentuk kerucut ala tenda kerucut Amerika. Di sini kamu bisa berinteraksi dan berfoto dengan binatang – binatang yang ramah di antaranya :

  • Mini Horse
  • Mini Donkey
  • Alpaca
  • Polish Chicken
  • Cochin Chicken

7. Fun with owl

Scientia Square Park - Fun with owl (scientiasquarepark)
Fun with owl (scientiasquarepark)

Fun with owl merupakan suatu zona di Scientia yang dihadirkan untuk mengenal burung hantu secara lebih dekat. Zona ini menekankan kesan bahwa meski terkesan garang dan misterius, akan tetapi sebenarnya burung hantu adalah hewan yang cerdas, ramah dan tidak menakutkan. Bermainlah dengan senang bersama owl di zona ini!

8. Turtle island

Turtle island (scientiasquarepark)
Turtle island (scientiasquarepark)

Tak perlu ke laut atau pulau penyu untuk melihat dan berinteraksi dengan penyu. Sekarang di Scientia kamu sudah bisa bermain dan berinteraksi dengan penyu yang diberi nama Rocky si Sulcata. Kamu pun bisa memberi makan penyu – penyu tersebut makan lho!

9. The aviary

Scientia Square Park - The aviary (scientiasquarepark)
The aviary (scientiasquarepark)

Pecinta burung wajib bermain sepuasnya di sini. Kamu bisa menyaksikan aneka jenis ayam dan burung yang unik hanya di sini!

Ada Giant Chocin Chicken, Ayam Mutiara, Lovebird sampai dengan Polish Chicken di sini. Selain bisa puas bermain dan menyaksikan aneka jenis ayam serta burung, kamu pun bisa puas berfoto di zona yang super instagramable ini. Dijamin seru banget pastinya!

Selain Scientia Square Park, wisata di Jawa Barat lainnya yang menawarkan konsep wisata edukasi adalah Lembang Park And Zoo. Baca : Lembang Park and Zoo, Wisata Edukasi Bandung yang Menawan

II. Zona adventure

Buat kamu yang datang ke Scientia Square Park Tangerang untuk keperluan mancakarida, seru – seruan, bermain, dan olahraga bisa banget memuaskan diri di zona adventure. Ada banyak wahana di zona ini yang bisa kamu coba.

Ada wahana yang disediakan untuk orang dewasa atau anak – anak. Untuk peralatan pendukungnya sendiri bisa dibawa dari rumah atau menyewa di tempat penyewaan yang lokasinya tak jauh dari area wall climbing.

Beberapa wahana di zona adventure sebagai berikut :

1. In-line skate

Scientia Square Park - In-line skate (travelpiknik)
In-line skate (travelpiknik)

Buat kamu yang suka bermain sepatu roda dan skuter bisa banget nih latih keseimbanganmu di sini! Kamu bisa bawa skuter atau sepatu roda sendiri dari rumah.

Akan tetapi jika kamu tidak membawanya, kamu bisa sewa peralatan lengkap dengan harga mulai dari Rp 25.000,00 saja. Namun perlu diingat bahwa untuk pengunjung yang usianya di bawah 10 tahun wajib dengan dampingan orang tua.

2. Velocity skatepark

Scientia Square Park - Velocity skatepark (scientiasquarepark)
Velocity skatepark (scientiasquarepark)

Velocity skatepark merupakan sebuah area di zona adventure yang masih bertema skating. Area ini merupakan wahana yang dipakai atlet dan anggota komunitas skateboard untuk mengasah kemampuan skating mereka.

Kapasitas maksimal dari Velocity skatepark adalah 10 orang. Jika tertarik, sudah ada pelatih skating professional yang bisa mendampingi dan mengajarkan kamu latihan skateboard di sini.

3. Wall climbing

Scientia Square Park - Wall climbing (scientiasquarepark)
Wall climbing (scientiasquarepark)

Wall climbing atau panjat tebing memang termasuk salah satu jenis olahraga ekstrim yang menantang, butuh stamina kuat dan kemampuan mengolah adrenalin untuk melakukannya. Akan tetapi di Scientia tak perlu khawatir karena siapa pun bisa mencoba wall climbing.

Bahkan anak – anak pun bisa dipastikan keamanannya untuk wall climbing karena sudah dilengkapi pengaman dan pelindung lengkap. Kamu bisa mencoba tanpa perlu rasa takut atau khawatir di sini.

4. Street workout

Street workout (scientiasquarepark)
Street workout (scientiasquarepark)

Street workout merupakan wahana terbaik di Scientia untuk melatih otot. Kamu yang ingin mencoba olahraga calisthenics bisa memulainya di street workout. Namun tidak semua pengunjung bisa masuk di street workout karena tinggi badan minimum wisatawan yang boleh ada di sini adalah 150 cm.

5. Mini jog around the park

Mini jog around the park (scientiasquarepark)
Mini jog around the park (scientiasquarepark)

Terdapat area terbuka hijau di Scientia yang tidak hanya cocok melepas penat melainkan juga cocok untuk menjadi tempat jogging kamu. Kamu bisa jogging untuk menyehatkan tubuh bersama dengan teman – teman lain di sini.

6. RC track

Scientia Square Park - RC track (hargatiket)
RC track (hargatiket)

Kalau kamu suka main mobil – mobilan, di Scientia Square Park terdapat jalur mobil remote control yang super asyik. Tersedia track untuk kamu bermain mobil remote control dengan kapasitas maksimum driver’s stand sebanyak 4 orang sementara kapasitas maksimum paddock 15 orang.

Kamu akan ditantang untuk berputar dan melaju cepat di saat yang sama sekaligus. Pecinta mobil remote control dijamin asyik dan tak bisa move on kalau sudah di area RC track ini. Hanya saja, area RC track di Scientia hanya diperbolehkan untuk bermain RC engine 1 : 10, serta RC electric 1 : 8 dan 1 : 16 saja.

III. Zona farm and sustainability

Scientia Square Park - Zona farm and sustainability (scientiasquarepark)
Zona farm and sustainability (scientiasquarepark)

Sebagaimana yang kita semua tahu bahwa Indonesia adalah negara agraris. Sebagai negara agraris, profesi petani merupakan sumber daya profesi yang utama di Indonesia. Hanya saja mirisnya, profesi ini semakin lama semakin lenyap dan bahkan terkesan kurang dihargai.

Nah, melalui kehadiran zona farm and sustainability yang ada di Scientia Park ini, diharapkan anak kota pun bisa mengerti, memahami, belajar dan lebih menghargai profesi sebagai petani. Di sini, anak – anak akan diajarkan tentang proses menanam padi, proses pertumbuhan padi dan proses memanen padi seperti apa.

Anak – anak akan diajak berkotor – kotoran untuk menanam dan merawat padi sampai padi bisa dipanen. Anak – anak akan sangat senang karena mereka juga merasakan sensasi berjalan di tengah sawah sampai dengan kotor – kotoran di kubangan lumpur.

Fasilitas di Scientia Square Park

Scientia Square Park (infotangerang)
Scientia Square Park (infotangerang)

Selain memiliki berbagai macam wahana atau tempat bermain yang terbagi ke dalam beberapa zona, Scientia Park juga memiliki berbagai macam fasilitas penunjang lainnya. Beberapa fasilitas penunjang Scientia Park di antaranya :

  • Area amfiteater
  • Area parkir yang luas
  • Toilet umum
  • Area bar
  • Food court dan restoran

Kehadiran area food court dan restoran tersebut tentu saja menjadikan pengunjung yang merasa lapar atau haus tak perlu mencari makanan di luar tempat wisata. Melainkan mereka bisa memenuhi semua kebutuhan makanan atau minuman hanya dengan membelinya di dalam area Scientia Park.

Ada wisata apalagi di Tangerang?

Buat kamu yang ada di Tangerang, selain terdapat Scientia Square Park juga ada beberapa tempat wisata lain yang bisa kamu kunjungi. Daftar tempat wisata apa saja yang bisa kamu kunjungi, baca : 15 Tempat Wisata di Tangerang yang Wajib Dikunjungi

Baca juga : 10 Tempat Wisata di Tangerang dan Sekitarnya

Itulah sedikit review tentang wisata Scientia Square Park Tangerang. Kamu yang berada di Tangerang dan sekitarnya, tak perlu bingung lagi akan berakhir pekan di mana karena Scientia Square Park ada untuk semuanya.

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!