11 Tempat Wisata di Lombok Terpopuler
tempat wisata di Lombok (brilio)

11 Tempat Wisata di Lombok Terpopuler

Selain Bali, salah satu pulau di Indonesia yang disebut sebagai pulau primadona adalah Lombok. Tak hanya wisatawan domestik, wisatawan mancanegara pun mengakui keindahan pulau yang dikategorikan sebagai satu dari 10 pulau terbaik di Asia ini. Ada banyak tempat wisata di Lombok yang kamu bisa jelajahi.

Khususnya kamu yang suka berpetualang ke berbagai tempat wisata alam, Lombok adalah surga terbaik untuk menjadi tempat kamu berpetualang. Mengenai apa saja tempat wisata di Lombok yang wajib kamu sambangi, berikut daftarnya!

Tempat Wisata di Lombok Terbaik dan Terpopuler

1. Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air

Wisata Lombok - Kepulauan Gili (mytrip123)
Kepulauan Gili (mytrip123)

Alamat : Nusa Tenggara Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : 50 ribu rupiah per orang untuk masuk di masing – masing gili

Mendapat julukan sebagai ‘the hidden paradise of Indonesia’ menjadikan Pulau Lombok dikenal sebagai pulau penuh pesona. Ada banyak hal menarik yang bisa ditemukan wisatawan jika berlibur di pulau ini. Salah satu hal yang penuh pesona dan terpancar dari wajah pulau Lombok adalah wisata gilinya.

Ada banyak gili yang sebenarnya bisa ditemukan di Lombok. Namun di antara banyaknya gili yang ada di Pulau Lombok, gili yang paling terkenal adalah Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Keindahan lautnya yang menawan, terumbu karang yang masih asri dan letaknya yang sangat berdekatan sehingga cocok menjadi tujuan wisata island hopping atau keliling pulau secara kilat.

Ketiga gili tersebut memiliki keunikan dan ciri khas yang berbeda satu sama lain. Sehingga meskipun kamu berkunjung ke ketiga gili tersebut, rasa bosan tidak akan membayangi perjalanan wisata kamu.

Wisata Lombok - Gili Trawangan
Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah gili yang paling besar dan punya banyak resort mahal. Kamu yang ingin menikmati pesta pantai dan menikmati kemewahan bisa menikmati sepuasnya di sini. Sementara Gili Meno adalah lokasi gili yang paling sepi sekaligus asri. Kamu yang ingin menikmati suasana seperti di private island atau pulau pribadi bisa banget merasakannya di Gili Meno ini.

Pantai Gili Meno
Pantai Gili Meno

Aktivitas terbaik yang bisa kamu lakukan di Gili Meno di antaranya seperti menikmati pemandangan pantai, berenang, snorkeling, jalan – jalan di sekitar pantai atau naik kuda. Sementara di Gili Air, kamu bisa bersantai atau berjemur sembari berbaur dengan masyarakat lokal yang menghuni sebagian daerah di Gili Air.

Wisata Lombok - Gili Air
Gili Air

Jangan lupa abadikan setiap moment indah kamu di Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Bawa kamera dan pastikan liburan kamu sangat berkesan.

2. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi
Pantai Senggigi

Alamat : Kecamatan Batu Layar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : 15 ribu rupiah per orang

Pantai Senggigi merupakan kawasan wisata utama Lombok yang mulai dikembangkan pada tahun 1980. Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata di Lombok berupa pantai yang memiliki ombak tidak terlalu ganas sehingga kawasan pantai ini cocok dijadikan tempat latihan surfing bagi pemula.

Tempat wisata ini juga merupakan sebuah pantai yang memiliki terumbu karang indah. Dengan keindahan terumbu karangnya tersebut menjadikan tempat wisata di Lombok yang satu ini juga cocok menjadi spot snorkeling bagi pecinta wisata alam. Kamu bisa menyewa alat snorkeling di lokasi wisata. Alat snorkeling di sekitar lokasi wisata Pantai Senggigi disewakan dengan harga mulai dari 150 ribu rupiah per jam.

Di sore hari, suasana sunset yang indah akan kamu saksikan. Buat kamu yang tertarik liburan di Pantai Senggigi dan ingin mengetahui reviewnya lebih lengkap, baca : Pantai Senggigi, Bukti Keindahan Alam di Tanah Lombok

3. Pantai Tanjung Aan

Wisata Lombok - Pantai Tanjung Aan (baumbah)
Pantai Tanjung Aan (baumbah)

Alamat : Desa Pengembur, Sengkol, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : 10 ribu rupiah per orang

Bagi kamu pecinta wisata pantai dan ingin menyaksikan pesona pantai dengan pasir berwarna putih, maka Pantai Tanjung Aan menjadi rekomendasi tempat wisata di Lombok yang harus kamu kunjungi.

Selain pasir putihnya yang indah dan ombaknya yang syahdu, hal menarik lain yang bisa kamu rasakan ketika berlibur di Pantai Tanjung Aan adalah menikmati suasana sunset dan mendaki sebuah bukit indah bernama Bukit Merese.

Kamu bisa trekking seru di Bukit Merese. Dari atas bukit ini, pemandangan Pantai Tanjung Aan di atas ketinggian akan kamu saksikan. Jangan lupa bawa alat fotografimu untuk mengabadikan semua hal tak terlupakan yang kamu temukan sepanjang perjalanan di Pantai Tanjung Aan dan Bukit Merese.

4. Pantai Tangsi

Pantai Tangsi
Pantai Tangsi

Alamat : Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : 10 ribu rupiah untuk wisatawan lokal, 50 ribu rupiah untuk wisatawan mancanegara

Pantai lainnya yang juga harus masuk ke daftar tujuan wisata di Lombok adalah Pantai Tangsi. Pantai Tangsi juga dikenal dengan sebutan Pantai Pink. Pantai yang satu ini merupakan sebuah pantai indah dengan pasir berwarna pink.

Warna pink pada pasir ini bukan alami karena pasirnya yang berwarna pink melainkan warna pink pada pasir di Pantai Tangsi terbentuk karena adanya spons.

Spons merupakan organisme porifera yang hidup dan tersebar di sekitar pantai. Sebaran organisme inilah yang kemudian bercampur dengan pasir halus dan menjadikan pasirnya berwarna pink. Di Pantai Tangsi ada banyak hal dan kegiatan menarik yang kamu bisa lakukan.

Di sini, kamu bisa berenang, snorkeling, berjemur, sampai menyewa perahu untuk membawa kamu menyeberang pantai. Kemudian di salah satu bukit yang mengapit pantai Tangsi, akan kamu temukan sebuah goa bernama Goa Jepang yang bisa kamu jelajahi.

Goa ini memiliki panjang 50 meter dan memiliki ketinggian sekitar 1,5 meter. Didalamnya tersimpan meriam yang digadang – gadang merupakan meriam bekas tentara Jepang. Dengan adanya meriam ini santer dikabarkan bahwa goa di Pantai Tangsi yang disebut sebagai Goa Jepang merupakan tempat persembunyian tentara Jepang di masa penjajahan ketika kekuasaan Jepang di Indonesia akan digulingkan pada tahun 1945 silam.

5. Gunung Rinjani

Wisata Lombok - Gunung Rinjani, NTB
Gunung Rinjani, NTB

Alamat : Sembalun Lawang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : Mulai dari 800 ribu rupiah

Gunung Rinjani dengan ketinggian sebesar 3.726 mdpl merupakan gunung berapi tertinggi kedua yang ada di Indonesia. Tempat wisata di Lombok yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani ini memiliki sebuah kawah dengan lebar 10 km. Gunung Rinjani juga memiliki sebuah danau yang memiliki kedalaman 230 meter. Danau tersebut dikenal dengan nama Danau Segara Anak.

Wisata Lombok - Gunung Rinjani
Gunung Rinjani

Untuk para pendaki yang ingin mendaki di Gunung Rinjani, terdapat dua jalur pendakian yang bisa dimanfaatkan. Dua jalur pendakian tersebut yaitu jalur Sembalun dan jalur Senaru. Namun jalur pendakian yang paling sering digunakan pendaki adalah jalur Sembalun karena lebih mudah diakses meski treknya lebih panjang.

Selengkapnya tentang wisata Gunung Rinjani, baca : Gunung Rinjani – Wisata Gunung yang Indah di Lombok

Oh ya, Gunung Rinjani juga termasuk salah satu gunung yang cocok dijadikan lokasi camping. Buat kamu yang tertarik untuk melakukan camping di Gunung Rinjani pastikan kamu membawa alat dan perlengkapan camping yang memadai.

Suhu yang ekstrim membuat kamu harus membawa peralatan dan perlengkapan selengkap mungkin. Jangan sampai ada satu pun yang tertinggal. Mengenai apa saja peralatan camping yang harus dibawa, baca : 16 Peralatan Camping Esensial yang Perlu Kamu Miliki!

6. Bukit Pergasingan

Wisata Lombok - Bukit Pergasingan
Bukit Pergasingan

Alamat : Sembalun Lawang, Sembalun, Sembalun Lawang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : 15 ribu rupiah

Jika mendaki Gunung Rinjani terlalu mahal dan sulit untuk kamu lewati, sebagai permulaan kamu bisa mendaki Bukit Pergasingan terlebih dahulu. Di sini kamu dapat mengagumi keindahan dan kemegahan dari Gunung Rinjani.

Bukit Pergasingan merupakan sebuah bukit di sebelah timur Gunung Rinjani yang memiliki suasana sangat teduh dan sejuk. Untuk sampai pada salah satu tempat wisata di Lombok ini, butuh waktu sekitar 4 jam perjalanan dari Kota Mataram.

Jalur pendakian di Bukit Pergasingan tidak akan terlalu sulit karena tersedia ratusan anak tangga yang menuntun kamu ke atas bukit. Sesampainya di atas bukit, kamu bisa berfoto dan bersantai dengan pemandangan alam yang sangat indah.

7. Bukit Selong

Bukit Selong Lombok (art)
Bukit Selong Lombok (art)

Alamat : Sembalun Lawang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : Jumat sampai selasa buka pukul 07.30 – 17.00, rabu dan kamis buka pukul 20.00 – 00.00 dan 00.00 – 17.00 WITA
Harga tiket masuk : 5 ribu rupiah untuk wisatawan domestik dan 15 ribu rupiah untuk wisatawan mancanegara

Keindahan dan kemegahan Gunung Rinjani tidak hanya bisa disaksikan dari Bukit Pergasingan saja. Bukit Selong juga menjadi salah satu spot terbaik menyaksikan keindahan dan kemegahan Gunung Rinjani dari sudut lain.

View yang masih sangat natural, udara yang sejuk dan belum tercemar, lokasi yang sangat bersih menjadi beberapa hal istimewa yang kamu akan saksikan selama berada di Bukit Selong. Bukit Selong memiliki ketinggian 1.800 mdpl dan bisa diakses menggunakan anak tangga yang sudah disediakan. Jadi untuk trekking di Bukit Selong sangatlah mudah.

Untuk kamu yang suka menyaksikan pesona sunset atau sunrise dari atas bukit, kamu dianjurkan datang ke Bukit Selong pada hari rabu atau kamis karena di hari tersebut pihak panitia membuka Bukit Selong dengan dua model jam buka yaitu pukul 20.00 – 00.00 WITA dan 00.00 – 17.00 WITA.

8. Taman Narmada

Wisata Lombok - Taman Narmada
Taman Narmada

Alamat : Jl. Raya Mataram – Labuhan Lombok, Lembuak, Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 09.00 – 16.00 WITA
Harga tiket masuk : 10 ribu rupiah

Masih membahas tentang tempat wisata di sekitar kawasan Gunung Rinjani. Selanjutnya ada sebuah taman yang tepat berada di bawah kaki Gunung Rinjani. Taman tersebut adalah sebuah taman yang dibangun pada zaman kerajaan yaitu di tahun 1727 masehi oleh Raja Anak Agung Ngurah Karangasem dan diberi nama Taman Narmada.

Lokasi Taman Narmada yang berada di pusat kota menjadikan tempat wisata sejarah yang satu ini sering dikunjungi wisatawan, baik wisatawan domestik atau wisatawan mancanegara. Di dalam taman, akan kamu temukan sebuah kolam pemandian yang bernama kolam tirta dan sebuah pura yang dibangun sebagai replika dari Gunung Rinjani.

Kamu yang ingin mengetahui sejarah para raja yang mendiami pulau Lombok pada masanya sekaligus menikmati bukti kejayaan masa lalu sangat dianjurkan berkunjung ke Taman Narmada ini.

9. Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile
Air Terjun Sendang Gile

Alamat : Air Terjun Sendang Gile, Senaru, Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 17.00 WITA
Harga tiket masuk : 10 ribu rupiah per orang

Air Terjun Sendang Gile atau Air Terjun Singa Gila merupakan sebuah wisata air terjun di Lombok yang memiliki suasana asri. Air Terjun Sendang Gile merupakan sebuah tempat wisata di Lombok dengan ketinggian 30 meter. Debit air yang cukup deras mengalir pada tebing air terjun yang ditumbuhi oleh tanaman paku – pakuan.

Untuk sampai di Air Terjun Sendang Gile dari lokasi pembayaran tiket butuh waktu kurang lebih selama 15 menit dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Selama perjalanan yang kamu tempuh, pemandangan hutan belantara yang indah akan menjadi teman perjalanan kamu.

10. Air Terjun Benang Kelambu dan Benang Stokel

Air Terjun Benang Kelambu (pagitrans)
Air Terjun Benang Kelambu (pagitrans)

Alamat : Aik Berik, Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 17.00 WITA
Harga tiket masuk : 5 ribu rupiah untuk wisatawan domestik dan 10 ribu rupiah untuk wisatawan mancanegara

Berada di alamat yang sama, kamu yang berkunjung ke Air Terjun Benang Kelambu juga bisa berkunjung ke Air Terjun Benang Stokel yang lokasinya berdekatan. Keduanya merupakan air terjun yang sama – sama memiliki debit air dengan volume deras dan memiliki kolam yang bisa digunakan untuk berendam atau berenang.

Air Terjun Benang Kelambu (nativeindonesia)
Air Terjun Benang Kelambu (nativeindonesia)

Air Terjun Benang Kelambu merupakan sebuah wisata air terjun yang pada bagian tebingnya dipenuhi oleh tanaman rambat berwarna hijau dan membentuk seperti kelambu sehingga air terjun ini dinamakan sebagai Benang Kelambu.

Air Terjun Benang Kelambu memiliki tiga tingkatan. Tingkatan pertama memiliki ketinggian sebesar 30 meter, tingkatan kedua memiliki ketinggian mencapai 10 meter dan tingkatan ketiga memiliki ketinggian 5 meter saja.

Air Terjun Benang Stokel (tempatwisatapro)
Air Terjun Benang Stokel (tempatwisatapro)

Sementara Air Terjun Benang Stokel yang juga dikenal sebagai Air Terjun Kembar oleh masyarakat setempat, merupakan sebuah air terjun dengan dua tebing yang masing – masing memiliki ketinggian 20 meter. Kalau kamu berlibur di Air Terjun Benang Kelambu, jangan lupa mampir di Air Terjun Benang Stokel dan sebaliknya. Keduanya sama – sama punya nilai keindahan yang berbeda.

11. Aik Nyet Sesaot

Aik Nyet Sesaot (literasipariwisata)
Aik Nyet Sesaot (literasipariwisata)

Alamat : Aiknyet desa Buwun Sejati, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
Map : Klik di sini
Jam buka : 24 jam non stop
Harga tiket masuk : 5 ribu rupiah untuk wisatawan domestik, 10 ribu rupiah untuk wisatawan mancanegara

Kalau kamu ingin merasakan kesegaran alami dari Gunung Rinjani tanpa perlu mendaki ke Rinjani, kamu bisa datang ke tempat wisata di Lombok yaitu Aik Nyet Sesaot. Aik Nyet Sesaot yang memiliki arti mata air dingin ini merupakan mata air yang aliran airnya berasal dari Gunung Rinjani.

Sensasi dingin, segar dan tenang akan kamu rasakan selama berendam di mata air yang berada di dalam hutan lindung ini. Karena berada di dalam hutan lindung, sepanjang mata memandang suasana hijau pepohonan akan menyegarkan mata kamu. Jadi, kamu yang ingin rileks bisa banget berkunjung ke salah satu tempat wisata di Lombok ini.

Selain daftar beberapa tempat wisata di Lombok yang kami bagikan di atas, ada beberapa tempat wisata di Lombok lainnya yang juga bisa jadi alternatif tujuan wisata kamu saat berlibur di the hidden paradise of Indonesia ini. Baca : 15 Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi

Baca : 10 Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi

Jadikan liburan kamu di Lombok menyenangkan dengan berlibur ke berbagai spot wisata terbaik di atas. Harus diakui bahwa Lombok memang merupakan sebuah tempat terbaik untuk melepas penat. So, happy holiday sobat traveler!

Join the discussion

Destinasi Populer

Jakarta Bogor Bandung Makassar

BaliYogyaSoloSemarangCirebonGunungPantaiAir TerjunMuseum

Atau kalau masih bingung mau kemana, cek kepribadian travelmu di : ATW Travel Quiz

Follow IG @atwisata

AnekaTempatWisata.com

Platform wisata & komunitas dengan beragam tips liburan, kuliner, oleh-oleh, tour & promo. Enjoy life!