10 Tempat Wisata Alam di Jakarta Cocok Untuk Wisata Akhir Pekan
Hutan Mangrove PIK (phinemo)

10 Tempat Wisata Alam di Jakarta Cocok Untuk Wisata Akhir Pekan

Sebagai satu – satunya kota di Indonesia yang berstatus provinsi, banyak hal yang orang kagumi tentang Jakarta. Mengenai bangunan tinggi menjulang yang ada, sampai tempat wisatanya. Tidak hanya tempat wisata hits, tempat wisata alam di Jakarta juga banyak pilihannya.

Hanya saja memang tempat wisata alam yang ada di Jakarta tidak sepopuler wisata hits atau café – café cantiknya sehingga belum banyak orang mengetahui. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan berbagai tempat wisata alam di Jakarta yang kamu harus tahu dan jadikan sebagai ide kunjungan kamu!

Tempat Wisata Alam di Jakarta

1. Hutan Kota Srengseng

Tempat wisata alam di Jakarta - Hutan Kota Srengseng (danauki.blogspot)
Hutan Kota Srengseng (danauki.blogspot)

Alamat : Jl. H. Kelik, RT.8/RW.6, Srengseng, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 1.000,00

Hutan Kota Srengseng merupakan paru – paru bagi Jakarta Barat. Lebih dari 60 varietas tanaman bisa kamu temukan di sini. Terdapat sebuah danau juga yang biasanya sering dijadikan tempat memancing.

Selain suasana alam yang indah, terdapat area bermain anak, trek jogging dan pujasera sederhana yang menjadikan tempat ini sangat nyaman sebagai tempat berkumpul keluarga ketika weekend tiba.

2. Hutan Mangrove PIK

Tempat wisata alam di Jakarta - Hutan Mangrove PIK (phinemo)
Hutan Mangrove PIK (phinemo)

Alamat : 7 Jalan Katamaran Indah 1 RT.7, RT.1/ RW.7, Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 15.000,00

Hutan Mangrove PIK merupakan sebuah taman wisata yang dikelola oleh pemprov Jakarta serta menyajikan pemandangan alam mengagumkan. Destinasi ekowisata di kawasan Pantai Indah Kapuk ini hadir dengan lahan konservasi dilengkapi berbagai fasilitas penunjang layaknya tempat wisata pada umumnya.

Berfoto dengan latar belakang lahan bakau cantik, jembatan kayu yang indah atau naik perahu dayung bisa kamu lakukan di sini. Kamu juga bisa menyewa area perkemahan yang tersedia jika ingin lebih lama di sini.

3. Pantai Festival

Pantai Festival (acehnews)
Pantai Festival (acehnews)

Alamat : Java Sea, RT.11/ RW.10, Ancol, Kecamatan Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 09.00 – 19.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 25.000,00

Sejak dibukanya Taman Impian Jaya Ancol pada tahun 1966, Pantai Festival telah menjadi destinasi wisata keluarga di ibu kota yang dapat dikunjungi bagi siapa pun yang rindu alam bahari di Jakarta.

Suasana pantai yang tenang, jajaran kapal nelayan dengan latar belakang bangunan pencakar langit, area food court untuk berwisata kuliner, kawasan jogging track dan bersepeda semuanya ada di sini. Selain Pantai Festival, masih ada beberapa wisata pantai lainnya di kawasan Jakarta, baca : 10 Tempat Wisata Pantai di Jakarta dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

4. Allianz Ecopark

Tempat wisata alam di Jakarta - Allianz Ecopark (getlost)
Allianz Ecopark (getlost)

Alamat : Jl. Lodan Timur No. 7, RW. 10, Ancol, Kecamatan Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 06.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 25.000,00

Allianz Ecopark merupakan tempat wisata alam di Jakarta yang berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Lahan terbuka hijau seluas 34 hektar ini merupakan sebuah tempat rekreasi bergaya ramah lingkungan.

Di sini pengunjung bisa jalan – jalan atau bersepeda keliling taman, berwisata kuliner, bermain kano, outbound, belajar memanah dan belajar mengenal lingkungan di zona Rumah Energi, Rumah Lebah atau Faunaland.

5. Hutan Kota Tanah Tingal

Tempat wisata alam di Jakarta - Hutan Kota Tanah Tingal (review.bukalapak)
Hutan Kota Tanah Tingal (review.bukalapak)

Alamat : Jl. Merpati Raya No. 32B, Sawah Baru, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 16.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 8.000,00

Hutan Kota Tanah Tingal sebelum menjadi jantung kota Jakarta merupakan kebun pribadi milik almarhum Bapak Boardiardjo. Kemudian beliau membebaskan fungsi lahan seluas sembilan hektar ini dijadikan hutan kota.

Kini Hutan Kota Tanah Tingal menjadi salah satu tujuan wisata keluarga yang cocok digunakan untuk camping, piknik di bawah pohon, outbound, bermain sampan sampai dengan berenang. Kawasan ini juga memiliki area budidaya tanaman yang cocok sebagai tempat belajar berkebun.

6. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu (reddoorz)
Kepulauan Seribu (reddoorz)

Alamat : Kepulauan Seribu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Tiket masuk pantai rata – rata Rp 5.000,00, siapkan budget untuk naik speedboat ke Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu adalah surga bahari di Jakarta yang namanya bahkan sudah populer di mancanegara. Selain menginap, kamu juga bisa mengikuti one day trip di Kepulauan Seribu. Snorkeling, diving atau pun camping seru sambil barbequean bisa banget dilakukan.

Kalau punya dana liburan berlebih, kamu bisa bermalam beberapa hari dan berkunjung ke berbagai pulau indah yang ada di Kepulauan Seribu seperti Pulau Pari atau pun Pulau Tidung. Informasi tentang Pulau Pari, baca : Wisata Kepulauan Seribu – Pulau Pari

Baca juga : Wisata Kepulauan Seribu – Pulau Tidung

7. Taman Cattleya

Tempat wisata alam di Jakarta - Taman Cattleya (hargatiket)
Taman Cattleya (hargatiket)

Alamat : Taman cattelya, Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 22.00 WIB
Harga tiket masuk : Gratis

Taman Cattleya atau yang juga dikenal sebagai Taman Tomang merupakan ruang terbuka hijau di kota Jakarta yang luasnya mencapai 3 hektar. Berbagai jenis tanaman, pohon, bunga dan fasilitas umum bisa kamu temukan di sini.

Fasilitas kebugaran pun tersedia sehingga taman ini cocok sebagai tempat untuk jogging, bersantai, nongkrong dan menenangkan pikiran.

8. Museum Tengah Kebun

Museum Tengah Kebun (indonesia-az)
Museum Tengah Kebun (indonesia-az)

Alamat : Jl. Kemang Timur No. 66, RT.7/ RW.3, Bangka, Kecamatan Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 16.00 WIB
Harga tiket masuk : Gratis

Museum Tengah Kebun adalah salah satu tempat wisata alam di Jakarta dengan suasana kebun hijau yang memiliki bangunan museum pada bagian tengahnya.

Di sini kamu tidak hanya bisa merefresh otak dengan pemandangan kebun hijau cantik bertanamkan berbagai varietas bunga, melainkan kamu juga bisa melihat berbagai benda seni dan barang antik nusantara, Jepang, Eropa dan Tiongkok di museumnya.

Untuk berkunjung ke sini, kamu perlu reservasi jauh – jauh hari dan wajib membawa 7 sampai dengan 10 orang dalam sekali kunjungan. Selain ada Museum Tengah Kebun yang memadukan konsep wisata alam dan wisata sejarah, ada juga museum lain bernama Museum MACAN. Informasinya baca : Museum MACAN: Wisata Seni yang Menarik di Kota Jakarta

9. Studio Alam TVRI

Tempat wisata alam di Jakarta - Studio Alam TVRI (leylahana)
Studio Alam TVRI (leylahana)

Alamat : Jl. Studio Alam TVRI, Sukmajaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 5.000,00

Studio Alam TVRI adalah sebuah kawasan hijau dengan suasana hutan pinus dan danau buatan yang indah. Taman ini sebelumnya dibangun sebagai lokasi acara ‘Aku Cinta Indonesia’ yang menjadikan terdapat 19 rumah adat nusantara yang akan kamu temui ketika berkunjung ke sini.

Selain memiliki rumah adat, juga terdapat berbagai jenis satwa yang dilindungi seperti aneka jenis burung, serangga, reptil, kerbau dan kuda. Jadi, buat kamu yang ingin berakhir pekan bersama keluarga dan masih berada di wilayah Jakarta bisa langsung datang ke Studio Alam TVRI. Dapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman di sini.

10. Tribeca Park

Tribeca Park (blogomiyago)
Tribeca Park (blogomiyago)

Alamat : Jl. Letjen S. Parman No. 28, RT.12/ RW.6, Tanjung Duren Selatan, Kecamatan Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam nonstop
Harga tiket masuk : Gratis

Tribeca Park merupakan taman seluas 1,5 hektar yang memiliki kolam air mendamaikan, tanaman hijau tertata rapi dan hiasan lampu yang akan menyala indah di malam hari. Dekorasi yang unik akan mempercantik taman ini. Taman ini terdapat di dalam kawasan Mal Central Park, Jakarta Barat. Jadi apabila ingin mengunjungi taman ini, kamu dapat parkir di Mal Central Park terlebih dahulu.

Tribeca Park bisa dikunjungi dari pagi sampai malam hari. Biasanya taman ini diramaikan dengan pengunjung yang jogging atau jalan – jalan sore membawa anjing dan hewan peliharaan mereka.

Ada wisata apa lagi di Jakarta?

Selain berbagai tempat wisata alam di Jakarta yang sudah disebutkan di atas, Jakarta juga masih punya banyak tempat wisata lain yang bisa dikunjungi. Baca : 31 Tempat Wisata di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Selain tempat wisata, wisata kuliner juga bisa ditemukan dengan mudah. Baca : 25 Tempat Wisata Kuliner di Jakarta yang Wajib Dicoba

Itulah berbagai tempat wisata alam di Jakarta dan tempat liburan terbaik yang harus masuk list liburan kamu. Selamat berlibur atau berakhir pekan dan dapatkan banyak pengalaman seru di Jakarta.

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!