Taman Bunga Nusantara, Hunting Foto Kece Di Sini!
Taman Bunga Nusantara (anita.batvin)

Taman Bunga Nusantara, Hunting Foto Kece Di Sini!

Dibangun pada tahun 1992 dan kemudian diresmikan 3 tahun setelahnya, Taman Bunga Nusantara sampai saat ini masih menjadi salah satu taman bunga terbesar dan terluas yang ada di Indonesia tepatnya terletak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Taman Bunga Nusantara menempati lahan seluas 35 hektar dan terdapat taman dengan beberapa tema yang berbeda di sini. Dengan keindahan yang ditawarkan, salah satu wisata di Jawa Barat ini tak pernah sepi dengan kunjungan wisatawan.

Terlebih selain cocok dijadikan tempat hunting foto, Taman Bunga Nusantara juga memiliki fasilitas yang memadai dengan banyak wahana yang tersedia. Buat kamu yang tertarik menghabiskan waktu akhir pekan di sini, berikut review yang kamu perlu simak!

Review Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara (anita.batvin)
Taman Bunga Nusantara (anita.batvin)

Alamat : Jl. Mariwati KM. 7, Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat
Map : Klik di sini

Sebagai taman bunga tertua yang ada di Indonesia, Taman Bunga Nusantara dibangun pertama kali pada tahun 1992 oleh ketua Yayasan Bunga Nusantara yaitu Ibu Dani Bustanil Arifin. 3 tahun setelahnya, tepat pada tahun 1995 Taman Bunga Nusantara kemudian diresmikan oleh Presiden Soeharto.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara

Jam buka : 08.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 40.000,00 (belum termasuk tiket parkir dan tiket wahana)

Taman yang menempati lahan seluas 35 hektar ini memiliki suasana yang indah dan sejuk terlebih karena lokasinya berada di daerah pegunungan. Fasilitas wisata yang tersedia pun sangat lengkap. Juga banyak spot menarik yang bisa dijadikan sebagai lokasi hunting foto buat kamu yang berlibur di Taman Bunga Nusantara ini, berikut reviewnya :

Spot foto di Taman Bunga Nusantara

Wisatawan yang datang ke Taman Bunga Nusantara biasanya akan hunting foto di beberapa tema spot foto berikut :

1. Taman Air

Taman Bunga Nusantara - Taman Air (rutemu)
Taman Air (rutemu)

Berbagai macam tanaman air dibudidayakan di sini mulai dari teratai raksasa, cybera papyrus dan terdapat berbagai macam jenis tanaman air lainnya di sini. Kamu juga akan terpesona dengan kehadiran patung dinosaurus yang dibentuk dari beragam bunga di area ini. Cocok banget pastinya menjadi latar foto kamu.

2. Taman Mawar

Taman Mawar (kelloggsync)
Taman Mawar (kelloggsync)

Kalau kamu pecinta mawar, berbagai jenis bunga mawar dibudidayakan di area ini. Ada mawar merah, mawar putih, mawar biru, mawar hitam dan segala jenis bunga mawar. Pemeliharaannya sangat spesial sehingga bunga mawar tumbuh mekar dengan indah. Pemupukan dan penyiramannya sangat diperhatikan soalnya.

3. Taman Perancis

Taman Bunga Nusantara - Taman Perancis (kompasiana)
Taman Perancis (kompasiana)

Spot Taman Perancis ini dibangun dengan ciri khas penataan taman seperti di negara Perancis. Kamu akan menyaksikan bunga – bunga yang ditata sangat rapi dan bersih di area ini. Nuansa hijau secara keseluruhan akan menjadi background foto kamu di area taman ini.

4. Taman Labirin

Taman Labirin (lovelybogor)
Taman Labirin (lovelybogor)

Taman labirin adalah taman yang sangat unik. Kamu bisa berpetualang mencari jalan keluar di sini. Untuk bisa masuk dan menikmati petualangan di taman labirin, kamu hanya perlu membayar Rp 2.000,00 saja. Kamu pun tak perlu takut tersesat karena sudah tersedia peta yang bisa digunakan jika lupa jalan keluarnya.

5. Taman Bali

Taman Bali (jalajahnusae)
Taman Bali (jalajahnusae)

Sesuai dengan namanya, taman ini dibangun dengan atmosfer Bali yang khas. Terdapat berbagai macam tanaman yang mencerminkan nuansa Bali seperti bunga kamboja, bunga sepatu, berbagai jenis helikonia dan tanaman tropis lainnya. Bangunan Bali yang khas dengan gapura pintu masuk, bale kulkul dan bale bengong pun turut menghiasi taman ini.

Kalau berfoto di Taman Bali belum cukup buat kamu, kamu bisa langsung datang ke Bali dan kunjungi sebuah pura megah yang sangat fenomenal. Pura tersebut adalah Pura Besakih. Kalau kamu tertarik berkunjung ke Pura Besakih, baca dulu : Pura Besakih, Wisata Pura di Bali yang Selalu Ramai Dikunjungi

6. Taman Palem

Taman Palem (tripadvisor)
Taman Palem (tripadvisor)

Kalau di taman palem ini terdapat lebih dari 100 jenis tanaman palem yang ditanam di sini. Pohon – pohon palem tersebut ditata sedemikian rupa sehingga mampu memberikan atmosfer yang segar dan indah.

Beberapa jenis tanaman palem yang bisa kamu temukan di sepanjang taman palem di antaranya palem Meksiko, palem botol, Cuban royal palm, screw pine dan berbagai jenis tanaman palem lainnya. Kesan taman yang rindang akan kamu temukan ketika melintasi taman palem ini.

7. Taman Jepang

Taman Bunga Nusantara - Taman Jepang (dolandolen)
Taman Jepang (dolandolen)

Taman Jepang merupakan spot foto dengan suasana khas Jepang yang dihadirkan. Jembatan kayu dengan kolam air yang ditata dengan memadukan bersama tatanan bunga dan bebatuan didesain semirip mungkin dengan suasana di Jepang untuk menghadirkan kesan Jepang yang kental.

8. Menara Pandang

Taman Bunga Nusantara - Menara Pandang (batamtoday)
Menara Pandang (batamtoday)

Pesona Taman Bunga Nusantara dengan hamparan bunga yang tertata rapi semakin terlihat sempurna ketika kamu berada di menara lantai keempatnya. Seluas mata memandang tersaji panorama taman yang sangat asri. Di sinilah tempat terbaik menikmati pemandangan Taman Bunga Nusantara dari atas ketinggian.

9. Green house

Green House (hargatiketpromo)
Green House (hargatiketpromo)

Area green house merupakan sebuah rumah kaca dengan luas 2000 meter persegi yang ditata dengan arsitektur cantik dengan aneka ragam bunga disimpan di dalamnya. Di area green house atau area rumah kaca ini, kamu bisa menemukan berbagai jenis bunga yang diperlakukan secara khusus.

Khususnya bunga – bunga yang tidak tahan dengan cuaca negara kita akan ditemukan di sini. Bunga yang berasal dari negara 4 musim rata – rata disimpan dan dibudidayakan di area green house ini.

10. Danau Angsa

Danau Angsa (indonesiana)
Danau Angsa (indonesiana)

Danau Angsa merupakan sebuah danau luas dengan patung besar mirip Nyi Roro Kidul. Di dekat danau ini terdapat gazebo yang bisa kamu jadikan tempat bersantai sembari memandang keindahan danau setelah lelah berkeliling di Taman Bunga Nusantara.

11. Topiari Merak

Taman Bunga Nusantara - Topiari Merak (trivindo)
Topiari Merak (trivindo)

Topiari merak merupakan spot fotografi yang diciptakan dengan konsep bunga yang ditata menyerupai seekor merak. Penataan merak tersebut tidak menggunakan semen melainkan menggunakan sebanyak 25 ribu bunga untuk badan merak dan 60 ribu tanaman bunga untuk membentuk ekor merak. Hasilnya, super ciamik dan bisa kamu jadikan sebagai latar foto kalau sedang berwisata di tempat wisata ini.

Selain topiari merak juga terdapat taman dino dan taman jerapah yang memiliki konsep bunga dibentuk menyerupai hewan dinosaurus dan jerapah.

Fasilitas wisata

Taman Bunga Nusantara (javatravel)
Taman Bunga Nusantara (javatravel)

Demi menunjang kenyamanan pengunjung yang datang ke Taman Bunga Nusantara, pengelola tempat wisata ini menyediakan fasilitas wisata yang cukup lengkap, di antaranya :

  • Terdapat area parkir yang luas
  • Tempat ibadah
  • Toilet
  • Gedung serba guna dan amphiteather
  • Gazebo yang bisa digunakan berteduh dan melepas lelah setelah berkeliling tempat wisata
  • Bursa bunga untuk pengunjung yang ingin membeli bunga untuk dibawa pulang
  • Poliklinik
  • Area food court dan cafetaria. Ada juga restoran bernama Albustan yang menyajikan aneka ragam menu masakan khas Arab.
  • Camping ground

Untuk pengunjung Taman Bunga Nusantara yang merasa kemalaman dan butuh penginapan tak perlu bingung mencari ke sana ke mari karena di tempat wisata ini juga sudah tersedia camping ground yang bisa digunakan untuk bermalam. Harga sewa per malamnya sebesar Rp 325.000,00 dan kamu akan mendapatkan fasilitas bermalam yang cukup lengkap.

Kendaraan untuk keliling tempat wisata

Taman Bunga Nusantara - Dotto train (pixoto)
Dotto train (pixoto)

Dikarenakan Taman Bunga Nusantara ini merupakan sebuah taman bunga yang sangat luas, untuk pengunjung yang merasa capek kalau harus berkeliling dengan berjalan kaki bisa menggunakan kendaraan wisata yang disediakan.

Ada beberapa pilihan kendaraan wisata yang bisa disewa untuk mengantar pengunjung keliling tempat wisata, di antaranya :

  • Dotto train atau kereta dotto. Kendaraan wisata ini merupakan sebuah miniatur kereta yang akan mengantarkan pengunjung berkeliling tempat wisata dengan tarif sebesar Rp 50.000,00. Akan tetapi dotto train hanya beroperasi di hari libur nasional dan weekend saja.
  • Garden tram. Untuk kendaraan wisata ini berbentuk tram yang beroperasi setiap hari tidak hanya pada hari libur atau weekend saja. Untuk naik garden tram, kamu dikenai biaya sebesar Rp 50.000,00.
  • Mobil wira – wiri. Mobil ini akan membawa kamu mengelilingi taman dibarengi dengan panduan informasi taman yang berupa rekaman suara. Untuk naik mobil wira – wiri murah meriah banget karena hanya sebesar Rp 4.000,00 per orang.

Ada tempat wisata apalagi di Cianjur?

Rekomendasi tempat wisata di Cianjur yang bisa kamu kunjungi banyak banget sebenarnya. Daftar rekomendasi tempat wisatanya apa saja, baca : 10 Tempat Wisata di Cianjur yang Wajib Dikunjungi

Baca juga : 16 Tempat Wisata di Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi

Untuk menemani perjalanan wisata kamu selama di Cianjur jangan lupa juga untuk mencoba banyak masakan khas Sunda yang lezat di lidah. Rekomendasi kuliner khas Sunda yang kamu bisa coba, baca : 14 Makanan Khas Sunda Paling Ngangenin Buat Kulineran

Buat kamu yang sedang liburan di Jawa Barat, jangan lupa kunjungi semua tempat wisata yang ada di sana salah satunya Taman Bunga Nusantara. Abadikan setiap moment seru kamu selama di sana. Happy holiday!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!