Pura Besakih , Wisata Pura di Bali yang Selalu Ramai Dikunjungi
Pura Besakih, Wisata Pura di Bali yang Tak Pernah Sepi Kunjungan

Pura Besakih , Wisata Pura di Bali yang Selalu Ramai Dikunjungi

Sebagai sebuah pulau yang mayoritas masyarakatnya beragama Hindu, ketika berkunjung ke Bali kamu akan dengan mudah menemukan tempat wisata berupa Pura. Ada berbagai macam wisata Pura di Bali yang kamu bisa kunjungi. Salah satunya adalah Pura Besakih.

Pura Besakih merupakan salah satu landmark terbaik sekaligus menjadi icon penting yang dimiliki oleh pulau Bali. Pura ini dikenal juga sebagai salah satu pura terbesar yang ada di Bali. Pura ini pun dipercaya menjadi awal mula penyebaran ajaran agama Hindu di Bali.

Di tempat tersebut, dipercaya bahwa Hyang Rsi Markendya menerima wahyu Tuhan untuk pertama kalinya. Karena itu, pura ini menjadi pura yang sangat disakralkan. Nah, buat kamu yang ingin berkunjung ke Pura Besakih dan ingin tahu reviewnya seperti apa, kamu bisa simak ulasan lengkapnya tentang Pura Besakih berikut ini!

Review Wisata Pura di Bali, Pura Besakih

Pura besakih

Alamat : Jl. Gunung Mas No. Ds, Besakih, Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : Buka pukul 08:00 – 17:00 WITA untuk masyarakat umum dan buka 24 jam untuk penganut agama Hindu yang ingin bersembahyang
Harga tiket masuk : Rp 15.000 per orang belum termasuk tiket parkir

Pura Besakih merupakan suatu pura yang terbesar di Bali. Pura ini juga dianggap sebagai pura yang paling penting di Bali sehingga tak perlu heran jika seringkali Pura Besakih dijadikan sebagai tempat untuk melakukan serangkaian acara keagamaan.

Baca Juga : 19 Tempat Wisata Paling Trending di Indonesia Tahun Ini

Di Pura Besakih, dalam satu tahunnya setidaknya terdapat kurang lebih 70 festival yang dilaksanakan di kompleks pura. Acara tersebut merupakan acara yang diselenggarakan secara khusus. Selain itu, Pura ini juga menjadi pura yang selalu diramaikan dengan berbagai acara khususnya ketika terjadi bulan purnama. Acara tersebut dikenal dengan istilah perayaan Odalan yang terkenal dan tak pernah tertinggalkan oleh masyarakat Bali.

Pura Besakih merupakan sebuah pura yang sangat besar dan megah. Karena saking besar dan megahnya sehingga tak heran kalau di kompleks Pura Besakih bisa kamu temukan banyak pura. Kurang lebih terdapat sekitar 23 pura di kawasan Pura Besakih.

Pura besakih

Kompleks wisata pura di Bali yang satu ini sendiri hadir dalam beberapa tingkatan. Kurang lebih dibangun sebanyak 6 tingkatan di pura ini. Mengenai sejarah pura ini, sangat disayangkan sampai detik ini belum tahu kapan waktu tepat pura ini dibangun.

Soal struktur bangunan pura, kamu akan menemukan hal yang menarik. Batuan yang dijadikan sebagai pondasi untuk pura, merupakan batu pondasi yang memiliki kemiripan dengan pura yang berasal dari zaman megalitikum yang ada di era 2000 tahun lalu.

Akan tetapi para peneliti yang sempat meneliti struktur bangunan Pura Besakih memastikan bahwa pura ini merupakan pura umat beragama Hindu yang dijadikan sebagai tempat pemujaan sedari tahun 1284 silam.

Diketahui bahwa pada waktu itu, aktivitas penyerangan oleh kerajaan Jawa ke Pulau Bali sedang terjadi. Kemudian di abad ke-15, sejarahnya pura ini menjadi pura yang digunakan Dinasti Gelgel. Karena nilai sejarah serta keutamaannya, pura ini pun pada akhirnya masuk ke dalam daftar pengusulan situs warisan dunia UNESCO sampai sekarang.

Pura besakih

Bagi wisatawan yang tertarik berkunjung ke salah satu wisata pura di Bali ini, kalian tidak perlu kesulitan aksesnya. Kamu bisa menempuh perjalanan dari Kuta. Jika kamu menempuh perjalanan dari Kuta, perjalanan dari Kuta dapat dilakukan dengan waktu tempuh kurang lebih selama 2 jam perjalanan. Oh iya, mumpung kamu lagi liburan di Bali, jangan lupa ya buat cobain juga 17 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Unik Untuk Dicoba

Kamu tinggal langsung melaju ke arah timur melintasi kawasan Sanur. Di tengah perjalanan, kamu dapat menengok papan penunjuk jalan menuju ke Besakih. Sementara itu dari arah Klungkung, terdapat suatu angkutan umum yang dapat digunakan dan akan melayani rute transportasi Besakih ke arah Klungkung.

Jaraknya sendiri sebenarnya tidak terlalu jauh. Jaraknya kurang lebih 20 km dan angkutan yang akan kamu gunakan tersebut banyak dijumpai lalu lalang di pagi harinya. Dengan kondisi semacam itu, wisatawan dapat berkunjung ke tempat tersebut dengan sangat mudah.

Kamu pun bisa memilih menggunakan sebuah kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan umum. Kamu juga dapat menyewa kendaraan kalau sedang liburan di Bali. Bisa dipastikan terdapat berbagai macam pilihan kendaraan yang kamu bisa gunakan.

Kalau sepulang dari wisata pura di Bali yaitu Pura Besakih kemudian Anda merasa lapar, Bali juga punya banyak pilihan tempat wisata kuliner menarik. Baca : 10 Tempat Wisata Kuliner di Bali yang Wajib Dikunjungi

Spot Wisata Asyik di Sekitar Pura Besakih

Bagi kamu yang liburan di Pura Besakih, setelah jalan – jalan di sekitar Pura Besakih, kamu juga bisa jalan – jalan menuju spot wisata di Bali lainnya. Beberapa wisata di Bali yang cocok menjadi spot wisata asyik setelah liburan seru di Pura Besakih yang kamu juga bisa kunjungi diantaranya :

Taman Air Tirta Gangga

Spot asyik pertama yang kamu bisa kunjungi kalau berwisata di Pura Besakih adalah Taman Air Tirta Gangga. Taman air ini merupakan taman air peninggalan kerajaan Karangasem, Bali. Letaknya kurang lebih sekitar 5 km dari pusat kota Karangasem.

Untuk konsep bangunannya sendiri hampir mirip dengan konsep bangunan Istana Air Taman Sari di Yogyakarta. Hanya saja ukurannya lebih kecil atau sekitar 1,2 hektar saja dibandingkan Istana Air Taman Sari yang ada di Yogyakarta.

Sisi menarik dan ciri utama dari objek wisata Taman Sari juga adalah kolam mata air berisi ikan yang memiliki sebuah patung artistic dan sebuah kebun serta hotel yang didalamnya bernama sama dengan objek wisatanya.

Desa Penglipuran

Desa Penglipuran merupakan sebuah desa adat di Pulau Bali yang sangat ikonik. Masyarakat adatnya pun masih sangat memegang teguh dan mempertahankan budaya, tradisi serta kearifan lokal secara turun temurun.

Kamu akan menemukan sisi arsitektur bergaya rumah adat Desa Panglipuran yang dilengkapi dengan penjor yang menghiasi bagian gerbang rumah. Desa tersebut merupakan peninggalan Kerajaan Bangli yang selama ini dikenal dengan kebersihan dan keasriannya.

Jadi jika kamu ingin melihat Bali di masa lalu, jangan lewatkan untuk datang ke Desa Penglipuran dan datangi Pura Besakih karena di sekitarnya dapat kamu temukan pesona Bali yang tak ada tandingnya.

Pura Tirta Empul

Di kawasan Pura Besakih, ada sebuah pura lagi tak jauh dari spot wisata Pura Besakih. Salah satu wisata pura di Bali yang lokasinya tidak jauh dari Pura Besakih tersebut yaitu Pura Tirta Empul. Pura ini merupakan sebuah pura suci bagi umat Hindu yang letaknya berada di Desa Manukaya, Tampaksiring, kabupaten Gianyar, Bali.

Pura ini terkenal dengan taman air suci yang bersumber dari mata air pegunungan dan seringkali digunakan untuk membersihkan diri. Sehingga secara etimologi, Tirta Empul merupakan sebuah pura yang memiliki arti air yang menyembur keluar dari tanah.

Salah satu wisata pura di Bali ini diperkirakan berdiri di tahun 960 masehi atau berdiri pada zaman kekuasaan Raja Chandra Bhayasingha yang berasal dari Dinasti Warmadewa.

Wisata Pantai Amed

Selain wisata pura di Bali, di sekitar Pura Besakih juga terdapat sebuah spot wisata yang bernama Pantai Amed. Kamu yang ingin berwisata di wisata pantai bisa banget datang ke Pantai Amed ini tak jauh lokasinya dari lokasi wisata Pura Besakih.

Pantai Amed merupakan sebuah pantai yang sangat eksotis dan berada di kawasan Desa Amed, kecamatan Abang, kabupaten Karangasem, Bali. Jaraknya kurang lebih sebesar 78 km dari pusat kota Denpasar atau butuh waktu tempuh kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan menggunakan jalur darat.

Wisata pantai yang satu ini terkenal dengan pesona panorama matahari terbit dan kehidupan biota bawah laut yang sangat menawan. Kamu yang cinta pemandangan alam laut yang menawan bisa banget datang ke pantai ini.

Kamu yang suka snorkeling, scuba, diving, atau melakukan aktivitas wisata pantai yang lainnya bisa banget datang ke Pantai Amed. Kemudian garis pantainya juga cukup panjang sehingga kamu bisa mengabadikan setiap moment mewah dan berkesan di Pantai Amed ini. Selain wisata diatas, Bali masih punya banyak objek wisata lain yang patut dikunjungi. Baca : 33 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Itulah beberapa wisata pura di Bali yang tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Datang ke Pura Besakih dan nikmati semua pesona wisata yang tak ada duanya disana baik di wisata Pura Besakih sendiri atau di beberapa objek wisata dekat Pura Besakih. Selamat liburan! Dan mungkin kamu mau belanja oleh-oleh di Bali juga, bisa cek juga daftar 10 Oleh-oleh Khas Bali yang Paling Terkenal

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!