Solo Traveling Itu Perlu, Apa Saja Tipsnya?
Solo Traveling Ransel (ghyan)

Solo Traveling Itu Perlu, Apa Saja Tipsnya?

Solo traveling itu perlu loh. Kenapa perlu? Ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan saat berlibur sendirian. Yang paling utama adalah, kamu dapat menjadi diri kamu yang lebih baik lagi. Di saat kamu melakukan kesalahan, kamu menjadi lebih mandiri dengan menangani masalah tersebut sendiri. Perasaan yang sangat menyenangkan juga datang di saat kamu dapat melalui sesuatu yang membuat kamu berkata,”Oh, ternyata saya bisa ya melakukan ini”.

Tentunya banyak juga hal baru yang dapat kamu temukan saat solo traveling. Kamu pun pasti akan lebih peka terhadap keadaan sekitar. Alih-alih terlalu fokus dengan grupmu, kamu bisa lebih mengenali dan belajar adat serta perilaku warga lokal.

Solo Traveling (ghyan)
Solo Traveling (ghyan)

Belum lagi di saat kamu dapat menentukan apa pun sendiri. Kamu mau belajar berselancar di pantai? Langsung saja daftar kelasnya, tidak perlu khawatir apabila ada teman yang akan menunggu di tepi pantai kebosanan.

Mau jalan ke museum yang letaknya agak jauh? Tentu bisa, kamu tidak perlu khawatir hal ini akan merusak hari teman jalan-jalanmu karena mereka mungkin tidak menyukai museum tersebut.

Kira-kira apa saja ya tipsnya untuk solo traveling? Yuk cek listnya di bawah ini:

Tips Jitu Solo Traveling

1. Lakukan Riset

Tips Solo Traveling - Backup Laptop (andrewneel)
Tips Solo Traveling – Lakukan Riset (andrewneel)

Ini merupakan hal yang harus dilakukan, bahkan saat perjalanan dengan grup sekalipun. Sebelum pergi, kamu harus cari tahu terlebih dahulu, mengenai cuaca yang akan datang di area tersebut, harga taksi, harga makanan, jam buka tempat-tempat yang ingin dikunjungi hingga lama perjalanan yang ditempuh dari suatu tempat ke tempat yang lain, sesuai itinerary yang akan dibuat.

Hal ini sangat penting, sebagai contoh, harga taksi. Apabila kamu tahu harga taksi dari bandara ke penginapan, kamu dapat mencari taksi dengan harga yang sesuai, tidak menaiki taksi yang harganya sangat mahal.

2. Pesan Akomodasi Sebelum Perjalanan

Tips Solo Traveling - Aston Anyer Beach Resort Hotel (booking)
Tips Solo Traveling – Pesan Akomodasi Sebelum Perjalanan (booking)

Segala akomodasi, seperti hotel dan kendaraan yang akan disewa harus dilakukan sebelum perjalanan dimulai. Jangan sampai ketika di tujuan, penginapan yang kamu inginkan penuh, sehingga kamu akan kebingungan mencari penginapan lain.

Kamu pun jadi dapat menyusun itinerary dengan mengetahui persis jarak antara penginapan dengan tujuan selanjutnya. Jangan lupa untuk memesan akomodasi dengan rating atau penilaian yang sudah terjamin. Selain dari agen travel online, kamu juga dapat melihat rating dari aplikasi peta di ponselmu.

Kendaraan sewa juga seperti itu, namun keuntungan lainnya dari memesan kendaraan sewa terlebih dahulu adalah harganya yang pasti lebih murah daripada menyewa langsung di tempat.

3. Buat Itinerary Sedetil Mungkin

Tips Solo Traveling - Perencanaan, Menulis di Buku dan Kertas (firmbee)
Tips Solo Traveling – Buat Itinerary Sedetil Mungkin (firmbee)

Itinerary adalah hal penting dan paling krusial dari perjalanan. Hal sedetil, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk berjalan dari satu tempat ke tempat lainnya, naik kendaraan umum apa atau apakah masih dapat ditempuh dengan berjalan kaki harus dilakukan.

Apabila kamu ingin melakukan perjalanan yang santai, mungkin yang terpenting di itinerary-mu adalah akomodasi yang digunakan untuk sampai ke tempat tujuan. Kamu tidak perlu terlalu terpaku atau bahkan tidak perlu mencantumkan waktu pada itinerary-mu.

Jangan lupa untuk mencetak itinerary-mu. Untuk berjaga-jaga apabila ponselmu mati, agar kamu tahu harus ke mana dan menaiki akomodasi apa. Bagikan itinerary-mu ke orang-orang terdekat, agar mereka merasa aman dan mengetahui perkiraan lokasimu saat perjalanan.

4. Bersantai Saat Makan

Membaca Buku Majalah di Cafe dengan Kopi (socialcut)
Tips Solo Traveling – Bersantai Saat Makan (socialcut)

Nikmati waktumu saat makan di suatu tempat. Selain menjadi tempat mengisi energi, kamu juga dapat beristirahat di saat kamu sudah lelah mengunjungi beberapa tempat. Mungkin kamu dapat melihat-lihat itinerary-mu selanjutnya, membuka media sosial atau bahkan membaca buku saat di tempat makan.

5. Lakukan Sesuatu yang Tidak Biasa

Tips Solo Traveling - Lompat Tebing Blue Lagoon Nusa Ceningan Bali (kumparan)
Tips Solo Traveling – Lakukan Sesuatu yang Tidak Biasa (kumparan)

Salah satu keuntungan bepergian sendiri adalah, tidak perlu memikirkan temanmu. Kamu dapat melakukan apa pun yang kamu mau lakukan. Lebih baik lagi, kamu tidak perlu malu untuk melakukan sesuatu apabila hal tersebut gagal.

Hal-hal seperti ini lah yang membuat solo traveling menjadi sangat menguntungkan. Kamu bahkan dapat melakukan sesuatu yang dari dulu kamu ingin lakukan, tapi takut untuk mencoba. Kamu tidak kenal siapa-siapa di sana, jadi siapa takut.

6. Packing Secukupnya

Ransel Perempuan (jeremybishop)
Tips Solo Traveling – Packing Secukupnya (jeremybishop)

Karena kamu bepergian sendiri, mungkin kamu akan lebih memilih untuk menaiki kendaraan umum. Tentunya hal ini akan membuat kamu berjalan lebih banyak daripada biasanya. Jangan sampai barang bawaanmu menjadi beban saat perjalanan.

Packing secukupnya, bila perlu gunakan ransel saja. Ransel akan membagi beban sama rata dengan kedua pundakmu. Berbeda dengan tas-tas lainnya yang kebanyakan akan bertumpu pada salah satu sisi tubuhmu saja.

Namun, ada beberapa hal yang wajib kamu bawa ketika packing, jangan sampai terlewat. Kamu dapat membacanya di sini: List Packing Liburan – Semua Hal yang Jangan Sampe Kamu Lupa

7. Tetap Aman

Tips Solo Traveling - Mencatat di Buku Pensil Kaca Mata (laurensauder)
Tips Solo Traveling – Tetap Aman (laurensauder)

Selalu pisahkan uang dan dokumen penting, seperti KTP-mu. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi dalam perjalananmu. Jangan sampai ketika dompetmu dicuri orang, semua ID-mu juga terambil. Tips tambahan juga untuk memisahkan uang ke beberapa tempat, agar apabila satu dicuri, kamu masih punya uang cadangan lain.

Catat nomor penting! Sangat penting untuk mengetahui siapa yang harus dihubungi ketika kamu mengalami sesuatu. Seperti nomor polisi setempat, rumah sakit atau pemadam kebakaran. Jangan lupa untuk catat juga nomor-nomor tersebut dan nomor orang terdekat di kertas, untuk menghindari ponsel mati dan kamu tidak dapat menghubungi siapa-siapa.

Sudah Siap Solo Traveling?

Setelah mengetahui manfaat dan tips-tips solo traveling, dijamin kamu semakin mantap untuk melakukannya. Jangan lupa untuk melakukan tips-tips di atas ya jika solo traveling nanti!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!